10 Rekomendasi Anting Anak dan Tips Memilihnya Agar Aman Digunakan (2021)

10 Rekomendasi Anting Anak dan Tips Memilihnya Agar Aman Digunakan (2021)

Anak perempuan memang butuh memakai anting. Ini untuk membedakan gendernya. Namun sebagai orangtua kadang kita bimbang kapan sebaiknya memakaikan anting pada anak. Nah, untuk memilih anting anak juga butuh pertimbangan agar kesehatan anak tetap terjaga. Simak tips memilih anting anak dan juga rekomendasi antingnya dari BP-Guide!

Kenali Waktu yang Tepat untuk Menindik Telinga Anak

Memiliki anak perempuan adalah suatu keistimewaan. Sebagai ibu, tentunya kita ingin memberikan segala hal yang terbaik untuknya tanpa menyakitinya. Namun, ketika lahir, akan ada pergolakan di hati kita akankah langsung menindiknya atau tidak.

Memakai anting bagi wanita memang bukan suatu keharusan. Ini hanya seperti simbol yang membedakan wanita dan pria. Ini juga bisa dibilang sebagai tradisi yang beredar di masyarakat bahwa jika lahir anak perempuan harus ditindik.

Memakaikan anting pada bayi bisa jadi hal yang kontroversial di kalangan orangtua. Ada yang beranggapan lebih baik menindiknya saat bayi lalu memakaikan anting kala usianya masih beberapa hari atau beberapa minggu. Ada pula yang berpikir bahwa pemakaian anting pada bayi sebaiknya menunggu anak tersebut besar sehingga ia bisa memutuskan sendiri akan menindik telinga atau tidak.

Sebenarnya, jika hendak menindik telinga kita harus tahu waktu yang tepat. Utamanya jika kita memutuskan untuk menindiknya saat masih bayi. Tindikan bisa dilakukan saat bayi berusia 2 bulan. Hindari menindik bayi pada usia di bawah 2 bulan karena lubang tindik berisiko mengalami infeksi yang menimbulkan infeksi kulit atau demam pada bayi.

Menindik di usia bayi lebih aman dilakukan karena rasa sakitnya lebih ringan ketimbang jika menindiknya saat anak sudah besar. Tindikan harus dilakukan oleh dokter atau bidan yang berpengalaman. Untuk meminimalisir rasa sakitnya, tindik telinga bisa dilakukan saat bayi tidur. Dokter bisa menggunakan alat tindik steril yang aman dengan tenang saat bayi sedang tertidur.

Tips Merawat Tindikan

Jika Anda memutuskan menindik telinga bayi saat bayi maka Anda harus tahu cara perawatan yang tepat. Cara pertama adalah, saat usai ditindik, hindari menyentuh tindikan baru tersebut agar lebih cepat kering. Jika hendak membersihkannya, pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan air hangat sebelum menyentuh telinga atau anting.

Cara lainnya adalah, Anda bisa mengoleskan perlahan alkohol pada lubang anting 2 sampai 3 kali sehari. Ini untuk meredakan nyeri atau gatal pada telinga. Selanjutnya, pastikan daun telinga benar-benar kering dan tidak lembap, utamanya setelah mandi agar tidak tumbuh bakteri. Jangan menekan daun telinga karena ini bisa berisiko infeksi.

Jika muncul iritasi pada telinga, seperti merah, bengkak, atau mengeluarkan nanah, maka Anda harus segera ke dokter. Kalau kondisinya parah, kemungkinan dokter akan memberinya antibiotik untuk meredakan infeksi.

Tips Memilih Anting Anak

Pilih yang Bekualitas

Untuk memilih anting anak, tentu kita harus memilih yang berkualitas. Mulai dari pemilihan bahannya. Ada banyak jenis logam dan batu permata yang bisa dipilih sebagai anting anak. Ini bisa membuat kita jadi bingung memilihnya.

