Cantik Seperti Boneka China dengan 4 Rekomendasi Panduan Makeup Ala China dari BP-Guide

Cantik Seperti Boneka China dengan 4 Rekomendasi Panduan Makeup Ala China dari BP-Guide

Bagi kamu yang berwajah oriental mungkin rekomendasi makeup ala negeri tirai bambu ini bisa menjadi rujukan tren makeup masa kini. Namun, tidak hanya perempuan berwajah oriental yang bisa memakai tren makeup ala Putri Huan Zhu atau boneka China. Bagi kamu yang menyukai gaya makeup para beauty enthusiast China tetapi berwajah non-oriental juga bisa, kok. Tenang aja di sini kamu akan dipandu bagaimana memakai makeup yang cocok untuk acara tertentu. Jadi, yuk baca sampai habis ya, girls!

Seperti Korea dan Jepang, Makeup Ala China Punya Ciri Khasnya Sendiri

Para beauty enthusiast mungkin sudah tidak asing lagi dengan tren makeup Barat dan Asia. Saat ini, tren makeup dengan tampilan alami sedang digandrungi terutama setelah Hallyu Wave menerpa lewat Korea-pop dan Korea-drama. Banyak wanita yang menyukai penampilan alami seperti tanpa makeup ala selebriti Korea karena bisa tampil cantik dan tak berlebihan.

Tidak ketinggalan, Jepang pun memiliki gaya makeup yang juga disukai. Jika gaya makeup Korea memberi kesan anggun dan elegan, kebanyakan gaya makeup Jepang memberi kesan manis nan imut. Lalu, bagaimana dengan tren makeup dari Negara Tirai Bambu alias Tiongkok?

Tidak jauh berbeda, Tiongkok juga memiliki gaya makeup yang sepertinya juga bakal digemari para wanita. Kecantikan selebriti Tiongkok seperti Fan Bingbing, Zhang Ziyi, Gong Li dan Vicki Zhao jadi perhatian terutama karena kesan awet muda dalam tiap penampilan mereka. Tidak heran jika kemudian banyak wanita yang mengagumi serta mencari tahu trik makeup agar bisa kelihatan segar dan senantiasa cantik seperti selebriti China ini.

Makeup China umumnya mengusung penggunaan makeup yang memberi kesan pucat dengan eyeliner meruncing di sudut mata serta lipstik berwarna merah terang. Gaya makeup seperti ini bisa kamu lihat dalam pertunjukan opera atau drama kolosal. Tidak banyak bagian wajah yang ditonjolkan melalui contouring tetapi makeup China memang memberi kesan kuat lewat pemakaian blush on, lipstik merah serta bagian mata yang eye catching.

Makeup Ala China Populer Dipakai untuk Merayakan Hari Besar Tionghoa

Bagi mereka yang berdarah Tionghoa, penampilan oriental nyaris selalu jadi andalan. Pada perayaan tahun Baru Imlek yang identik dengan nuansa merah serta emas, banyak wanita yang mengenakan baju tradisional Tionghoa seperti cheongsam serta mengaplikasikan makeup ala bangsawan China di masa silam.

Tren Makeup Ala Tiongkok yang Populer

Natural Look

Gaya makeup satu ini sedang digemari oleh banyak wanita terutama oleh mereka yang enggan tampil mencolok. Gaya makeup natural look cocok dijadikan tata rias sehari-hari karena cenderung tidak terlihat menor. Gaya makeup ini juga memberi kesan alami dan lembut sehingga pas bagi mereka yang ingin memberi kesan feminin nan anggun.

Gaya makeup natural look sebenarnya tetap menggunakan produk makeup, tetapi hanya fokus pada beberapa jenis saja. Tidak memerlukan contouring, gaya ini berfokus pada kesan cerah dan segar lewat pengaplikasian foundation yang senada dengan warna kulit, eyeshadow berwarna natural, sedikit eyeliner serta penggunaan blush on dan lipstik berwarna kalem.

