Ngakunya Pencinta Film? 11 Rekomendasi Film Barat Ini Pasti Familiar di Telinga Kamu

Ngakunya Pencinta Film? 11 Rekomendasi Film Barat Ini Pasti Familiar di Telinga Kamu

Penggemar film pasti pernah menonton film-film besutan sutradara Hollywood yang mendunia terlebih film yang masuk ke dalam box office. Tidak heran, film barat memang memiliki keunggulan dalam banyak segi mulai dari efek visual, efek suara, cerita yang imajinatif dan menarik, dan pemeran film yang keren-keren. Jadi, kamu suka yang film seperti apa? Yuk, baca ulasannya di sini!

Menonton Film ke Bioskop Menjadi Salah Satu Cara Melepaskan Stres

Saat sedang suntuk dengan aktivitas keseharian, tentu kita butuh refreshing. Umumnya akhir pekan banyak dipilih sebagai waktu untuk melepas penat. Banyak orang yang pergi ke bioskop untuk menonton aneka film terbaru pada akhir pekan.

Saat menonton film, kita seakan memasuki dunia baru dan ikut larut dalam ceritanya. Sejenak, kita akan terbawa suasana. Saat film habis, pikiran pun jadi kembali segar dan siap kembali menghadapi realita.

Kenapa Masyarakat Lebih Suka Nonton Film Barat?

Cerita yang Menarik

Alasan pertama banyak orang menonton film barat adalah karena jalan ceritanya yang begitu menarik. Alur cerita yang mudah dimengerti dan tak berbelit membuat orang lebih mudah paham kala menyaksikannya. Cerita yang tak mudah ditebak bikin penasaran juga menjadi daya tarik tersendiri dari film barat.

Strategi Pemasaran yang Mumpuni

Selanjutnya, hal penting lain yang bikin kita lebih menggemari film barat adalah strategi pemasaran film yang begitu mumpuni. Film barat menggunakan strategi pemasaran jauh-jauh hari sebelum peluncurannya sehingga filmnya begitu dinantikan.

Trailer dikeluarkan bahkan dari satu tahun sebelumnya. Penampilan trailernya juga begitu menggoda dan bikin penasaran. Pada akhirnya, penonton akan mulai mencatat tanggal tayang dan tak akan melewatkan untuk menonton film tersebut di bioskop kesayangan.

Efek Film yang Keren

Film luar negeri memang banyak mengundang decak kagum. Salah satu yang membuat film luar negeri begitu mempesona adalah berkat adanya efek computer generated imagery (CGI) yang mumpuni. CGI adalah sebuah pencitraan yang dihasilkan oleh komputer. Banyak digunakan dalam dunia hiburan, ini membuat animasi jadi lebih menarik dan gambar jadi jauh lebih bagus.

Guna membuat satu adegan film CGI yang durasinya hanya satu menit, akan dibutuhkan waktu beberapa minggu. Namun, hal tersebut akan sepadan dengan hasilnya. Penonton akan dibuat tercengang dan takjub dengan efek menakjubkan yang dihasilkan.

11 Rekomendasi Film Barat yang Paling Digemari Sepanjang Masa

Catch Me If You Can (2002)

Sumber gambar www.amazon.com

"Catch Me If You Can" bisa menjadi rekomendasi film barat pertama yang kamu tonton kala senggang. Film tahun 2002 ini merupakan sebuah film biografi drama kriminal Amerika Serikat. Diangkat dari kisah nyata, film ini disutradarai oleh Steven Spielberg dan diproduseri oleh Steven Spielberg dan Walter Parkes.

Didasarkan dari buku "Catch Me if You Can" karya Frank Abagnale dan Stan Redding, naskah film ini ditulis oleh Jeff Nathanson. Review positif membanjiri film yang satu ini berkat uniknya cerita serta kepiawaian Leonardo Dicaprio dan Tom Hanks kala membintangi film ini.

