Puas Menikmati Liburan di Dubai, Jangan Lewatkan 10 Oleh-oleh khas Dubai Ini, ya!

Puas Menikmati Liburan di Dubai, Jangan Lewatkan 10 Oleh-oleh khas Dubai Ini, ya!

Pernah terpikir untuk liburan ke Dubai? Atau malah sudah berencana liburan ke negeri Arab ini? Satu hal yang tak boleh dilupakan saat liburan ke Dubai adalah membawa pulang oleh-oleh. Jadi, apa aja nih, oleh-oleh khas Dubai yang bakal kamu bawa pulang nanti? Yu, Simak rekomendasi dari BP-Guide berikut ini.

Saat Jalan-jalan ke Dubai, Kita akan Disuguhi Pemandangan Kota yang Modern

Ingin merasakan liburan mewah di tengah kota metropolitan? Dubai jadi destinasi liburan yang tepat. Di Dubai yang berada di Uni Emirat Arab, kita bisa merasakan liburan unik dan mengesankan meski negara ini dipenuhi dengan gedung pencakar langit.

Letaknya yang berada di pesisir pantai juga membuat kota yang menawan ini terlihat makin eksotis. Selain menikmati pesona kota Dubai yang modern dan menawan, tentunya ada banyak tempat seru dan menyenangkan yang bisa kita kunjungi.

Meski Dubai dikenal sebagai negara dengan cuaca panas di siang hari dan dingin pada malam hari, tapi kita bisa lho, bermain ski salju di sini. Kita juga bisa mengunjungi mal terbesar di dunia, museum, dan berbagai tempat menarik lainnya.

Berbagai Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Datang ke Dubai

Melihat Pemandangan Taksi Air dan Yacht di Khor Dubai

Sumber gambar en.m.wikipedia.org

Apa aja sih yang bisa disaksikan jika liburan ke Dubai? Nah, ternyata di sini kamu bisa menyaksikan taksi air yang ada di sungai kecil Khor Dubai yang berada di dekat pantai. Selain itu, di sungai yang dialiri air dari teluk Persia ke Ras Al Khor Wildlife Sanctuary ini juga ada kapal yacht mewah pribadi milik orang-orang kaya di Dubai.

Sungai ini juga membelah kota Dubai menjadi 2 bagian, yakni Bur Dubai dan Diera. Di sepanjang sungai dipenuhi oleh bangunan-bangunan seperti National Bank, Dubai Creek Park, Dubai Creek Tower, dan Deira Twin Towers.

Mengunjungi Dubai Aquarium dan Underwater Zoo

Sumber gambar dubai555.com

Setelah menikmati pemandangan Khor Dubai, kamu bisa berkunjung ke Dubai Aquarium and Underwater Zoo. Akuarium terbesar di dunia ini terdapat di The Dubai Mall dan di sini kamu bisa melakukan tur perahu, snorkelling, menyelam bersama hiu dan berbagai kegiatan seru lainnya.

Di dalam akuarium ini terdapat sekitar 33.000 hewan air termasuk ikan pari, ikan hiu, pinguin, piranha, anjing laut, dan tikus laut. Ada juga kepiting laba-laba, katak panah, lele raksasa, kadal, hingga buaya king croc yang panjangnya mencapai 5,1 meter.

Semua hewan ini bisa kamu saksikan dalam 3 zona berbeda, yakni pantai berbatu, laut yang hidup dan hutan hujan. Menuju ke tempat ini kamu juga akan menyaksikan indahnya terowongan akuarium.

Mempelajari Sejarah Kota di Benteng Al Fahidi

Sumber gambar www.getyourguide.com

Kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan di Dubai adalah datang ke museum Dubai yang merupakan gedung tertua di Uni Emirat Arab karena dibangun pada tahun 1787. Letak museum ini ada di kawasan benteng Al Fahidi yang berseberangan dengan Old Souk dan Khor Dubai.

Di museum yang buka pada 12 Mei 1971 silam ini kamu bisa mempelajari sejarah kota dan kehidupan tradisional Dubai. Dalam museum ini kamu juga akan menyaksikan diorama tentang kehidupan di masa silam (sebelum penemuan minyak), benda-benda antik lokal dan artefak berusia 3000 SM.

