Makin Cinta Indonesia, Inilah 10 Rekomendasi Merek Lokal yang Memproduksi Barang Handmade Berkualitas (2019)

Makin Cinta Indonesia, Inilah 10 Rekomendasi Merek Lokal yang Memproduksi Barang Handmade Berkualitas (2019)

Fashion adalah hal utama yang selalu diperhatikan dalam menunjang penampilan. Berbagai jenis produk kerap menjadi pilihan para fashionista dalam melengkapi koleksinya. Salah satu produk favorit yang menjadi incaran adalah produk handmade. Berikut adalah beberapa merek fashion handmade dari Indonesia yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Indonesia Dikenal dengan Produk Handmade yang Kualitasnya Tak Kalah Keren dengan Produk Luar Negeri

Jalur bisnis handmade merupakan bisnis yang menantang sekaligus menyenangkan. Hal ini dikarenakan Indonesia dikenal sebagai surganya berbagai macam produk handmade yang terbuat dari bahan asli dengan bentuk unik dan fungsional. Barang handmade dibuat dengan bahan-bahan pilihan dan diproses dengan kreasi tangan serta dalam jumlah yang tidak banyak.

Warga lokal ataupun turis manca negara selalu menyukai produk handmade yang memiliki nilai karya seni tinggi. Maka dari itu, harga jual barang handmade tergolong tinggi.

Kenapa Memilih Produk Handmade?

Berkualitas Tinggi

Produk handmade dirancang dengan sangat hati-hati dan penuh pertimbangan sehingga selalu menjadi barang spesial. Selain itu, umumnya produk handmade dibuat menggunakan bahan terbaik dan diproses satu per satu sehingga menghasilkan kualitas terbaik. Tak hanya itu saja, produk handmade juga dapat memberikan nyawa tersendiri dan kebanggaan dari produk yang dibeli.

Model yang Tidak Biasa

Produk handmade umumnya dijual dalam jumlah terbatas dan dibuat langsung dari sentuhan pengrajinnya dengan model unik dan menawan. Selain itu, produk handmade dapat Anda pesan ataupun modifikasi sesuai dengan keinginan. Jumlah produk handmade juga tidaklah banyak, sehingga sering dibanderol dengan harga tinggi dan barang tersebut tidak pasaran.

Tahan Lama

Produk handmade selalu memberikan kesan eksklusif dan menawan. Hal ini dikarenakan produk dibuat dengan teliti dan hati-hati dalam setiap detailnya, sehingga awet dan tahan lama untuk digunakan. Produk jenis ini dapat Anda pergunakan dalam waktu lama dengan kualitas yang tetap menawan.

Ikut Menjaga Lingkungan

Penggunaan barang-barang handmade dapat membantu menjaga lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan daur ulang. Barang handmade seperti pakaian dapat Anda pilih yang terbuat dari katun organik dan tanpa menggunakan kulit hewan ataupun bulunya. Pemilihan jalur eco-friendly/sustainable dapat menghindarkan Anda dari penggunaan bahan kimia berbahaya dalam fashion ataupun barang-barang lainnya.

Merek-merek Indonesia yang Memproduksi Barang Handmade

Matoa

Sumber gambar matoa-indonesia.com

Matoa merupakan merek jam tangan dari Indonesia yang sudah terkenal di 9 negara. Produk ini selalu dipesan oleh Jepang setiap bulannya. Jam tangan ini terbuat dari kayu sonokeling, maple, dan jati dengan desain menawan, seperti Gili, Moyo, Flores, Rote, dan Sumba. Dengan menggunakan jam ini, Anda dapat terlihat semakin keren dan memesona.

Produk jam tangan Matoa berkonsep Sunda Simple & Humble terbuat dari kayu Canadian Maple dengan kaca K-1 flat glass antigores dan antisidik jari. Ketebalan kacanya adalah 1 mm. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan logo Matoa. Untuk mesin jam, produk ini menggunakan Quartz Seiko PC32A yang andal dan menawan. Anda dapat membeli produk ini di website matoa-indonesia.com dengan harga Rp 1.170.000.

Kana Goods

Kana Goods merupakan merek busana batik tulis yang menggunakan warna-warna indigo. Warna jenis ini dipercaya memiliki ciri khas tertentu dengan lambang kekuatan. Kana Goods selalu menggunakan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, seperti sutra, cotton, linen, ataupun rami.

