10 Rekomendasi Film Zombie yang Siap Membuatmu Merinding

10 Rekomendasi Film Zombie yang Siap Membuatmu Merinding

Film dengan tema zombie masih menjadi salah satu yang terfavorit hingga saat ini. Serangan mayat hidup yang tidak terkendali selalu menyuguhkan cerita yang seru. Inilah rekomendasi film zombie terbaik dari BP-Guide hanya untuk kamu.

Zombie Adalah Karakter Fiksi yang Banyak Ditakuti

Sumber gambar news18.com

Karakter fiksi yang dimunculkan dalam dongeng atau film, tak jarang memberikan kesan tersendiri bagi kita. Contohnya saja karakter zombie, yang dikenal sebagai mayat hidup yang doyan mengonsumsi otak. Zombie muncul pada berbagai buku horor dan juga film bertema fantasi dan horor.

Umumnya plot dari suatu buku atau film dengan zombie akan menggambarkan serangan zombie tak terkendali. Biasanya ada sekelompok orang yang berusaha untuk menghentikan penularan terjadinya zombie. Tak jarang, film atau buku bertemakan zombie berakhir happy ending namun ada juga yang berakhir sad ending.

Dalam cerita, biasanya zombie bisa menular ke orang sehat lewat gigitan atau cakaran. Korban yang diserang umumnya langsung tewas dan sedetik kemudian berubah menjadi zombie.

Berbagai Fakta Menarik Tentang Zombie

Teori Tentang Asal Usul Zombie

Sumber gambar origins.osu.edu

Beberapa dari kita tentu ada yang penasaran bagaimana awal mula si zombie muncul. Sebenarnya ada dua teori terkait asal mula zombie hadir. Teori pertama adalah orang yang dikutuk mati dan kembali sebagai zombie. Teori kedua adalah orang yang terkena suatu virus atau radiasi sehingga menjadi zombie.

Dalam ajaran voodoo disebutkan bahwa pendeta voodoo yang disebut Bokor memiliki kemampuan untuk menghidupkan kembali manusia yang sudah mati. Nantinya mayat hidup tersebut disebut zombie. Diceritakan dalam ajaran voodoo bahwa zombie umumnya tidak memiliki kemauan sendiri dan hanya berada di bawah kendali sang majikan.

Bagaimana Cara Membunuh Zombie

Sumber gambar zombie.wikia.com

Zombie merupakan karakter fiksi yang banyak ditakuti. Pikiran utama zombie hanya untuk menemukan mangsa yang bisa dikonsumsi otaknya. Tentunya sangat mengerikan jika makhluk semacam ini benar ada di kehidupan nyata. Untung saja semua hanya fiktif belaka. Dalam pengetahuan soal zombie, untuk membunuh zombie, yang perlu dilakukan adalah merusak otak atau memotong kepalanya.

Orang yang Gemar Sekali dengan Zombie Disebut dengan Istilah Zombophiles

Sumber gambar deadentertainment.com

Pencinta game horor, film, dan juga aneka hal berbau zombie tentu tak akan melewatkan aneka pernik zombie atau melewatkan film bertemakan zombie. Kalau kamu punya teman yang tergila-gila akan karakter zombie, temanmu wajib dapat sebutan zombophiles. Ini merupakan sebutan bagi mereka yang gemar sekali dengan zombie.

Banyak Sekali Film Zombie yang Digemari

Sumber gambar askmen.com

Zombie bukan hanya merambah industri buku bertema horor dan juga game horor saja. Zombie juga masuk dalam industri film dan laku keras. Jika filmnya didukung dengan cerita serta penokohan yang baik sudah pasti filmnya akan sangat laris. Kamu yang sedang senggang dan ingin mencoba nonton film horor, bisa sesekali mencoba film dengan tema zombie. BP-Guide akan menghadirkan deretan film Zombie terbaik sepanjang masa.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

28 Weeks Later

Sumber gambar amazon.com

Film bertemakan zombie yang bisa menjadi rekomendasi kamu yang pertama adalah 28 Weeks Later. Film garapan Juan Carlos Fresnadillo ini dirilis di Indonesia pada Mei 2007 lalu. Dibintangi Robert Carlyle, Jeremy Renner, Imogen Poots, dan Rose Byrne, film ini sukses besar.

