Selamatkan Bumi dengan Menggunakan 10 Rekomendasi Produk Ramah Lingkungan Ini (2020)

Selamatkan Bumi dengan Menggunakan 10 Rekomendasi Produk Ramah Lingkungan Ini (2020)

Belakangan ini, kampanye peduli lingkungan dilakukan di berbagai negara di dunia. Banyak cara dilakukan untuk menyelamatkan bumi, salah satunya dengan menggunakan produk-produk ramah lingkungan. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi produk ramah lingkungan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Penumpukan Sampah Masih Menjadi Isu Darurat di Dunia

Sampah masih menjadi isu pencemaran lingkungan yang terus menjadi fokus di seluruh dunia. Masalah sampah rasanya sulit terselesaikan karena tingginya penggunaan barang-barang berbahan plastik dan kertas oleh masyarakat di seluruh dunia. Penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia, AS, menunjukkan bahwa pada tahun 2010 terdapat 275 juta ton sampah plastik di seluruh dunia.

Indonesia tidak ketinggalan sebagai salah satu negara penyumbang sampah lho. Dalam satu tahun, diperkirakan negara kita menghasilkan 3,22 juta ton sampah yang tidak mampu dikelola dengan baik. Sampah tidak hanya mencemari daratan saja, tetapi juga hingga ke lautan dan membahayakan ekosistem laut!

Oleh karena itu, pengurangan sampah menjadi program yang terus menjadi fokus berbagai macam organisasi peduli lingkungan di dunia. Kampanye pengurangan sampah plastik diberlakukan dengan banyak cara dan tidak jarak melibatkan merek-merek besar di dunia. Misalnya seperti beberapa restoran cepat saji yang sudah tidak menggunakan sedotan plastik untuk menyajikan minuman mereka.

Anda sebagai penduduk dunia yang baik juga bisa ambil bagian dalam pengurangan sampah ini lho. Bagaimana caranya? Simak terus artikel berikut ini ya!

Cara yang Bisa Kita Lakukan untuk Mengurangi Sampah

Mengurangi Sedotan Plastik

Sumber gambar edie.net

Sedotan plastik sangat mudah ditemukan di mana saja. Mungkin setiap hari Anda tanpa sadar menggunakan banyak sedotan plastik saat membeli minuman dari luar. Beralih dari sedotan plastik ke sedotan stainless steel mungkin tidak mudah karena kita sudah terbiasa dengan sedotan sekali pakai tersebut.

Namun bukan berarti tidak bisa lho. Anda bisa membeli sedotan stainless steel dan membawanya kemanapun Anda pergi. Saat membeli minuman, sebaiknya Anda tidak meminta sedotan plastik kepada penjual dan menggunakan sedotan Anda sendiri.

Membawa Tas Sendiri Saat Berbelanja

Sumber gambar twonee.com

Kebijakan kantong plastik berbayar sudah diberlakukan oleh pemerintah di banyak pusat perbelanjaan, namun para pelanggan sepertinya tidak keberatan untuk membayar kantong plastik tersebut. Padahal kantong plastik sangat sulit diuraikan dan hanya menambah tumpukan sampah saja.

Ketika Anda berbelanja, sebaiknya bawa tas belanjaan sendiri yang terbuat dari bahan kain dan tentu saja lebih kuat dari tas belanjaan yang terbuat dari plastik. Saat akan pergi ke supermarket atau pasar, bawa tas belanja dari rumah yang ukurannya disesuaikan dengan jumlah belanjaan Anda. Meski kecil, kontribusi Anda bisa memberikan dampak yang besar untuk kelestarian alam lho.

Membawa Botol Minum Sendiri Saat Bepergian

Botol plastik bekas minuman kemasan termasuk salah satu jenis sampah yang paling banyak ditemukan. Setidaknya dalam setahun ada sekitar 20 miliar sampah botol plastik di dunia. Anda bisa berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik ini dengan membawa botol minuman sendiri saat bepergian.

