Seru, Mengharukan, dan Menegangkan! Inilah 10+ Rekomendasi Film Terbaik di 2017 yang Sayang Jika Anda Lewatkan

Seru, Mengharukan, dan Menegangkan! Inilah 10+ Rekomendasi Film Terbaik di 2017 yang Sayang Jika Anda Lewatkan

Sumber gambar premierecinemas.net

Nonton film jadi salah satu hobi yang disukai banyak orang. Selain dapat menghibur diri dan bisa membantu relaksasi di waktu senggang, tak jarang film juga bisa memberi wawasan, informasi bahkan sudut pandang baru karena nila-nilai filosofis yang ada di dalamnya. Para penikmat film tampaknya dimanjakan pada tahun 2017 lalu karena sederet film terbaik menyuguhkan plot cerita seru didukung para aktor dan aktris kawakan seperti dalam rekomendasi berikut ini.

Setiap Tahun, Banyak Sekali Film Menarik Untuk Ditonton dan Bikin Anda Bingung Memilihnya

Sumber gambar cargocollective.com

Banyak orang gemar menonton film, terutama ketika akhir pekan tiba. Nonton di bioskop atau di mana pun dapat memberikan sensasi tersendiri, baik bersama teman, keluarga atau orang terkasih. Sebelum Anda memutuskan menonton film, sebaiknya cari dahulu review-nya atau bertanya kepada teman, terutama mengenai kualtas film tersebut.

Anda dapat melihat trailer film tersebut di YouTube, meskipun hanya ditampilkan potongan dari adegan-adegannya saja. Meskipun begitu Anda tetap harus berhati-hati karena umumnya trailer hanya mempertontonkan bagian serunya saja, untuk membuat semakin penasaran.

Selain itu carilah informasi mengenai aktor atau aktris yang membintangi, sutradara dan rumah produksinya. Apalagi setiap tahun banyak film yang semakin menarik bermunculan dan makin bingung untuk ditonton.

Film-film yang Masuk Nominasi Oscar 2017

La La Land

Sumber gambar itunes.apple.com

La La Land merupakan film musikal yang disutradarai oleh Damien Chazelle. Film tersebut berkobarasi dengan Justin Hurwitz untuk memparadekan musik jazz sekaligus menceritakan mengenai cinta, impian dan dunia sinema. Film ini mampu menyuguhkan ketulusan dan mampu membuat siapa pun yang melihatnya larut dalam kisah cinta menarik.

Selain itu film ini juga menyajikan dansa dengan iringan musik sebagai bentuk komunikasi dengan penontonnya. La La Land dibintangi oleh Ryan Gosling, Emma Stone, John Legend dan Rosemarie DeWitt. Selain itu film ini diproduksi oleh Fred Berger, Jordan Horowitz, Gary Gilbert dan Marc Platt.

La La Land menceritakan mengenai seorang gadis bernama Mia yang bermimpi untuk menjadi artis, sedangkan Sebastian memiliki impian membuka klab sendiri. Keduanya bertemu dalam pertemuan yang tidak menyenangkan di tengah kemacetan. Suatu ketika, Mia mendengar alunan piano yang indah dari Sebastian di Hollywood Hills. Momen pertemuan tersebut terjadi dalam kondisi Sebastian baru saja dipecat dari pekerjaanya.

Kemudian keduanya melakukan tap dance dan menemukan kesamaan antara satu sama lain, sehingga menjadikan semakin dekat dan dekat. Meskipun begitu impian yang keduanya kejar tidaklah sejalan mulus dengan romansa yag dijalaninya.

Film ini menghadirkan sense of time dan tempat yang menarik, klasik dengan berlatarkan zaman sekarang. Sinematografer Linus Sandgren sangat tepat menggunakan long take dengan menghadirkan palet warna yang lembut.

Pada akhir adegan di film ini menunjukkan ketrampilan dari sutradara Damien Chazelle untuk menutup kisahnya dengan menghadirkan keterikatan erat dari karakternya. Sebuah kisah bahagia, namun meremukkan hati.

Arrival

Sumber gambar en.wikipedia.org

Sony Picture membawa film Arrival yang disutradarai oleh Denis Villeneuve masuk ke Indonesia dan menghadirkan kisah unik dan memunculkan rasa penasaran. Film ini masuk ke Indonesia telat karena telah rilis dua bulan lebih awal di Amerika Serikat.