Kisahnya adalah mengenai wabah zombie yang menjangkiti sebuah penampungan yang dibuat pemerintah. Awalnya penampungan begitu damai dan aman, namun Zombie berhasil menembus masuk penampungan dan terjadilah kehebohan. Virus zombie melanda kota London selam 6 bulan dan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat serta Inggris bersatu untuk mengalahkan zombie ini. Saksikan keseruan selengkapnya film yang satu ini ya.

Train to Busan

Sumber gambar merahputih.com

Bagi yang suka segala hal berbau Korea, coba deh lirik film yang satu ini. Train to Busan sukses menarik perhatian pencinta film bertemakan Zombie. Dirilis 2016 lalu, film ini digarap oleh sutradara Yeon Sang Ho.

Mengusung genre horor thriller, film ini booming di pasaran. Dibintangi oleh Gong Yoo, Train to Busan begitu seru kisahnya. Kisah berawal kala ada perempuan belia yang berjalan terseok di dalam Korea Train Express. Saat ada petugas wanita yang mencoba menolongnya, ia malah mencabik lehernya. Ternyata ia telah berubah menjadi zombie dan mulai menularkan virus zombie pada petugas wanita tersebut. Adalah Seok Woo yang diperankan Gong Yoo, tengah berada dalam kereta tersebut bersama putrinya. Mereka hendak mengunjungi ibu sekaligus mantan istri Seok Woo di Busan. Mereka pun berusaha menyelamatkan diri dari kepanikan dalam kereta tersebut.

The Serpent and the Rainbow

Film yang satu ini tergolong lawas namun seru untuk diikuti. Dirilis pada Februari 1988 di Amerika Serikat, filmnya disutradarai oleh Wes Craven. Diadaptasi dari buku The Serpent and the Rainbow, skenario dibuat oleh Adam Rodman dan Richard Maxwell.

Film horor yang satu ini mengangkat tema ilmu hitam dan zombie. Dengan mengambil latar di Haiti Karibia, filmnya bercerita mengenai sebuah agama asli masyarakat Haiti yakni voodoo. Dalam kepercayaan voodoo, ular menjadi simbol bumi dan pelangi menjadi simbol surga. Di film ini kita akan melihat kisah seorang antropolog yang ditugasi untuk mengakhiri aneka praktek sihir ilmu hitam berbahaya di Haiti, di mana praktik tersebut malah bisa mengubah manusia menjadi sosok zombie.

Dead Snow

Film zombie selanjutnya yang bisa kamu tonton adalah Dead Snow. Dirilis pada 2009 lalu, fim ini disutradari oleh Tommy Wirkola. Film ini menjadi film zombie terbaik sekaligus film zombie terseram dan berkesan.

Dibintangi oleh beberapa aktor ternama seperti Charlotte Frogner, Stig Frode Henriksen dan Bjorn Sundquist, film ini tak bisa kamu lewatkan keseruannya. Kisahnya mengenai 7 mahasiswa yang berlibur di daerah yang dihiasi oleh salju putih. Siapa sangka bahwa itu merupakan tempat kuburan para tentara NAZI saat mengikuti Perang Dunia II. Saksikan keseraman film ini segera ya.

Planet Terror

Sumber gambar amazon.com

Jalan cerita film yang satu ini jelas akan bikin kamu bergidik ngeri. Selain tegang, suasana mencekam yang dihadirkan dalam film juga bikin kita tanpa sadar menahan napas sesekali. Kamu akan merasa seolah sedang ada di dalam filmnya kala menontonnya.

Disutradarai oleh Robert Rodriques, film ini mengeksploitasi banyak adegan yang menghibur sekaligus karakter yang tidak kalah gila namun memorable. Film ini rilis pada Juni 2007 lalu dan sukses meledak di pasaran. Kombinasi action dan horor bikin film ini banyak diminati.

Dead Alive

Sumber gambar amazon.com

Selanjutnya ada film Dead Alive yang bisa menjadi pilihan kamu. Dirilis pada Agustus 1992, film besutan Peter Jackson ini sukses juga mendulang untung. Film komedi horor dari Selandia Baru ini diproduksi oleh Trimark Pictures dan Peter Jackson Productions.

