10 Rekomendasi Lampu Sepeda yang Bikin Bersepeda Lebih Aman di Malam Hari (2021)

10 Rekomendasi Lampu Sepeda yang Bikin Bersepeda Lebih Aman di Malam Hari (2021)

Sepeda adalah alat transportasi yang nyaman digunakan kala kamu ingin menggunakannya sekaligus berolahraga. Ada baiknya kamu lengkapi aksesori sepedamu. Salah satunya adalah lampu sepeda. Aksesori yang satu ini sangat membantu sebagai penerangan di malam hari. Nah, cek tips memilih lampu sepeda dan juga rekomendasi terbaiknya dari BP-Guide!

Tak Sempat Bersepeda di Pagi Hari? Lakukan Malam Hari Saja!

Bersepeda memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Selain itu, kegiatan bersepeda juga bisa sangat seru dilakukan apalagi jika bersama keluarga dan teman. Selama bersepeda, pikiran kita juga jadi segar karena kita bisa menikmati pemandangan sekitar serta menghirup udara luar.

Bersepeda bisa dilakukan kapan saja. Bagi yang punya waktu luang di pagi hari, maka bersepeda pagi hari bisa jadi pilihan agar tubuh terasa lebih bugar sebelum beraktivitas. Namun, ada juga yang terlalu sibuk di pagi hari dan hanya memiliki waktu sore dan malam hari. Nah, kamu juga boleh kok bersepeda di sore dan malam hari jika tidak ada waktu di pagi hari.

Banyak yang mengatakan bersepeda di malam hari kurang baik untuk kesehatan jantung. Padahal, bersepeda malam justru bisa membantu memperbaiki sirkulasi darah ke jantung dan juga berbagai organ tubuh lainnya. Bahkan, bersepeda juga bisa memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah, tidak peduli kapan saja waktunya.

Bersepeda di malam hari juga kerap dianggap sebagai pemicu paru-paru basah. Padahal, pneumonia alias paru-paru basah disebabkan oleh virus, jamur, dan bakteri. Angin malam bukan penyebab penumonia sehingga bersepeda di malam hari tidak akan bikin kamu terserang penumonia.

Ketika kita memutuskan bersepeda di malam hari, maka bisa mengurangi stres. Bersepeda di malam hari membuat tubuh memproduksi hormon dopamin yang meningkatkan rasa bahagia. Ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Kamu jadi terhindar dari insomnia karena tubuh lebih rileks dan siap untuk tidur.

Pasang Lampu Sepeda agar Bersepeda Lebih Nyaman di Malam Hari

Semenjak muncul wabah Corona, banyak orang berusaha untuk berolahraga di waktu luang mereka. Bersepeda menjadi salah satu pilihan olahraga paling digemari di masa pandemi. Tidak sedikit orang mulai bersepeda di malam hari. Ini karena banyak waktu pagi dan siang terpakai untuk aktivitas lainnya. Nah, saat bersepeda di malam hari, kita baru sadar pentingnya memiliki lampu pada sepeda.

Lampu sepeda termasuk sebagai alat pelindung diri bagi pesepeda. Kendaraan lain yang berada di belakang sepeda menjadi tahu dengan keberadaan sepeda sehingga bersepeda bisa jadi lebih aman. Selain itu, kita juga jadi tidak takut menyusuri jalanan gelap karena lampu sepeda bisa menerangi jalan yang kita lewati.

Tips Memilih Lampu Sepeda

Pilih Tingkat Pencahayaannya

Ketika memilih lampu sepeda, kamu harus memperhatikan tingkat pencahayaannya. Tentu saja jika digunakan malam hari, kita butuh lampu dengan cahaya yang sangat terang. Maka dari itu, pertimbangkan lumens lampu sepeda. Makin tinggi tingkat lumens, makin terang cahaya sepeda yang dihasilkan.

Jika untuk bersepeda santai, maka kamu bisa memakai cahaya lampu dengan 15 lumens. Jika kamu memakai sepeda untuk pulang pergi ke kantor, maka kamu bisa memilih lampu dengan jumlah minimal 100 lumens. Nah, jika kamu akan bersepeda di medan yang ekstrem seperti gunung atau hutan, ada baiknya kamu memakai lampu sepeda dengan lumens mencapai 700.

Cek Baterai

Lampu sepeda memakai baterai agar bisa menyala. Dan setiap lampu sepeda tentu memiliki kapasitas yang berbeda. Jika kamu akan memakai sepeda dalam waktu lama di malam hari, maka pastinya lampu membutuhkan banyak energi. Kamu bisa memilih lampu sepeda yang kapasitas baterainya besar supaya lebih tahan lama.

