10 Rekomendasi Film Anime Keren yang Asyik untuk Bernostalgia

10 Rekomendasi Film Anime Keren yang Asyik untuk Bernostalgia

Film anime Jepang memang tidak pernah membosankan untuk ditonton. Jalan ceritanya yang seru dan sulit ditebak selalu berhasil membuatmu penasaran. Ingin bernostalgia? BP-Guide akan merekomendasikan 10 film anime terbaik yang bisa kamu tonton.

Kecanggihan Teknologi Membuat Film-film Animasi Mampu Mencuri Perhatian Pencinta Film di Seluruh Dunia

Sumber gambar myanimelist.net

Film animasi memang menjadi idola bagi semua kalangan. Penikmatnya tidak hanya terbatas pada anak-anak saja, tetapi remaja dan dewasa juga menyukai film-film animasi. Bahkan di luar negeri, film animasi buatan Disney dan Pixar mampu merajai puncak box office.

Film animasi pun semakin menarik untuk dinikmati karena kecanggihan gambar yang mereka gunakan. Tidak lagi 2 dimensi, kini film animasi hadir dalam karakter 3 dimensi yang membuat gambarnya terlihat semakin nyata.

5 Film Anime Ini Pernah Masuk Nominasi Oscar

Spirited Away

Sumber gambar pinterest.com

Spirited Away memiliki judul asli Sen to Chihiro no Kamikakushi atau dalam bahasa Indonesia Penculikan Ajaib Sen dan Chihiro. Film anime yang dirilis pada bulan Juli 2001 ini berhasil mengalahkan kesuksesan Titanic sebagai film paling sukses sepanjang sejarah di Jepang. Kesuksesan Spirited Away juga dibuktikan dengan jumlah penonton sebanyak 23 juta orang dan pendapatan sebesar 30 miliar yen.

Film ini keluar sebagai pemenang dalam ajang Academy Awards atau Oscar untuk kategori Film Animasi Terbaik pada tahun 2002.

Kubo and the Two Strings

Sumber gambar lbyr.com

Film animasi 3D ini dirilis di Amerika Serikat pada 19 Agustus 2016 oleh Focus Features. Kubo and the Two Strings adalah film animasi dengan genre fiksi fantasi. Disutradarai oleh Travis Knight, pengisi suara dalam film ini adalah sederet artis papan atas Hollywood. Sebut saja Matthew McConaughey, Charlize Theron, Rooney Mara, Ralph Fiennes, dan George Takei.

The Wind Rises

Sumber gambar pinterest.com

The Wind Rises atau Angin Berhembus adalah film animasi yang diangkat dari manga berjudul sama. Bercerita tentang biografi Jiro Horikoshi, seorang insinyur aeronautika. Film yang kaya akan nilai sejarah ini menceritakan kehebatan Horikoshi dalam merancang pesawat tempur untuk Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada masa Perang Dunia II.

When Marnie Was There

Sumber gambar stylewes.com

Film ini diproduksi oleh Studio Ghibli, produser yang juga membuat film The Wind Rises. Dirilis pada 19 Juli 2014, film ini didasarkan pada novel karangan Joan G. Robinson berjudul When Marnie Was There.

When Marnie Was There bercerita tentang seorang gadis bernama Anna yang menderita depresi. Kehidupan Anna berubah sejak ia bertemu dengan Marnie, gadis yang seumuran dengan dirinya. Film ini disutradarai oleh Hiromasa Yonebayashi.

The Red Turtle

Sumber gambar regerebert.com

Film animasi ini adalah produksi internasional yang melibatkan banyak pihak dari berbagai negara. Sutradara dan penulisnya adalah Michaël Dudok de Wit dari Belanda serta diproduseri oleh Wild Bunch dan Studio Ghibli.

Filmnya bercerita tentang seorang laki-laki yang bertemu dengan kura-kura merah setelah ia terdampar di sebuah pulau terpencil dan tidak berpenghuni. Pada pergelaran Oscars ke-89, film ini masuk ke dalam nominasi Best Animated Feature.

