10 Pilihan Sepeda Listrik Murah yang Keren dan Tak Mengoyak Kantong

10 Pilihan Sepeda Listrik Murah yang Keren dan Tak Mengoyak Kantong

Sepeda listrik sepertinya sudah jadi salah satu alat transportasi favorit karena selain cepat juga ramah lingkungan. Tak perlu membuang banyak uang untuk memiliki jenis sepeda yang satu ini karena berikut ini BP-Guide berikan beberapa rekomendasi sepeda listrik murah yang bisa dimiliki.

Ingin Punya Sepeda Listrik Tapi Uang Pas-pasan? Tenang! BP-Guide Punya Solusinya

Sumber gambar waveelectricbikes.com

Pada saat ini mungkin Anda sedang memikirkan sebuah alat transportasi ringan yang bisa Anda ajak ke berbagai tempat. Motor mungkin handy, namun masih terlalu berat dan makan bensin. Sepeda bisa menjadi alternatif. Namun jika Anda tidak gemar mengengkol setiap hari, sepeda juga bukan alternatif tepat.

Bagaimana dengan sepeda listrik? Nah, sepeda listrik pasti tepat dengan pilihan Anda karena tanpa bensin, bisa berjalan tanpa diengkol, dan sesekali jika Anda kangen gowes (atau kehabisan setrum), Anda pun masih bisa mengengkolnya.

Saat ini ada banyak pilihan sepeda listrik di pasaran. Harganya pun beragam. Ingin sepeda listrik dengan harga bujet? Banyak pilihannya, BP-Guide akan membantu Anda mencarikan pilihan terbaik untuk Anda.

Keuntungan Memiliki Sepeda Listrik Murah

Ramah Lingkungan

Sumber gambar bikesreviewed.com

Satu keuntungan utama dari sepeda listrik adalah ramah lingkungan. Karena bertenaga listrik, maka sepeda listrik tidak akan mengeluarkan asap layaknya motor. So, tidak akan karbondioksida yang mengebul dari sepeda listrik Anda.

Tidak ada pula sebagal limbah mesin lain macam oli mesin atau lainnya. Lingkungan pun lebih segar dan Anda pun bisa berkendara dengan lebih nyaman dan sehat.

Ada Dua Pilihan, Bisa Dikayuh atau Menggunakan Listrik

Dengan membawa sepeda listrik, Anda memiliki dua pilihan yaitu menggenjotnya layaknya seperti sepeda biasa, atau menggunakan motor listrik sebagai tenaga penggerak. Jika naik sepeda biasa, Anda hanya akan mendapat satu pilihan untuk menggerakkannya, yaitu dengan digenjot.

Sepeda listrik menawarkan satu alternatif tambahan yang membuat tersenyum: menggerakkan sepeda dengan motor listrik. Sehingga saat Anda capek menggenjot sepeda (atau memang lagi malas bergerak), Anda bisa mengaktifkan motornya. Maka sepeda pun akan melaju membawa Anda dengan nyaman.

Hemat Energi dan Keuangan

Sumber gambar www.kickstarter.com

Keunggulan lain sepeda listrik adalah sangat hemat energi dan keuangan. Jika Anda memerlukan 2 liter bensin (sekitar Rp 20.000) bagi motor bensin Anda untuk menempuh jarak 80 km, maka Anda hanya perlu Rp 8000 dengan motor listrik dalam jarak yang sama.

Sebagai ilustrasi, jika misalkan dana untuk bensin Anda per bulan mencapai Rp 600.000, maka Anda hanya memerlukan Rp 40.000 saat menggunakan sepeda listrik. Angka 40 ribu ini didapat jika Anda menyetrum sepeda listrik setiap hari.

Padahal dalam kenyataannya, kalau penggunaan hanya di dalam kota, maka power-nya bisa bertahan hingga 3 harian lebih. Sehingga angka tersebut masih bisa turun lagi, dan pengeluaran Anda pun semakin hemat.

Tidak Dikenakan Pajak

Sumber gambar inhabitat.com

Sepeda listrik masih digolongkan sebagai sepeda kecil dan bukan dianggap sebagai kendaraan bermotor. Selain itu, kecepatannya juga dianggap masih rendah, hanya sekitar 20-30 km per jam, untuk dianggap sebagai motor umumnya. Tak heran sepeda listrik sejauh ini belum dikenakan pajak oleh pemerintah dan tentu saja tidak memerlukan STNK dan BPKB.

Tips Merawat Sepeda Listrik yang Harus Anda Perhatikan

Waktu Pengisian Baterai yang Lama Hingga 8 Jam

Sumber gambar www.youtube.com

Satu yang perlu Anda perhatikan saat membeli sepeda listrik adalah waktu pengisian baterainya. Untuk teknologi baterai sepeda listrik saat ini, waktu pengisiannya umumnya mencapai 4-8 jam hingga penuh. Artinya, jika Anda ingin aman dan nyaman di jalan, pastikan sebelum Anda beristirahat di malam hari untuk mencolokkan kabel charger-nya pada colokan listrik rumah Anda.