Kisahnya adalah mengenai hidup seorang penipu. Frank Abagnale Jr merupakan anak yang pintar kendati keluarganya bermasalah. Ia pun memutuskan untuk menjalani berbagai profesi untuk bertahan hidup. Mengandalkan pemalsuan uang dan identitas, begitu banyak kejadian menarik kala ia berpindah profesi dari satu ke lainnya. Kamu dijamin menikmati peran apik dari Leonardo dalam film ini.

Fight Club (1999)

Sumber gambar www.imdb.com

Selanjutnya, ada film "Fight Club" yang jadi rekomendasi tim BP-Guide. Dirilis pada tahun 1999, film ini diangkat dari novel yang juga berjudul "Fight Club" karya Chuck Palahniuk.

Film Amerika Serikat ini menghadirkan alur yang cukup complicated hingga menghadirkan sebuah twist yang bikin terpana. Disutradarai oleh David Fincher, film ini diperankan oleh Edward Norton. Banyak menerima kritik positif, film ini telah meraih banyak penghargaan termasuk satu nominasi Oscar.

Ceritanya adalah soal seorang pria yang terjebak dalam kehidupan sebagai masyarakat pekerja "kerah putih". Ia terlibat di dalam klub pertarungan ilegal yang dirintis oleh penjual sabun bernama Tyler Durden yang diperankan oleh Brad Pitt. Pada akhirnya, mereka terlibat kisah segitiga dengan seorang wanita bernama Marla Singer yang diperankan Helena Bonham Carter.

The Godfather (1972)

Sumber gambar www.imdb.com

Beralih ke film lawas, kamu bisa tonton "The Godfather". Dirilis pada tahun 1972, film ini adalah film kriminal Amerika. Film yang dibintangi Marlon Brando dan Al Pacino ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan diproduksi oleh Albert S.

Fokus cerita film ini adalah pada transformasi Michael Corleone yang berasal dari luar keluarga yang kemudian menjadi bos mafia yang kejam. Film ini dibuat dari novel laris Puzo dengan nama yang sama. Sebagai salah satu film besar di dunia perfilman, film ini juga dianggap sangat berpengaruh terutama untuk film berjenis Gangster.

"The Godfather" menjadi film terlaris sepanjang masa yang pernah dibuat. Film ini juga sukses memenangkan tiga Oscar pada masanya.

Forrest Gump (1994)

Sumber gambar www.podomatic.com

"Forrest Gump" merupakan film yang mampu meninggalkan kesan tersendiri pada mereka yang telah menontonnya. Dibuat berdasarkan novel karya Winston Groom pada tahun 1986, film ini dirilis pada tahun 1994. Drama Amerika Serikat ini sukses secara komersial dan menjadi film terlaris di Amerika Utara. Bahkan film ini sukses meraih total 13 nominasi Academy Awards dan memenangkan enam di antaranya.

Kisahnya adalah mengenai seorang pria dengan IQ 75. Film menceritakan bagaimana epiknya kehidupan sang pria tersebut kala bertemu para tokoh bersejarah hingga memengaruhi budaya pop. Diperankan oleh Tom Hanks, film ini berbeda secara substansi dari karya novel aslinya. Menariknya lagi dalam film ini terdapat banyak sekali kalimat bijak dan memotivasi.

The Shawshank Redemption (1994)

Sumber gambar www.walmart.com

"The Shawshank Redemption" juga bisa menjadi film rekomendasi yang menarik banget. Film tahun 1994 ini diadaptasi dari novella karya Stephen King berjudul "Rita Hayworth and Shawshank Redemption".

Kisahnya adalah mengenai Andy Dufresne yang merupakan seorang bankir yang dipenjara dua puluh tahun di Shawshank State Prison. Ia dituduh membunuh istri dan selingkuhannya meski ia mengklaim tidak melakukannya. Dalam penjara ia berteman dengan Ellis Boyd "Red" Redding dan dilindungi oleh para penjaga setelah kepala penjara memanfaatkannya dalam operasi pencucian uang. Bagaimana kelanjutannya, kamu wajib langsung tonton filmnya, ya.

