Usir Kecoak yang Mengganggu dengan 10 Rekomendasi Produk Pengusir Kecoak Berikut (2021)

Usir Kecoak yang Mengganggu dengan 10 Rekomendasi Produk Pengusir Kecoak Berikut (2021)

Kecoak adalah hewan kecil yang mengerikan. Meski ukurannya kecil namun dampaknya pada kesehatan sangat besar. Jangan sampai kecoak bebas berjalan-jalan di rumahmu. Segera basmi saat kamu menemukan kecoak di rumah dan jangan sampai berkembang biak. Kamu bisa memakai bahan alami atau produk khusus untuk membasmi kecoak agar tidak balik lagi. Cek segera rekomendasinya dari kami!

Kecoak Wajib Segera Dibasmi dari Rumah

Kecoak merupakan salah satu serangga yang wajib segera dibasmi dari rumah. Ini karena kecoak membawa jutaan bakteri yang menyebabkan infeksi berbagai penyakit. Kecoak memiliki air liur yang bisa menyebabkan masalah pencernaan, infeksi saluran kemih, hingga keracunan.

Ketika ada makanan yang tidak tertutupi, bisa saja dirayapi oleh kecoak. Saat itu, kecoak bisa saja mengeluarkan air liur dan cairan pencernaan dari mulut dan memindahkannya pada makanan. Akibatnya, makanan jadi tercemar dan penuh dengan bakteri. Dari berbagai jenis bakteri, kecoak mengandung e.coli, salmonella, cacing parasit, dan juga 7 jenis patogen manusia. Kecoak juga mengandung Pseudomonas aeruginosa yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan sepsis.

Kecoak juga berpotensi masuk ke dalam tubuh. Bisa saja kecoak masuk dalam hidung atau telinga saat kita tidur. Tentunya hal ini membahayakan keselamatan dan kesehatan kita. Adanya kecoak juga sangat bahaya untuk penderita asma. Saat penderita asma menghirup alergen kecoak, maka bisa menyebabkan komplikasi parah hingga mengancam nyawa.

Begitu banyak bahaya yang dibawa oleh seekor kecoak. Kita tentu tidak bisa membiarkannya begitu saja. Kita harus segera membasminya agar tidak menyebabkan masalah besar di rumah dan mengancam kesehatan seluruh keluarga.

Tips agar Rumah Bebas Kecoak

Setiap rumah, meski sudah dijaga kebersihannya, kadang ada saja kecoak nakal yang masuk. Maka dari itu kamu wajib waspada akan kehadirannya. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kecoak tidak rajin muncul di rumah kamu.

Pertama, tentu saja kamu wajib menjaga kebersihan rumah. Sapu dan pel lantai setiap hari dan jangan lewatkan setiap sudut rumah. Jangan lupa untuk membersihkan furnitur rumah yang jarang dipindahkan, minimal 6 bulan sekali.

Utamakan untuk membersihkan area dapur dan juga area penyimpanan makanan. Perhatikan bagian bawah kulkas, bawah kompor, dan juga area pemanggangan roti. Cek juga area-area yang barangnya jarang dipindahkan. Simpan makanan di wadah yang tertutup. Hindari menyimpan sisa makanan di dalam ruangan.

Periksa bagian rak, lemari, atau laci lalu rapikan agar tidak menjadi sarang kecoak. Selain itu, kosongkan tempat sampah secara rutin setiap hari. Jangan menimbun sampah karena bisa membuat kecoak berdatangan.

Perbaiki lubang atau retakan pada lantai atau celah dinding. Begitu juga dengan retakan atau celah pada papan hingga lemari. Hindari menumpuk buku, koran, majalah, atau kardus karena bisa jadi sarang kecoak.

Jika perlu, gunakan alat pengusir kecoak atau obat khusus untuk mengusir kecoak. Kamu juga bisa memakai bahan alami untuk mengusir kecoak. Dengan begini, rumah aman dan bebas kecoak.

Bahan-bahan Rumahan Ini Bisa Kamu Manfaatkan untuk Mengusir Kecoak

Detergen atau Hairspray

Kamu bisa gunakan detergen atau hairspray yang ada di rumah untuk membasmi kecoak. Campuran dari air dan sabun detergen bisa bikin kecoak jadi sekarat dan cepat mati. Caranya cukup mudah, kamu tinggal campurkan 4 sendok makan detergen cair dengan air. Kocok perlahan sampai tercampur lalu semprotkan pada bagian rumah yang paling sering dilewati kecoak.

