30 Pilihan Sepeda Listrik Murah yang Keren dan Tak Mengoyak Kantong Rekomendasi Cyclist Kenamaan Asia (2022)

30 Pilihan Sepeda Listrik Murah yang Keren dan Tak Mengoyak Kantong Rekomendasi Cyclist Kenamaan Asia (2022)

Sepeda listrik sepertinya sudah jadi salah satu alat transportasi favorit karena selain cepat juga ramah lingkungan. Tak perlu membuang banyak uang untuk memiliki jenis sepeda yang satu ini karena berikut ini BP-Guide berikan beberapa rekomendasi sepeda listrik murah yang bisa dimiliki.

Ingin Punya Sepeda Listrik Tapi Uang Pas-pasan? Tenang! BP-Guide Punya Solusinya

Sumber gambar waveelectricbikes.com

Pada saat ini mungkin Anda sedang memikirkan sebuah alat transportasi ringan yang bisa Anda ajak ke berbagai tempat. Motor mungkin handy, namun masih terlalu berat dan makan bensin. Sepeda bisa menjadi alternatif. Namun jika Anda tidak gemar mengengkol setiap hari, sepeda juga bukan alternatif tepat.

Bagaimana dengan sepeda listrik? Nah, sepeda listrik pasti tepat dengan pilihan Anda karena tanpa bensin, bisa berjalan tanpa diengkol, dan sesekali jika Anda kangen gowes (atau kehabisan setrum), Anda pun masih bisa mengengkolnya.

Saat ini ada banyak pilihan sepeda listrik di pasaran. Harganya pun beragam. Ingin sepeda listrik dengan harga bujet? Banyak pilihannya, BP-Guide akan membantu Anda mencarikan pilihan terbaik untuk Anda.

Keuntungan Memiliki Sepeda Listrik Murah

Ramah Lingkungan

Satu keuntungan utama dari sepeda listrik adalah ramah lingkungan. Karena bertenaga listrik, maka sepeda listrik tidak akan mengeluarkan asap layaknya motor. So, tidak akan karbondioksida yang mengebul dari sepeda listrik Anda.

Tidak ada pula sebagal limbah mesin lain macam oli mesin atau lainnya. Lingkungan pun lebih segar dan Anda pun bisa berkendara dengan lebih nyaman dan sehat.

Ada Dua Pilihan, Bisa Dikayuh atau Menggunakan Listrik

Dengan membawa sepeda listrik, Anda memiliki dua pilihan yaitu menggenjotnya layaknya seperti sepeda biasa, atau menggunakan motor listrik sebagai tenaga penggerak. Jika naik sepeda biasa, Anda hanya akan mendapat satu pilihan untuk menggerakkannya, yaitu dengan digenjot.

Sepeda listrik menawarkan satu alternatif tambahan yang membuat tersenyum: menggerakkan sepeda dengan motor listrik. Sehingga saat Anda capek menggenjot sepeda (atau memang lagi malas bergerak), Anda bisa mengaktifkan motornya. Maka sepeda pun akan melaju membawa Anda dengan nyaman.

Hemat Energi dan Keuangan

Sumber gambar www.kickstarter.com

Keunggulan lain sepeda listrik adalah sangat hemat energi dan keuangan. Jika Anda memerlukan 2 liter bensin (sekitar Rp 20.000) bagi motor bensin Anda untuk menempuh jarak 80 km, maka Anda hanya perlu Rp 8000 dengan motor listrik dalam jarak yang sama.

Sebagai ilustrasi, jika misalkan dana untuk bensin Anda per bulan mencapai Rp 600.000, maka Anda hanya memerlukan Rp 40.000 saat menggunakan sepeda listrik. Angka 40 ribu ini didapat jika Anda menyetrum sepeda listrik setiap hari.

Padahal dalam kenyataannya, kalau penggunaan hanya di dalam kota, maka power-nya bisa bertahan hingga 3 harian lebih. Sehingga angka tersebut masih bisa turun lagi, dan pengeluaran Anda pun semakin hemat.

