10 Rekomendasi Es Krim Favorit 2020 Paling Murah, Enak, dan Favorit (2020)

10 Rekomendasi Es Krim Favorit 2020 Paling Murah, Enak, dan Favorit (2020)

Tidak ada yang mampu menolak segarnya semangkuk atau sepotong es krim. Siapa yang bisa menolak jika hampir semua varian es krim memiliki citarasa yang lezat dan tidak pernah gagal di lidah. Yuk, langsung saja nikmati es krim yang pasti jadi favoritmu!

Es Krim Merupakan Dessert yang Paling Banyak Disukai

Susah sekali untuk tidak menyukai es krim, makanan penutup yang bahkan memiliki hari peringatan khusus yaitu Hari Es Krim Sedunia pada 19 Juli. Dessert yang paling digemari di dunia ini rmemiliki rasa manis dan lezat, sehingga setiap orang akan merasa bahagia setiap kali menikmatinya. Banyak orang tua yang belum bisa melepaskan diri dari nikmatnya es krim, apalagi anak kecil yang setiap hari merengek ingin menikmati sensasi dingin dari es krim.

Tak sedikit orang beranggapan es krim dapat mengusir kesedihan dan menjadikan orang yang memakannya lebih bahagia. Sudah ada riset soal itu lho, bahwa di tahun 2013 ditemukan dampak memakan es krim bagi perasaan individu. Telah dibuktikan bahwa orang yang makan es krim mempunyai emosi yang lebih baik dan memiliki rasa syukur.

Es Krim Kini Banyak Ditemukan dalam Berbagai Varian

Sekarang, es krim memiliki beragam pilihan merek dan rasa yang bisa kamu cicipi sesuai seleramu. Ada es krim rasa vanilla, cokelat, stroberi, ataupun kombinasi rasa cokelat, vanilla, dan stroberi. Tiga rasa basic ini sudah pasti bikin anak-anak kepincut dan ingin memakannya karena memiliki rasa yang manis, lezat, bikin happy, dan pastinya akan membuatmu ketagihan.

Tidak hanya itu, kreativitas produsen es krim menjadikan munculnya beragam varian es krim dengan rasa-rasa unik yang bikin penasaran semua orang baik tua maupun muda. Misalnya, ada es krim pelangi yang dibuat dari susu dengan warna-warna yang menarik. Atau, penggemar kelapa muda pasti tidak mau ketinggalan mencicipi es krim rasa kelapa muda dengan taambahan kacang dan cokelat di dalamnya.

Olahan rasa lain yang akan mudah kamu temukan dalam es krim adalah rasa susu dan buah-buahan, rasa soda, ataupun kopi. Belum lagi dengan tambahan topping seperti kacang atau saus cokelat. Waduh, siapa yang tahan godaannya? Tapi jangan lupa, kamu perlu memikirkan beberapa tips dan pertimbangan sebelum benar-benar membeli es krim. Ini penting agar kamu tidak salah beli dan menyesal di kemudian hari. Apa saja tips membeli es krim?

Tips Membeli Es Krim yang Enak dan Lezat

Pertimbangkan Mereknya

Pertama, pertimbangkanlah terlebih dahulu merek es krim yang akan kamu beli, apakah kamu mengenal mereknya? Merek memang tidak selalu penting karena jelas lebih penting kualitas. Hanya saja, merek yang lebih terkenal akan lebih mungkin memiliki kualitas produk yang bagus.

Misalnya, di negara ini, es krim yang paling ternama antara lain ada merek Wall's yang terkenal dengan beragam varian yang melegenda seperti Vienetta dan Magnum. Ada juga merek Indoeskrim atau Campina, yang disebut-sebut sebagai salah satu merek paling tua dengan beragam variasi rasa es krim yang menarik.

Merek lain yang mudah ditemui adalah Diamond, es krim yang memilliki ukuran super jumbo yang menjadikannya unik dan jadi incaran banyak orang. Selain itu, sudah muncul pula merek-merek alternatif seperti AICE dan Glico.

