11 Rekomendasi Film Sedih yang Bikin Air Matamu Menetes

11 Rekomendasi Film Sedih yang Bikin Air Matamu Menetes

Menonton film yang sedih memang menguras emosi. Tetapi, ada kepuasan tersendiri selesai menontonnya. Terlebih dari itu, menonton film sedih juga akan meningkatkan empati kamu. Berikut BP-Guide merekomendasikan film sedih yang bisa membuat kamu terisak ketika menontonnya.

Film Menjadi Sebuah Bagian yang Tidak Bisa Lepas dari Kehidupan Kita Sehari-hari

Bagi sebagian besar orang terutama mahasiswa, menonton film merupakan aktivitas yang bisa mengusir kebosanan. Tidak hanya di bioskop, nonton film bisa dilakukan hampir di mana saja, seperti kelas, kos, rumah teman, bahkan di kendaraan umum. Selain mengasyikkan, nonton film jadi kegiatan menarik untuk menghabiskan waktu ketika sedang kurang kerjaan.

Terkadang pertanyaan dari orang lain kerap muncul ketika melihatmu yang punya hobi menonton film. Jika hal ini terjadi, kamu harus menjawab pertanyaan mereka dengan alasan yang masuk akal dan mudah dipahami oleh orang yang bertanya. Jangan sampai kamu malah membuat mereka kesal dangan jawabanmu atau makin penasaran ya!

Berbagai Genre Film yang Digemari

Action

Genre film action atau laga merupakan genre yang disukai oleh banyak orang. Di Indonesia, film laga malah identik dengan cerita kolosal mengenai sejarah pada zaman kerajaan di Indonesia. Film action adalah film yang melibatkan unsur perkelahian di dalamnya.

Biasanya cerita yang diambil oleh genre action adalah cerita tentang ksatria mapun pahlawan yang mengejar penjahat yang licik dan sulit dikalahkan. Film bergenre tersebut sangat membutuhkan banyak energi dari para pemainnya, stunt atau pemain pengganti dalam jumlah yang banyak, pertarungan, pelarian diri, gangguan dari musuh, hingga aksi yang menakjubkan.

Thriller

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, "thriller" artinya adalah "cerita seru". Thriller dan horor adalah genre film yang terkadang sulit dibedakan. Meskipun demikian, genre thriller tidak selalu menakutkan namun lebih fokus pada cerita yang menegangkan dan membuat para penontonnya 'deg-degan' sepanjang film dimainkan. Film thriller yang terkenal adalah "Gone Girl", "Breathe", dan "Get Out".

Thriller biasanya memiliki alur yang menceritakan tentang tokoh dengan aksi menantang, berpacu dengan waktu, dan mendapatkan bantuan yang serba kebeutulan untuk menggagalkan rencana kejam para tokoh antagoinis.

Horor

Berbeda dengan thriller, horror adalah genre film yang berfokus pada alur cerita menyeramkan, seperti vampir, zombie, roh halus, dan hantu segala rupa. Dibuat dengan tujuan untuk menakut-nakuti dan mengeluarkan emosi ketakutan para penonton, film horor biasanya memiliki ending yang mengejutkan dan menghibur para penonton pada saat yang sama.

Magnet utama dari film horror adalah teriakan-teriakan dan berbagai kejutan dalam setiap adegan. Sosok yang ditampilkan pada masing-masing film juga sangat beragam. Contoh film horor terbaik adalah "The Conjuring" dan "Insidious".

Drama

Jalan cerita yang serius ditambah dengan karakter serta menggambarkan situasi kehidupan yang kerap terjadi sehari-hari membuat film-film bergenre drama dipertimbangkan sebagai kategori film terbaik. Menghadirkan cerita yang dekat dengan para penonton, film drama tidaklah berfokus pada efek-efek spesial, komedi, maupun aksi dari para pemainnya.