Tidak Dikenakan Pajak

Sepeda listrik masih digolongkan sebagai sepeda kecil dan bukan dianggap sebagai kendaraan bermotor. Selain itu, kecepatannya juga dianggap masih rendah, hanya sekitar 20-30 km per jam, untuk dianggap sebagai motor umumnya. Tak heran sepeda listrik sejauh ini belum dikenakan pajak oleh pemerintah dan tentu saja tidak memerlukan STNK dan BPKB.

Tips Merawat Sepeda Listrik yang Harus Anda Perhatikan

Waktu Pengisian Baterai yang Lama Hingga 8 Jam

Sumber gambar www.youtube.com

Satu yang perlu Anda perhatikan saat membeli sepeda listrik adalah waktu pengisian baterainya. Untuk teknologi baterai sepeda listrik saat ini, waktu pengisiannya umumnya mencapai 4-8 jam hingga penuh.

Artinya, jika Anda ingin aman dan nyaman di jalan, pastikan sebelum Anda beristirahat di malam hari untuk mencolokkan kabel charger-nya pada colokan listrik rumah Anda.

Lama waktu pengisian ini tergantung pada kapasitas baterai. Semakin besar kapasitasnya, maka waktu pengisiannya pun semakin lama. Walau begitu, dengan teknologi charger khusus, Anda bisa memangkas waktu pengisiannya hingga cukup singkat.

Beban Maksimal Hanya 125 kg

Hal kedua yang perlu diperhatikan saat membeli sepeda listrik adakan beban muatannya. Anda tidak bisa memberi beban lebih kepadanya. Maksimal beban yang bisa ditanggung oleh sepeda listrik sementara ini adalah 125 kg.

Oleh karena itu, umumnya sepeda listrik hanya dipakai sendirian, kalau pun berboncengan, biasanya pun dengan anak-anak. Pembatasan beban ini dimaksudkan agar motor listrik tidak terlalu terbebani saat menggerakkan sepeda, sehingga komponen-komponen sepeda tidak mudah aus dan rusak.

Bengkel Servis Resmi Masih Sulit untuk Dicari

Sumber gambar www.yelp.com

Faktor ketiga yang perlu Anda perhatikan saat membeli sepeda listrik adalah perawatannya. Karena sepeda listrik baru pada tahap perkembangan, saat ini masih sulit untuk mencari bengkel servis resmi sepeda listrik. Oleh karena itu, mungkin Anda perlu menjaga sepeda listrik Anda baik-baik.

Merawatnya secara telaten dan rutin, agar selalu prima Anda ajak gowes ke mana saja tanpa perlu takut rusak di tengah jalan dan bingung karena sukar mencari bengkel sepeda listrik yang tepat.

Aki Harus Diganti Setiap 2 Tahun Sekali

Sumber gambar www.youtube.com

Satu hal penting terakhir yang penting dan perlu Anda perhatikan saat membeli seepda listrik adalah bahwa Anda perlu mengganti baterainya secara teratur. Umumnya baterai listrik memiliki waktu hidup sekitar 2 tahun. Setelah melewati masa itu, kemampuannya menggerakkan sepeda akan menurun drastis. Masa dua tahun itu pun bagi baterai yang berkualitas benar-benar bagus.

Setelah masa pakai habis, Anda perlu menggantinya. Harga baterai tergantung pada kualitas dan brand-nya. Semakin bagus kualitas dan merk maka semakin mahal. Namun umumnya baterai sepeda listrik berkisar dari harga Rp 750.000 – Rp 1.200.000.

Mungkin terasa besar nominalnya, namun angka itu sebenarnya sangat murah dibandingkan jika Anda harus membeli bensin motor. Untuk kisaran harga tersebut, sebenarnya Anda hanya perlu menabung sekitar Rp 50.000 per bulan.

30 Rekomendasi Sepeda Listrik yang Tidak Akan Mengoyak Kantong

1. Sepeda Listrik Sunrace Eco

Sepeda listrik Sunrace Eco ini menawarkan sepeda dengan kecepatan maksimal 40 km/jam dengan jarak tempuh bisa mencapai maksimal 45 kilometer. Dengan kemampuan beban maksimal 150 kg, sepeda listrik ini memiliki sejumlah fitur menarik seperti lampu sein, lampu LED, alarm antimaling hingga port USB untuk charger HP dan memiliki phone holder.

