Lengkapi Isi Lemari dengan Produk Fashion dari 10 Rekomendasi Brand Lokal (2019)

Lengkapi Isi Lemari dengan Produk Fashion dari 10 Rekomendasi Brand Lokal (2019)

Produk dari brand lokal semakin menjamur. Kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Selain itu sudah banyak juga yang mengenakannya. Nah, kalau kamu tertarik menggunakan brand lokal, simak rekomendasi dari BP-Guide ini.

Kebanggaan Menggunakan Produk Lokal Menjamur di Kalangan Anak Muda

Sumber gambar Shutterstock

Maraknya peredaran barang branded “KW” alias palsu ternyata membawa hikmah tersendiri pada konsumsi produk asli Indonesia. Brand-brand lokal yang semula tak terlalu menarik perhatian karena kalah pamor dengan merek ternama dari luar negeri perlahan mulai banyak dilirik oleh anak-anak muda Indonesia.

Selain harganya yang lebih terjangkau, desain dan kualitas produk lokal juga tak kalah dengan produk luar. Hal inilah yang membuat brand-brand khas anak muda ini langsung menggaet penggemar.

Brand Lokal Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Sumber gambar Shutterstock

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh brand lokal adalah harganya yang cenderung lebih murah dibandingkan brand asing, walaupun kualitas produknya sama. Hal ini dikarenakan produk lokal tak harus mengeluarkan biaya impor, sehingga harga jual dapat ditekan.

Selain itu, kualitas produk lokal Indonesia pun tak kalah dengan produk asing, baik dari segi desain maupun daya tahan produknya. Sehingga, tak ada alasan lagi bagi kita untuk menghindari penggunaan produk asli dalam negeri. Alasan penting lainnya mengapa sangat dianjurkan untuk membeli produk lokal adalah untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

Kebangkitan Brand Lokal Tak Lepas dari Peran Media Sosial

Sumber gambar Shutterstock

Peran media sosial dalam mengembangkan suatu usaha memang harus diakui sangatlah besar. Sekarang, tak ada lagi batas lokasi atau bahasa untuk mempromosikan suatu barang. Hal ini juga disadari betul oleh para produsen brand lokal tanah air.

Mereka berlomba-lomba mempromosikan produknya di media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Cara ini pun terbukti sangat efektif, karena mampu memasarkan barang dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi berbayar yang minim, tak seperti pemasaran konvensional.

10 Brand Fashion Lokal untuk Segala Kalangan

This is April

Sumber gambar This Is April

Ada berbagai brand lokal yang saat ini sedang digemari, terutama di kalangan anak muda Indonesia. Salah satunya adalah This Is April. Sesuai dengan namanya, brand yang diciptakan pada bulan April 2012 ini diharapkan dapat tumbuh dan bermekaran seperti bunga-bunga di musim semi.

Konsep yang ditawarkan adalah desain eksklusif yang dipadukan dengan permainan warna sesuai musim. Walaupun respons awal masyarakat belum sesuai harapan, namun seiring berjalannya waktu mulai banyak permintaan terhadap produk-produk This Is April, terutama setelah mereka mengikuti banyak pameran dan bazaar.

Ada dua produk andalan dari brand yang pernah berkolaborasi dengan Chelsea Islan ini. Yang pertama adalah Suki Top - White 169737, atasan berbahan katun seharga Rp 229.000. Suki Top ini memiliki lingkar dada 108 cm dan panjang 60-71 cm.

Produk selanjutnya adalah Cora Blazer Army - 170536, sebuah blazer seharga Rp 229.000 yang berbahan katun dan memiliki lingkar dada 110 cm dan panjang 67 cm. Kedua produk ini dapat Anda beli di website www.thisisapril.com.

Shop at Aleen

Sumber gambar Shop At Aleen

Brand selanjutnya yang akan kita bahas adalah Shop At Aleen, salah satu brand lokal asal kota Bandung yang sangat diminati anak-anak muda. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Shop At Aleen adalah model bajunya yang unik, didesain dengan kreatif, memiliki bahan yang nyaman dipakai, dan mudah dikenakan.

Ada 2 produk Shop At Aleen yang sepertinya akan menarik perhatian Anda. Pertama adalah rekomendasi produk Asley Flower. Baju berbahan poliester dan berukuran lingkar dada 98 cm serta panjang 68 cm ini sangat nyaman dipakai. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 179.000 saja.

Produk yang kedua adalah Emily Pants. Celana berbahan katun ini berukuran all size fit to L, dan memiliki lingkar pinggang 64-92 cm. Emily Pants dijual dengan harga Rp 160.000. Produk-produk tadi bisa Anda dapatkan di website Shop At Aleen.