Film Arrival menampilkan penampilan terbaik dari Amy Adams dan disebut sebagai salah satu film science fiction terbaik. Selain itu film ini juga dibintangi oleh Forest Whitaker yang merupakan peraih piala Oscar dan Jeremy Renner. Arrival menghadirkan sinematografi terbaik dengan alur cerita menegangkan.

Film tersebut mengisahkan mengenai pengungkapan tujuan alien datang ke bumi oleh Louise Banks dan Ian Donnelly. Awal dari film ini dimulai dari kedatangan alien ke bumi dengan mengendarai pesawat berbentuk lengkungan yang didaratkan di 12 titik di dunia.

Salah satu dari titik tersebut ada di Amerika Serikat dan membuat White House menugaskan ahli linguistik dan ahli fisika untuk berkomunikasi dengan alien tersebut. Meskipun begitu berkomunikasi dengan alien tidaklah mudah karena harus mempelajari bahasa alien.

Dalam film ini menghadirkan pula moment flashback mengenai masa lalu Louise Banks serta kehebohan dimuka bumi akan kedatangan alien. Dari kesulitan berkomunikasi dengan alien tersebut membuat negara Tiongkok, Rusia dam Amerika akhirnya menarik para ilmuwan dan mengutus tentara untuk menyerang pesawat alien tersebut.

Film arrival menghadirkan sensasi science fiction yang berbeda karena memiliki bumbu drama dengan alur cerita menarik dan adegan rumit. Film ini dapat menjadi referensi menarik untuk ditonton, terutama bagi penggemar science fiction.

Hacksaw Ridge

Sumber gambar varesesarabande.com

Tahun 2016 Film Hacksaw Ridge telah beredar di bioskop-bioskop. Selama penayangannya film tersebut mampu meraup pendapatan sebesar $75.386.720 dan waktu itu masuk dalam rangking 3 besar box office. Film ini mendapatkan rating 86% dan juga bintang 4 serta skor 8,5/10 dari IMDB. Film ini mengandung sekuel yang menarik, seperti:

  • Hacksaw Ridge terinsipirasi kisah nyata
    Film ini menceritakan mengenai seorang pemuda yang mendaftarkan diri menjadi tentara Amerika Serikat, tetapi menolak untuk mengangkat senjata. Pemuda tersebut bernama Desmond Doss yang memilih menjadi tentara medis. Ia seorang diri telah berhasil menyelamatkan 75 prajurit dalam pertempuran di Okinawa dan membuatnya memperoleh penghargaan berupa Medal of Honor.
  • Andrew Garfield menghadirkan akting terbaik
    Akting dari Andrew Garfield mampu memunculkan kesadaran akan sisi kemanusiaan yang melayani negara tanpa harus membunuh orang.
  • Scene peran sesuai dengan suasana kelamnya perang
    Visualisasi apik dihadirkan secara brutal, membuat siapa pun yang menontonnya akan menimbulkan perasaan kengerian di medan perang. Dimulai dari tentara tertembak, terkena bom, perut terburai, kaki dan tangan terpotong sampai dengan pembantaian. Selain itu efek suara bombastis ditambahkan untuk membuat film menjadi semakin dramatis.

Fences

Sumber gambar pentanglearts.org

Film Fences yang dibintangi oleh Denzel Washington dan Viola Davis mampu menghadirkan akting yang menarik. Keajaiban dari film ini terletak pada naskah dan pemeranannya. Film Fences mengisahkan masa kelam dari pasangan suami istri Maxcon dalam keluarga dan lingkungan kulit hitam.

Film ini menghadirkan kisah begitu apa adanya yang kuat sejak awal mulai serta sangat mirip dengan realitas di dunia nyata. Selain itu film ini mampu menyuguhkan latar belakang ras, bangsa dan lain-lain beserta konfrontasi verbal yang tidak mengenal adanya batasan.

Selain itu sosok karakter Rose yang dibintang oleh Viola Davis mampu memperlihatkan ketegaran wanita yang luar biasa. Film ini mulai dari awal sampai nyaris akhir cukup mampu membuat tersiksa akan segala konflik yang dialami.

