Makanan Tetap Awet dengan 8 Rekomendasi Toples Kotak Plastik cantik Nan Berkualitas (2020)

Makanan Tetap Awet dengan 8 Rekomendasi Toples Kotak Plastik cantik Nan Berkualitas (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Jangan sembarangan menyimpan makanan kalau ingin kondisinya tetap awet, ya! Pastikan Anda gunakan toples plastik yang berkualitas untuk menyimpan makanan favorit Anda, seperti yang BP-Guide rekomendasikan berikut!

Toples yang Baik dan Bersih Bikin Kue Lebih Awet

Sumber gambar www.tasteofhome.com

Sebagai sajian di hari raya, biasanya kue kering disimpan di dalam toples cantik yang diletakkan di meja ruang tamu. Banyak orang mengira cara ini saja sudah cukup untuk membuat kue kering tahan lama, namun kenyataannya, kue kering tidak bisa sembarangan disimpan di dalam toples. Kue kering yang tidak disimpan dengan baik akan membuatnya melempem, bahkan berjamur hingga aromanya berbeda. Hal ini tentu saja mengurangi minat orang untuk menikmatinya.

Toples secantik apapun tidak menjadi jaminan untuk menyimpan kue kering agar awet, jika kita tidak cermat. Sebab yang menjadi penentu awet atau tidaknya kue kering tidak hanya sekadar seberapa cantiknya toples tersebut, melainkan juga teknik penyimpanannya. Diperlukan teknik-teknik khusus untuk menyimpan kue kering agar awet dan tidak mudah melempem.

Tips Menyimpan Kue supaya Awet dan Tetap Renyah

Dinginkan Kue Kering Sebelum Disimpan

Sumber gambar https://www.pexels.com

Sebelum dimasukkan ke dalam toples, kue kering yang baru matang perlu didiamkan hingga dingin terlebih dahulu. Sebab, kue kering yang masih panas mengandung uap air, sehingga kue tersebut menjadi lembap dan teksturnya masih lembek. Kue kering yang masih lembap, apabila langsung dimasukkan ke dalam toples, akan membuatnya cepat rusak bahkan melempem karena kandungan uap airnya.

Pilih Toples Kering dan Kedap Udara

Sumber gambar https://www.pexels.com

Untuk memastikan toples benar-benar bersih dan kering, Anda bisa membersihkan toples dengan kain bersih atau tisu. Selain itu, toples tersebut juga bisa diangin-anginkan atau dijemur terlebih dahulu selama beberapa saat, sebelum akhirnya digunakan untuk menyimpan kue kering favorit Anda.

Selain kering, Anda juga perlu memastikan toples benar-benar kedap udara. Toples yang kedap udara mampu menjaga kerenyahan kue kering dengan baik. Cara untuk memastikan toples kedap udara, biasanya ia memiliki uliran putar atau penutup karet yang kuat dan rapat.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga bisa menambahkan silica gel ke dalam toples untuk menjaga suhu ruang di toples dan terhindar dari udara lembab. Anda bisa membuat silica gel alami dari 1-2 sendok teh garam dapur yang dibungkus dengan kertas tisu atau kain bersih.

Simpan di Tempat Sejuk

Sumber gambar https://www.pexels.com

Lokasi penyimpanan kue kering juga sangat perlu diperhatikan. Anda sebaiknya menyimpan toples kue kering di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari atau dari benda-benda lain dengan bau menyengat. Paparan sinar matahari secara langsung bisa membuat kue kering cepat melempem, bahkan menumbuhkan jamur di dalamnya.

Simpan Dalam Kulkas

Sumber gambar www.cnet.com

Salah satu tempat terbaik untuk menyimpan kue kering adalah di dalam lemari pendingin. Temperatur lemari pendingin akan menjaga kue kering tetap renyah dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, beberapa kue kering yang teksturnya sudah lembek pun akan kembali renyah apabila dimasukkan ke dalam lemari pendingin selama beberapa jam.

Jika kue kering akan dikonsumsi untuk enam bulan ke depan, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer. Sebaiknya gunakan wadah yang khusus untuk menyimpan bahan makanan di dalam freezer. Pastikan juga wadah tersebut sudah tertutup rapat, sehingga tidak merusak rasa kue dan menghindari kemungkinan kue tersebut tercampur dengan aroma bahan makanan lain.

Rekomendasi Toples Kotak Plastik Terbaik yang Bisa Anda Pilih

Toples Serbaguna Lemony

Toples Serbaguna Lemony adalah toples semi transparan yang terdiri dari berbagai ukuran. Produk dengan desain yang menarik dan elegan ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hijau muda, biru muda, dan oranye. Toples multifungsi ini terbuat dari plastik murni berkualitas dan bebas BPA, sehingga tahan lama dan aman untuk menyimpan makanan.

Dilengkapi dengan tutup sealware yang rapat dan kedap udara, membuat makanan yang disimpan di dalamnya aman dari hinggapan lalat atau serangga lainnya. Toples ini cocok untuk menyimpan snack, makanan, bumbu-bumbu dapur, kopi, gula, susu bubuk, dan lain-lain.

Harga Rp. 11.500-20.000

Tupperware Tropical Fiesta Set

Tropical Fiesta merupakan set tempat penyimpanan makanan dari Tupperware yang terdiri dari 6 buah wadah dalam dua ukuran yang berbeda, yaitu 1 dan 1,8 liter. Satu set Tupperware Tropical Fiesta ini sangat ideal untuk menyimpan berbagai jenis makanan.