Saran kami adalah sesuaikan dengan usia anak. Jika anak masih bayi, maka sebaiknya pilih logam berkualitas tinggi. Ini karena kulit mereka masih sangat sensitif dan rentan terhadap iritasi. Salah pilih bahan anting bisa membuat telinga anak jadi mengalami dermatitis kontak, perubahan warna kulit, hingga infeksi.

Untuk bayi, Anda bisa memilih anting bayi yang terbuat dari emas 18 Karat tanpa campuran nikel. Hal ini bisa mengurangi risiko alergi pada telinga anak. Harganya memang agak mahal namun ini akan berdampak pada kesehatannya.

Nah, jika usia anak sudah 5 tahun ke atas, Anda baru boleh memilihkan anting sesuai kehendak. Boleh pilih yang bahannya emas murni, platinum, atau perak sekalipun. Modelnya pun bisa disesuaikan dengan selera anak. Anda bisa mengajaknya sendiri memilih anting yang akan ia kenakan.

Pastikan Nyaman Dipakai

Sebagus apapun antingnya akan percuma jika anak tak betah memakainya karena kurang nyaman. Untuk anak bayi, di awal kehidupannya mereka menghabiskan waktu 16 hingga 17 jam sehari untuk tidur. Gerakannya masih refleks dan tak tentu arah karena bayi baru lahir belum bisa mengontrol gerak tangannya.

Sementara balita, sangat suka melakukan kegiatan fisik seperti melompat atau bergantung dengan kepala menggelantung ke bawah. Makin bertambah usianya, yakni usia 5 atau 6 tahun, maka keinginannya untuk bergerak aktif makin bertambah juga.

Maka dari itu, pilih anting yang tepat yang sekiranya sesuai dengan gerak aktif anak. Ini untuk melindungi sekaligus mencegah atau menurunkan risiko anak melukai telinganya. Untuk anak bayi baru lahir, pilihkan anting yang simpel tanpa aksen. Pilih yang model bulat sederhana dan berukuran pas dengan telinganya sehingga tak akan mudah tertarik jika anak memegang telinganya. Untuk anak yang sudah mulai betambah aktif, pilihan anting juga harus disesuaikan. Pastikan saja antingnya tidak mengganggu aktivitasnya. Hindari anting yang terlalu panjang menggelantung agar tidak tersangkut bajunya atau tangannya saat ia bergerak dan beraktivitas.

Pilih Bagian Penutup

Sebelum membeli anting, cek dulu bagian penutupnya. Secara umum ada dua jenis penutup yang aman untuk anting anak. Ada yang berjenis screw backs yakni yang ditutup dengan cara diputar. Ini akan membuat bayi atau anak sulit melepasnya. Lalu ada juga yang jenis penutupnya adalah safety back yang terkesan lebih aman karena ada bunyi klik saat dipasang sehingga anting sulit terlepas.

Beda dengan penutup model cubit atau kupu-kupu. Penutup semacam ini bagian tusuk anting belakangnya akan berisiko menggores dan menusuk belakang telinga anak sehingga rawan membuat telinganya luka dan infeksi.

Hindari Ukuran Terlalu Besar

Ukuran anting juga perlu diperhatikan saat memilih anting anak. Jika untuk bayi, sebaiknya pilih ukuran kecil sesuai telinganya. Bagian daun telinga bayi masih rawan dan rentan, ada baiknya Anda tidak memberikan anting yang terlalu besar agar telinganya lebih nyaman.

Untuk anak usia 5 tahun ke atas pun harus dipertimbangkan ukurannya. Ukuran anting yang terlalu besar bisa menghalanginya bergerak aktif. Apapun model antingnya, pastikan ukurannya tidak besar agar ia nyaman melakukan aneka gerakan.

Pilih Beratnya

Berat anting juga bisa dipertimbangkan demi kenyamanan anak. Untuk anak bayi, pilih anting dengan berat 0,5 gram hingga maksimal tidak lebih dari 1 gram. Ini tidak akan membebani telinga mungil anak bayi. Mereka tidak akan merasa sedang memakai anting karena begitu ringan. Untuk anak usia 5 tahun ke atas, Anda bebas memilihkan beratnya, namun pastikan beratnya aman dan nyaman untuk telinga anak, ya.