Hidden Figures

Sumber gambar lyrictheatre.com

Film Hidden Figures disutradari oleh Theodore Melfi yang mengisahkan mengenai tiga perempuan berkulit hitam yang berada pada iklim segregasi. Iklim tersebut adalah kondisi pemisahan berdasarkan ras dan warna kulit.

Sutradara Theodore Melfi beserta Allison Schroeder menulis skenario film ini menjadi memiliki unsur inspiratif dan menggugah hati. Film Hidden Figures berhasil masuk dalam nominasi tiga Piala Oscar yaitu pada kategori Film terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik serta Aktris Pembantu Terbaik. Film inspiratif ini dibintangi oleh Taraji P. Henson, Octavia Spencer, Janelle Monáe, Kevin Costner, Kirsten Dunst dan Jim Parsons.

Hidden Figures mengisahkan mengenai Mary Jackson yang mendapatkan penolakan untuk menjadi teknisi di NASA hanya karena kulitnya hitam. Selain itu Dorothy Vaughan mengalami diskriminasi karena kulit hitamnya sehingga tidak dapat menjadi supervisor tetap.

Tak hanya itu saja, Film ini juga menyuguhkan Katherine Goble yang mampu memiliki kecerdasan cemerlang dan dapat menyelesaikan persamaan aritmetika linear. Berlatar belakang kecerdasannya, ia diterima bekerja di NASA, kemudian kesempatan datang untuk menjadikannya tenaga matematikawan handal di Kelompok Kerja Luar Angkasa.

Katherine Goble menjadi matematikawan wanita dan berkulit hitam pertama dalam kelompok tersebut. Meskipun begitu ia tetap merasakan perlakukan diskriminatif luar biasa.

Rekomendasi Film Terbaik 2017 yang Harus Anda Tonton Ulang di Weekend

Beauty and the Beast

Sumber gambar countynewscenter.com

Beauty and The Beast besutan dari The Walt Disney Studios berhasil meraih dua Piala Oscar dan dinobatkan sebagai film animasi terpopuler di sepanjang masa. Film tersebut dibintangi oleh Emma Watson, Dan Stevens dan Luke Evans yang memukau.

Beauty and The Beast diadaptasi dari dongeng legendaris berjudul A Tale as Old as Time yang berkisah mengenai seorang gadis bernama Belle hidup bersama dengan ayahnya bernama Maurice. Belle memiliki hobi membaca buku dan bersifat antisosial, namun meskipun begitu Gaston justru tergila-gila dan ingin mendapatkannya dengan berbagai cara.

Suatu ketika Maurice ditahan oleh seorang monster bernama Beast di kastil dan membuat Belle menggantikannya sebagai tahanan. Pada awalnya Belle mengganggap monster tersebut jahat, namun seiring berjalannya waktu ia melihat kebaikan dari Beast dan semakin lama menjadi semakin akrab.

Dahulu kala Beast adalah seorang pangeran yang kaya dan tampan, namun memiliki kesombongan yang luar biasa sehingga penyihir mengutuknya menjadi buruk rupa. Untuk mematahkan kutukannya, Beast harus menemukan cinta sejati sebelum kelopak bunga mawar terakir jatuh.

Film ini disutradarai oleh Bill Condon dengan Sinematografi Tobias A.Schliessler dan pemilihan pemeran utama yang tepat.

Istirahatlah Kata-Kata

Sumber gambar inspiratorfreak.com

Puisi singkat Wiji Thukul yang mengatakan kemerdekaan itu nasi, dimakan jadi tai, cukup membuat orang tertegun mendengarnya. Baginya merdeka dapat melakukan berak di mana pun dan kapan pun mau, tanpa harus takut atau sembunyi-sembunyi karena takut ditangkap aparat.

Sutradara Yosep Anggi Noen mampu mengemas kata-kata dari Wiji Thukul dalam film Istirahatlah Kata-Kata. Film tersebut berkisah mengenai pelarian dari Wiji Thukul sampai ke Pontianak. Selain itu film Istirahatlah Kata-Kata mampu menyuguhkan kegetiran, kepedihan yang tersimpan dalam sunyi dan bungkam dalam kebisuan.

Tak hanya itu saja, film tersebut meneriakkanketidakadilan, peringatan serta pengingat akan rezim yang zalim. Tak hanya sekedar film semata, tetapi Istirahatlah Kata-Kata mampu mengajak untuk berdialog dan mengobrol. Meskipun begitu film ini juga menampilkan humor dan kisah asmara antara Wiji Thukul dengan istrinya yang bernama Sipon.