Rekomendasi Film Anime untuk Nostalgia

Kimi no Na wa

Sumber gambar amazon.com

Kimi no Na wa atau Your Name adalah film animasi Jepang yang dirilis pada tahun 2016. Film fantasi ini bercerita tentang dua orang remaja SMA, Mitsuha dan Taki. Mitsuha adalah siswi SMA yang tinggal di Itomori, kota kecil yang terletak jauh di pegunungan. Bosan dengan kehidupan di pedesaan, Mitsuha ingin merasakan tinggal di pusat kota Tokyo. Suatu ketika, Mitsuha terbangun dari tidurnya dan menyadari bahwa jiwanya telah tertukar dengan Taki, seorang siswa keren yang tinggal di Tokyo.

Film animasi ini sangat populer dan berhasil meraup keuntungan hingga 355 juta dolar AS pada 2017. Selain itu Your Name juga memenangkan penghargaan pada Japan Academy Prize ke-40 dalam kategori Animasi Terbaik tahun 2017.

Gintama

Sumber gambar amazon.com

Diangkat dari manga yang berjudul sama, Gintama mengambil latar belakang pada zaman Edo. Cerita berjalan melalui sudut pandang Gintoki Sakata, seorang samurai yang bekerja lepas bersama teman-temannya untuk membayar uang sewa bulanan.

Dalam versi manga, Gintama sangat populer dengan penjualan lebih dari 44 juta buku per Juni 2013. Gin Tama juga telah dirilis dalam versi anime dan ditayangkan di Tokyo. Alur cerita yang seru dan komedik menjadi daya tarik utama film ini.

Dies Irae

Sumber gambar imdb.com

Dres Irae adalah film animasi Jepang yang juga dibuat menjadi serial anime di TV karena popularitasnya yang tinggi. Film ini kemudian juga diadaptasi dalam versi manga dan novel.

Film ini mengambil latar tahun 1945, di mana Uni Soviet sedang memasuki Berlin. Ketika itu, ada sebuah grup rahasia yang melakukan ritual. Grup ini tidak peduli dengan ribuan korban yang berjatuhan karena perang, karena nyawa mereka dapat menyempurnakan sihir yang dilakukan kelompok tersebut. Namun setelah perang berakhir, kelompok ini menghilang sama sekali. Muncul rumor bahwa ketika grup ini muncul lagi maka dunia akan berakhir.

Melompat ke masa depan, Fuji Ren keluar dari rumah sakit setelah menjalani perawatan selama 2 bulan. Menjelang Natal, ancaman dari grup bernama Longinus muncul dan Ren harus mampu mengalahkannya.

Seiren

Sumber gambar imdb.com

Seiren adalah anime populer yang tayang di Jepang pada 5 Januari 2017. Bercerita tentang seorang siswa kelas 2 SMA bernama Soichi Kamita. Ia begitu mencemaskan masa depannya hingga suatu hari Soichi dipanggil oleh wali kelasnya untuk konsultasi karier. Ketika itulah Soichi bertemu para gadis yang mungkin akan menentukan masa depannya.

Tsuki ga Kirei

Sumber gambar myanimelist.net

Anime 12 episode ini tayang mulai 7 April 2017 hingga 30 Juni 2017. Tsuki Ga Kirei adalah anime remaja dengan genre romantis.

Bercerita tentang Akane Mizuno yang baru saja naik ke kelas 3 SMP. Akane yang pemalu bertemu dengan Kotaro Azumi. Mereka sama-sama jatuh cinta pada pandangan pertama. Namun keduanya sangat polos dan pemalu, tidak tahu bagaimana harus memulai hubungan. Mereka pun hanya aktif mengobrol melalui aplikasi LINE, tanpa pernah benar-benar berinteraksi di sekolah.

Cerita khas remaja yang malu-malu kucing ini sangat populer karena dekat dengan kehidupan remaja yang sesungguhnya.

Youjo Senki

Sumber gambar ebay.com

Youjo Senki adalah film bergenre fiksi fantasi militer yang diangkat dari novel Carlo Zen dengan judul sama. Sukses sebagai novel, cerita ini kemudian diangkat ke dalam versi layar lebar.

Bercerita tentang Tanya Degurechov, seorang gadis yang berada di garis depan dalam sebuah peperangan. Tanya yang cantik berambut pirang, berkulit putih nyaris transparan, dan bermata biru terang. Terjebak di dunia yang tidak dikenal, Tanya mampu terbang di medan perang dan mengalahkan semua musuhnya.