Kebanyakan film drama mengangkat kisah mengenai ketulusan dalam kenyataan hidup anak manusia. Tak hanya dibuat berdasarkan novel legendaris saja, drama juga kerap kali mengangkat cerita nyata seseorang. Alur film ini sendiri berisi tentang problem kehidupan yang dipenuhi dengan perjuangan dan konflik yang identik dengan kisah percintaan. Salah satu film drama apik yang terkenal adalah "The Fault in Our Stars".

11 Rekomendasi Film Drama Sedih yang Dijamin Membuat Kamu Makin Galau

Titanic

Sumber gambar says.com

Disutradarai oleh James Cameron, film "Titanic"merupakan film roman yang epik. "Titanic" ini diproduksi sejak tahun 1995 dan didanai oleh Paramount Pictures dan 20th Century Fox, Menyandang film termahal pada eranya, untuk membuat "Titanic" dianggarkan sekitar $200 juta.

Meraih 14 nominasi dalam ajang Academy Awards tahun 1998 dan berhasil memenangkan 11 di antaranya, "Titanic" sendiri mengisahkan tentang kisah cinta antara Jack dan Rose yang berasal dari status sosial berbeda di atas kapal RMS Titanic yang tenggelam saat pelayaran perdananya pada tanggal 15 April 1912. Film ini berhasil menyampaikan pesan emosional dengan mengisahkan cerita romantis yang diselingi kematian pada tragedi itu.

Produksi film Titanic melibatkan rekonstruksi kapal RMS Titanic yang dibangun di Playas de Rosarito, Baja California, serta model skala dan teknik computer-generated imagery (CGI) juga digunakan untuk menggambarkan detik-detik tenggelamnya kapal tersebut. Film ini juga dinobatkan sebagai film terlaris selama 12 tahun.

Kata-kata mutiara yang paling terkenal dari "Titanic" adalah "nothing on earth could come between them"atau jika diterjemahkan berarti "tidak ada sesuatu di bumi yang dapat memisahkan mereka". Untuk memperingati seratus tahun tenggelamnya kapal RMS Titanic, pada tanggal 4 April 2012 film "Titanic" dirilis di bioskop dalam versi tiga dimensi.

A Walk to Remember

Sumber gambar bustle.com

Merupakan film drama romantis asal Amerika Serikat, "A Walk to Remember" dirilis tahun 2002 dengan sutradara Adam Shankman dan produser DiNovi dan Hunt Lowry dari Warner Bros. Film ini diangkat dari novel milik Nicholas Sparks tahun 1999. Difilmkan di daerah Wilmington, Carolina Utara, "A Walk to Remember" dibintangi oleh sederet artis ternama, seperti Shane West, Mandy Moore, Peter Coyote, dan Daryl Hannah.

Film ini menceritakan tentang sekelompok pemuda di sebuah SMA di Kota Beaufort, Carolina Utara, yang gemar melakukan hal-hal menyebalkan dan tak bermoral. Suatu ketika, lelucon yang dibuat oleh kelompok ini pada teman sekolahnya, Clay Gephardt, menjadi awal kejadian tak menyenangkan bagi Landon karena diancam untuk keluar dari sekolah oleh kepala sekolahnya.

Tak sampai dikeluarkan, Landon harus menjalani hukuman percobaan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan setelah jam sekolah, hingga dia bertemu dengan seorang putri Pendeta Sullivan, Jamie Sullivan, si kutu buku yang taat beragama. Tentu saja awalnya, Landon kesulitan beradaptasi, sampai ia mendekati Jamie, meski terus ditolak oleh Jamie. Dalam satu momentum, Landon menyelamatkan Jamie yang menjadi korban bullying, yang akhirnya menjadikan Landon bisa mendekati Jamie yang akhirnya berkencan.

Kisah mereka mulai indah, kisah cinta dan kesetiaan serta cita-cita dan saling mendukung. Sampai akhirnya, Jamie memberitahukan bagaimana protektifnya ayahnya, yang menjadikan kisah mulai rumit. Ditambah lagi Jamie ternyata menderita leukemia, dan suatu hari sebelum masuk ke rumah sakit, ia memberikan daftar yang harus dilakukan oleh Landon, salah satunya menikah yang berada di nomor satu.