Dunkirk

Sumber gambar triplem.com.au

Dunkrik merupakan film besutan dari sutradara Christopher Nolan yang berdurasikan pendek yaitu 107 menit saja. Film ini adalah film terpendek kedua yang diadaptasi dari kisah nyata.

Dunkrik mengisahkan tentang aksi dari penyelamatan tentara sekutu yang tersudut dan terdampat pada sebuah pantai yang terletak di kawasan Dunkirk, Perancis. Tentara tersebut sebanyak 330 ribu dan berasal dari 4 negara yaitu Inggris, Perancis, Beldia dan Belanda.

Dunkrik dikisah dalam 3 sudut pandang yang berbeda antara satu dengan lainnya, yaitu The Mole, The Sea dan The Air. Ketiga bagian tersebut terhubung dalam satu cerita yang utuh, meskipun masing-masing berbeda waktunya.

The Mole merupakan angle pertama yang mengisahkan mengenai seorang tentara Inggris bernama Tommy yang mampu bertahan hidup untuk kembali pulang. The Sea berkisah mengenai penyelamatan para tentara oleh penduduk lokal bernama Dawson dan anaknya Peter dengan menggunakna kapal kecil.

The Air yang mengisahkan mengenai sudut pandang dari Farrier yang bekerja sebagai pilot di Royal Air Force dan Collins yang tetap gigih berusaha mengalahkan pesawat tempur musuh.

Blade Runner 2049

Sumber gambar popularmechanics.com

Film Blade Runner 2049 disutradari oleh Denis Villeneuve dengan menampilkan akting terbaik dari Harrison Ford. Film ini merupakan film lanjutan dari versi pertama yaitu Blade Runner yang mengambil latar belakang tahun 2019 . Meskipun versi pertama ini telah dibuat 35 tahun yang lalu, namun mampu memprediksi secara tepat masa 2019.

Sedangkan film Blade Runner 2049 mengambil latar belakang dunia distopia fiksi ilmiah yang tidak hanya berfokus pada teknologi semata, namun mengupas tuntas apa yang terjadi dibalik teknologi itu, termasuk kelaparan dan kebocoran data. Titik point dari film ini bertemakan klasik kemanusiaan dengan menampilkan science fiction beserta actionnya. Sekuel dari film Blade Runner 2049 menampilkan premis kisah detektif di dunia distopia.

Film Blade Runner 2049 berdurasikan 2 jam 43 menit yang dibagi menjadi 3 babak, yaitu di babak pertama menjelaskan mengenai logika dari dunia dengan cara mencari replikan kedalursa yang mempertemukan Morton dengan seorang peternak cacing.

Di paruh babak kedua menampilkan penemuan sesuatu yang ditimbun di bawah pohon dekat dengan peternakan cacing. Sedangkan dibabak ketiga menampilkan kembali ke masa depan, dimana mulai muncul pertanyaan mengenai identitas dan masa lalunya sendiri.

Film Blade Runner 2049 juga menampilkan penampilan dari Ryan Gosling yang berakting minimalis dan cocok dengan dunia distopia yang miskin emosi.

Pengabdi Setan

Sumber gambar geotimes.co.id

Film Pengabdi Setan sekarang ini merupakan remake dari film Pengabdi Setan 1980 terdahulu yang menceritakan mengenai kemenangan iman atas keingkaran. Di seri terdahulu film tersebut menceritakan mengenai sebuah keluarga yang memilih berlindung kepada setan, sehingga mudah sekali disusupi kekuatan hitam, diganggu serta dicelakai.

Dalam film Pengabdian Setan yang sekarang ini lebih appeal dengan masa kini dengan narasi semakin diperluas, stake dan misterinya makin meningkat. Film tersebut bercerita mengenai keluarga dengan empat orang anak yang mengungsi dan tinggal di rumah nenek karena rumahnya digadai.

Ibu dari keluarga tersebut meninggal secara misterius setelah 3 tahun mengalami sakit parah. Selepas ibu meninggal, sang ayah mencari penghasilan dengan bekerja di kota dan meninggalkan anak-anaknya yang bernama Rini, Tony, Bondi dan Ian di rumah neneknya.