Harga Rp. 4.200.000

2. Sepeda listrik Uwinfly RedFish

Sepeda listrik dari Uwinfly dengan tipe RedFish ini memiliki keunikan pada bannya, yaitu menggunakan ban tubeless. Dilengakpi dengan boncengan belakang dengan bantalan, sepeda listrik ini bisa dipacu dengan kecepatan maksimal hingga 30km/jam hingga 40km dengan kondisi aki full.

Harga Rp. 4.000.000-4.500.000

3. Sepeda Listrik Indobike Viola

Sepeda listrik Indobike Viola menawarkan sepeda dengan tampilan trendi untuk menemani aktifitas kamu, mulai dari bermain ke rumah teman atau jalan-jalan keliling perumahan. Dengan pengisian baterai antara 6-8, hanya membutuhkan energi listrik kurang lebih 82 watt, sepeda ini bisa dipacu dengan kecepatan maksimal 30km/jam dengan jarak tempuh 35 kilometer.

Harga Rp. 4.500.000

4. Sepeda Listrik Genius Antelope

Sepeda listrik Genius Antelope ini menggunakan motor 350 watt dan dibekali baterai 48V 12aH. Sepeda ini juga bisa menanggung beban hingga 150kg dan tersedia dalam tiga warna, merah, biru dam hitam. Pengisian baterai hanya membutuhkan waktu 4-6 jam dengan kecepatan maksimal 35 km/jam dan jarak tempuh maksimal 45 kilometer.

Harga Rp. 3.500.000-4.000.000

5. HIMO Z16 Sepeda Lipat Listrik

HIMO Z16 dari Xiaomi menjadi salah satu pilihan sepeda listrik tipe folding yang asyik untuk dimiliki. Memiliki fitur smart display dengan teknologi hybrid, HIMO Z16 bisa melaju dengan kecepatan 25 km/jam dengan jarak tempuh mencapai 80 kilometer.

Harga Rp. 7.300.000-7.500.000

6. Selis Go Green 48 Sepeda Listrik - Green

Cobalah Selis Go Green 48 Sepeda Listrik – Green. Sepeda ini memiliki desain manis dan material yang sangat bermutu –ringan namun kuat. Motor listriknya berdaya 500W, dengan baterai 48V/12AH. Dengan konfigurasi tersebut, sepeda bisa melaju hingga jarak 45km, kecepatan 40 km/jam. Beban maksimal 150 kg. Pilihan warnanya oranye, hijau, merah, serta biru.

Harga Rp. 1.960.000-2.250.000

7. Selis Sniper Sepeda Listrik - Blue

Sniper adalah sepeda listrik buatan lokal. Walau begitu, desainnya sangat keren dan manis. Bahannya dari alloy yang sangat kuat. Motornya memiliki daya 350W, dengan baterai 48V/12AH (garansi 3 bulan, termasuk chargernya), sementara motornya bergaransi 1 tahun. Kecepatan maksimalnya 40km/jam, sementara jarak tempuhnya mencapai 45km jika baterai terisi penuh.

Harga Rp. 4.925.000

8. Hero Sepeda Listrik - Hitam (16 inch)

Jika kamu ingin sepeda listrik yang bisa dikendarai seluruh anggota keluarga, maka coba pilih selis Hero. Jarak tempuhnya mencapai 30-40km dalam sekali isi baterai hingga full. Ada 3 pilihan kecepatan yang bisa kamu pilih dengan sistem multispeed. Kecepatan maks bisa mencapai 35km/jam,dengan beban maksimal 150kg. Sepeda ini dilengkapi lampu depan LED. Sementara itu baterainya bergaransi 6 bulan.

Harga Rp. 5.000.000

9. Fiido D4S Folding Electric Bike

Fiido menjadi salah satu produsen sepeda listrik populer dari Tiongkok dan menawarkan sepeda listrik murah berkualitas, Fiido D4S. Bertipe folding bike, sepeda ini bisa menahan beban hingga 120 kg dengan motor rear-hub 250 watt dan enam percepatan.Dibekali baterai lithium 10,4aH, sepeda ini dilengkapi dengan sejumlah sertifikat keamanan dan kualitas seperti CE, FCC, UN38,3 dan MSDS.