Carvil

Sumber gambar Zalora

Nama Carvil tentu sudah tak asing di telinga Anda. Tak hanya terkenal di Indonesia, brand lokal kebanggaan tanah air ini juga sudah merambah pasar luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina. Berdiri sejak tahun 1980-an, sepatu Carvil dikenal karena nyaman, desainny yang baik, daya tahan yang kuat, serta harga yang ekonomis.

Berkat semua hal itulah merek yang memiliki website carvil.co.id ini dianugerahi Top Brand Award dalam kategori sepatu dan sandal dan juga Indonesia Digital Popular Brand Awards, yaitu merek paling populer di dunia digital. Saat ini Carvil tak hanya memproduksi sepatu, tetapi juga kemeja, jaket, dan produk fashion lainnya. Karena itu tentu sudah sewajarnyalah jika Anda ingin untuk menggunakan brand yang satu ini.

Nah, bila tertarik, ada dua produk yang sangat direkomendasikan buat Anda. Yang pertama adalah CARVIL Hdm-101. Sepatu heels merah ini sangat cocok dikenakan saat Anda menghadiri pesta. Dengan resleting samping, membuat Anda semakin mudah memasukkan dan mengeluarkan kaki. CARVIL Hdm-191 tersedia di Zalora dengan harga Rp 191.400.

Adorable Projects

Sumber gambar Adorable Projects

Adorable Project adalah meerk lokal yang awalnya berdiri pada tahun 2008. Awalnya brand ini membuat aksesori pernak-pernik untuk wanita, sampai akhirnya pada tahun 2010 mereka memutuskan untuk lebih fokus membuat sepatu wanita.

Untuk memberikan kesan eksklusif, Adorable Projects biasanya memproduksi tidak lebih dari 100 pasang sepatu per desainnya. Selain modelnya sangat menggemaskan, merk ini juga menawarkan sepatu berkualitas baik dengan harga yang terjangkau.

Misalnya saja Glanville Flatshoes. Sepatu berbahan artificial leather dan berhiaskan lace ini sangat nyaman digunakan. Dengan sol karet, membuat Anda bisa menggunakannya untuk berjalan dalam waktu yang lama. Glanville Flatshoes ini dibanderol dengan harga Rp 175.000.

Atau bagi Anda yang lebih suka tampilan sporty, bisa juga memilih Sparky Sneakers. Dengan bahan artificial leather dan suede, sepatu ini juga cocok digunakan saat berolahraga ringan. Harganya pun terjangkau, hanya Rp 265.000 saja. Semua produk tadi bisa Anda dapatkan di website Adorable Projects www.adorableprojects.com.

Gaudi

Sumber gambar Gaudi

Salah satu brand lokal yang sangat terkenal di kalangan wanita Indonesia adalah Gaudi. Gaudi menawarkan berbagai produk fashion yang bisa Anda pilih. Ciri khas produk-produk Gaudi adalah koleksi pakaiannya yang trendi dan selalu up-to-date.

Selain dapat membeli koleksi pakaian dan aksesori Gaudi langsung di toko-tokonya yang tersebar di mall-mall seluruh Indonesia, Anda juga dapat membeli produk Gaudi secara online lewat situsnya.

Connie Blouse (2919-TBS4-006) adalah atasan berbahan katun dengan leher berbentuk V line. Atasan seharga Rp 168.000 ini juga dilengkapi resleting tersembunyi. Connie Blouse tersedia dalam 2 warna, yaitu abu-abu dan persik.

Minimal

Sumber gambar Minimal

Sejak didirikan pada tahun 2002, Minimal memimpin dunia fashion Indonesia dengan beberapa line-nya, yaitu Minimal, Minimal Basic, Minimal Denim, Tres Jolie by Minimal, dan Minimal Man. Ciri khas produk-produk Minimal adalah desainnya yang berkesan mewah dan eksklusif.

Koleksi Minimal untuk wanita di antaranya terdiri dari outerwear, blouse, kemeja, cardigan, blazer, jumpsuit, dan celana. Sedangkan untuk pria tersedia pakaian seperti kaos, kemeja, celana panjang dan pendek, sweatshirts, sweater, dan jaket.

Salah satu produk unggulan yang ditawarkan oleh Minimal adalah Contrast Piping Fit & Flare. Gaun sederhana yang terbuat dari bahan poliester ini bisa digunakan untuk aktivitas bekerja ke kantor. Produk seharga Rp 449.900 ini juga sangat pas dipadukan dengan tas hitam klasik dengan sepatu hak tinggi. Produk tadi bisa Anda dapatkan di www.minimal.co.id atau akun akun Instagram @minimal_stores.