Heavy Eyeliner

Sumber gambar cosmeticschinaagency.com

Perempuan dari etnis Tionghoa dikenal dengan mata yang tidak memiliki kelopak meski banyak juga yang mempunyai kelopak ganda. Oleh sebab itu, banyak juga yang menggunakan macam-macam trik agar mata sipit mereka bisa tampak lebih besar karena diyakini bisa memberi kesan lebih cantik. Mulai dari pemakaian produk makeup hingga eyelid tape, mata yang kecil bisa dibentuk hingga memberi kesan lebar.

Salah satu trik makeup untuk membuat mata terlihat lebih besar adalah menggunakan heavy eyeliner. Dipadukan bersama eyeshadow, trik makeup ini cukup mudah diaplikasikan. Cukup dengan membuat dimensi mata menggunakan eyeshadow dan trik fake crease. Beri highlight lewat eyeshadow dalam warna lebih terang di bagian dalam mata.

Setelah itu, gunakan eyeliner untuk membentuk garis mata. Bagi pemilik mata dengan monolid, eyeliner diaplikasikan lebih tebal agar tampak memiliki volume dengan menggunakan metode tight line.

Glamour

Sumber gambar cosmeticschinaagency.com

Pernah menonton drama kolosal Huan Zhu Ge Ge alias Putri Huan Zhu? Mungkin kamu ingat bagaimana tampilan putri-putri kaisar pada masa tersebut. Kesan feminin dan anggun langsung terasa lewat penampilan bak mutiara dengan mengusung makeup yang minimalis tapi tak mengurangi kesan mewah.

Umumnya, makeup glamor ala Tiongkok menonjolkan warna kulit yang putih dan dipadukan bersama penggunaan lipstik merah terang juga blush on yang memberi kesan segar dan manis. Untuk bagian mata, cukup menggunakan eyeliner tipis dan eyeshadow dalam warna-warna hangat atau natural sehingga memberi kesan “kecantikan alami” yang kuat.

Opera Red

Sumber gambar cosmeticschinaagency.com

Jika mendengar kata-kata opera Tiongkok, mungkin kamu langsung terbayang adegan laga dan juga makeup nyentrik yang ikonik. Gaya makeup yang mengusung nuansa opera ini biasanya sarat dengan rona merah di beberapa bagian wajah. Tata rias ini mungkin terlalu mencolok untuk dipakai sehari-hari tapi tak mengurangi peminat terutama mereka yang ingin tampil beda.

Gaya makeup opera red umumnya menonjolkan kulit putih dengan warna-warna merah mencolok di mata dan bibir serta dipadukan bersama makeup mata yang mencolok. Cara mengaplikasikannya harus cermat agar bisa memberi hasil akhir yang cantik. Makeup ini mengusung fokus di bagian mata sehingga perlu memoles warna nude untuk dasar eyeshadow dan beri tambahan warna yang lebih gelap di sudut luar mata.

Umumnya, eyeshadow dibubuhkan hingga memenuhi kelopak bahkan keluar dari area mata guna memberi tampilan yang lebih kuat. Namun, ini bisa dikurangi jika enggan tampil terlalu mencolok. Lanjutkan dengan penggunaan eyeliner dan pakailah warna merah agar nuansa opera lebih terasa di bagian atas serta gunakan eyeliner hitam pada bagian bawah mata. Terakhir, bubuhkan lipstik berwarna merah bold sebagai sentuhan maksimal.

Ayo Coba 4 Tutorial Makeup Ala Tiongkok dengan Langkah-langkah Berikut!