AICE hadir dengan harga murah, namun keberagaman rasa dan bentuknya yang berbeda dari es krim lain menjadikan AICE banyak digemari terutama oleh anak-anak. Untuk es krim kelas atas, kita mungkin mengenal Haagen Dazs yang bisa mudah kamu temui di mall-mall di kotamu.

Perhatikan Komposisi Es Krim

Kedua, luangkan sedikit waktu untuk memperhatikan sejenak apa saja komposisi bahan-bahan dari es krim yang akan kamu beli. Umumnya, es krim memiliki kandungan energi hingga 207 kilo kalori, 4 gram protein, 20,6 gram karbohidrat, 12,5 gram lemak, 123 miligram kalsium 0 miligram zat besi, dan 99 miligram fosfor. Sementara untuk vitamin, es krim seringnya memiliki kandungan 520 IU vitamin A, 1 miligram vitamin C, dan 0,04 miligram vitamin B1.

Jika kamu merasa kurang yakin dengan kandungan komposisi es krim-es krim yang dijual di pasaran, kamu dapat membuat es krim pilihanmu sendiri di rumah. Dengan membuat es krim sendiri, kamu bisa menggunakan pemanis yang sehat seperti madu atau sirup maple dan bebas memakai buah favoritmu untuk ditambahkan ke es krim. Dengan membuat es krim versimu sendiri tentu kamu akan lebih percaya diri memberikannya ke anak-anak di rumah, bukan?

Sesuaikan Varian Rasa Es Krim dengan Seleramu

Yang tak kalah penting adalah memilih es krim sesuai dengan seleramu sehingga kamu akan bahagia memakannya! Eh tapi tahu nggak sih, rasa es krim yang kamu pilih mencerminkan karakter dirimu, lho. Kalau kamu penggemar rasa cokelat, bisa ditebak kamu orang yang pandai berbicara, riang gembira, dan punya banyak teman.

Kalau kamu suka es krim vanilla, berarti kamu lebih suka dan menghormati hal-hal simpel, serta tidak suka dengan hal-hal kompleks. Berbeda dengan rasa-rasa unik seperti mint chocolate chip, biasanya menggambarkan seseorang yang memiliki gerak-gerak yang unik dan suka mengerjakan hal-hal menyenangkan seperti bermain. Atau rasa cookies and cream, yang dapat diartikan penyuka rasa itu sebagai orang yang humoris dan punya prinsip.

Agak berbeda dengan strawberry, biasanya penyuka rasa ini adalah orang yang ceria, setia, dan suka berolahraga. Eh, apakah kamu menyukai rasa caramel? Jika iya, maka kamu memiliki penjiwaan pada banyak hal, suka bermeditasi atau yoga, dan percaya diri menerima tantangan. Yang mana rasa kesukaanmu?

Lihat Tanggal Kedaluwarsa

Tentunya, jangan makan es krim yang mendekati atau melewati batas tanggal kadaluarsa, karena itu bisa jadi bahaya bagi tubuh. Tanggal tersebut umumnya menunjukkan seberapa lama makanan itu aman untuk dimakan. Tapi, tahukah kamu, ada istilah-istilah lain terkait tanggal kadaluarsa?

Misalnya, kata "sell by" yang menunjukkan tanggal batas kualitas terbaik sebuah produk. Artinya, sebelum tanggal itu produk berada dalam kualitas terbaiknya, namun bukan berarti tidak bisa dikonsumsi jika melewati tanggal. Kamu tetap bisa mengkonsumsinya selama produk disimpan dengan baik.

Tanggal yang menggunakan "best before" atau "best if used by" juga memiliki makna serupa. Kualitas rasa, bentuk, dan kesegarannya terbatas pada tanggal yang tertera, namun kamu tetap bisa memakannya selama tidak ada jamur. Sementara itu, kata "used by" memiliki arti yang lebih tegas, yaitu tanggal yang tertera pada "used by" adalah batas akhir penggunaan produk karena terlepas dari itu kualitas produk tidak akan sebaik sebelumnya.