Menjelajah Gurun Pasir

Sumber gambar www.getyourguide.com

Kegiatan seru saat liburan ke Dubai yang tak boleh kamu lewatkan adalah menjelajah padang pasir yang luas. Kamu bisa merasakan pengalaman bermalam dan berkemah di tengah padang pasir luas sambil menikmati kahwa dan kue tradisional khas Arab.

Kamu juga bisa merasakan serunya menjelajah padang pasir di siang hari, menikmati matahari terbenam di gurun pasir, naik unta, hingga olahraga berburu. Untuk merasakan pengalaman yang satu ini kamu bisa memilih paket desert safari yang ditawarkan oleh banyak provider. Salah satunya adalah Arabian Adventures.

Menonton Pertunjukan Air Mancur

Sumber gambar steemitimages.com

Di The Dubai Fountain kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan air mancur yang terletak di atas Burj Khalifa. Tempat ini menjadi objek wisata favorit para wisatawan yang datang ke Dubai, lho! Tempat ini memiliki luas sekitar 30 hektar sehingga menjadi air mancur menari terbesar di dunia.

Kamu bisa menyaksikan pertunjukan air mancur dengan lighting warna-warni yang menakjubkan. Pertunjukan ini bisa kamu nikmati setiap hari di siang dan malam hari pada waktu yang telah ditentukan.

Rekomendasi Oleh-oleh Wajib Dibawa Pulang Saat ke Dubai

Kurma

Sumber gambar www.hipwee.com

Membeli oleh-oleh memang menjadi kegiatan yang tidak bisa dilupakan setelah puas berlibur di Dubai. Kurma khas Dubai yang terdiri dari 20 jenis kurma ini jadi oleh-oleh pertama yang bisa kamu beli. Dari sekian banyak jenis kurma, yang paling populer adalah kurma medjool, khidri, sokari, dan kholasya.

Ada juga lho kurma yang telah dicampur dengan kacang-kacangan, cokelat dan buah-buahan. Tidak sulit untuk menemukan kurma di kota ini. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk membeli kurma adalah The Avenues Atlantis, Marina Mall, The Walk JBR, dan Festival City.

Bisa juga didapatkan di Dubai Mall, Old Town All Naeem Mall dan berbagai tempat dan pusat perbelanjaan lainnya. Harga kurma berkisar antara AED 7 atau sekitar Rp 26.000 per buah dan sekitar AED 35 - 250 atau sekitar Rp 133.000 - Rp 951.000 per kilogram untuk kurma kiloan.

Oud

Sumber gambar www.dnbstories.com

Oud merupakan parfum dari resin kayu gaharu dan menjadi parfum termahal di dunia. Oud memang harganya mahal, tapi kalau bujetmu mencukupi tidak ada salahnya membawa pulang parfum beraroma mewah ini.

Kamu bisa membeli oud murni tanpa campuran atau oud yang telah dicampur dengan aroma lainnya seperti mawar dan melati. Bahkan ada pula oud edisi terbatas, lho! Oleh-oleh Dubai nan eksklusif ini bisa kamu dapatkan di mal-mal yang ada di Dubai atau di Perfume Souk yang ada di kawasan Deira.

Cokelat Unta

Sumber gambar www.afar.com

Oleh-oleh Dubai yang unik dan pastinya disukai adalah cokelat unta atau camel chocolate. Sesuai namanya, cokelat ini dicetak dalam bentuk unta yang dijamin enak dan lembut. Cokelat unta berkualitas yang paling populer bermerek Al Nassma.

Coklat manis dan legit ini juga tersedia dalam banyak varian rasa dan isian, mulai dari rempah-rempah, susu, kurma, dan kacang-kacangan. Beberapa tempat yang menjual cokelat unta ini adalah Burj Al Arab, Burj Khalifa, Kempinski, Bab Al Shams Hotel, Emirates Towers Hotel, Grand Hyatt, Atlantis, dan The Palm.

Bakhoor

Sumber gambar agarwoodperth.com

Bakhoor merupakan oleh-oleh Dubai berupa pengharum ruangan yang terbuat dari kepingan kayu gaharu. Bakhoor menghasilkan aroma yang wangi jika dibakar dan meresap ke seluruh ruangan. Bakhoor juga bisa menjadi pengganti dupa atau lilin. Bakhoor bisa kamu temukan di mal-mal yang ada di Dubai dan harganya sekitar AED 100 atau sekitar Rp 380.000.