Makeup Dasar

Tutorial Makeup Dasar

Sebelum mengaplikasikan produk makeup, ada baiknya kamu tahu tata rias dasar. Makeup dasar ini berguna untuk membuat tampilan tata rias jadi flawless dan juga tahan lama.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, bersihkan wajah dengan facial wash yang sesuai tipe kulit dan pilih pelembab atau primer. Kamu bisa coba menggunakan Benefit The POREfessional: Pearl Primary Mini seharga Rp 180.000 di Zalora yang sedang happening. Primer ini bisa membantu mengunci riasan dan membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Atau intip rekomendasi lainnya seperti Sephora Collection Beauty Amplifier Perfecting Glow Primer dengan harga Rp 216.000 di Sephora serta Focallure Face primer Makeup Base Foundation Primer Pretty Waterproof seharga Rp 47.000 di Shopee.
  • Kemudian, aplikasikan foundation yang bisa membantu menyamarkan kekurangan di wajah seperti noda hitam bekas jerawat atau kerutan. Supaya lebih tahan lama, kamu bisa mengaplikasikan foundation dengan gerakan ke bawah, searah dengan struktur bulu wajah. Kamu bisa menggunakan beberapa produk alas bedak seperti Sephora Collection Glow Perfection Foundation yang dibanderol seharga Rp 259.000 di Sephora atau mencoba Maybelline Fit Me Foundation seharga Rp 104.000 di Shopee. Untuk produk yang lebih terjangkau, kamu bisa beli MN Foundation Concealer seharga Rp 40.000 di Lazada.
  • Jika memiliki lingkaran hitam di bagian bawah mata, kamu bisa menutupinya dengan concealer. Produk makeup ini berfungsi untuk membantu memberi kesan segar serta menutup kekurangan tertentu di bagian wajah. Bagi muslimah yang mencari produk makeup halal, bisa menggunakan Wardah Concealer Double Function Kit yang dibanderol seharga Rp 41.900 di Tokopedia. Selain itu, hadir juga Concealer Revlon Puter Natural dengan harga Rp 15.000 di Bukalapak dan Catrice Liquid Camouflage Concealer seharga Rp 44.000 di Blibli.

Agar lebih mudah, pelajari langkah-langkah menggunakan makeup dasar dalam video di atas, ya.

Makeup Mata

Tutorial Makeup Mata

Ada pepatah yang mengatakan bahwa mata adalah jendela hati. Hal tersebut tidak mengherankan karena mata juga sering digunakan ketika kita berkomunikasi dengan lawan bicara. Mata juga bisa menampilkan kesan berbeda-beda pada penampilan. Mata yang jernih dan segar biasanya juga memberi kesan fresh pada keseluruhan wajah sehingga perlu diperhatikan. Bagi kamu yang ingin tampil cantik dan segar sehari-hari, bisa coba makeup mata seperti berikut ini.

Berikut Langkah-Langkah Makeup Mata

  • Pertama, segarkan area mata menggunakan es batu atau kantong teh dingin. Kamu bisa mengompres kelopak mata dan area mata lainnya dengan es batu atau tempelkan kantong teh yang sudah didinginkan selama beberapa menit.
  • Setelah itu, cerahkan bagian hitam di bawah mata dengan menggunakan concealer sesuai pilihan. Bubuhkan secara merata di bagian yang diinginkan terutama pada noda bekas jerawat dan sejenisnya. Jika sudah, kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow di kelopak mata. Ada baiknya, kamu bubuhkan sedikit concealer agar warna eyeshadow lebih terlihat. Kamu bisa coba Palet Eyeshadow 40 Warna Matte Pigmented seharga Rp 36.720 yang tersedia di Shopee atau Sephora Collection Palette Bag Medium dengan harga Rp 441.000 di Sephora. Bisa juga memilih Novo Eyeshadow Glitter Waterproof/Novo Beauty Pen Eyeshadow yang dibanderol seharga Rp 30.999 di Tokopedia.
  • Setelah itu, kamu bisa fokus pada bagian bulu mata. Untuk membuatnya lentik, tidak melulu dengan bulu mata palsu terlebih jika kamu tidak suka karena memberi kesan berlebihan. Kamu bisa membuat bulu mata tampak lebih panjang dengan menggunakan penjepit bulu mata seperti Penjepit Bulu Mata, Jepitan Jepit Pelentik Bulu Mata yang tersedia di Lazada seharga Rp 45.000 atau bisa memilih Penjepit Bulu Mata Profesional di Shopee dengan harga Rp 13.689. Jika kehabisan, kamu bisa membeli Penjepit Bulu Mata Set/Paket Penjepit Bulu Mata di Tokopedia seharga Rp 22.000.
  • Untuk mata yang kecil, bisa mengaplikasikan eyeliner untuk membuat kesan mata tampak lebih lebar. Aplikasikan eyeliner lebih tebal agar volume di kelopak mata lebih tegas. Namun, untuk mengurangi kesan seram atau galak pada mata, bisa disiasati dengan menggunakan warna hangat seperti cokelat mudah. Gunakan eyeliner berwarna cerah seperti putih di bagian bawah mata dan eyeliner dengan warna lebih gelap di bagian atas agar kesannya lebih seimbang dan tidak berat. Kamu bisa coba Sephora Collection Cabut Eyeliner Tahan Air seharga Rp 177.000 di Sephora atau Lakme Shine Line Eyeliner dengan harga Rp 90.000 di Blibli. Kamu juga bisa mencoba Gelpresso Waterproof Pencil Gel Liner dengan harga Rp 160.000 di Shopee.
  • Berikan tampilan menonjol di mata dengan menggunakan teknik contouring juga highlight agar area mata terlihat lebih cerah. Metode ini juga bisa memberi kesan lebih lebar pada mata sehingga wajah tampak lebih cerah. Lalu, lanjutkan dengan mengaplikasikan pensil alis di bagian alis secara tipis-tipis untuk memberi kesan alami. Jangan lupa sikat bagian alis agar tampilan akhirnya lebih rapi.
  • Untuk membuat mata tampak lebih bervolume, bisa juga dengan menggunakan maskara. Setelah dijepit, aplikasikan maskara pada bagian bulu mata. Sisir bulu mata dengan sikat maskara secara merata dengan arah ke atas untuk membuat tampilan bulu mata yang lebih lentik. Ada beberapa maskara yang bisa dicoba seperti Manfaat Kosmetik BADGal Bang Mascara yang hadir di Sephora dengan harga Rp 200.000 atau bisa juga memilih Mascara Esenses Waterproof Volume Mascara di Shopee seharga Rp 15.900 juga Silkygirl Eye Opener Waterproof Mascara Black di Blibli dengan harga Rp 39.500.