Sedangkan untuk pewarna batik tidak menggunakan bahan kimia, tetapi justru pewarna dari alam, seperti daun rambutan, daun mangga, daun ketapang, kayu mahoni, kulit jengkol, kulit rambutan, sampai buah jelawi. Semua bahan-bahan tersebut diproses sedemikian rupa sampai mengeluarkan warna alami yang dapat dipergunakan.

Untuk desain batik, Kana Goods selalu mengemasnya dalam desain lebih modern dan berselera muda. Indigo Vest dari Kana Goods dapat menjadi pilihan spesial untuk Anda. Produk ini dapat Anda beli di The Goods Dept Pacific Place and Kemang Village atau di STOW Store Jakarta.

Osem

Sumber gambar kuka.co.id

Osem merupakan label asal Jakarta, Indonesia, yang mengusung seni lipat melipat, ikat mengikat, dan mewarnai kain. Konsep ini sering disebut juga dengan jumputan yang sudah sangat familiar di Indonesia. Sejak awal berdirinya, label ini pada Agustus 2014 menerapkan penggunaan pewarna alam. Pewarna alamiah ini dipercaya lebih ramah terhadap alam dan sosial.

Label Osem juga terkenal sebagai eco-friendly/sustainable label yang menggunakan kain dari serat alam, seperti katun, linen, rami, dan serat lainnya. Selain itu, desain label ini menggunakan prinsip less/zero waste dan tidak menggunakan resleting dan kancing dari bahan plastik sehingga dapat terkompos secara alami oleh alam.

Label Osem secara aktif mengadakan workshop dan kampanye edukasi untuk mode ramah lingkungan. Selain itu, label ini menargetkan merambah ke pasar internasional dan membuat desa indigo yang mengajarkan pewarnaan alamiah pada kain beserta teknik-teknik lipatannya.

Salah satu produk dari label ini adalah Lapon Celup yang dapat menjadi pilihan Anda. Produk celana ini terbuat dari katun dengan ukuran free size - up to L untuk perempuan. Anda dapat membeli produk ini di kuka.co.id dengan harga Rp 350.000.

Povilo

Sumber gambar povilo.com

Povilo merupakan merek tas berkualitas tinggi dengan model klasik yang cocok untuk Anda penggemar gaya klasik. Povilo selalu menawarkan warna netral yang istimewa dan menawan, seperti hitam, cokelat, navy, dan merah marun.

Nomi Sling Black dari brand Povilo dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Produk ini terbuat dari material ultra fine fiber yang merupakan kulit sintetis, namun memiliki daya tahan tertinggi. Selain itu produk ini mempunyai logo logam berwarna emas.

Tas cantik ini menggunakan tali panjang yang dapat dilepas sehingga tas bisa berubah menjadi clutch. Tak hanya itu saja, produk ini juga menggunakan penutup magnet dan kantong dengan resleting yang memungkinkan Anda selalu aman memakai tas untuk bepergian. Nomi Sling Black dapat Anda beli di povilo.com dengan harga Rp 396.000.

Imaji Studio

Sumber gambar imajistudio.co

Imaji Studio merupakan merek pakaian kasual dan aksesori fashion yang menggabungkan budaya tradisional dengan elemen alami. Merek ini lahir pada akhir tahun 2015 yang menerapkan konsep zero waste dan ramah lingkungan, dengan masih melestarikan pewarnaan beserta prosesnya secara tradisional. Meskipun menggunakan unsur tradisional, merek ini juga menerapkan unsur modern kontemporer pada berbagai desain motifnya.

Bell Top kreasi dari Imaji Studio dapat menjadi pilihan istimewa Anda. Produk ini menggunakan pola gletser dengan pewarnaan alami dari kapur, bubuk tapioka, dan airburn. Untuk perawatan produk ini sangat mudah, cukup dengan mencuci tidak terlalu kering dan bersih serta jangan pernah gunakan pemutih agar warnanya tidak memudar. Anda dapat membeli produk ini di imajistudio.co dengan harga Rp 400.000.

Seratus Kapas

Sumber gambar seratuskapas.com

Seratus Kapas merupakan merek yang didirikan tahun 2015 dengan menerapkan konsep pewarnaan natural tanpa bahan kimia. merek ini memiliki ciri khas kain yang sangat halus dan menggunakan dua bahan utama, yaitu linen dan katun yang nyaman digunakan. Selain itu, desain dari merek ini sangat sederhana, namun tetap memesona.

Victorian Cape Dress dari Seratus Kapas dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Produk ini terbuat dari Cotton Sari Crinkle yang istimewa dengan warna hitam dan ukuran standar. Anda dapat membeli produk ini di seratuskapas.com dengan harga Rp 649.000.