Sebenarnya Tanya adalah seorang karyawan elite di Jepang yang harus terlahir kembali sebagai seorang anak kecil karena kemarahan Tuhan padanya. Di tengah medang perang Tanya harus mampu bertahan hidup bagaimana pun caranya.

Inuyashiki

Sumber gambar archonia.us

Inuyashiki bercerita tentang seorang kakek berusia 58 tahun. Suatu hari ia divonis menderita penyakit oleh dokter hingga hidupnya tidak akan bertahan lama. Namun tiba-tiba hidupnya berubah setelah tubuhnya berubah menjadi seperti tubuh robot. Semua penyakitnya hilang dan dinyatakan sembuh. Namun secara mengejutkan, organ-organ yang ada di dalamnya juga ikut menghilang.

Petualangan Inuyashiki mengendalikan tubuhnya yang baru adalah bagian yang paling seru dalam cerita ini. Ada satu lagi yang mempunyai tubuh mirip Inuyashiki, yaitu seorang siswa SMA bernama Hiro. Bedanya, Hiro sudah mampu mengendalikan tubuhnya dengan baik.

BanG Dream!

Sumber gambar gogts.net

BanG Dream! awalnya adalah serial manga yang terbit tahun 2015. Karena respons pembaca yang positif, manga ini kemudian diadaptasi ke dalam serial anime pada Januari 2017.

BanG Dream! bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Touyama Kasumi yang kagum saat menemukan sebuah gitar berbentuk bintang di sebuah pegadaian tua. Untuk kali pertama dalam hidupnya, ia terdorong untuk melakukan sesuatu hal yang besar. Kemudian ia berencana melakukan pertunjukan musik yang hebat bersama dengan empat gadis lainnya.

Musim pertama anime ini tayang pada 21 Januari 2017 hingga 22 April 2017.

Koi to Uso

Sumber gambar imdb.com

Anime dengan genre romance ini tayang sebanyak 12 episode. Ceritanya berputar pada seorang gadis berusia 15 tahun bernama Nejima Yukari. Nejima adalah gadis biasa yang tinggal di sebuah kota terpencil. Dalam kisah ini, setiap remaja yang genap berusia 16 tahun akan bertemu dengan pasangan hidup yang ditentukan oleh pemerintah Jepang. Ketika usianya sudah 16 tahun, Nejima diajak orang tuanya untuk bertemu dengan seseorang yang akan menjadi jodohnya. Sayangnya, si laki-laki telah menyimpan cinta pada orang lain, yaitu teman sekolahnya.

Himouto! Umaru-chan R

Sumber gambar anime-planet.com

Himouto! Umaru-chan R adalah merupakan lanjutan dari anime Himouto! Umaru-chan yang telah tayang lebih dulu. Anime ini tayang pada bulan Oktober 2017.

Bercerita tentang Taihei Doma dan adiknya, Umaru, yang sangat cantik dan pintar di bidang akademis dan olahraga. Di balik kecantikan dan keanggunannya, Umaru memiliki sebuah rahasia. Ia memang cantik, namun sangat pemalas di rumah.

Black Clover

Sumber gambar reddit.com

Black Clover tayang perana dalam versi animasi televisi pada tanggal 3 November 2017. Awalnya Black Clover adalah manga yang terbit di majalah mingguan Shonen Jump di Jepang.

Anime ini bercerita tentang Asta, seorang anak muda yang lahir dengan sesuatu yang tidak biasa. Ia tidak memiliki kekuatan sihir seperti orang-orang yang ada di sekitarnya. Ia pun memiliki ambisi untuk menjadi raja penyihir.

From our editorial team

Film Anime Tidak Pernah Membosankan Meski Ditonton Berulang Kali

Bagi penggemar film anime, menonton ulang film anime yang sudah pernah ditonton masih sama serunya. Kalau kamu ingin bernostalgia, jangan lupa masukkan rekomendasi film dari BP-Guide di atas, ya. Atau jika kamu belum menonton, film-film di atas sangat wajib kamu masukkan ke dalam daftarmu.