Ada lampu sepeda yang memakai baterai sekali pakai. Namun, ada pula lampu sepeda yang memakai baterai yang bisa diisi ulang. Jika malas mengganti baterai sekali pakai, utamakan saja untuk memilih lampu sepeda dengan baterai isi ulang. Ini akan jauh lebih hemat karena kamu tidak perlu membeli baterai baru setiap kali dayanya habis. Selain itu, lampu dengan baterai isi ulang juga bisa mengeluarkan cahaya yang konsisten hingga baterainya habis.

Pilih yang Tahan Air dan Tidak Mudah Pecah

Sebelum membeli lampu sepeda, pertimbangkan fiturnya. Utamakan yang memiliki fitur tahan air dan anti pecah. Fitur tahan air akan memudahkan kamu jika kamu sedang berkendara dalam kondisi gerimis atau hujan. Lampu sepeda tidak akan mati jika terkena cipratan air.

Fitur anti pecah akan sangat membantu jika kamu memakainya untuk berkendara di area yang ekstrem dan terjal. Saat medan menanjak atau berbatu, lampu bisa saja rawan jatuh. Nah, fitur anti pecah akan menjaga supaya lampu kamu bisa tetap menyala dan tidak mudah rusak.

Ini Loh Pilihan Lampu Sepeda Terbaik untukmu

Rockbros Bike Light 400 LM YQ-QD

Rockbros Bike Light 400 LM YQ-QD merupakan produk pertama rekomendasi dari kami. Lampu sepeda ini baterainya tahan lama. Kamu bisa memakainya jika ingin bersepeda dalam jarak jauh. Ketahanan baterai bisa sampai 6 jam dalam mode high dan bisa tahan 12 jam dalam mode low. Lampu ini memiliki besaran lumens 400 dengan kapasitas 2000 mAh. Lampu ini anti air sehingga aman jika kamu berkendara dalam keadaan hujan.

Harga Rp. 166.000-195.000

OLIGHT RN 120 Lampu Belakang Sepeda

OLIGHT RN 120 Lampu Belakang Sepeda memiliki baterai yang bisa diisi ulang dengan mudah. Output maksimal mencapai 120 lumens. Desainnya keren sehingga bisa memberi kamu visibilitas 260 derajat. Dengan memakai lampu ini maka kamu bisa berkendara nyaman di jalan perkotaan, pedesaan, dan berbagai jalan lainnya. Sensor cahaya internalnya bisa otomatis menyesuaikan kecerahan sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar.

Kamu bisa memilih mode pencahayaan yang diinginkan. Ada 8 jenis mode yang dihadirkan mulai dari auto break, low, mid, high, brethe, flash, comet, day, night, dan interactive. Untuk mengubah mode lampunya kamu tinggal klik dua kali. Klik pendek berguna untuk menelusuri pengaturan kecerahan.

Harga Rp. 686.000-1.008.000

X-Tiger Lampu Depan Lampu Sepeda Power Bank Senter Isi Ulang USB

X-Tiger Lampu Depan Lampu Sepeda Power Bank Senter Isi Ulang USB hadir dalam ukuran 90 x 30 x 45 cm. Lampu sepeda ini memiliki bobot 200 gram. Kapasitas baterainya adalah 4000 mAh dengan waktu charging 6 jam. Lampu ini bisa menyala 6 jam dalam mode high, 9 jam dalam mode medium, dan 15 jam dalam mode low.

Tingkat kecerahannya mencapai 1800 lumens. Dengan memakai lampu ini maka kamu bisa melihat dalam jarak jauh hingga 200 meter. Kerangkanya terbuat dari bahan aluminum alloy dan lensanya berbahan akrilik. Produk ini tahan air sehingga aman digunakan saat hujan.

Harga Rp. 396.000-605.000

Powerbeam Lampu Depan Sepeda 5 LED & Lampu Belakang

Powerbeam Lampu Depan Sepeda 5 LED & Lampu Belakang sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan warna hitam yang tampak elegan. Kamu bisa memasangnya di fork, stang, hingga seat post. Saat membeli lampu ini sudah ada garansi satu bulan dari tokonya.

Produk yang satu ini bisa digunakan dengan 2 mode penggunaan yaitu standby dan flashing. Fitur waterproof pada lampu akan membuatnya awet dan tahan lama. Produk ini membutuhkan 4 buah baterai AAA.

Harga Rp. 17.000-35.000

TaffSPORT Lampu Klakson Sepeda LCD Waterproof+Speedometer XA-585

TaffSPORT Lampu Klakson Sepeda LCD Waterproof+Speedometer XA-585 adalah rekomendasi lain untuk kamu. Produk yang satu ini bisa difungsikan sebagai klakson karena memiliki suara keras hingga 120 desibel. Tingkat kecerahannya bisa diatur. Kamu bisa memakai mode bright light, weak light, flash light, dan juga flourescent yellow.