Selepas itu pula kehidupan menjadi lebih mengerikan ketika sang ibu yang telah tiada dan dikuburkan mendadak pulang, bahkan ingin membawa salah satu dari anaknya untuk diajak ke alam baka. Ketakutan melanda anak-anaknya dan menjadi takut terhadap ibu kandung mereka sendiri. Akhirnya salah satu anaknya yang bernama Rini berusaha mencari tahu masa lalu orang tuanya.

Let’s Go Jets!

Sumber gambar kpop9019.wordpress.com

Film Let's Go, JETS! merupakan film Jepang yang mengusung genre komedi. Film ini disutradarai oleh Hayato Kawai dengan penulis Tamio Hayashi. Pemain utama dari film ini adalah Suzu Hirose, Yuki Amami dan Ayami Nakajo.

Film Let's Go, JETS! diambil dari kisah nyata klub pemandu sorak SMA Fukui bernama "JETS" yang berhasil memenangkan kompetisi tahun 2009 bertaraf nasional di Amerika Serikat. Berawal dari Hikari Tomonaga yang bergabung dalam klub cheerdance tersebut dan harus kuat menghadapi instruktur yang sangat ketat dengan berbagai peraturannya.

Film ini berhasil mendapatkan nilai 7.5 dari IMDb dan dapat menjadi referensi menarik untuk Anda tonton. Anda dapat membeli DVD film ini di yesasia.com dengan harga US$39.25 atau setara dengan IDR 588,720.63.

Wind River

Sumber gambar thefourohfive.com

Film Wind River merupakan film yang terinspirasi dari catatan kepolisian yang sangat minim akan kasus hilangnya para perempuan dari penduduk asli Amerika. Film ini mampu memberikan sentuhan emosional secara mendalam dan luar biasa.

Film Wind River menceritakan Cory Lambert yang menemukan jasad seorang remaja bernama Natalie Hanson. Remaja tersebut membeku di tengah kumpulan salju yang ketika itu menerpa kawasan Wind River Indian Reservation di Wyoming, Amerika Serikat.

Cory Lambert menduga remaja tersebut meninggal akibat tindak kekerasan, sehingga langsung menghubungi Federal Bureau of Investigation. Kemudian federal tersebut mengirimkan agen muda bernama Jane Banner ke lokasi kejadian perkara dan menghasilkan analisis bahwa remaja tersebut meninggal dunia akibat berusaha untuk kabur dari tindak pemerkosaan dan kekerasan dari sekelompok orang.

Film Wind River disutradarai oleh Taylor Sheridan dan merupakan sebuah crime thriller yang menampilkan karakter-karakter tegas dan saling terjalin antara satu dengan lainnya.

The Greatest Showman

Sumber gambar youtube.com

The Greatest Snowman merupakan film musikal yang disutradarai oleh Michael Gracey. Film ini diangkat dari kisah nyata mengenai pendiri sirkus pertama bernama Phineas Taylor Barnum. Durasi dari film ini adalah satu setengah jam lebih dengan tampilan koreografi yang indah.

The Greatest Snowman menceritakan tentang Barnum yang pada tahun 1840-an berhasil membuat pertunjukan hebat dan fenomenal. Awal dari kisah di film ini dimulai dari Barnum kecil yang hidup bersama ayahnya yang bekerja sebagai seorang penjahit. Kemudian ayahnya meninggal dan membuat Barnum harus berjuang sendirian di tengah kerasnya kehidupan New York.

Meskipun begitu Barnum berhasil menikah Charity Hallett dari kalangan kelas atas yang juga adalah cinta masa kecilnya. Kondisi tersebut secara tidak langsung memacu Barnum untuk sukses dan tidak dipandang sebelah mata oleh lingkungannya. Kemudian Barnum mengumpulkan orang-orang "aneh" yang terinspirasi dari ide anak-anaknya untuk melakukan pertunjukan di gedung museum yang dibelinya.

Lion

Sumber gambar apatadi.com

Film Lion merupakan film drama yang diangkat dari buku tentang perjalanan seorang pria yang mencari ibunya. Pria tersebut bernama Saroo yang terpisah sejak kecil dari ibunya. Pemeran Saroo dalam film ini adalah Dev Patel dan didukung oleh sederet bintang film terkenal, seperti Rooney Mara, David Wenham dan Nicole Kidman.