The Executive

Sumber gambar The Executive

Siapa yang tidak kenal The Executive? Brand ini pasti ada di setiap mall-mall ternama Indonesia. Sesuai dengan namanya, target pasar The Executive adalah profesional muda yang berusia sekitar 23-32 tahun. Tak hanya di Indonesia, The Executive juga sangat terkenal di Malaysia.

Produk-produk fashion The Executive untuk pria maupun wanita dapat terlihat dengan ciri khasnya yang berkesan formal dengan kualitas yang bagus. Cocok bagi Anda yang ingin berpenampilan rapi dan elegan.

Salah satu produk andalan The Executive adalah WATERFALL JACKET. Produk berwarna hitam ini berbahan poliester dan berlengan panjang. Jaket ini dijual dengan harga Rp 287.928, dan tersedia dalam berbagai ukuran.

Atau Anda juga dapat memilih BASIC SWEATSHIRT. Dengan bahan katun, sweatshirt hijau berleher bulat dan berlengan panjang ini pasti akan nyaman dipakai. Produk yang juga dilengkapi dengan detail kancing di bagian bahu ini tersedia dalam ukuran regular fit. Anda bisa mendapatkan semua produk di www.theexecutive.co.id.

Lea

Sumber gambar Lea

Kegemaran banyak orang Indonesia pada merk asing ternyata mampu dimanfaatkan dengan baik oleh PT. Lea Sanent. Pada tahun 1973, mereka meluncurkan produk Lea yang terlebih dahulu dipasarkan di pasar luar negeri, baru setelah itu menyusul beberapa tahun kemudian dipasarkan di Indonesia. Karenanya, banyak yang menyangka bila Lea adalah produk asing.

Kunci kesuksesan Lea terletak pada produk yang bagus dengan pemilihan bahan berkualitas dan harga yang terjangkau bagi konsumen.

Salah satu produk unggulan Lea adalah Lea Fashion Shirt Long Sleeve Regular Price. Kemeja katun denim yang ringan ini pas dipakai saat santai. Produk ini bisa didapatkan dengan harga Rp 506.000 saja di website www.leajeans.com.

Cotton Ink

Sumber gambar Cotton Ink

Bila Anda menyukai produk fashion bernuansa etnik Indonesia, maka Cotton Ink pasti pas menjadi pilihan. Cotton Ink memang dikenal sebagai label siap pakai yang menawarkan busana kasual yang nyaman dipakai. Yang lebih membanggakan lagi, setiap busana yang dihasilkan Cotton Ink diproduksi secara lokal.

Ada dua produk yang bisa Anda pilih dari Cotton Ink. Yang pertama adalah Navy Danika Asymmetrical top. Atasan berbentuk asimetris dengan bentuk leher V ini berbahan dasar katun ringan yang tentunya nyaman untuk dikenakan. Navy Danika Asymmetrical top bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 309.000.

Produk kedua yang bisa Anda pilih adalah Black Gingham Kai Contrast Stitch Straight Pants. Celana seharga Rp 379.000 yang menggunakan bahan katun ringan ini dilengkapi dengan saku di samping dan bukaan resleting. Produk fashion dari Cotton Ink bisa didapat melalui situs webnya yaitu cottonink.co.id.

3Second

Sumber gambar 3second

Selama ini Bandung memang terkenal dengan produk-produk fashionnya yang memiliki kualitas tinggi. Salah satu merk yang sangat terkenal adalah 3Second. Brand berkualitas tinggi ini selalu mengeluarkan koleksinya yang up-to-date dan sesuai dengan selera anak muda.

3Second sendiri menyediakan beragam pakaian yang bisa dipakai untuk pria maupun wanita seperti kaos, kemeja, celana, topi, tas, sepatu, jaket, sweater, aksesori, dan sepatu.

Salah satu contoh produk unggulannya adalah 3SECOND WOMEN SHIRT 030919, sebuah kaus lengan panjang berwarna pink seharga Rp 123.600. Produk ini memiliki pilihan ukuran S dan M. Anda bisa mendapatkannya di website www.3second.co.id.

From our editorial team

Brand Lokal yang Menjadi Favorit Masyarakat

Brand lokal rekomendasi dari BP-Guide di atas adalah brand yang sudah terkenal di masyarakat. Terbukti kan, kalau produk lokal mampu bersaing dengan baik. Jadi tak ada salahnya menggunakan produk lokal untuk melengkapi penampilan sehari-hari. Dijamin makin keren!