Kamu juga bisa memakai hairspray untuk membasmi kecoak. Hairspray memiliki tekstur lengket yang bikin kecoak sulit bergerak. Jika sudah disemprot, kecoak akan mudah diusir.

Daun Neem

Daun neem juga bisa digunakan sebagai pengusir kecoak yang alami. Daun yang satu ini banyak dikenal sebagai obat tradisional. Daun neem juga bisa efektif untuk mengusir kecoa di dalam rumah. Caranya juga mudah. Cukup rebus daun neem selama 10 menit lalu biarkan dingin. Selanjutnya, air rebusan daun bisa dimasukkan dalam botol semprot. Gunakan untuk menyemprotkan bagian rumah yang ditempati kecoak.

Soda Kue dan Gula

Kamu juga bisa menggunakan soda kue dan gula untuk membasmi kecoak. Paduan kedua bahan ini bisa mengurangi populasi kecoa di rumah secara cepat. Campurkan soda kue dan gula, lalu taburkan pada area rumah yang biasanya dihinggapi kecoa. Ulangi menaburkan campuran kedua bahan tersebut sesering mungkin pada area yang kerap dilewati kecoak.

Mentimun

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengusir kecoak adalah mentimun. Bahan yang satu ini sangat ampuh karena memiliki kandungan yang tidak disukai kecoak dan bahkan bisa membunuh kecoak. Cukup letakkan potongan timun pada wadah kaleng untuk memerangkap kecoak. Aroma dari kaleng dan timun bisa membunuh kecoak dengan ampuh.

Ini Dia Deretan Produk yang Bisa Kamu Gunakan unutk Mengusir Kecoak

Bayer Maxforce

Bayer Maxforce ini merupakan produk pertama yang bisa digunakan sebagai pengusir kecoak. Produk yang satu ini berbentuk gel berwarna cokelat muda. Bayer Maxforce hadir dengan kandungan zat-zat kimia yang ampuh untuk membasmi kecoak jenis Blatella germanica dan Periplaneta americana. Kandungan bahan tersebut tidak hanya membasmi kecoak namun juga bisa mengendalikan perkembangbiakannya. Produk ini bisa diterapkan dengan metode pengumpanan sehingga tidak akan mencemari udara dan tidak akan membuat racunnya menempel pada perabotan.

Harga Rp. 148.000-171.000

Cockroach & Lizard Glue Trap

Cockroach & Lizard Glue Trap ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk kertas perekat. Tidak hanya bisa memerangkap kecoak, kamu juga bisa menjebak lalat dan cicak dengan alat ini. Cara pemakaiannya tentu mudah. Kamu tinggal lepas penutup lem lalu letakkan pada area yang kerap dilewati kecoak. Alat yang satu ini bisa bekerja selama 3 sampai 4 minggu. Produk ini aman digunakan karena tidak mengeluarkan bau dan tanpa semprotan.

Harga Rp. 8.000-105.000

Set Insektisida Asap Untuk Umpan Kecoa

Set Insektisida Asap Untuk Umpan Kecoa ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini efektif untuk membunuh serangga yang gemar bersembunyi di sudut ruangan. Cukup nyalakan dan tutup ruangannya. Kamu harus meninggalkan ruangan tersebut selama 3 atau 4 jam agar asap bekerja maksimal dalam ruang tertutup. Pastikan untuk membuka pintu dan jendela dahulu sebelum masuk kembali ke dalam ruangan.

Harga Rp. 72.000-77.000

Pengusir Kecoa Ampuh Natural Spray, Bye Bye Kecoa

Pengusir Kecoa Ampuh Natural Spray, Bye Bye Kecoa juga bisa kamu gunakan. Produk ini berbahan essential oil dengan aroma yang tidak disukai oleh kecoak. Bahannya aman dan minim racun sehingga lebih aman digunakan. Berbentuk semprotan, alatnya lebih mudah digunakan. Cukup semprot secara teratur pada tempat kecoak dan kecoak akan terusir sendiri. Kecoak tidak akan berani bersarang kembali di tempatnya. Ada baiknya disemprotkan saat kecoak aktif di malam hari.

Harga Rp. 45.000-100.000

Riddex Quad

Riddex Quad tentu bisa jadi pilihan tepat selanjutnya. Produk yang satu ini memakai gelombang ultrasonik untuk mengusir kecoak, nyamuk, dan serangga lainnya. Produk yang satu ini juga bebas zat beracun jadi lebih aman digunakan. Penggunaannya membutuhkan aliran listrik agar lampu di bagian tengahnya menyala.