Kini banyak juga lho gerai minuman yang menawarkan potongan harga khusus bagi pelanggan yang membawa botol sendiri. Botol minum yang Anda bawa bisa dipakai berulang kali sehingga tidak akan menambah jumlah sampah setiap harinya.

Mengurangi Konsumsi Permen Karet

Sumber gambar www.nationaltoday.com

Banyak orang yang belum tahu bahwa permen karet memiliki kandungan plastik jenis polyethylene dan polyvinyl acetate. Polythylene merupakan jenis plastik yang sering digunakan untuk membuat mainan anak, sementara polyvinyl acetate adalah salah satu komposisi dari lem.

Itulah sebabnya permen karet tidak boleh tertelan. Karena permen karet mengandung bahan plastik di dalamnya, tentu saja sampahnya akan sulit dibersihkan dan diurai. Sebaiknya, mulai kurangi konsumsi permen karet mulai dari sekarang agar bumi tidak semakin dipenuhi oleh sampah.

Menggunakan Produk yang Ramah Lingkungan

Sumber gambar openpaper.com

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan produk ramah lingkungan. Misalnya seperti mengganti spons cuci piring dengan spons yang lebih ramah lingkungan, yaitu loofah. Spons yang setiap hari Anda gunakan untuk mencuci piring ternyata sangat sulit untuk diuraikan lho.

Produk ramah lingkungan lain misalnya seperti pembalut wanita yang terbuat dari bahan kain. Pembalut ini bisa digunakan berulang kali selama beberapa tahun, sehingga tidak akan menambah jumlah sampah yang ada di bumi.

Manfaat Menggunakan Produk Ramah Lingkungan

Mengurangi Sampah

Sumber gambar reset.org

Penggunaan produk-produk yang ramah lingkungan tentu bisa mengurangi jumlah sampah yang ada bumi. Limbah sampah masih menjadi masalah lingkungan yang paling utama karena belum ditemukan cara pengelolaan limbah yang baik. Jika lingkungan tercemar oleh sampah, maka yang dirugikan adalah kita sendiri yang menghuni bumi. Yuk, mulai kurangi sampah demi hidup yang lebih baik.

Mengurangi Risiko Kerusakan Alam

Sumber gambar todayheadline.co

Gaya hidup manusia menimbulkan kerusakan alam dan membahayakan banyak ekosistem alam. Salah satunya seperti penumpukan sampah yang akhirnya mencemari lautan. Jumlah sampah yang masuk ke dalam laut tidak sedikit lho. Jumlahnya mencapai ratusan ton di seluruh dunia setiap tahunnya.

Jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka akan terjadi kerusakan alam yang membuat bumi menjadi tidak lagi bersahabat untuk ditinggali.

Lebih Aman Bagi Kesehatan

Sumber gambar indianapublicmedia.org

Menggunakan produk ramah lingkungan tentu saja lebih aman bagi kesehatan. Produk-produk tersebut biasanya terbuat dari bahan-bahan yang bisa didaur ulang. Selain itu, di musim pandemi seperti sekarang ini, membawa barang seperti sedotan stainless steel, alat makan, dan botol minum sendiri tentu jauh lebih aman dibandingkan harus menggunakan barang-barang yang diberikan oleh penjual makanan dan minuman.

Rekomendasi Produk Ramah Lingkungan yang Bisa Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

EJOY Gelas Lipat Multifungsi / Foldable Coffee Cup

Rekomendasi produk pertama adalah gelas kopi silikon multifungsi buat Anda si penikmat kopi. EJOY Gelas Lipat Multifungsi / Foldable Coffee Cup namanya. Gelas lipat dengan koleksi warna menarik ini siap menemani hari-hari Anda yang sibuk. Varian warna yang ada antara lain adalah Gray, Pink, Purple, Gray, Green, Light Blue, dan Navy.

Gelas dengan kapasitas 350 ml ini terbuat dari kombinasi bahan food grade silicone dan food grade PP berkualitas dan aman. Temperatur minuman yang bisa dimasukkan ke dalam gelas ini adalah -40 derajat celcius hingga 190 derajat celcius. Setelah dilipat, kapasitas gelas bisa menyusut menjadi 50 ml. Sangat serbaguna dan mudah untuk dibawa kemana saja.