Kamu juga bisa melihat video di atas untuk mengetahui langkah-langkah membuat makeup mata.

Bibir dan Pipi

Untuk membuat kesan lebih segar, pengaplikasian lipstik diperlukan. Penggunaan warna lipstik bisa disesuaikan dengan warna busana yang dikenakan. Bisa memakai lipstik berwarna cerah jika pakaian cenderung berwarna gelap atau sebaliknya. Gunakan lipstik berwarna sedikit lebih gelap jika pakaian sudah bernuansa terang. Ada beberapa rekomendasi lipstik yang bisa dipilih seperti berikut ini.

  • Lip Coat by Lizzie Parra dengan harga Rp 135.000 di Tokopedia yang hadir dengan beberapa warna seperti peach soda, caramel champagne, gingerbread, pumpkin sorbet, red velvet, bloody mary, peppermint pink, persimmon pie, burnt cinnamon, beet me, candy apple, lavender cream dan maple waffle.
  • Sephora Collection Cream Lip Stain seharga Rp 187.000 di Sephora dengan tekstur ringan yang cocok digunakan seharian dan diperkaya vitamin E untuk membantu hidrasi pada bibir.
  • Lancome Lipstick Matte L'absolu Rouge Definition yang dibanderol seharga Rp 350.000 dan hadir dalam shades le garance, le prune, le violet, le magenta, le sépia, bois de rose, le tangerine, le vermillon, l’incarnat, le carmin, le grenat, le pourpre serta le fuchsia.

Sementara untuk pipi dan area wajah lain, kamu bisa mengaplikasikan bedak tabur dan blush on. Bedak tabur bisa memberi kesan flawless dan halus pada wajah sementara blush on bisa membantu memberi kesan segar pada keseluruhan tampilan. Bedak tabur juga bisa membantu mengunci base makeup seperti foundation dan concealer. Kamu bisa mengaplikasikan bedak tabur dengan menggunakan kuas besar agar hasilnya tidak terlalu tebal. Beberapa bedak tabur yang bisa dipilih adalah:

  • Ultima II Delicate Translucent Face Powder with Moisturizer (006-Golden Beige) seharga Rp 148.000 di Sale Stock Indonesia. Bedak satu ini diperkaya dengan formula pelembab untuk membantu menjaga kelembaban kulit muka kamu dan memiliki tekstur ringan sehingga makeup tidak terasa berat serta berkesan alami.
  • Caring Colours UV White Microfine Loose Powder (04-Transparent) seharga Rp 77.300 di Zalora dengan kandungan jojoba oil, vitamin C, vitamin E serta UV protection.
  • Make Up Forever HD Microfinish Loose Powder Mini Size seharga Rp 125.000 di Tokopedia. Bedak ini bisa membantu tampilan terlihat flawless dengan tekstur lembut dan halus. Bisa juga digunakan sebagai sentuhan terakhir pada makeup sebagai setting powder.