Tapi, kalau tulisannya "exp" alias kadaluarsa, maka jelas produk itu tidak sebaiknya digunakan jika telah melewati tanggal "exp" dan segera buang produk tersebut. Perlu diingat juga, bahwa produk yang telah dibuka kemasannya lebih berpotensi tercemar karena bereaksi dengan udara. Perhatikan jika ada perubahan pada makanan yang sudah terbuka kemasannya, baik perubahan bentuk, rasa, maupun tampilan, meski belum masuk masa kadaluarsa.

Sesuaikan dengan Bujet

Coba tengok dulu budget sebelum membeli es krim: apakah harga es krim yang kamu inginkan sudah sesuai dengan uang yang ada di kantongmu? Kalau memang kamu menginginkan es krim itu tapi uangmu belum cukup, menabunglah sementara waktu. Tapi kalau sudah cukup, segera beli!

Nah, kalau kamu lagi ngidam es krim tapi sedang sedikit uang, kamu sebaiknya memilih es krim dari Wall's yang cenderung terjangkau. Misalnya, Wall's memiliki varian Feast rasa cokelat dan vanilla yang dijual sekitar Rp 2.700, Shaky-shaky Shake seharga Rp 6.100, Wall's Magnum yang beken itu seharga sekitar Rp 9.000, es krim dalam wadah yaitu Populaire rasa cokelat-vanila dan strawberry-vanilla seharga Rp 5.000. Ada juga es krim mini dalam satu pak, yaitu Mini Cornetto rasa cokelat dan vanilla yang harganya berkisar Rp 21.500.

Ingin mencicipi es krim Haagen Dazs yang rasanya super lezat itu? Siapkanlah dana lebih, karena harga paling murah dari es krim ini kira-kira Rp 75.000 yaitu es krim rasa Tiramiu & Espresso. Varian lain seperti Brownie Celebration, Waffle Wonder, Paradise, dan Love in Belgium adalah sekitar Rp 85.000.

Rekomendasi Es Krim Favorit 2020 Paling Murah, Enak, dan Favorit

Glico Wings Ice Cream Waku-waku Strawberry Loop

Es krim Glico menjadi pilihan banyak orang bukan hanya karena harganya yang murah, tapi juga variasi-variasi rasa yang unik. Tak heran jika anak kecil sampai orang dewasa menggemari es krim ini. Kali ini kami merekomendasikan Glico Wings Ice Cream Waku-waku Strawberry Loop Es Krim Stroberi Stik sebagai es krim favorit 2020.

Es krim ini jadi favorit karena rasanya yang segar dan bikin happy. Dalam tiap penyajiannya terdiri dari energi lemak sejumlah 35 kilo kalori, energi totalnya sebesar 70 kilo kalori, lemak total sebanyak 4 gram, protein sebanyak 1 gram, serta karbohidat total sebesar 7 gram. Glico Wings Ice Cream Waku-waku Strawberry Loop seberat 50 gram ini dibuat dari air, gula pasir, lapisan strawberry, minyak nabati, padat susu, dan perisa alami

Glico-Wings sendiri merupakan perusahaan hasil kerja sama antara PT. Mitrajaya Ekaprana yang merupakan bagian WINGS Group dengan Ezaki Glico Co., Ltd. Keduanya menghasilkan es krim dengan cita rasa menarik dan unik. Pemasarannya pun dilakukan hingga toko-toko kecil sehingga kamu mudah mendapatkannya.

Harga Rp. 1.000

Wall's Feast Chocholate

Es krim Wall's Feast Chocolate bisa dibilang merupakan pelarian terbaik dari di kala galau menyerang. Rasa cokelatnya manis dan lumer di mulut, dilapisi cokelat dengan potongan kacang yang renyah. Apalagi, harganya pun super murah dan mudah didapatkan di manapun!

Sebagai catatan, es krim ini dibuat menggunakan air, lapisan cokelat dengan lesitin kedelai, padatan susu yang terdiri dari bubuk Whey dan susu skim bubuk. Selain itu, disempurnakan juga dengan gula pasir, sirup glukosa, bubuk kakao, butir-butir kacang, dan minyak nabati. Nyam, penasaran kan bagaimana rasanya?