3 Idiots (2009)

Sumber gambar www.imdb.com

"3 Idiots" merupakan film tahun 2009 yang pantang untuk kamu lewatkan. Film Bollywood ini lain daripada yang lain loh. Tak mengusung kisah romansa cinta pada umumnya, jalan ceritanya begitu menarik. Naskah film ditulis oleh Rajkumar Hirani dan disutradarai Vidhu Vinod Chopra.

Aamir Khan ditunjuk sebagai pemeran utama bersama dengan R. Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor, dan Boman Irani. Film yang dirilis pada 25 Desember 2009 ini diangkat dari novel "Five Point Someone" yang ditulis oleh Chetan Bhagat. Sukses memegang rekor dengan pendapatan tertinggi pada minggu pertama pemutarannya untuk film Bollywood, membuat film ini makin mengundang rasa penasaran yang belum menontonnya.

Banyak mendapat pujian, film ini juga memperkenalkan teknologi unik yang dihasilkan anak muda India seperti karya Remya Jose. Ia sukses menciptakan sepeda statis untuk membuat mesin cuci bekerja.

Filmnya sendiri berkisah soal persahabatan tiga pemuda yang sama-sama menjadi mahasiswa baru di kampus teknik bergengsi. Ketiganya mengemban ilmu di universitas yang terkenal sangat disiplin. Film ini mengkritik pada sistem pengajaran sebuah institusi pendidikan. Bertabur kisah cinta yang manis, ada juga komedi di dalamnya. Dijamin kamu akan betah menonton film yang satu ini deh.

The Dark Knight (2008)

Sumber gambar www.amazon.com

"The Dark Knight" merupakan film bertemakan superhero yang bisa kamu tonton dengan sahabatmu. Film kriminal thriller ini dirilis pada tahun 2008. Disutradarai oleh Christopher Nolan, film ini diproduseri oleh Charles Roven dan Emma Thomas serta Christopher Nolan sendiri.

Kisahnya ditulis oleh Christopher Nolan dan David S. Goyer berdasarkan karakter dari DC Comics. Pemeran dari film ini adalah Christian Bale, Michael Caine, Heath Ledger, dan banyak lagi yang lainnya. Sebagai sekuel dari film "Batman Begins", film "The Dark Knight" ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 18 Juli 2008.

Banyak mendapat review positif dari pada kritikus, film ini juga banyak dipuji para penontonnya. Kisahnya adalah soal kota Gotham yang diserang beraneka teror. Batman dan dibantu oleh letnan Jim Gordon serta jaksa Harvey Dent pun mencoba meredam kejahatan yang merajalela di jalanan. Tak lupa mereka juga menghadapi musuh yang sadis yang menamakan dirinya the Joker. Saksikan kisah seru selengkapnya pada film ini ya.

The Lord of The Rings: The Fellowship of The Rings (2001)

Sumber gambar www.gbposters.com

"The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring" merupakan film bergenre fantasi. Film tahun 2001 ini disutradarai oleh Peter Jackson. Diangkat dari novel dengan judul yang sama karya J. R. R. Tolkien, disambut dengan kritik dan pujian oleh para penggemar novel aslinya.

Film ini menceritakan soal raja kegelapan Sauron yang mencari Sang Cincin. Rupanya cincin malah ditemukan oleh hobbit muda bernama Frodo Baggins di Bumi Tengah. Jika cincin tak dihancurkan, takdir dari Bumi Tengah akan terancam. Maka dari itu, Frodo dan kedelapan rekannya yang tergabung dalam Sembilan Pembawa Cincin membawa cincin itu ke Gunung Doom di Mordor untuk dihancurkan.

Sukses besar, filmnya bahkan berpenghasilan kotor kedua tertinggi tahun 2001 di Amerika Serikat. Film juga telah memenangkan lima penghargaan BAFTA termasuk untuk kategori Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

Shutter Island (2010)

Sumber gambar style.tribunnews.com

Beralih ke genre film bertema thriller. Ada film "Shutter Island" dari tahun 2010 yang wajib kamu tonton. Disutradarai oleh Martin Scorsese, film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Merupakan adaptasi dari novel tahun 2003 yang berjudul sama karangan Dennis Lehane, film ini sukses bikin penonton susah move on pada akhirnya.