Harga Rp. 9.500.000

10. MI Qicycle EC1 Electric Bike

Xiaomi QiCycle memiliki 3 mode asisten power, memudahkan kamu dalam mengatur kecepatan. Sepeda listrik ini juga menggunakan baterai 18650 dan mampu menembus jarak hingga 40 KM. Dengan diameter 20", kamu bisa lincah bergerak di jalanan. QiCycle juga dibekali display dengan desain futuristik. Material almunium membuat sepeda elektrik ini menjadi sangat ringan. QiCycle EC1 juga memiliki apps, yang akan memudahkan kamu dalam melihat segala data yang telah diambil oleh sepeda elektrik.

Harga Rp. 5.000.000-5.500.000

11. Viar Sepeda Listrik U1 Black

Dengan power maksimal 350 watts, sepeda listrik murah dari Viar ini bisa menempuh kecepatan maksimal 30 km/jam dengan jarak yang bisa ditempuh 45 km dalam kondisi baterai penuh. Dengan panjang sepeda tidak sampai 1,5 meter dan garansi rangka hingga lima tahun dan garansi baterai sembilan bulan, sepeda listrik dari Viar ini layak jadi pilihan.

Harga Rp. 4.800.000

12. Sepeda listrik Selis IOI Pro

Selis IOI Pro ini bisa juga jadi pilihan karena bisa memiliki jarak tempuh hingga 100 km dengan fitur pedal assists dan kecepatan 10 km/jam. Dengan daya angkut mencapai 120 kg, sepeda listrik ini bisa dikayuh dengan kecepatan maksimal 25 km/jam. Sepeda ini juga memiliki LED headlight, LED battery indicator, dua operating mode dan keyless operation.

Harga Rp. 6.400.000

13. Jarvis FALCON - Sepeda Listrik

Salah satu sepeda listrik yang bisa dipilih adalah Jarvis FALCON, yang memiliki banyak fitur tambahan yang menarik. Dengan sepeda bisa menanggung beban maksimal hingga 150 kg, karena frame steel yang kuat, sepeda ini bisa menempuh kecepatan maksimal hingga 40 km per jam dan jarak tempuh maksimal hingga 40 km. Adappun fitur tambahan lainnya antara lain keranjang, boncengan, sandaran, spion, dua pilihan standar, samping dan tengah, pedal assist, headlamp, cruise control, alarm dan kunci roda.

Harga Rp. 4.999.000-5.500.000

14. Viar Caraka

Viar Caraka menjadi opsi lain untuk menjatuhkan pilihan pada sepeda listrik murah. Memiliki beberapa varian warna yang segar, seperti kuning dan biru muda, bentuk Viar Caraka juga futuristik dan unik. Dimensinya juga termasuk kompak dengan dibekali baterai Graphene Gen2 dengan kekuatan motor 400 watt. Bisa memiliki kecepatan maksimal hingga 30 km/jam, sepeda listrik ini bisa dibawa hingga 55 km.

Harga Rp. 7.500.000-8.000.000

15. Sepeda Lipat Listrik Elektrik Celcius Tomax

Sepeda listrik dari Celcius ini dibuat dari bahan aluminum yang ringan, tapi kuat. Sepeda ini juga bisa dilipat dan memiliki fitur shockbreaker di bagian depan. Denan LCD display dan controller, pengguna bisa mudah memantau kondisi baterai dan kecepatan. Sepeda ini juga memiliki daya angkut hingga 120 kg dan mampu menempuh jarak tempuh 50 sampai 60 kilometer dengan kecepatan maksimal 40 km/jam.

Harga Rp. 5.000.000-6.000.000

16. Sepeda listrik Selis tipe AOI

Sepeda listrik ini memiliki kapasitas baterai 36 volts 12 aH dengan menggunakan teknologi sealed lead acid battery. Memiliki daya angkut hingga 150 kg, Selis Tipe AOI ini bisa dipacu dengan kecepatan maksimal 30 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 30 km dalam kondisi baterai penuh. Sepeda ini juga ditawarkan dengan garansi frame lima tahun, dinamo satu tahun, charger dan controller hingga tiga bulan dan baterai enam bulan.