Dibintangi oleh Timothy Balme, Elizabeth Moody, dan Ian Watkin, filmnya berlatar tahun 1950-an. Kisahnya tentang sebuah tim ekspedisi kebun binatang yang berhasil menangkap kera Sumatran Rat-Monkey. Dalam film ini kamu akan menemukan gambaran masyarakat Sumatera sebagai suku primitif dengan baju ala suku pedalaman Amazon tetapi berwajah Afro Amerika.

Zombieland

Sumber gambar freemovieposters.net

Film horor komedi ini menghadirkan suasana menyeramkan sekaligus lucu. Dirilis pada Oktober 2009, film ini dibintangi Jesse Eisenberg.

Kisahnya berawal ketikan seluruh bumi terkena virus sapi gila. Lalu ada murid yang belum pernah terkena virus sapi gila bernama Columbus. Ia bersama Tallahase sahabatnya akhirnya berusaha bertahan hidup. Mereka bertemu Wichita dan Little Rock yang akhirnya saling suka. Sayangnya Wichita dan Little Rock dalam bahaya ketika para zombie datang. Bagaimana keseruan kisah selanjutnya? Kamu bisa tonton filmnya selengkapnya.

Dawn of The Dead

Sumber gambar moviepostershop.com

Film zombie berikutnya adalah Dawn of the Dead. Film ini disutradarai oleh Zack Snyder dan sukses di pasaran. Dibuat berdasarkan buku berjudul Dawn of the Dead karya George A. Romero, skenario film dibuat oleh James Gunn.

Film ini mengisahkan seorang perawat yang hampir mati karena diserang oleh suaminya sendiri. Sang suami berubah menjadi ganas usai digigit anak tetangganya. Zombie banyak berkeliaran di sekitaran rumah dan pastinya ini akan menjadi film terseram untuk kamu.

28 Days Later

Sumber gambar pinterest.com

Ini merupakan film yang wajib kamu tonton jika kamu mengaku sebagai penggemar zombie. Berlatar belakang kota London, film ini bisa membuat kamu bermimpi buruk saking seramnya. Dirilis pada 2004 lalu, film ini cocok kamu tonton bersama temanmu.

Film ini memiliki genre horor yang pastinya mencekam. Kisahnya mengenai misteri yang terjadi di London. Selama 28 hari, virus mematikan menyebar ke seluruh Inggris. Kemudian sekelompok orang berusaha menyelamatkan diri dan mencari tempat suci untuk berlindung.

Night of the Living Dead

Sumber gambar moviepostershop.com

Rilis pada tahun 2006, film ini bisa kamu tonton kala sedang senggang. Pastikan kamu tidak menonton sendirian karena filmnya begitu seram. Disutradarai oleh Jeff Broadstreet, film keren ini dibintangi Brianna Brown, Sid Haig, dan Joshua Desroches.

Kisahnya mengenai dua bersaudara yang ingin datang untuk mengunjungi sebuah acara pemakaman keluarganya. Masalah terjadi kala keduanya sadar bahwa yang menghadiri pemakaman tersebut adalah sekawanan zombie bukannya manusia. Dirilis pada tahun 1968, film yang satu ini tak boleh kamu lewatkan.

Shaun of the Dead

Sumber gambar imdb.com

Film selanjutnya yang bisa kamu tonton adalah Shaun of The Dead. Mengusung genre komedi horor, film ini dirilis pada 2004 lalu. Digarap Edgar Wright, dijamin kamu akan merasa terpingkal sekaligus merasa seram kala menonton film ini.

Skenario film ini dibuat oleh Simon Pegg dan Edgar Wright. Dibintangi Simon Pegg dan Nick Frost, film ini kocak banget untuk ditonton bersama keluarga besar.

From our editorial team

Film Zombie, Mengerikan Tapi Asyik Ditonton

Film yang menampilkan zombie sebagai karakter utama adalah film yang mengerikan dan menegangkan. Kemunculan zombie yang tiba-tiba dan rupanya yang menyeramkan tentu membuat jantung penonton berpacu saat melihatnya. Tapi film zombie selalu mempunyai jalan cerita yang seru untuk disimak hingga akhir. Masukkan rekomendasi BP-Guide di atas ke dalam daftar film zombie yang wajib kamu tonton, ya!