Lama waktu pengisian ini tergantung pada kapasitas baterai. Semakin besar kapasitasnya, maka waktu pengisiannya pun semakin lama. Walau begitu, dengan teknologi charger khusus, Anda bisa memangkas waktu pengisiannya hingga cukup singkat.

Beban Maksimal Hanya 125 kg

Hal kedua yang perlu diperhatikan saat membeli sepeda listrik adakan beban muatannya. Anda tidak bisa memberi beban lebih kepadanya. Maksimal beban yang bisa ditanggung oleh sepeda listrik sementara ini adalah 125 kg.

Oleh karena itu, umumnya sepeda listrik hanya dipakai sendirian, kalau pun berboncengan, biasanya pun dengan anak-anak. Pembatasan beban ini dimaksudkan agar motor listrik tidak terlalu terbebani saat menggerakkan sepeda, sehingga komponen-komponen sepeda tidak mudah aus dan rusak.

Bengkel Servis Resmi Masih Sulit untuk Dicari

Sumber gambar www.yelp.com

Faktor ketiga yang perlu Anda perhatikan saat membeli sepeda listrik adalah perawatannya. Karena sepeda listrik baru pada tahap perkembangan, saat ini masih sulit untuk mencari bengkel servis resmi sepeda listrik. Oleh karena itu, mungkin Anda perlu menjaga sepeda listrik Anda baik-baik.

Merawatnya secara telaten dan rutin, agar selalu prima Anda ajak gowes ke mana saja tanpa perlu takut rusak di tengah jalan dan bingung karena sukar mencari bengkel sepeda listrik yang tepat.

Aki Harus Diganti Setiap 2 Tahun Sekali

Sumber gambar www.youtube.com

Satu hal penting terakhir yang penting dan perlu Anda perhatikan saat membeli seepda listrik adalah bahwa Anda perlu mengganti baterainya secara teratur. Umumnya baterai listrik memiliki waktu hidup sekitar 2 tahun. Setelah melewati masa itu, kemampuannya menggerakkan sepeda akan menurun drastis. Masa dua tahun itu pun bagi baterai yang berkualitas benar-benar bagus.

Setelah masa pakai habis, Anda perlu menggantinya. Harga baterai tergantung pada kualitas dan brand-nya. Semakin bagus kualitas dan merk maka semakin mahal. Namun umumnya baterai sepeda listrik berkisar dari harga Rp 750.000 – Rp 1.200.000.

Mungkin terasa besar nominalnya, namun angka itu sebenarnya sangat murah dibandingkan jika Anda harus membeli bensin motor. Untuk kisaran harga tersebut, sebenarnya Anda hanya perlu menabung sekitar Rp 50.000 per bulan.

10 Rekomendasi Sepeda Listrik yang Tidak Akan Mengoyak Kantong

Selis Dignity Type Blitz Sepeda MTB - Gold

Sumber gambar www.blibli.com

Ingin MTB listrik? Cobalah Selis Dignity Type Blitz Sepeda MTB – Gold. Desainnya sangat cantik dan modern, framenya terbuat dari material berkualitas yang ringan namun tangguh dan bergaransi 5 tahun. Sepeda listrik ini memiliki motor 350W (garansi 1 tahun), dengan baterai 48V/12Ah (garansi 3 bulan).

Dalam keadaan baterai terisi penuh, sepeda bisa melaju sejauh 45km dan kecepatannya mencapai maks 40km/jam. Beban maksimal 150 kg. Anda bisa membelinya di Blibli seharga Rp 2.200.000.

Selis Sepeda Dignity Type Sky Ranger - White

Sumber gambar www.blibli.com

Masih berupa MTB dari Dignity, kali ini Anda juga bisa memilih Selis Sepeda Dignity Type Sky Ranger – White. Sepeda gunung ini menggunakan material alloy yang ringan dan desain yang sangat trendi.

Untuk kenyamanan berkendarai, sepeda ini juga dilengkapi suspensi mantap dari Suntour, derailleur dari Shimano, Shimano BR-M375A Mechanical Disc Brake, serta pedal Wellgo M21 yang sangat gaya. Anda bisa mendapatkan sepeda ini di Blibli dan Bukalapak, harganya antara Rp 1.600.000- Rp 2.950.000

Sepeda Listrik Selis Type Walet

Sumber gambar investoremas.com

Selis tipe lipat sangat praktis untuk melayani kebutuhan sehari-hari: mengantar anak ke sekolah, berbelanja ke pasar, atau sekadar jalan-jalan sore. Desain kerangkanya ringan dan bisa dilipat, sehingga praktis untuk disimpan atau dibawa di dalam mobil. Sepeda ini dilengkapi 2 buah aki, masing-masing berkapasitas 12V/12AH. Aki bisa dicopot, sehingga memudahkan pengisian.

Ada juga indikator penunjuk kapasitas isi aki yang tersedia, sehingga Anda bisa selalu bisa memperkirakan waktu pengisiannya. Anda bisa mendapatkannya di toko sepeda terdekat atau di selis.work. Harga sepeda jenis ini Rp 4.450.000.