Harga Rp. 35.000-100.000

UCHII Silicone Foldable Travel Coffee Cup

Masih produk gelas silikon yang bisa dilipat, rekomendasi kali ini adalah produk bernama UCHII Silicone Foldable Travel Coffee Cup. Gelas berbahan karet silikon ini tahan panas dan tahan dingin, cocok untuk dibawa saat bepergian tanpa sebagai ganti dari gelas plastik atau gelas kertas.

Bahan yang digunakan untuk membuat gelas ini adalah silikon food grade bebas BPA. Dilengkapi dengan heat resistant handle untuk memudahkan Anda saat membawanya. Anti spill cover dilengkapi dengan lubang kecil supaya Anda.

Harga Rp. 170.000-350.000

RUMAUMA Wooden Bottle Water Tumblr Character

Botol plastik bekas minuman termasuk jenis sampah yang banyak menumpuk baik di darat maupun di lautan. Untuk mengurangi tumpukan sampah plastik ini, Anda bisa membawa botol minuman sendiri dari rumah. Desain dan model botol minum kini sangat beragam dan semuanya unik lho.

RUMAUMA Wooden Bottle Water Tumblr Character ini misalnya. Botol minum ini terbuat dari bahan kaca tebal anti pecah yang tahan panas dan tahan dingin. Penutupnya terbuat dari kayu tebal anti retak, menghasilkan desain unik dan elegan. Terkesan sangat berkelas banget saat Anda bawa kemana saja Anda pergi.

Dilengkapi juga dengan sarung penutup yang berfungsi melindungi badan botol agar tidak mudah tergores dan lecet. Tersedia dalam 11 macam motif karakter dalam 4 warna berbeda yaitu Blue, Beige, Tosca, dan Yellow.

Harga Rp. 27.000-150.000

Lock&Lock Hot & Cool Hero Tumbler

Buat Anda kaum pria maskulinm ada rekomendasi botol minum khusus tahan panas dan dingin yaitu Lock&Lock Hot & Cool Hero Tumbler. Tumblr keren ini terbuat dari bahan stainless steel ringan dan bermutu tinggi yang aman untuk kesehatan. Ruang vacuum pada botol minum ini menjaga suhu minuman yang ada di dalamnya hingga 8 jam.

Terdapat filter pada botol supaya air tidak tumpah seluruhnya. Tumblr ini mudah dibersihkan dan tidak akan membekas meski diisi dengan minuman berwarna seperti kopi, teh, atau susu. Cukup bersihkan saja dengan baking soda dan cuka untuk membuatnya kembali seperti semula. Botol minum ini tersedia dalam kapasitas 350 ml dan 400 ml dengan 2 pilihan warna yaitu Black dan Silver

Harga Rp. 130.000-250.000

Baggu Bagcu Shopping Bag

Jangan lupa bawa tas belanjaan sendiri saat pergi berbelanja. Baggu Bagcu Shopping Bag hadir dalam berbagai pilihan warna cerah yang menarik untuk menemani Anda belanja dimana saja dan kapan saja. Tas belanja ini bisa dipakai berulang kali karena terbuat dari bahan plastik waterproof yang kuat.

Jika tidak dipakai, tas ini bisa dilipat dengan mudah sehingga tidak merepotkan saat dibawa. Kini sudah saatnya Anda mulai berkontribusi dalam menyelamatkan bumi dengan menggunakan kantong belanja ramah lingkungan ini.

Harga Rp. 3.500-10.000

EDW 309 Tas Troli Lipat Belanja Motif Trolly Bag

EDW 309 Tas Troli Lipat Belanja Motif Trolly Bag adalah solusi buat Anda yang suka berbelanja bulanan dalam jumlah besar. Dengan menggunakan tas ini, tidak perlu lagi menenteng banyak tas kresek. Sangat praktis dan ringkas dengan model trolley bag yang modern.