Wall's sendiri merupakan merek milik Unilever yang tak diraguan lagi kualitas produknya. Perusahan asal Inggris itu telah berkreasi dengan es krim sejak 1922. Produk Wall's telah dikenal hingga Uni Emirat Arab, Spanyol, Lebanon, dan belahan dunia lainnya.

Harga Rp. 5.000-5.500

Aice Mango Slush

AICE sempat dinobatkan sebagai makanan yang termasuk dalam "10 makanan paling viral di tahun 2016 di Indonesia." Belum pernah mencoba es krim AICE, dan bingung mau mulai dari mana? Kamu bisa memulainya dengan makan Es krim AICE Mango Slush yang super enak itu. Es krim ini memiliki rasa mangga yang lembut dan bentunya pun menyerupai buah mangga.

Es krim AICE Mango Slush bisa kamu temui dengan mudah di aneka marketplace online langgananmu. Tapi perlu diperhatikan, bahwa kamu harus menyimpan es krim ini di dalam freezer selama 12 bulan. AICE sendiri merupakan perusahaan asal Singapura yang telah berkecimpung dalam bisnis es krim selama 20 tahun dan kini telah memlik pabrik di Indonesia.

Harga Rp. 4.000-180.000

Nestle Kitkat

Nestle dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi minuman dan makanan nutrisi seperti susu, makanan bayi, cokelat, kopi, dan lainnya. Dari produk-produk itu, kamu pasti setuju bahwa Nestle selalu mengedepankan kualitas rasa dan komposisi produknya. Nah, bayangkan jika Nestle memproduksi es krim? Pasti rasanya super enak!

Nestle Kitkat memiliki tekstur dan rasa yang berbeda. Es krim ini tersedia dalam bentuk cone maupun wadah tube ukuran besar. Nestle Kitkat memiliki rasa serupa wafer Kitkat, yaitu manis namun tetap dalam kadar yang pas. Di dalam es krim Nestle Kitkat, kamu akan menemukan potongan wafer yang renyah di tengah es krim rasa cokelat yang manis dan lezat.

Harga Rp. 63.900-315.000

Glico Wings Ice Cream Waku-waku Choco Bomb

Rasa cokelat dapat memberikan efek tenang dan bahagia berkat rasa manisnya yang lumer di lidah. Kalau kamu suka es krim rasa cokelat, berarti kamu harus cobain Glico Wings Ice Cream Waku-waku Chocco Bomb Es Krim Cokelat Stik satu ini. Es krim ini memiliki rasa cokelat yang lumer dan enak sejak dikunyah di mulut hingga ditelan di tenggorokan!

Es krim favorit 2020 ini dibuat menggunakan bahan air, saus cokelat hingga 11%, gula pasir, padatan susu, sirup glouksa, dan minyak nabati. Harganya pun murah meriah seperti es krim Glico Wings lainnya karena Glico Wings memang dikenal dengan harga terjangkau dan rasa yang yummy! Segera pesan di marketplace langgananmu, ya!

Harga Rp. 3.000

Aice Toffie Koffie

Es krim rasa kopi merupakan salah satu es krim favorit 2020 yang sayang jika kamu lewatkan. AICE hadir dengan varian Aice-Toffie Koffie yang unik dengan rasa dan wangi kopi dilapisi cokelat dan disempurnakan dengan kacang yang ditaburkan di luarnya! Apalagi es krim ini diproduksi oleh AICE yang meraih predikat Excellent Brand Award 2017, tentunya kualitas es krim AICE sudah tak dipertanyakan lagi.

Tenang, es krim kopi ini juga murah sebagaimana es krim AICE yang lain. AICE memproduksi es krim yang bisa mudah kamu temui di toko kecil di dekat rumahmu dan tidak dijual di mall ataupun kafe. Ini karena es krim halal tersebut memang mengkhususkan produknya agar mudah dijangkau oleh masyarakat dalam kelas ekonomi apapun.