Lampu yang satu ini bisa menampilkan informasi kecepatan sepeda. berkat adanya sensor kecepatan yang terpasang pada roda sepeda.
Produk ini juga memiliki fitur waterproof jadi aman dipakai saat hujan. Baterai lampunya berkapasitas 1500 mAh. Kamu bisa mengisi ulang daya baterainya dengan kabel USB.

Harga Rp. 139.000-168.000

Olight RN 400

Olight RN 400 memakai lensa optik berefisiensi tinggi dengan output maksimum 400 lumens. Lampunya anti silau sehingga bisa menunjang keselamatan selama bersepeda. Fitur indikator daya baterai memudahkan pengguna untuk mengisi ulang daya jika sudah terdeteksi habis. Ada port USB-C sehingga bisa mengisi daya dengan lebih cepat.

Produk yang satu ini memakai IPX7 waterproof rate, jadi lampu bisa menahan terjangan air dengan kedalaman 1 meter. Desain lampunya keren dengan pemasangan yang mudah. Kamu bisa memasangnya di area helm, handle, atau di bawah kamera sekali pun.

Harga Rp. 873.000

X-TIGER 2 In 1 Listrik Horn Bell

X-TIGER 2 In 1 Listrik Horn Bell memiliki ukuran 120 x 51 x 37 mm. Bobot lampunya ringan yakni hanya 82 gram. Bahan lampu dari material ABS dengan lensa akrilik yang tahan lama. Baterainya berkapasitas 1200 mAh dengan lama waktu pengisian daya 2,5 jam. Lampu ini bisa tahan 3 jam dengan mode high, 5 jam dengan mode low, dan 12 jam dengan mode burst.

Kecerahannya mencapai 250 lumens dengan kisaran cahaya mencapai 100 meter. Adanya fitur waterproof membuat sepeda menjadi aman saat terkena air. Ada pula speaker untuk klakson dengan yang mencapai 130 decibel.

Harga Rp. 148.000-193.000

Taffled XPG 350 Lumens

Taffled XPG 350 Lumens adalah lampu yang mudah untuk digunakan dan dipasang pada bagian stang sepeda. Produk ini bisa memberi cahaya maksimal kala kamu bersepeda di malam hari atau saat kamu berkendara dalam keadaan gelap. Sesuaikan pencahayaan lampu dengan 4 mode yang kamu inginkan. Lampu ini memiliki fitur waterproof jadi kamu tak perlu takut saat kehujanan. Dengan adanya port USB, kamu jadi lebih mudah untuk mengisi ulang baterainya.

Harga Rp. 54.000-59.000

Lampu Depan Cat Eye HL-EL135

Lampu Depan Cat Eye HL-EL135 ini termasuk salah satu lampu sepeda terbaik yang bisa kamu gunakan. Lampu dengan ukuran 26,5 x 36 x 84 mm ini hadir dengan 150 Candlepower pada LED. Hal ini membuat cahaya lampu begitu terang dan bikin nyaman saat kamu bersepeda di malam hari. Lampu keren ini bisa menyala hingga 80 jam pada constant mode dan 320 jam pada flashing mode.

Ada juga teknologi OptiCube Lens dan 3 buah LED pada lampu ini. Dengan begini, lampu akan menciptakan daya pandang yang lebih luas dan lebih jelas selama kamu bersepeda. Fitur FlexTight Mounting Bracket akan bikin kamu lebih mudah memasang lampu pada sepeda. Produk lampu ini membutuhkan dua buah baterai AA.

Harga Rp. 215.000-385.000

Fenix BC35R Lampu Sepeda Bike Light

Fenix BC35R Lampu Sepeda Bike Light ini adalah rekomendasi terakhir kami. Lampu yang satu ini bisa mengeluarkan cahaya maksimal hingga 1800 lumens. Kamu bisa memakainya di berbagai tipe jalan. Produk keren ini juga memiliki garis facula cut-off yang inovatif. Dengan begini maka kamu bisa bersepeda lebih aman karena sinar lampu pada sepeda tidak menyilaukan kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

Lampu ini dilengkapi dengan perlindungan anti-pencurian sehingga bisa memantau sepeda pengguna. Baterai produk ini berkapasitas 5200 mAh. Ada tampilan layar digital yang membuatnya tampak makin canggih.

Harga Rp. 2.183.000-3.130.000
From our editorial team

Pilih Lampu Sepeda Otomatis

Ketika bersepeda di malam hari, ada kalanya kita lupa tidak menyalakan lampu belakang sepeda. Padahal lampu belakang maupun lampu depan sepeda sangat krusial sehingga harus dinyalakan. Karena itu, kamu bisa memilih lampu sepeda tipe otomatis yang bisa menyala sendiri ketika kondisi di sekitar sudah mulai gelap. Dengan begini, kamu bisa bersepeda dengan aman dan nyaman.

Tag