Film ini telah diputar perdana di Toronto International Film Festival dan mendapatkan 6 nominasi Oscar tahun 2017. Film Lion memang diplot tidak rumit, sehingga mampu membuat penonton meneteskan air mata dan juga tersenyum.

Selain itu persaudaraan dari kakak beradik Saroo dan Guddu mampu menunjukkan ikatan erat di antara keduanya. Film Lion menampilkan latar belakang India tahun 80-an, tepatnya di kota Khandwa. Film Lion ini mengajarkan pada semua orang untuk lebih menghargai dan menyayangi keluarga.

Selain itu film ini juga mengajarkan bahwa teknologi dapat membantu kehidupan, bahkan yang terasa mustahil sekalipun. Film Lion disutradarai oleh Garth Davis dan masih belum ditemukan penjualannya dalam bentuk DVD dan Blu-Ray.

Okja

Sumber gambar dreadcentral.com

Film Okja disutradarai oleh Bong Joon-ho yang menampilkan babi jenis istimewa. Okja merupakan nama babi dengan jenis terbesar, tercantik dan terlezat di dunia. Selain itu besaran ukuran babi Okja sebesar gajah dan lebih menyerupai kuda nil.

Untuk wajah dari babi Okja ini selebar bulldog dengan bentuk mata sayu yang dapat membuat siapa pun yang melihatnya menjadi menangis. Secara psikologis babi ini sangat penyayang dan hangat, bahkan rela menyelamatkan pemiliknya.

Film Okja menampakkan persahabatan manis antara babi dengan seorang anak, meskipun begitu film ini tidak masuk dalam kategori anak-anak. Okja memanglah babi yang tidak biasa tetapi hobinya mirip seperti anjing kecil nan imut, yaitu melonjak dan berlarian ke sana kemari.

Film ini merupakan campuran dari petualangan fantasi dengan kekerasan terhadap hewan, satire terhadap korporasi serta konsumerisme. Selain itu film ini juga menyoroti kesenjangan sosial dan kapitalisme yang terjadi.

The Invisible Guest

Sumber gambar recommendedflix.com

The Invisible Guest (Contratiempo) merupakan film penuh teka-teki dan kejutan yang membuat penonton semakin penasaran menebak kebenarannya. Film ini diproduksi dari Spanyol dengan Sutradara Oriol Paulo. Film ini bercerita mengenai pria sukses yang terjerat kasus pembunuhan kekasih gelapnya.

Selingkuhannya ditemukan terbunuh dan meninggal di kamar yang sama dengannya, sehingga membuatnya mencari pengacara terkenal agar membantunya tidak terjerat hukuman penjara. Kasus ini merupakan kasus terakhir dari pengacara tersebut yang memutuskan untuk pensiun.

Sang pengacara sangat fokus terhadap kasus yang ditanganinya, sehingga secara perlahan-lahan rahasia lelaki tersebut terungkap. Sepanjang perjalanan film ini, Anda akan dibuat berfikir dan menerka-nerka akan kebenarannya.

Film The Invisible Guest tak hanya memiliki bumbu teka-teki, namun juga menampilkan reka ulang kejadian ala CIA serta analisa pembunuhan seperti dalam cerita Detektif Conan karya Aoyama Gosho. Selain itu film ini juga memiliki alur cerita sangat menarik disertai dengan kejutan yang sangat banyak. Film ini belum tersedia dalam bentuk DVD dan Blu-Ray.

From our editorial team

Baca Dulu Blurb Film atau Tonton Trailer Sebelum Menonton di Bioskop

Trailer dan blurb cerita pada poster atau informasi film bukan penghias semata, loh. Kelengkapan ini dapat membantu Anda dalam mendapat gambaran soal film incaran. Sebaiknya, Anda memperhatikan beberapa hal saat akan menonton film selain ringkasan cerita atau trailer yakni genre, durasi, serta rating. Jika Anda membawa anak-anak saat ke bioskop, pastikan film yang akan ditonton sesuai dengan umur mereka. Jangan memaksa membawa serta putra-putri Anda yang belum cukup umur untuk menonton film dewasa karena umumnya, film dengan rating ini memuat unsur-unsur yang sulit dicerna anak-anak.