Leonardo memerankan Edward Teddy Daniels, seorang marsekal Amerika Serakat yang menyelidiki sebuah kasus. Ia dibantu oleh Mark Ruffalo sebagai Chuck Aule yang merupakan marsekal AS dan rekan Teddy. Di Shutter Island, Teddy dan Chuck diminta Dr. Cawley yang diperankan oleh Ben Kingsley untuk memecahkan misteri menghilangnya salah satu pasien rumah sakit jiwa Ashecliffe di Pulau Shutter.

Saat berusaha memecahkan misteri, justru perlahan bayang-bayang masa lalu dari Teddy terungkap. Ia mengingat masanya kala menjadi tentara Amerika ketika perang Normandia serta pembantaian terhadap tentara Jerman dan juga penampakan istri dan pria misterius bernama Andrew Laeddis. Bagaimana keseruan kisahnya, segera saksikan sendiri ya.

Inception (2010)

Sumber gambar thezenuniverse.org

"Inception" merupakan sebuah film fiksi yang bisa kamu tonton bersama keluarga. Film fiksi ilmiah Amerika Serikat ini dirilis pada tahun 2010 lalu. Christopher Nolan menyutradarai film ini dan memproduserinya bersama dengan Emma Thomas. Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon, Ellen Page dan lainnya ini sukses mendapatkan review positif dari para kritikus.

Untuk menyaksikan film yang satu ini, kamu perlu berkonsentrasi penuh. Kamu akan terbawa pada filmnya namun jangan sampai memiliki ide menyeramkan usai menontonnya ya.

Kisahnya adalah mengenai Cubb yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio. Ia adalah seorang ekstraktor dan bekerja dengan cara masuk ke dalam mimpi seseorang. Saat tengah menjalani sebuah misi dari perusahaan untuk mendapatkan rahasia dari Saito, ia malah bertemu dengan masa lalunya yang membuatnya hampir gagal melakukan misinya. Kelengkapan kisahnya bisa kamu saksikan sendiri dalam film, ya.

V for Vendetta (2005)

Sumber gambar style.tribunnews.com

"V for Vendetta" merupakan sebuah film tahun 2006 yang wajib kamu tonton. Kisahnya mengenai seseorang yang berinisial "V", dimana ia berjuang untuk menghancurkan rezim pemerintahan otoriter di Inggris. Disutradarai oleh James McTeigue dan diproduksi oleh Joel Silver, film ini diambil dari novel berjudul "V for Vendetta" karya Alan Moore dan David Lloyd.

Film yang diperankan oleh Clive Ashborn yang berperan sebagai Guy Fawkes ini juga diperankan oleh Natalie Portman sebagai Evey Hammond. Sedangkan karakter V diperankan oleh Hugo Weaving. Film ini berlatar belakang di Inggris pada era masa depan ketika berada di bawah kepemimpinan rezim yang totaliter.

Kisahnya dimulai setelah perang dunia ketiga yang meluluhlantakkan berbagai negeri sehingga kekacauan, kelaparan, dan kematian pun merajalela. Hal ini diambil sebagai pembenaran bagi seorang politikus yang ambisius untuk meraih kekuasaannya dengan menerapkan pola kekuasaan yang fasistik.

Kamu akan menyaksikan betapa serunya film yang satu ini. Beberapa negara melarang pemutaran dan peredaran film yang satu ini karena alasan tertentu, misalnya saja negara Italia.

From our editorial team

Film Box Office Pilihan yang Wajib Kamu Tonton

Film Hollywood memang selalu menjadi incaran para pecinta film barat terkhusus film-film box office. Sebagian dari kamu mungkin sudah pernah menonton judul-judul film di atas. Nah, rekomendasi di atas merupakan film-film lawas yang menjadi daftar wajib nonton kamu karena ceritanya bagus banget dan sayang kalau dilewatkan.