Buah Hati Berulang Tahun? Ini Rekomendasi Hadiah untuk Anak TK yang Bermanfaat! (2020)

Buah Hati Berulang Tahun? Ini Rekomendasi Hadiah untuk Anak TK yang Bermanfaat! (2020)

Rayakan ulang tahun anak dengan memberikan hadiah yang tepat. Intip yuk manfaat merayakan ulang tahun anak bersama BP-Guide. Jangan lupa cek rekomendasi hadiahnya, ya!

Buatlah Hari Ulang Tahun Menjadi Hari yang Bahagia untuk Anak

Ulang tahun merupakan saat yang paling ditunggu oleh anak. Hal ini karena anak selalu senang dengan perayaan ulang tahun yang identik dengan pesta, hadiah serta aneka makanan enak. Meski mungkin anak belum mengerti makna perayaan ulang tahun yang sesungguhnya, namun keantusiasan mereka menantikan hari ulang tahun tentu membuat kita ingin memberikan sesuatu yang spesial kala ulang tahunnya tiba.

Buatlah hari ulang tahun menjadi hari yang bahagia untuk anak. Sebab anak tentu akan mengingat hal ini hingga ia dewasa. Ia akan mengenang bahwa hari ulang tahun adalah hari yang membahagiakan. Anak akan merasa diperhatikan dan disayangi oleh orangtuanya.

Ketika ulang tahunnya tiba memang tak harus merayakannya dengan pesta besar. Anda bisa merayakannya secara sederhana dengan hanya membelikan kue dan hadiah untuk anak. Anda bisa memberikan pengertian bahwa ulang tahun tak harus selalu dengan pesta besar dan meriah. Tanamkan pengertian bahwa saat ulang tahun yang penting adalah kebersamaan dengan keluarga dan rasa bahagia karena bisa merayakannya meski dengan sederhana.

Namun jika Anda ada budget berlebih, tak ada salahnya juga merayakan ulang tahun anak dengan lebih meriah. Anda bisa undang tetangga, teman dan kerabat untuk ikut merayakan hari kelahiran anak. Ini tentu akan membuat anak jadi lebih bahagia karena orang di sekitarnya ikut merayakan dan mengucapkan selamat di hari bahagianya.

Manfaat Merayakan Ulang Tahun Anak

Kehadiran buah hati adalah berkah tak terkira untuk kita. Maka tidak salah jika kita selalu ingin mengingat momen kelahiran buah hati setiap tahunnya. Ada banyak sekali loh manfaat merayakan ulang tahun anak baik untuk kita sebagai orangtua maupun untuk anak kita sendiri.

Manfaat pertamanya adalah untuk mengajarkan anak belajar bersosialisasi. Ketika mengadakan pesta ulang tahun, ada momen dimana ia bermain, bernyanyi hingga makan bersama teman-teman, tetangga dan keluarganya. Ia bisa belajar membangun kedekatan dengan berkomunikasi dengan orang yang ada di sekitarnya.

Berikutnya manfaat merayakan ulang tahun anak adalah untuk bisa mengenal saudara jauh. Pada saat keseharian, tentu kita tak selalu bertemu sepupu dan para paman serta bibi. Namun pada momen perayaan ulang tahun, anak bisa mengenal saudara jauhnya, sepupu dan lain sebagainya.

Perayaan ulang tahun juga bisa sebagai sarana untuk mengajarkan anak berbagi dengan sesamanya. Misalnya saat acara potong kue, anak bisa berbagi pada teman dan saudaranya. Ini mengajarkan ia untuk adil membagi kuenya pada para tamu yang datang.

Pesta ulang tahun juga akan memberikan anak sebuah memori yang indah. Ini akan membuat psikologisnya berkembang dengan baik. Ia akan merasa disayangi dan sangat dihargai oleh orangtua dan orang-orang di sekitarnya.

Tips Memilih Kado Ulang Tahun untuk Anak TK

Sesuaikan Hadiah dengan Tren yang Ada

Sebagai orangtua tentu Anda memperhatikan apa saja perkembangan yang terjadi di sekitar buah hati. Anda tentu tahu juga apa yang sedang disukai anak-anak seusia buah hati Anda. Mulai dari tokoh kartun favorit, tren mainan yang sedang disukai anak hingga aneka pernik bernuansa film heroik yang sedang banyak digemari anak.

