8 Inspirasi Barang Daur Ulang yang Bisa Disulap Menjadi Benda Bermanfaat (2021)

8 Inspirasi Barang Daur Ulang yang Bisa Disulap Menjadi Benda Bermanfaat (2021)

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah di bumi. Salah satunya adalah dengan mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak digunakan. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan inspirasi barang daur ulang yang bisa dimanfaatkan kembali.

Menggunakan Barang Daur Ulang Adalah Cara Mencintai Lingkungan

Kampanye untuk mencintai lingkungan kini sedang digalakkan di seluruh dunia. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta pada lingkungan, seperti mengurangi timbunan sampah di bumi yang kita tinggali ini.

Dalam manajemen sampah modern, dikenal istilah 4R yang merupakah singkatan dari reduce, reuse, recycle, dan replace. Recycle atau daur ulang adalah siasat memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan barang lain yang lebih berguna. Biasanya barang bekas yang digunakan adalah barang-barang yang tidak dapat terurai secara alami.

Dengan semakin banyaknya barang bekas yang didaur ulang, maka tumpukan sampah di bumi akan semakin berkurang. Proses daur ulang ini bisa dilakukan bahkan di rumah sendiri, lho!

Barang Bekas yang Bisa Dijadikan Barang Daur Ulang

Botol Minuman Plastik

Botol plastik bekas minuman adalah sampah yang paling banyak ditemukan dan paling sulit diuraikan. Namun barang ini juga bisa dimanfaatkan menjadi benda-benda lain melalui proses daur ulang. Tidak jarang, kerajinan daur ulang yang dihasilkan dari botol plastik bekas bisa mempunyai nilai jual yang tinggi.

Dalam dunia industri, daur ulang botol plastik bekas dilakukan dengan cara menghancurkan dan menggiling botol plastik tersebut, lalu dijadikan barang dalam bentuk yang lain seperti pot bunga, celengan, hingga bunga plastik.

Kertas Bekas

Kertas termasuk sampah yang tidak bisa diuraikan secara alami dan jumlahnya semakin mengkhawatirkan saja. Meskipun penggunaan sampah kini sudah dikurangi, bukan berarti tidak ada sampah sama sekali yang menumpuk di bumi lho.

Manfaatkan kembali kertas bekas, seperti kertas dari koran dan majalah untuk didaur ulang. Daur ulang sampah bahkan menjadi ladang bisnis yang menjanjikan bagi sebagian orang. Caranya adalah dengan menghancurkan kertas tersebut, lalu diolah menjadi kertas baru untuk dijual lagi.

Namun jika Anda ingin memanfaatkan kertas bekas sendiri, Anda bisa menggunakan kreativitas Anda untuk menjadikan kertas bekas sebagai barang yang lain.

Kain Perca yang Tidak Terpakai

Jika kebetulan Anda punya kain bekas yang tidak terpakai dan menumpuk di rumah, jangan biarkan menjadi sampah. Tumpukan kain bekas bisa dijadikan kerajinan yang punya nilai jual. Misalnya taplak meja dan keset yang terbuat dari kain perca.

Kain-kain bekas atau kain perca seperti ini bisa dengan mudah Anda dapatkan dari pengusaha konveksi. Atau jika kebetulan Anda adalah seorang pengusaha konveksi, maka Anda bisa memanfaatkan kain perca daripada langsung membuangnya.

Ban Bekas

Sampah berupa ban mungkin termasuk jarang ditemui, namun nilainya cukup tinggi di pasaran. Ban bekas bisa diolah menjadi meja atau kursi yang estetik dengan sedikit sentuhan cat dan warna. Jika Anda tidak mau repot harus mengolah barang bekas ini, Anda bisa menjualnya ke industri yang memproduksi ban karena mereka membutuhkannya sebagai bahan baku pembuatan ban yang baru.

Kaleng Bekas

Kaleng bekas minuman atau makanan bisa diolah menjadi barang yang memiliki nilai guna. Namun dibutuhkan kreativitas dan ketelitian tinggi dalam melakukannya. Tidak semua orang bisa membuat kerajinan dari kaleng bekas, lho. Nah, kalau Anda adalah orang yang kreatif, jangan ragu untuk menyulap kaleng bekas menjadi sebuah barang yang punya nilai guna.

Manfaat Mengolah Barang Bekas untuk Didaur Ulang

Mengurangi Timbunan Sampah

Memanfaatkan sampah untuk didaur ulang menjadi barang lain adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi timbunan sampah. Meskipun ini hanyalah tindakan kecil, jangan sepelekan kontribusinya untuk keselamatan bumi, ya. Semua memang harus dimulai dari diri sendiri, termasuk saat Anda ingin mengurangi sampah yang sudah sangat mengkhawatirkan ini.

Melatih Kreativitas

Buat Anda yang ingin melatih kreativitas, mulailah dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah. Bagi para pemula, bahan yang mudah didaur ulang adalah kertas, karton, dan botol plastik. Anda bisa mencari tutorial pemanfaatan barang bekas dari berbagai artikel atau video yang bisa Anda temukan di YouTube.

Sumber Tambahan Penghasilan

Jangan sia-siakan kreativitas Anda dengan barang bekas. Jika Anda cukup kreatif dalam memanfaatkan kembali barang-barang bekas menjadi barang baru yang lebih berguna, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis. Banyak lho barang daur ulang yang terbuat dari sampah justru memiliki nilai yang tinggi ketika dijual di pasaran.