Harga Rp. 4.900.000-5.500.000

17. United Bike Sepeda Lipat Listik E-Bike Mg12 Mini

Dengan desain yang menarik, sepeda listrik ini menggunakan frame E Folding Magnesium dengan fork rigid dan rem cakram. Dengan power 250 watt dan fitur front & rear LED light, sepeda ini bisa jadi pilihan nyaman untuk digunakan dalam mobilitas jarak dekat.

Harga Rp. 9.500.000-12.500.000

18. Lankeleisi G650 Sepeda Lipat elektrik Listrik

Sepeda lipat dari Lankeleisi ini punya teknologi dengan konsep hybrid yang memungkinkan kamu bisa bersepeda hingga 35 km per jam. Sepeda ini juga bisa dilipat dan dilengkapi dengan satu pack baterai lithium berkapasitas 10.4 aH, yang dapat dilepas. Sepeda ini sudah dilengkapi dua buah rem cakram di bagian depan dan belakang roda.

Harga Rp. 8.500.000-9.500.000

19. Sepeda Gunung Listrik United MTB Manrola E-MTB

Sepeda listrik ini memiliki spesifikasi yang menarik, mulai dari frame alloy dengan geometri yang nyaman dan kuat, serta sistem elektronik yang bisa diandalkan, seperti rear hub motor 36V dengan power 250 watt hingga baterai lithium 36V, 7aH. Sepeda ini bisa dipacu dalam kondisi baterai full hingga 40 km per jam dengan menggunakan sistem elektroniknya.

Harga Rp. 8.900.000-9.000.000

20. Sepeda Listrik Selis Tipe Mandalika

Selis tipe Mandalika juga bisa jadi pilihan lain untuk sepeda listrik murah. Dengan berat mencapai 44,4 kg, sepeda ini memiliki daya angkut hingga 150 kg dengan jarak tempuh maksimal menggunakan sistem elektronik dan baterai terisi penuh hingga 30 km. Sepeda ini juga bisa dipacu dengan kecepatan 30 kilometer per jam.

Harga Rp. 4.800.000-5.000.000

21. United Bike Sepeda Lipat Listrik Folding AL 16-08SP U E-Trifold

Melihat spesifikasi premium yang dimiliki, bisa dikatakan sepeda listrik ini termasuk terjangkau. Frame sepeda menggunakan e-Triflod Alloy 16" dengan gear Shimano Nexus Inter 8 SP Internal Gear yang top punya. Sistem pengereman juga menggunakan mechanical disc brake dengan motor Front Hub 350 watt dengan menggunakan display terintegrasi. Dengan menggunakan pedal assist mode, sepeda ini bisa dipacu hingga 80 kilometer.

Harga Rp. 20.000.000

22. Sepeda Listrik Selis Tipe Swan

Sepeda listrik minimalis dari Selis ini juga menarik. Dibekali dinamo 250 watt dan memiliki berat total 22 kilogram, sepeda ini bisa dipacu dengan kecepatan maksimal 25 km/jam dengan jarak tempuh 35 kilometer dengan menggunakan mode pedal assists. Framenya juga menggunakan bahan alloy yang ringan tapi kuat. Fitur LED Headlight, LCD Display dan floding frame juga disematkan di sepeda ini.

Harga Rp. 12.500.000

23. Sepeda Listrik E-Bike 20 U Folding Furion

Dengan menggunakan e-floding alloy frame 20", E-Bike 20 U Folding Furion ini bisa dijadikan pilihan untuk sepeda listrik yang powerfull, namun tetap dengan harga yang murah. Komponen sepeda juga merupakan bahan pilihan dengan menggunakan mesin elektrik Rear Hub 250 watt dan bisa memiliki jarak tempuh hingga 100 kilometer dengan menggunakan mode kombinasi. Baterainya menggunakan lithium 36 V dengan kapasitas 7,8 aH.