Ini Dia Rekomendasi Anting untuk Anak Perempuan

18K Gold Earring Baby Rose Anting Emas 18K RGOEX579--001

18K Gold Earring Baby Rose Anting Emas 18K RGOEX579—001 ini bisa jadi pilihan Anda untuk anak peempuan kesayangan. Anting ini cocok untuk bayi baru lahi atau bisa juga untuk anak usia di bawah 5 tahun. Antingnya memiliki model simpel dan sangat sederhana. Tak ada banyak detail sehingga aman dan nyaman dikenakan. Anting bulat polos ini memiliki berat 0,5 gram saja sehingga sangat ringan. Anak akan nyaman seolah sedang tidak memakai anting. Bahan anting adalah emas murni sehingga aman dan tidak akan mengiritasi. Anting emas kuning ini bikin tampilan anak makin cantik.

Harga Rp. 2.857.500

The Palace Morning Baby Earring

The Palace Morning Baby Earring tidak boleh Anda lewatkan juga. Anting ini bisa jadi perhiasan pertama untuk buah hati. Produk akan cocok dikenakan anak berusia di atas 2 tahun. Antingnya ringan karena hanya memiliki berat 1 gram saja. Bahan antingnya adalah emas 18K yang aman dan tidak akan bikin infeksi telinga anak. Dalam pembelian sudah lengkap dengan kotak perhiasan, nota pembelian, dan juga paper bag simpel yang mewah. Anting emas putih ini bikin tampilan buah hati makin menawan.

Harga Rp. 1.000.000-1.467.000

Anting Littlethingshewear Lady Mouse

Anak usia 3 tahun ke atas mulai memiliki ketertarikan akan bentuk. Anda bisa memilihkan anting yang bentuknya lucu dan menggemaskan. Salah satunya adalah Anting Littlethingshewear Lady Mouse. Anting juntai ini hadir dengan aksen kepala minnie mouse yang lucu. Dengan memakai bahan emas 17 K, antingnya aman digunakan. Anda bisa memilih warna emasnya kuning atau putih. Produk ini dijamin bikin anak senang memakainya. Berat antingnya hanya 0,81 gram jadi tidak akan memberatkan telinga anak.

Harga Rp. 1.000.000-1.674.000

AYU - Sanrio Smilling Dangle Kero Kero Keroppi 16K Yellow Gold

AYU - Sanrio Smilling Dangle Kero Kero Keroppi 16K Yellow Gold ini bisa jadi hadiah ulang tahun untuk anak. Antingnya cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas. Anting cantik ini memiliki aksen kepala keropi yang menggemaskan dengan warna hijau. Anting emas dijamin tidak bikin anak jadi alergi atau infeksi. Menariknya, dalam pembelian sudah lengkap dengan pouch, kotak kemasan, dan juga surat emas asli.

Harga Rp. 1.819.000

Keykana Baby Jewelry 14K Real Italy Gold - Anting Bulat Girl Enamel

Keykana Baby Jewelry 14K Real Italy Gold - Anting Bulat Girl Enamel merupakan anting simpel namun terkesan elegan saat digunakan. Produk paling pas untuk anak usia 4 tahun ke atas. Anting memakai bahan emas asli yang dibuat di Italy oleh perusahan AMG Jewelry. Bahan enamelnya terkesan rapi dan juga elegan. Ada pilihan warna pastel yang menarik dan terkesan ceria untuk anak. Ada pilihan emas kuning dan emas putih untuk bahan dasarnya. Untuk warna enamelnya ada pilihan, merah, tosca, ungu, dan pink. Berat anting hanya 0,44 gram.