Inspirasi Barang Daur Ulang yang Bisa Anda Buat dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Pot Bunga dari Botol

Botol-botol bekas minuman bisa dimanfaatkan sebagai pot bunga untuk mempercantik rumah Anda lho. Botol bekas ini bisa ditempelkan di dinding secara vertikal, sehingga tidak akan memakan banyak ruang di halaman rumah.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Tinggal siapkan saja botol bekas yang akan digunakan. Lalu lubangi salah satu sisi botol untuk digunakan sebagai media tanam. Buat lubang yang cukup lebar berbentuk persegi, lalu buat beberapa lubang kecil di sisi botol yang lain. Kemudian tinggal masukkan tanah dan bibit bunga, lalu gantungkan botol di dinding menggunakan paku dan kawat.

Celengan dari Kaleng Bekas

Kaleng adalah sampah yang tidak bisa terurai. Namun kabar baiknya, kaleng bisa Anda manfaatkan lagi sebagai barang lain yang lebih bermanfaat. Misalnya seperti memanfaatkan kaleng bekas sebagai celengan untuk si kecil belajar menabung.

Agar terlihat semakin menarik, kaleng bekas ini bisa dicat ulang dengan menggunakan cat air atau cat minyak. Anda juga bisa mengajak anak berkreasi untuk mewarnai kaleng bekas ini. Menyenangkan sekali kan?

Pot Bunga dari Majalah Bekas

Sumber gambar adahobi.com

Punya majalah lama yang sudah tidak terpakai lagi, namun menumpuk di lemari di dalam rumah? Jangan buru-buru membuangnya! Anda bisa mengubah tumpukan kertas ini menjadi pot bunga yang cantik untuk dijadikan hiasan di sudut rumah.

Selain majalah bekas, Anda membutuhkan kardus bekas ukuran sedang. Cara membuatnya cukup mudah lho. Cukup buat lintingan dari lembaran majalah bekas, sesuaikan tingginya dengan kardus yang akan digunakan. Tempelkan lintingan kertas di sekeliling kotak kardus hingga permukannya tidak terlihat sama sekali. Hasilnya cantik sekali bukan?

Tempat Pensil dari Buku Bekas

Sumber gambar adahobi.com

Siapa sangka kalau buku bekas bisa dimanfaatkan jadi tempat pensil yang artistik? Seperti tempat pensil berbentuk bunga yang cantik ini, terbuat dari buku bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Bahan yang Anda butuhkan adalah satu buah pensil bekas dan lima bendel buku bekas dengan ketebalan dan ukuran yang sama.

Pertama, potong panjang buku sesuai kebutuhan. Kemudian, ambil pensil dan lapisi dengan kertas tebal. Gulung satu bendel buku, buat lekukan mirip kelopak bunga lalu tempelkan pada pensil dengan menggunakan lem yang kuat. Ulangi hingga kelima bendel buku menempel dengan sempurna pada pensil tersebut. Jangan lupa lem bendelan buku satu sama lain agar semakin kuat.

Wadah Aksesori dari Botol

Botol bekas bisa dimanfaatkan jadi barang lain yang lebih estetik selain pot untuk menanam bunga, yaitu sebagai wadah aksesori. Pilih botol bekas minuman soda yang punya bentuk botol unik, sehingga terlihat sangat cantik saat diubah menjadi wadah aksesori.

Bahan yang perlu disiapkan adalah 3 botol plastik bekas yang sudah diambil bawahnya saja, 1 tangkai besi, baut, dan mur. Caranya, bor bagian tengah botol, lalu masukkan ke dalam tangkai besi. Sokong dengan mur dan baut agar tidak mudah berpindah. Beri jarak yang sama antara satu botol dengan botol lainnya.

Mainan Anak dari Kardus Bekas

Sumber gambar sazqueen.wordpress.com

Proses mendaur ulang sampah juga bisa dijadikan waktu untuk melatih kreativitas bersama si kecil lho. Caranya adalah dengan membuat mainan si kecil dari kardus bekas. Kardus bekas bisa dibuat menjadi main rumah untuk anak-anak.

Anda bisa memanfaatkan kardus bekas pizza atau makanan yang masih bersih. Meskipun tidak sulit, dibutuhkab kesabaran dan ketelitian untuk membuat mainan seperti ini. Nah, biarkan anak juga ikut berkreasi selama proses pembuatannya ya!

Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas

Selain sebagai celengan, Anda juga bisa memanfaatkan kaleng bekas sebagai tempat untuk menyimpan pensil, pulpen, dan alat tulis lainnya. Anda juga sebaiknya mengecat dan menghias bagian luar kaleng agar terlihat lebih menarik.

Rak Susun dari Kardus Bekas

Sumber gambar adahobi.com

Kardus dari kertas yang kokoh dan tebal bisa dimanfaatkan sebagai rak untuk tempat penyimpanan barang. Jangan lupa lapisi kardus dengan kertas aneka warna untuk membuat tampilannya semakin menarik. Kemudian, cukup susun satu kardus dengan yang lainnya dan tempelkan menggunakan lem yang kuat.

Anda bisa memilih untuk menggunakan kardus dengan ukuran yang sama atau kardus yang berbeda ukuran untuk menonjolkan kesan estetik. Susunan kardus bekas ini bisa dimanfaatkan sebagai rak untuk barang atau untuk menyimpan mainan anak.

From our editorial team

Punya Kreasi yang Lain? Jangan Takut Mencoba!

Menarik sekali bukan inspirasi barang daur ulang dari BP-Guide di atas? Jika Anda punya ide yang lain, jangan ragu untuk segera mempraktikkannya. Mendaur ulang barang membutuhkan kreativitas yang sangat tinggi, semakin kreatif Anda dalam mengolah barang bekas, maka semakin tinggi pula nilainya. Anda juga bisa menjual hasil kreasi Anda ke orang lain lho!