Harga Rp. 2.400

Paket Ice Cream Campina Hula-Hula

Selain Wall's dan AICE, jangan lupakan es krim Campina yang sudah ada di Indonesia sejak lama. Campina dikenal sebagai es krim yang unik karena varian rasanya menarik dan menggunakan bahan-bahan lokal. Misalnya, Campina pernah memproduksi es krim rasa durian, tape ketan, atau kacang merah. Varian es krim Hula-hula diproduksi dengan santan kelapa murni yang nikmat di mulut dengan lapisan cokelat yang lembut.

Kali ini, es krim favorit 2020 itu menyediakan Paket Ice Cream Campina Hula-hula - Es Krim dimana satu paketnya berisi 25 buah es krim, lho! Cocok nih untuk dibeli kalau kamu sedang makan es krim bareng keluarga atau teman-teman terdekat. Satu Paket Ice Cream Campina Hula-hula - Es krim berisi eskrim rasa kelapa muda, pisang cokelat, jagung, beras ketan hitam, dan kacang hijau.

Harga Rp. 110.000

Aice Strawberry Crispy

Es krim dengan tekstur krispi juga menjadi es krim favorit 2020 yang banyak dicari orang. Es krim AICE Strawberry Crispy ini memiliki perpaduan rasa strawberry dan vanilla yang super nikmat, dilapisi cokelat putih yang tebal.

Rasa manisnya bakal bikin kamu lebih bergairah dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Es krim seberat 55 gram ini menggunakan bahan dasar krim susu. Tapi tenang, rasa dan teskturnya tidak berlebihan sehingga nyaman di perut. Yakin nggak mau mencoba sendiri sensasi es krim kriuk ini?

Harga Rp. 3.000-120.000

Wall's Paddle Pop Rainbow Power

Wall's tak kehabisan ide untuk menarik perhatian anak-anak penyuka es krim. Salah satu produknya adalah Wall's Ice Cream Paddle Pop Rainbow Power yang memiliki warna-warni pelangi yang cantik dan menarik. Apalagi dengan sensasi karamel yang manis dan bikin nagih!

Es krim berukuran 60 mililiter ini merupakan salah satu produk unggulan Wall's. Menjadi salah satu perusahaan es krim favorit khalayak menjadikan Wall's kian meningkatkan kalitas mutu produknya. Unilever sebagai produsen es krim ini terus memberikan produk yang diproses melalui standar tinggi sehingga kamu merasa aman mengonsumsinya karena telah sesuai standar dari Unilever, Departemen Kesehatan, dan BPOM.

Harga Rp. 3.200-3.500

Es Krim Potong Campina

Satu lai es kim dari Campina yang cocok untuk dipilih ketika kamu sedang berkumpul bersama keluarga, sahabat, atau rekan-rekan di kantor.

Soalnya, Es Krim Potong Campina ini berisi 1 liter dan memiliki 10 potong es krim pada setiap paknya. Pilihan rasa di dalamnya adalah Es Krim Potong Neapolitan dengan rasa strawberry, vanilla, dan cokelat yang merupakan rasa-rasa kesukaan banyak orang.

Selain itu, Es Krim Potong Campina juga dijual dalam versi ukuran 500 mililiter yang berisi 5 es krim per pak. Rasanya tentu enak, karena ada pilihan rasa cookies and cream serta choco chips.

Dijamin jadi rebutan anak-anak sampai orang dewasa! Tapi, jangan lupa untuk menyimpannya maksimal selama 2 tahun ya, karena lebih dari itu kualitas es krim sudah tidak terlalu baik.

Harga Rp. 26.500-77.000
From our editorial team

Nikmati Kelezatan Es Krim dengan Berbagai Varian

Es krim dengan berbagai rasa unik semakin terasa nikmatnya. Apalagi jika disajikan dan dinikmati dengan berbagai toping seperti buah-buahan segar, choco chips, parutan keju, potongan cokelat, dan lainnya. Sensasi nikmatnya akan semakin terasa saat panas terik. Pasti bikin ketagihan deh!