Toples ini dapat disusun karena sifatnya yang kokoh, sehingga bisa menghemat tempat saat disimpan. Selain itu, karena desainnya yang juga cantik, Anda bisa juga menjadikannya toples untuk diletakkan di ruang tamu atau di ruang keluarga.

Toples yang sudah teruji awet dan tahan lama ini tersedia dalam tiga pilihan warna, hijau muda, biru muda, dan oranye.Materialnya sendiri dari plastik berkualitas yang bebas BPA, sehingga aman untuk menyimpan makanan-makanan Anda.

Harga Rp. 299.000-329.000

IKEA Pruta Toples Set

IKEA Pruta Toples Set dapat digunakan hingga suhu 100 derajat Celcius, jadi Anda tidak perlu khawatir akan merusak wadah penyimpanan Anda saat menggunakannya di dalam microwave.

IKEA Pruta Toples Set siap melengkapi semua jenis wadah yang Anda butuhkan. Terdiri dari 17 buah toples berbagai ukuran, toples-toples ini terbuat dari bahan plastik polyprophylen yang bebas BPA, sehingga aman untuk menyimpan kebutuhan sehari-hari.

Dilengkapi pula dengan seal rapat yang berfungsi untuk menahan udara masuk dan keluar dari wadah. Pada seal-nya, terdapat tab untuk memudahkan Anda dalam membuka toples.

Harga Rp. 88.000-114.000

Hardtop 112 Toples Kotak

Kini, Anda tidak perlu bingung dengan stok toples untuk menyimpan kue kering Anda. Hardtop 112 Toples terbuat dari bahan dasar yang aman, yaitu plastik tebal dengan kualitas food grade, menjamin Hardtop 112 Toples Kotak sebagai salah satu toples andalan untuk Anda.

Desainnya sengaja dibuat sederhana namun tetap fungsional. Seal-nya rapat, membuat toples ini kedap udara sehingga makanan selalu terjaga kerenyahannya. Toples ini juga mudah dibersihkan karena memiliki bentuk wadah yang cekung pada bagian sudut dasar.

Harga Rp. 66.000-81.000

Tupperware Freshmint Collection Toples Set

Mengonsumsi makanan yang sudah kedaluwarsa sangatlah berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, Tupperware membuat inovasi produk terbaru. Produk yang diberi nama Tupperware Freshmint Collection Toples Set ini dapat membantu Anda mencatat waktu saat Anda menyimpan makanan di dalamnya.

Jadi, pada tutup toples terdapat dial yang dapat diputar ke arah angka yang menunjukkan bulan dimulainya memasukkan bahan makanan ke dalam produk tersebut. Sedangkan titiknya menunjukkan minggu. Dial ini sangat berguna untuk menentukan kelayakan konsumsi makanan Anda, terutama untuk Anda yang pelupa.

Tupperware Freshmint Collection Toples Set dibuat khusus untuk menyimpan makanan di dalam freezer. Dengan kata lain, tidak kompatibel untuk penggunaan di dalam microwave. Seperti motif bunga es yang terukir di luar produk yang menandakan bahwa produk ini tahan disimpan dalam suhu rendah hingga membeku sekali pun.

Harga Rp. 269.000-407.700

Calista Otaru Smokey Toples Set

Kali ini ada rekomendasi satu set toples yang terdiri dari 14 buah dengan berbagai macam ukuran. Calista Otaru Smokey Toples Set terbuat dari polypropylene, bahan yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi Anda dan keluarga.

Selain itu, satu set toples ini juga bebas dari BPA yang merupakan salah satu zat pemicu kanker serta gangguan hormon. Toples ini memiliki desain yang menarik, ergonomis, dan warna yang bervariasi. Selain untuk menyimpan berbagai macam makanan, toples ini juga bisa digunakan di dalam microwave maupun freezer.

Harga Rp. 64.000-94.000

Green Leaf Lock Four Biru Set Toples

Green Leaf Lock Four Biru Set Toples adalah wadah penyimpanan makanan yang ramah lingkungan, mudah dibersihkan, dan aman untuk menyimpan makanan agar tetap higienis. Didesain sedemikian rupa sehingga produk ini antibocor dan antitumpah.

Materialnya adalah bahan plastik yang aman yaitu PP5 dan telah mendapatkan sertifikasi BPA dan FDA. Toples ini memiliki rubber seal di bagian bawah. Tutupnya juga memiliki pengunci yang unik sehingga mantap menyatu dengan wadah ketika ditutup, membuatnya benar-benar kedap udara.

Harga Rp. 126.000-172.000

Lock & Lock Plastic Food Container Gift Set

Rekomendasi terakhir dari set peralatan makan yang aman untuk tubuh adalah Lock & Lock Plastic Food Container Gift Set. Toples ini sudah bebas BPA, didesain kedap air dan kedap udara sehingga mampu menyimpan makanan dengan lebih lama.

Anda bisa menggunakannya di temperatur -20 hingga 100 derajat Celcius. Dengan kata lain, aman digunakan untuk penggunaan di dalam freezer maupun di dalam microwave. Uniknya, set yang satu ini dilengkapi dengan gift box untuk diberikan sebagai hadiah.

Harga Rp. 260.000-375.000
From our editorial team

Simpan Biskuit Favorit Dalam Wadah yang Tepat

Biskuit atau kue kering memang tidak bisa disimpan begitu saja. Kalau Anda gemar mengonsumsi kue kering, ada baiknya jika menyimpannya di toples yang tepat. Cek bahan atau material toples apakah aman digunakan dan sudah sesuai standar kesehatan.