Pernikahan tersebut akhirnya terjadi dan begitu bahagia, meski tidak berlangsung lama. Jamie meninggal karena penyakitnya. Namun, keberhasilan Landon masuk sekolah kedokteran dan pelan-pelan merubah hidupnya dari anak yang sangat nakal menjadikan Landon sadar bahwa Jamie adalah sebuah mukjizat yang pernah dikenalnya.

The Best Of Me

Sumber gambar amazon.com

Masih datang dari penulis novel yang sama, Nicholas Sparks dengan karyanya "The Best of Me" berhasil membuat penontonnya teringat dengan kenangan bersama mantan kekasih hati. Di dalam karyanya, Nicholas menggambarkan Dawson Cole sebagai tokoh utama dengan citra seorang pria kelas pekerja berbadan macho namun romantis. Tokoh pria ini hanya mencintai Amanda, seorang wanita yang dilihatnya saat sebuah kecelakaan di rig-kilang minyak melemparnya ke laut.

Setelah sembuh, Dawson mendapat kabar bahwa seorang temannya meninggal dan ada wasiat yang dititipkan untuknya. Ternyata begitu pula yang terjadi pada Amanda di tempat lain. Dawson dan Amanda kemudian pulang ke kampung halamannya dan bertemu kembali setelah 20 tahun berpisah. Di sana kemudian cinta lama bersemi kembali. Meskipun mereka berasal dari latar belakang keluarga yang sangat berbeda, Dawson dan Amanda tetap saling mencintai satu sama lain.

Bagi penyuka film dengan kata-kata romantis di dalamnya, "The Best of Me" menjadi salah satu yang wajib ditonton.

500 Days Of Summer

Sumber gambar shawetcanada.com

Bercerita tentang seorang pemuda yang harus melewati 500 hari sejak seorang wanita datang dan memberikan hal baik dan buruk di kehidupannya. Disutradariai oleh Marc Webb, "500 Days of Summer" adalah film dengan sisi romantis yang sangat menarik, termasuk bagian ending-nya.

Tom adalah pemuda kesepian yang bekerja sebagai penulis kalimat singkat dalam kartu ucapan. Singkat cerita, hidupnya yang sangat membosankan berubah seketika setelah bertemu gadis cantik bernama Summer Finn di kantornya.

Namun sayangnya, Summer dan Tom punya pandangan yang berbeda. Summer yang tak ingin menjalin hubungan serius dengan Tom, akhirnya meninggalkan pemuda itu karena bosan. Setelah ditinggal Summer, Tom memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan percaya akan pendapat Summer bahwa cinta itu tidak ada.

Lama tak bertemu, Tom bertambah hancur karena takdir kembali mempertemukannya dengan Summer yang sudah bertunangan dengan seseorang. Penasaran dengan ending-nya? Kamu harus menonton film ini sampai akhir ya!

Dear John

Sumber gambar amazon.com

"Dear John" adalah film romantis asal Amerika Serikat yang disutradarai oleh Lasse Lasse Hallström. Dirilis pada tahun 2010, film ini diangkat dari novel milik Nicholas Sparks. Film ini dibintangi oleh Channing Tatum, Amanda Seyfried, Henry Thomas, Scott Porter, dan Richard Jenkins.

Difilmkan pada tahun 2009 di Charleston, Carolina Selatan, "Dear John" menceritakan tentang seorang sersan di Pasukan Khusus Amerika Serikat yang tertembak di medan pertempuran pada tahun 2003. Sebelumnya John Tyree bertemu dengan Savannah Lynn Curtis di tahun 2001 karena ketidaksengajaan, kemudian mereka berdua saling jatuh cinta.