Sebagai sentuhan akhir, gunakan blush on untuk rona alami wajah dan kesan yang segar natural. Penggunaan blush on bisa diaplikasikan tipis-tipis dalam warna-warna lembut. Sapukan di sekitar pipi menggunakan brush. Ada beberapa rekomendasi blush on yang bisa diintip.

  • Pertama adalah NYX Blush On yang memiliki tekstur lembut dan tahan lama. Selain itu, mengandung vitamin E serta diperkaya dengan grape seed oil untuk membantu melindungi kulit wajah dari radikal bebas. Tak cuma itu saja, produk ini juga bisa membantu menjaga elastisitas kulit serta bebas pengawet. Bisa diperoleh di Tokopedia seharga Rp 30.000.
  • Pilihan berikutnya adalah Maybelline Color Show Blush On di Bukalapak seharga Rp 39.000. Produk ini hadir dalam beberapa shades warna seperti peachy sweeties, fresh coral, wooden rose serta creamy cinnamon.
  • Terakhir ada Maybelline yang bisa didapat di Sociolla seharga Rp 109.650. Produk ini diperkaya dengan self adjusting tintu untuk menyesuaikan warna dengan kondisi pH kulit dan dilengkapi pon brush agar lebih mudah diaplikasikan.

Rambut

Tutorial Rambut

Jika kamu gemar menonton drama atau film kolosal asal China, mungkin kamu ingat dengan beberapa gaya rambut ikonik yang ditampilkan para wanitanya. Warga China terlebih dari golongan Manchuria terkenal sangat menjaga rambut sehingga mereka enggan memotongnya. Bahkan, bangsawan Manchuria menganggap rambut adalah bagian dari kehormatan diri. Maka, tidak heran jika baik lelaki maupun perempuan di masa itu memanjangkan rambut.

Untuk menyiasati agar rambut tidak menghalangi kegiatan sehari-hari, biasanya para wanita merapikan rambut mereka dalam model tertentu. Mulai dari dikepang, disanggul, bahkan dipadukan bersama berbagai macam aksesori rambut. Budaya ini kemudian seolah melekat sehingga banyak wanita dari etnis Tionghoa yang mengadaptasi tatanan rambut tradisional terutama pada perayaan khusus seperti Tahun Baru Imlek.

Tidak semua gaya rambut susah dibuat. Ada beberapa gaya rambut yang cocok dipadukan bersama busana cheongsam seperti dalam tutorial berikut.

  • Pertama, keriting rambut. Bisa menggunakan pengeriting yang biasa dipakai di rumah. Atur panas pengeriting rambut dan buat rambut menjadi ikal.
  • Kemudian, buat rambut menjadi dua bagian dengan menyisir bagian tengah rambut menggunakan sisir. Bagi lagi menjadi beberapa bagian dan ambil masing-masing bagian kemudian sasak menggunakan sisir untuk memberi kesan rambut yang bervolume.
  • Putar bagian sisi rambut dan jepit menggunakan bobby pin agar tidak berantakan. Setelah itu, kamu bisa menarik sedikit bagian rambut ke arah depan untuk memberi kesan lembut pada penampilan. Biarkan beberapa helai rambut di bagian kening menjuntai agar tampilan jadi lebih manis.

Sebagai inspirasi, coba cek tutorial dalam video di atas, ya.

From our editorial team

Sesuaikan Makeup dengan Acara

Nah, setelah menyimak dan melihat tutorial cantik ala China ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya adalah keperluan atau kesesuaian makeup dengan acara yang akan didatangi. Jangan sampai terlihat over, ya. Selamat mencoba!

Tag