Kopi

Sumber gambar www.zastavki.com

Kopi arabika juga menjadi oleh-oleh Dubai yang bisa kamu bawa pulang. Negara Timur Tengah ini juga jadi penghasil kopi arabika terbaik, lho! Kopi arab atau yang dikenal dengan gahwa memiliki rasa dan kualitas yang tak diragukan lagi.

Ada gahwa yang dicampur dengan kunyit, cengkeh, kapulaga, atau jintan sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Kopi ini bisa kamu temukan di pasar-pasar tradisional yang ada di Dubai.

Emas

Sumber gambar www.dubaiseason.com

Dubai dikenal juga sebagai City of Gold karena kota ini menjadi salah satu penghasil perhiasan emas. Di Dubai kamu bisa menemukan banyak perhiasan emas yang menawan mulai dari cincin, kalung, gelang, dan berbagai aksesoris dari emas lainnya.

Untuk harga emas di Dubai juga cukup terjangkau, yakni sekitar AED 110 atau sekitar Rp 418.485 per gram. Pemerintah Dubai juga mengawasi penjualan emas dengan ketat lho, sehingga kamu tidak perlu ragu dengan keaslian emas yang dijual di toko-toko emas resmi yang ada di Dubai.

Salah satu pusatnya ada di Dubai Gold Souk. Nggak heran mengapa banyak para wisatawan yang berburu perhiasan emas dan menjadikannya sebagai oleh-oleh Dubai.

Arabic Attar

Sumber gambar www.aromablog.ru

Oleh-oleh Dubai selanjutnya adalah Arabic Attar. Yakni wewangian minyak esensial yang tidak mengandung alkohol dan terbuat dari ekstrak tanaman. Attar banyak dijual dalam berbagai merek dengan harga yang juga bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.

Bahkan di beberapa toko kamu juga bisa membeli attar dengan aroma yang kamu inginkan, lho. Beberapa attar yang bisa kamu pilih adalah anfasic dokhoon, amouage, hind al oud, dan khaltat. Attars dijual dengan harga AED 90 atau sekitar Rp 342.000. Kamu bisa membeli attar di mal-mal Dubai dan bandara.

Teko Dallah

Teko dallah juga menjadi oleh-oleh khas Dubai yang bisa dijadikan sebagai pajangan atau untuk menyeduh kopi. Teko dallah juga banyak jenisnya dan kamu bisa memilih teko sesuai dengan kebutuhan.

Teko ini menjadi wadah minum kopi yang eksotis. Material teko adalah tembaga. Satu set teko ini bisa kamu beli di banyak tempat seperti pasar tradisional, mal, atau Dubai Coffee Museum. Harganya mulai dari AED 20 atau sekitar Rp 76.000.

Pashmina

Oleh-oleh Dubai yang juga bisa dibawa pulang adalah pashmina. Kamu bisa membeli pashmina berbahan sutra sintetis nan lembut atau wol dengan harga terjangkau. Jika kamu ingin membeli pashmina yang berkualitas tinggi, belilah pashmina yang berbahan wol halus dari bulu domba Asia atau kasmir. Aneka jenis pashmina ini bisa kamu beli di pasar tradisional, Karama Market, Pashmina House, atau di Textile Souk.

Esh Asarya

Sumber gambar www.cheria-travel.com

Kue khas Timur Tengah yang juga menjadi oleh-oleh Dubai adalah esh asarya. Esh asarya merupakan kudapan atau kue yang juga dikenal dengan nama “bread of the harem” ini mirip dengan cheese cake atau pie. Teksturnya lembut dengan rasa manis ditambah dengan topping krim putih yang lumer. Kamu bisa membeli camilan lezat ini di toko-toko kue yang ada di Dubai.

From our editorial team

Liburan ke Dubai Dijamin Seru dan Menyenangkan

Liburan memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan karena kita bisa menikmati keindahan negeri yang kita kunjungi. Jadi, kapan nih, kamu mau liburan ke Dubai? Yuk, mulai menabung dari sekarang dan jadikan Dubai sebagai destinasi liburan selanjutnya. Dijamin seru dan menyenangkan, deh!