Gelombang suara elektromagnetik dari alat ini memiliki tingkat frekuensi yang tinggi sehingga bisa didengar serangga dan bisa sangat mengganggu mereka. Ini akan membuat mereka tak kerasan dan cepat pindah dari rumah. Alat ini bisa terlihat efektivitasnya dalam waktu 2 minggu.

Harga Rp. 17.455-64.000

Pest Reject Ultrasonic Repeller

Pest Reject Ultrasonic Repeller tentu bisa jadi pilihan lainnya. Produk yang satu ini desainnya bagus, keren, dan sangat efektif. Pest Reject ini tidak berpengaruh pada peralatan elektronik lainnya. Alat ini aman digunakan karena tak menimbulkan asap, pestisida, dan lainnya. Kamu bisa mengendalikan hama yang tidak diinginkan dengan cepat, yakni hanya dalam waktu dua minggu. Kecoak, nyamuk, dan tikus akan pergi dan tak kembali lagi.

Harga Rp. 11.950-54.000

Bagus Kapur Ajaib Jumbo Anti Semut dan Kecoa

Bagus Kapur Ajaib Jumbo Anti Semut dan Kecoa merupakan rekomendasi lain yang bisa kamu andalkan. Produk yang satu ini unik karena bentuknya berupa kapur. Di dalamnya terdapat kandungan yang bisa membasmi kecoa, kutu, dan semut. Bahannya adalah deltametrin 0,6% yang sudah teruji kualitasnya sehingga aman untuk digunakan.

Kapur yang satu ini tinggal digoreskan saja pada tempat yang kerap dilewati kecoak dan semut. Saat serangga melewatinya maka hewan-hewan tersebut akan mati. Kapur ini begitu praktis disimpan dan digunakan.

Harga Rp. 3.500-17.000

HIT Anti Kecoa Gel

HIT Anti Kecoa Gel adalah rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini bisa membunuh kecoak hingga ke sarangnya. Bahan aktifnya akan bekerja maksimal dan bisa membunuh kecoak dalam beberapa jam saja. Kecoak yang mati akan dimakan oleh kecoak lainnya sehingga alat ini sangat ampuh membunuh banyak kecoak sekaligus.

Untuk memakainya, tekan 7 sampai 8 kali untuk pemakaian pertama. Kamu bisa mengaplikasikannya pada setiap area di mana kecoak suka bersarang atau lewat. Kecoak akan merasa tertarik dengan gel yang dilihatnya. Selanjutnya, kecoak akan mendatangi gel dan memakan formula roach buster yang membuatnya mati di sarang dan dimakan kecoak lain. Dikemas dalam bentuk injeksi, alat ini mudah digunakan.

Harga Rp. 49.000-108.100

Baygon Aerosol Orange Blossom

Baygon Aerosol Orange Blossom ini adalah rekomendasi lain untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dengan bentuk cairan insektisida. Tinggal semprot saja, maka serangga seperti nyamuk dan kecoak akan mati. Aromanya segar dan tidak bikin pengap. Daya kerjanya tahan lama. Produk ini bisa melindungi keluarga dengan aman dan nyaman. Suasana rumah jadi lebih menyenangkan karena bebas serangga.

Harga Rp. 29.000-72.000

HIT Anti Kecoa Spray

HIT Anti Kecoa Spray ini merupakan rekomendasi selanjutnya. Kamu bisa menyemprotkannya pada saluran pencuci piring atau bagian bawah furnitur rumah. Produk ini mudah digunakan. Dikemas dalam botol ukuran 150 ml dan 350 ml, kamu bisa memilih yang kamu butuhkan.

Harga Rp. 14.000-40.000
From our editorial team

Atasi Alergi yang Terjadi Akibat Kecoak Sesegera Mungkin

Kecoak merupakan salah satu jenis sumber alergen di dalam ruangan. Dalam tubuh kecoak terdapat telur, kotoran, bakteri, dan air liur yang bisa bikin alergi pada kulit dan tubuh. Jika kita merasa alergi seperti kulit gatal, bersin, ruam, dermatitis, mata berair, infeksi pernapasan, hingga pembengkakakn kelopak mata, maka bisa jadi kita alergi pada kecoak jika ada kecoak di rumah. Segera atasi dan jangan biarkan berlarut-larut. Kamu bisa mengonsumsi obat tanpa resep dokter. Pilih yang mengandung antihistamin atau dekongestan. Bisa juga segera mengunjungi dokter agar bisa cepat ditangani sebelum parah.

Tag