Ketertarikan Savannah dengan ayah John, Bill Tyree, seorang penyendiri yang terobsesi dengan koleksi koinnya membuat John sangat terkjut. Savannah mengatakan bahwa mungkin Bill memiliki autisme yang tinggi seperti Alan, tetangga John, dan membuat John menjadi kecewa dan marah. Kelanjutannya bisa Anda saksikan sendiri filmnya.

Hachiko

Sumber gambar pojokseni.com

Diangkat dari sebuah cerita nyata di Jepang pada tahun 1920-an, "Hachiko" adalah salah satu film sedih yang sangat terkenal di seluruh dunia. Film ini mengisahkan tentang anjing jenis Akita bernama Hachi yang setia menunggu pemiliknya yang telah meninggal dunia, Professor Parker, di depan Stasin Shibuya setiap hari selama 9 tahun.

Hachi bertemu dengan Professor Parker Wilson di stasiun kereta karena Parker sedang dalam perjalanan ke rumah. Setelah berusaha mencari pemilik Hachi, akhirnya Parker memutuskan untuk merawatnya di rumah. Awalnya Cate, istri Parker, tidak setuju karena merasa akan repot sekali ketika memelihara anjing. Namun setelah melihat anak-anaknya dan Parker yang sangat menyayangi Hachi, Cate mengalah.

Semasa Parker hidup, Hachi selalu mengantarkannya bekerja hingga stasiun dan menjemputnya saat jam 5 sore. Hal itu dilakukan Hachi selama 2 tahun, hingga dia sadar bahwa Parker tak akan pernah datang. Meskipun demikian, dia selalu setia menunggu hingga 9 tahun lamanya.

P.S. I love You

Sumber gambar amazon.com

Diluncurkan saat hari kasih sayang, "P.S. I love You" adalah film kisah cinta yang diadaptasi dari novel karangan Cecelia Ahem, puteri Bertie Ahern, Perdana Menteri Irlandia. Diperankan oleh Hilary Swank sebagai Holly, film ini wajib ditonton.

"P.S. I love You" dimulai dengan seorang tokoh bernama Gerry, pemuda berkebangsaan Irlandia yang sangat dicintai oleh Holly. Dipertemukan saat rombongan wisata kampus Holly ke Irlandia, kebahagiaan mereka berdua harus terpisahkan karena tumor otak yang diderita Gerry.

Disutradarai oleh Richard LaGravenese, film sedih ini cukup ringan untuk ditonton karena banyak selipan humor di dalamnya. Film ini juga bisa menjadi nasehat yang sangat berharga bagi orang yang baru saja kehilangan atau berpisah dari orang yang dicintainya atau bahkan untuk pasangan yang sedang dilanda masalah untuk mengingatkan kekuatan cinta yang dulu pernah menyatukan mereka.

My Sister's Keeper

Sumber gambar nytimes.com

Anna Fitzgerald adalah seorang anak yang lahir direncanakan oleh orang tuanya. Dengan menggunakan bayi tabung, Anna dibuat organnya cocok dengan milik kakaknya Kate Fitzgerald yang menderita leukimia sejak usia 2 tahun. Sejak kecil, Anna sudah mengalami banyak operasi kecil untuk memastikan bahwa sumsum tulang belakangnya cocok untuk Kate. Sedangkan kakak Anna dan Kate, Jesse Fitzgerald, sejak kecil bersekolah dan tinggal jauh dari orang tuanya sehingga pendidikannya berantakan.

Cerita "My Sister's Keeper" dimulai dari Anna dan Kate beranjak dewasa. Sara, si ibu, sangat berambisi untuk menyembuhkan Kate dengan berbagai cara. Berbagai masalah muncul dan pertengkaran kerap terjadi antara Sara dan Brian, ayah Kate, Jesse, dan Anna.

Kate merasa sangat lelah karena pengobatan dan berbagai terapi yang harus dilakukannya, hingga dia bertemu dengan Taylor Ambrose, seorang pasien terapi yang sama sepertinya. Merasa senasib, akhirnya mereka berdua pacaran dan hari-hari Kate menjadi lebih ceria dan berwarna.