Biasa

Sumber gambar biasagroup.com

Biasa merupakan merek lokal asal Bali yang telah berdiri sejak tahun 1994 dengan pendiri Susanna Perini, seorang warga negara Italia namun kelahiran Indonesia. Merek ini menggunakan bahan alami dalam proses pembuatannya serta 100% handmade. Merek biasa telah didistribusikan secara global yang dapat Anda temukan di Bali dan Jakarta.

L2163BI - Florence dari Biasa dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Produk ini adalah pakaian dengan bahan katun yang nyaman dan bermotif geometris. Produk ini tersedia dalam satu ukuran dengan warna hitam dan putih.

Selain itu, produk JE619CP - Earrings juga dapat menjadi pilihan menarik Anda. Produk ini merupakan anting yang terbuat dari stainless steel dan kuningan. Produk ini tersedia dalam satu ukuran dengan warna silver dan gold.

Tak hanya itu saja, SH114SL - Alexia juga dapat menjadi pilihan Anda. Produk Cross sandals ini terbuat dari kulit istimewa yang nyaman digunakan. Produk ini tersedia dalam ukuran 37 - 41 dengan warna Black/White/Silver dan Natural/White/Black. Ketiga produk tersebut dapat Anda beli di biasagroup.com.

Kalon

Sumber gambar shopee.co.id

Tas berwarna-warni dari Kalon selalu memesona banyak orang. Tas ini terbuat dari bahan berkualitas dan tersedia dalam beragam model mulai dari sling bag sampai tote bag. Meskipun menggunakan material berkualitas, harga tas ini masih cukup terjangkau dan tidak terlihat murahan. Anda dapat menggunakan tas ini untuk kuliah ataupun sekadar hangout bersama teman-teman.

MIriel Basket Bag dari Kalon dapat menjadi pilihan belanja Anda. Produk ini terbuat dari kulit sintetis yang nyaman digunakan dengan dilengkapi tali yang terletak di atas dan dapat dilepas sewaktu-waktu. Selain itu, produk ini memiliki kantong debu yang terletak di dalamnya. Anda dapat membeli produk ini di Shopee dengan harga Rp 395.000.

Misyelle

Sumber gambar misyelle.com

Misyelle merupakan merek tas dari Bandung dengan model unik dengan harga terjangkau. Tas Misyelle sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai acara dan kegiatan.

Chelsa Tote dari Misyelle dapat menjadi pilihan tepat Anda. Tas tote ini terbuat dari bahan suede yang menawan dengan desain simpel. Selain itu tas ini dilengkapi dengan 2 kantong untuk tempat handphone dan 1 kantong beresleting untuk menyimpan barang. Tas ini tersedia dalam 3 warna yaitu black, khaki, dan beige yang istimewa. Anda dapat membeli produk ini di misyelle.com dengan harga Rp 279.900.

Tak hanya itu saja, tas Arlena Ransel juga dapat menjadi pilihan tepat Anda. Tas ini memiliki desain simpel dengan kompartemen banyak dan panjang tali yang dapat disesuaikan. Selain itu tas ini juga dilengkapi dengan flap penutup dengan kancing tembaga yang menarik. Tas ini tersedia dalam 3 warna yaitu black, pink dan khaki yang dapat Anda beli di akun Instagram @misyellelovers dengan harga Rp 299.900.

Pipilon

Sumber gambar tokopedia.com

Tas kulit handmade dari Pipilon dapat membuat penampilan semakin chic. Tas ini terbuat dari bahan kualitas bagus dengan harga terjangkau.

Tas selempang wanita Erika dari Pipilon dapat menjadi pilihan tepat Anda. Tas ini terbuat dari bahan berkualitas, material tebal, dengan jahitan rapi. Selain itu, tas ini juga telah melalui proses sorting yang teliti sehingga kualitas benar-benar terjaga dan minim kesalahan. Tas selempang wanita Erika tersedia dalam 2 warna, yaitu hitam dan cokelat yang memesona. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 229.000.

From our editorial team

Produk-produk Handmade Asli Indonesia

Apakah Anda termasuk orang yang peduli dengan fashion? Lewat artikel ini Anda dapat mengetahui berbagai produk handmade dari merek yang bisa dipilih sebagai penunjang penampilan. Tak kalah dengan produk dari luar negeri, produk karya anak negeri ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Cocok untuk Anda para penggemar barang fashion unik.