Harga Rp. 1.100.000

Littlethingshewear - Anting Anak - Kitty Swarovzski

Littlethingshewear - Anting Anak - Kitty Swarovzski cocok untuk anak yang gemar akan kartun Hello Kitty. Anting ini cocok untuk anak bayi usia 8 bulan ke atas. Perhiasan ini bisa Anda pilih jika Anda mengedepankan keamanan dan kenyamanan untuk buah hati. Desainnya menarik dan membuatnya cocok dikenakan kapan saja. Anting ini berbahan emas 17 K yang dilapis emas 24 K jadi tidak akan mengiritasi kulit bayi yang mudah sensitif. Bahannya juga anti alergi sehingga anak tak akan merasa gatal dan kemerahan. Model penutupnya adalah loop ends jadi bisa menghindari anting mudah hilang.

Harga Rp. 760.000-2.265.000

Keykana Baby Jewelry 14K Real Italy Gold - Anting MOP Tusuk / Bulat

Keykana Baby Jewelry 14K Real Italy Gold - Anting MOP Tusuk / Bulat menarik untuk dimiliki. Bobot antingnya ringan yakni hanya 0,45 gram sehingga bayi seolah sedang tak memakai anting. Bahannya emas murni dari Italia yakni dari perusahan AMG Jewelry yang sudah dikenal kualitasnya. Ada campuran enamel untuk aksen anting ini. Warna antingnya bisa emas putih atau emas kuning. Untuk detail enamel bisa memilih warna ungu, pink, merah, atau tosca.

Harga Rp. 1.100.000-1.200.000

UBS Anting Emas Anak Disney Princess Jasmine - Aay0007 - 17K

UBS Anting Emas Anak Disney Princess Jasmine - Aay0007 – 17K adalah pilihan menarik lainnya untuk Anda dan buah hati. Ini cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas. Ada aksen princess yang cantik dan menggemaskan. Anak pasti semangat memakai anting yang satu ini. Emas putih tidak akan bikin telinga anak alergi. Berat anting ini sekitar 1,6 gram saja. Produk ini dihadirkan oleh PT. Untung Bersama Sejahtera yang dikenal akan kualitas perhiasannya yang bagus.

Harga Rp. 1.391.000

UBS Anting Emas Sanrio Hello Kitty - Aaz0003 - 17K

UBS Anting Emas Sanrio Hello Kitty - Aaz0003 - 17K juga sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Ini cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas. Si kecil akan makin gaya dengan anting keren ini. Dihadirkan oleh PT. Untung Bersama Sejahtera yang sudah memegang lisensi Sanrio, sehingga produk ini terkesan nyata kartunnya. Ini cocok untuk memberi kesan ceria dan cantik pada anak. Emas putih ini hadir dalam berat 1,5 gram.

Harga Rp. 1.280.000

Anting Anting Bayi Anak Bola Emas Asli Kadar 375

Anting Anting Bayi Anak Bola Emas Asli Kadar 375 bisa diberikan pada bayi baru lahir. Anting ini polos tanpa banyak detail. Ini pasti nyaman dipakai bayi. Anting tak akan mengiritasi karena emasnya asli. Diameter antingnya kecil yakni 1 cm. Berat antingnya hanya 0,500 gram sehingga tak bikin bayi merasa memakai anting. Dalam pembelian disertai surat emas asli dan dompet.

Harga Rp. 216.000-265.000
From our editorial team

Mintalah Saran Dokter Sebelum Menindik Telinga

Sebagai orangtua, segala hal yang terbaik akan diberikan pada anak. Termasuk dalam hal menindik telinga. Anda bisa saja ragu sebelum menindik atau memilihkan anting untuk anak. Karena itu, kami sarankan untuk bertanya pada dokter yang berpengalaman. Mintalah saran kapan tepatnya dan anting seperti apa yang cocok. Selain itu, bisa juga meminta saran cara merawatnya, kemungkinan iritasi, hingga penangan iritasi yang terjadi pada telinga anak seusai ditindik. Dengan begini, Anda bisa lebih tenang saat akan menindik telinga anak.

Tag