Tas belanja ukuran 39 x 50 cm ini tingginya bisa diatur sesuai kebutuhan. Terbuat dari bahan nilon berkualitas yang tahan lama, kuat, dan anti sobek. Bisa digunakan untuk memuat belanjaan kurang dari 30 kg. Tersedia dalam banyak pilihan warna seperti Hijau Polos, Hijau Polkadot, Orange, Orange Polkadot, dan Hijau Bunga.

Harga Rp. 24.000-110.000

Spons Cuci Piring Loofah

Spons yang digunakan untuk mencuci piring sehari-hari ternyata bisa menambah tumpukan sampah karena sulit diuraikan lho. Kini hadir pengganti spons cuci piring yang lebih ramah lingkungan yaitu Spons Cuci Piring Loofah. Loofah atau luffa adalah spons yang alami yang terbuat dari gambas kering.

Bisa digunakan sebagai pengganti spons biasa untuk cuci piring. Selain itu, manfaat loofah yang lainnya adalah sebagai alat untuk mengangkat sel kulit mati saat mandi. Karena terbuat dari tumbuhan, maka spons ini loofah sangat mudah diuraikan lho.

Harga Rp. 9.000-150.000

Ecentio 3pcs Sendok Makan Dengan Kotak Berbahan Stainless Steel

Membawa alat makan sendiri bisa menjadi alternatif untuk mengurangi sendok dan garpu plastik yang banyak digunakan oleh penjual makanan, terutama mereka yang menyediakan layanan delivery. Selain itu, membawa alat makan sendiri jauh lebih sehat karena tidak merupakan bekas dipakai orang lain.

Ecentio 3pcs Sendok Makan Dengan Kotak Berbahan Stainless Steel hadir dalam desain modern yang sangat cantik. Gagang alat makan berwarna hijau tua dengan dua pilihan warna kombinasi yaitu gold dan silver. Terbuat dari bahan 410 stainless steel + PP yang aman dan berkualitas.

Dalam satu set produk terdapat 3 jenis alat makan yaitu sendok, garpu, dan sumpit. Tepinya dibuat sangat halus agar tidak melukai mulut Anda saat menggunakannya.

Harga Rp. 40.000-90.000

Pembalut Kain Yuspin Paket Komplit Gold

Kaum wanita yang sampai saat ini masih memakai produk pembalut sekali pakai sebaiknya mulai beralih ke pembalut berbahan kain. Selain lebih ramah lingkungan, pembalut ini juga lebih awet dan tahan lama lho. Kalau dihitung-hitung, jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan membeli produk pembalut biasa.

Pembalut Kain Yuspin Paket Komplit Gold merupakan pembalut berbahan katun halus di bagian luar. Bagian dalam terbuat dari handuk berdaya serap tinggi dengan lapisan anti bocor. Dilengkapi teknologi Anti Bacterial Silver dari Jerman yang membuatnya semakin aman dan nyaman. Pembalut ini bisa dicuci dan digunakan kembali hingga 5 tahun lamanya.

Harga Rp. 150.000-250.000

Menspad Nadnad by Sakina Pembalut Kain

Terakhir ada rekomendasi dari Sakina, salah satu merek pembalut kain terbaik di Indonesia. Menspad Nadnad by Sakina Pembalut Kain bagian luarnya terbuat dari kain katun halus yang terasa lembut di area kulit kewanitaan. Dilapisi dengan bahan waterproof jasbaby lembut serta inner diadora staydry yang mampu menyerap cairan secara optimal.

Desainnya yang unik dengan kain motif bunga membuat Anda semakin jatuh cinta dengan produk ini. Mudah dilepas dan dijamin tidak geser dengan kancingan yang rapat. Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan produk berkualitas yang satu ini.

Harga Rp. 11.000-55.000
From our editorial team

Mencintai Bumi Dimulai dari Diri Sendiri

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencintai bumi. Salah satunya adalah dengan mulai menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan. Jangan sepelekan kontribusimu, karena semua harus dimulai dari sendiri. Yuk, mulai gunakan produk ramah lingkungan seperti yang direkomendasikan BP-Guide di atas!

Tag