Selis Sepeda Lipat - Putih KHS F26

Sumber gambar www.blibli.com

Satu selis lipat yang perlu menjadi koleksi Anda adallah KHS F26. Desainnya sangat cute, daat dilipat pun tidak banyak memakan tempat. Materialnya dari bahan alloy 26 Inch Full CRMO Reyno500 yang sangat ringat namun sangat kuat.

Anda bisa membawanya dengan mudah ke mana pun. Untuk kenyamanan Anda, sepeeda ini dilengkapi rem Tektro F/R:836AL 827.12, derailleur TAFDM-311M6 (depan) dan ARDM360SGSL (belakang). Anda bisa mendapatkan produk keren ini di Blibli dengan harga Rp 3.900.000.

Selis Dignity Fixie Alloy Sepeda

Sumber gambar www.static-src.com

Satu pilihan lain sepeda listrik yang keren dan terjangkau adalah Selis Dignity fixie Alloy. Seperti namanya, maka sepeda ini menganut model fixie dengan gear single speed. Desainnya sangat cantik, dengan material dari alloy, dan dilengkapi dengan rim 60mm alloy pertama di dunia.

Kedua bannya sangat khas fixie dengan warna 2-tone, begitu pula rantainya –juga berwarna. Anda bisa mendapatkannya di Blibli, Dinomarket, Bukalapak dengan harga antara Rp 3.450.000 - Rp.4.450.000.

Selis Go Green 48 Sepeda Listrik - Green

Sumber gambar www.blibli.com

Cobalah Selis Go Green 48 Sepeda Listrik – Green. Sepeda ini memiliki desain manis dan material yang sangat bermutu –ringan namun kuat. Motor listriknya berdaya 500W, dengan baterai 48V/12AH.

Dengan konfigurasi tersebut, sepeda bisa melaju hingga jarak 45km, kecepatan 40km/jam. Beban maksimal 150kg. Pilihan warnanya oranye, hijau, merah, serta biru. Anda bisa mendapatkannya di Blibli, Pusat Sepeda Listrik, dan Bukalapak denga kisaran harga Rp 5.300.000 - Rp 6.450.000.

Selis Sniper Sepeda Listrik - Blue

Sumber gambar www.blibli.com

Sniper adalah sepeda listrik buatan lokal. Walau begitu, desainnya sangat keren dan manis. Bahannya dari alloy yang sangat kuat. Motornya memiliki daya 350W, dengan baterai 48V/12AH (garansi 3 bulan, termasuk chargernya), sementara motornya bergaransi 1 tahun.

Kecepatan maksimalnya 40km/jam, sementara jarak tempuhnya mencapai 45km jika baterai terisi penuh. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 5.950.000.

Hero Sepeda Listrik - Hitam [16 inch]

Sumber gambar www.blibli.com

Jika Anda ingin sepeda listrik yang bisa dikendarai seluruh anggota keluarga, maka coba pilih selis Hero. Jarak tempuhnya mencapai 30-40km dalam sekali isi baterai hingga full. Ada 3 pilihan kecepatan yang bisa Anda pilih dengan sistem multispeed.

Kecepatan maks bisa mencapai 35km/jam,dengan beban maksimal 150kg. Sepeda ini dilengkapi lampu depan LED. Sementara itu baterainya bergaransi 6 bulan. Anda bisa mendapatkanya di Blibli dengan harga Rp 5.000.000.

SELIS Type Cendrawasih 2 Sepeda Listrik - Putih Ungu

Sumber gambar www.blibli.com

SELIS Type Cendrawasih 2 memiliki desain yang khas. Baterainya berada di kompartemen tepat di bawah pijakan kaki. Sepeda cantik ini menggunakan motor 350W, dengan baterai 48V/12AH. Jarak maksimalnya 45km, dengan kecepatan maksimal 35km/jam.

Anda bisa membelinya di Blibli dan Bukalapak, ada garansi bagi dinamo, batere (plus charger), dan kerangkanya. Harganya antara Rp 5.500.000 - Rp 6.000.000.

SELIS Thunder BMX Sepeda Listrik

Sumber gambar www.blibli.com

Sepeda BMX juga ada versi selisnya, seperti Thunder BMX ini. Sepeda ini dibuat dari material alloy yang kuat namun ringan. Power motornya mencapai 350W,d engan baterai 24V. Jarak tempuhnya mencapai 30km, dengan kecepatan maks 25km/jam.

Beban maksimal yang bisa ditanggung adalah 100kg. Spare part-nya sangat terjamin. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dan Bukalapak dengan harga berkisar Rp 3.600.000 - Rp 5.250.000.

From our editorial team

Sepeda Listrik, Transportasi Masa Kini yang Murah dan Ramah Lingkungan

Anda gemar mengendarai sepeda atau sering menggunakannya untuk pergi ke suatu tempat misalnya ke kantor? Jika iya, Anda bisa jadikan sepeda listrik sebagai salah satu alternatifnya. Selain mudah dikendarai, sepeda ini lebih murah dan tak memerlukan bahan bakar seperti kendaraan bermotor. Anda juga bisa mengandalkan mesin sepeda dan tak usah susah-susah mengayuh jika sudah merasa lelah. Tertarik untuk mencobanya?