Harga Rp. 10.500.000

24. Sepeda Listrik E-Bike 16 United Folding IO

Sepeda listrik e-Bike 16 United Folding IO ini menggunakan magneisum frame 16" dengan sistem fork rigid. Adapun elektronik enggine motor berada di roda belakang dengan power 250 watt dan menawarkan kecepatan maksimal hingga 35 kilometer per jam. Dengan menggunakan baterai lithium 7,5 aH, pengisian daya dari nol hingga full membutuhkan waktu hingga 5,5 jam. Dalam kondisi daya baterai full, sepeda bisa dioperasikan dengan jarak tempuh 40 kilometer menggunakan mode kombinasi.

Harga Rp. 11.450.000

25. Sepeda Gunung Listrik MTB United Tuskar

Sebagai sepeda gunung, MTB United Tuskar memiliki frame yang bisa diandalkan untuk dijalankan di segala medan. Framenya menggunakan e-MTB Alloy 27,5" dengan fork Suntour XCM 27,5" Travel 120mm. Adapun mesin elektrik menggunakan rear hub motor 350 watt United Component dengan daya baterai Lithium 8aH, yang bisa memberikan tenaga hingga 35 kilometer untuk sekali charge dengan mode kombinasi.

Harga Rp. 16.450.000

26. Sepeda Listrik Uwinfly Warwolf 14

Sepeda listrik lain yang bisa dipilih adalah Uwinfly Warwolf 14, yang menawarkan garansi untuk setiap komponennya, mulai dari rangka, dinamo, charger, baterai, lampu hingga kabel rem dan mur-baut dengan periode yang berbeda-beda. Sementara spesifikasi sepeda listrik ini juga menjanjikan. Ditenagai aki 48V 30aH, sepeda ini bisa menempuh jarak maksimal 60 kilometer dengan kecepatan maksimal 45 km/jam dan beban maksimal hingga 150 kg.

Harga Rp. 9.234.000

27. Viar Orion Sepeda Listrik

Sepeda listrik lipat dari Viar, Orion, juga menawarkan sensasi bersepeda yang menyenangkan. Dengan menggunakan motor BLDC 250 watt dan ditenagai baterai lithium 36V 10aH, sepeda listrik ini bisa dipacu dengan kecepatan maksimal hingga 25 km/jam dan jarak maksimal 50 kilometer. Fitur lainnya yang cukup menarik adalah memiliki 7 gear transmission untuk mode manual dan pedal assist sensor.

Harga Rp. 7.000.000-8.000.000

28. United Bike Sepeda Listrik E-CTB AL 20-8 SP E-BIKE U GALLIO

Menggunakan frame Genio Steel 27,5", e-Bike U Gallio dari United ini juga memiliki fork Genio Suspension Travel 100mm, yang menjamin sepeda listrik bisa dioperasikan dengan nyaman. Fitur elektriknya juga mempermudah pengguna dalam mengoperasikan sepeda.

Harga Rp. 12.000.000-15.000.000

29. Sepeda Listrik Selis Tipe SOI

Selis tipe SOI alias Spirit of Indonesia ini pas buat kamu yang beraktivitas di lingkup perkotaan. Dibekali baterai lithium 36 volts 8,8aH, sepeda ini bisa dipacu dengan kecepatan maksimal 25 km/jam dan jarak tempuh maksimal 30 kilometer.

Harga Rp. 9.900.000

30. Sepeda Listrik E-Bike AL 16-07SP United Vortex

United menawarkan opsi sepeda listrik lipat lain untuk dimiliki, yaitu tipe Vortex dengan e-Folding Alloy Frame 16" dan Steel Rigid Fork. Baterai lithium 36V 5,2aH memberikan tenaga yang cukup untuk Rear Hub Motor 250 watt dan bisa membawa penggunanya hingga beberapa kilometer dengan menggunakan mode kombinasi.

Harga Rp. 10.100.000
From our editorial team

Sepeda Listrik, Transportasi Masa Kini yang Murah dan Ramah Lingkungan

Anda gemar mengendarai sepeda atau sering menggunakannya untuk pergi ke suatu tempat misalnya ke kantor? Jika iya, Anda bisa jadikan sepeda listrik sebagai salah satu alternatifnya. Selain mudah dikendarai, sepeda ini lebih murah dan tak memerlukan bahan bakar seperti kendaraan bermotor. Anda juga bisa mengandalkan mesin sepeda dan tak usah susah-susah mengayuh jika sudah merasa lelah. Tertarik untuk mencobanya?