The Time Traveler's Wife

Sumber gambar elitedaily.com

"The Time Traveler's Wife" adalah film yang disutradarai oleh Robert Schwentke. Menceritakan tentang Henry DeTamble yang memiliki kelainan genetis dan otak, membuatnya menjadi seorang petualang lintas waktu tak terkendali. Dia sempat merasa terganggu dengan kelainannya ini namun akhirnya dia sadar akan kelebihannya, yaitu mengetahui kehidupan masa depan dan mengubah keadaan masa kini.

Suatu ketika Henry menemui Clare Abshire, gadis kecil yang akan menjadi istrinya kelak. Dapat melakukan perjalanan lintas waktu ternyata tak membuat Henry mencari tahu akan kematian dirinya sendiri. Setelah bertemu dengan Alba, anaknya, yang memberitahu akan kematiannya. Henry menjadi bingung sekaligus ketakutan. Setelah Henry meninggal, Henry dimasa lalu ternyata masih bisa melakukan perjalanan ke masa yang akan datang, saat Clare dan Alba hidup.

Hikmah dari film "The Time Traveler's Wife" yang bisa diambil adalah jodoh, rezeki, dan kematian manusia memang tak bisa terelakkan.

One Day

Sumber gambar pojokseni.com

"One Day" adalah film yang diangkat dari Novel "One Day" karya David Nicholls. Menceritakan tentang Emma dan Dexter. Emma adalah perempuan sederhana, pintar, berprinsip, kerja keras, suka menulis, dan sangat mencintai Dexter sejak pertemuan pertamanya.

Dexter adalah pria kaya dan tampan, bisa melakukan apapun yang diinginkannya, dan selalu bergonta-ganti wanita. Meskipun mencintai Emma, Dexter selalu meremehkan hubungannya. Selalu dikhianati oleh sifat-sifat Dexter, Emma tetap saja mencintainya.

Mereka berdua selalu dipertemukan dan kembali dipisahkan, hingga suatu ketika mereka dipertemukan lagi. Dexter tak lagi menjadi presenter TV, mengalami down berat pasca kematian ibunya, dan menjadi pecandu kokain. Saat ini Emma sudah tinggal bersama pasangannya, dan muak ketika mengetahui ternyata Dexter menjadi pecandu. Penasaran kelanjutannya? Yuk segera saksikan filmnya.

Life is Beautiful

Sumber gambar kobo.com

"Life is Beautiful" adalah film dari Italia yang disutradarai oleh Roberto Benigni. Sutradara flm tersebut mengajak para penontonnya untuk selalu berprasangka baik dan berpikiran positif terhadap apapun yang terjadi di kehidupannya. Film ini bercerita tentang Ferruccio yang sedang berkendara dengan temannya, Guido, kemudian mobil yang ditumpanginya blong sehingga tersungkur lalu melewati iringan penyambut kedatangan raja.

Tak disangka, Guido dan Ferruccio menjadi raja dadakan karena dikira raja yang sedang lewat, sedangkan raja yang sebenarnya terhalang dan tak bisa lewat. Mereka kemudian berhenti di suatu tempat dan memperbaiki remnya. Tak disangka, Guido bertemu dengan wanita bernama Dora yang jatuh dai lantai atas karena berusaha membakar sarang lebah. Ingin tahu ceritanya? Yuk, tonton film "Life is Beautiful!"

From our editorial team

Film Sedih Meningkatkan Rasa Empati dan Menggetarkan Jiwa

Pengalaman ketika nonton film sedih, tentunya terasa sangat berbeda. Dibandingkan dengan film lain, maka film sedih akan lebih menggetarkan jiwa kamu. Kisah cinta yang begitu miris, seperti di film-film yang dipaparkan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pertimbangan untuk menjadi film yang kamu tonton akhir pekan ini.