Nah, saat akan memberikan hadiah untuk anak, Anda bisa perhatikan tren yang ada. Jika masih belum yakin mengenai tren yang sedang marak di kalangan anak-anak, Anda bisa mengecek melalui internet. Dengan memberikan hadiah yang sesuai tren yang ada saat ini, dijamin hadiah Anda akan sangat disukai anak.

Pastikan Hadiahnya Bersifat Mendidik

Hadiah diberikan sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang kita. Hendaknya saat memberikan hadiah jangan asal yang bisa membuatnya bahagia saja. Pastikan hadiahnya juga bersifat mendidik. Semisal Anda memberikan mainan, berikanlah mainan yang bisa memberikan manfaat edukasi juga.

Sebagai contoh Anda bisa memberikan mainan yang bisa mengasah kreativitasnya seperti puzzle. Atau bisa juga memberikannya hadiah berupa buku cerita yang bisa Anda bacakan dan memberikan nilai moral pada anak melalui kisah dalam buku tersebut.

Hadiah Sebaiknya Mendukung Hobinya

Berikan hadiah yang bisa mendukung hobinya. Perhatikan minat dan bakat anak. Semisal ia menunjukkan minat di bidang musik, Anda bisa berikan hadiah berupa alat musik. Dan semisal ia menaruh minat besar pada menggambar dan mewarnai, lengkapi peralatan menggambar dan mewarnainya.

Sementara untuk anak yang aktif, Anda bisa berikan hadiah berupa peralatan olahraga, entah itu peralatan badminton, peralatan berenang seperti baju renang, bola dan lain sebagainya sesuai minat dan bakat anak. Dengan memberikan hadiah sesuai hobinya, maka Anda turut berinvestasi pada perkembangannya. Semakin anak mendalami bakatnya maka semakin ia bagus dalam hal tersebut.

10 Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun untuk Anak TK

1 Set Meja dan 2 Kursi Belajar Claris

Supaya anak makin giat belajar, Anda bisa berikan satu set meja dan kursi belajar. Untuk anak TK, Anda bisa berikan 1 Set Meja dan 2 Kursi Belajar Claris. Produk ini desainnya menarik dengan warna yang menggemaskan. Set meja dan kursi ini tentu bikin anak tertarik untuk belajar.

Bahan produk ini aman dan tidak beracun. Tanpa bagian yang lancip, produk ini tak akan membuat Anda was-was. Terbuat dari bahan plastik premium, produk ini tahan lama digunakan. set meja kursi ini ringan sehingga mudah untuk dipindahkan.

Harga Rp. 415.000-696.000

Botol Minum Anak Kepala Karakter

Untuk hadiah anak TK selajutnya, Anda bisa berikan Botol Minum Anak Kepala Karakter. Produk yang satu ini tentu sangat bermanfaat untuknya. Ia bisa membawanya ke sekolah supaya anak tak kerepotan saat merasa haus. Anda bisa mengisinya dengan air putih atau susu favoritnya.

Botol minum 550 ml yang satu ini lucu karena memiliki hiasan kepala motif kartun yang disukai anak-anak. Ada pilihan hello kitty, doraemon, mickey mouse hingga keropi yang bisa dipilih. Botol minum ini terbuat dari bahan plastik BPA free.

Harga Rp. 23.000-79.000

Junior Bento Set Tupperware

Supaya anak tak jajan sembarangan, Anda bisa berikan bekal untuknya ke sekolah. Karenanya Anda bisa memberikan hadiah berupa Tupperware Junior Bento Set.

Ini merupakan satu set bekal makan dan minuman si kecil saat di sekolah. Dikemas dalam tas praktis yang menggemaskan dengan warna oranye, produk ini mudah dibawa ke mana saja.

Dalam produk ini terdiri dari sandwich keeper berukuran 13.6 x 13.2 x 5.2 cm. Selain itu ada juga junior tumbler dengan ukuran 330 ml. Produk juga lengkap dengan sendok makan. Terbuat dari bahan yang BPA free, produk ini memiliki garansi seumur hidup.

Harga Rp. 135.000-250.000

Smartwatch Q12 Kid Intelligent Watch

Smartwatch Q12 Kid Intelligent Watch ini juga bisa hadiah untuk anak. Produk ini membantu Anda tahu keberadaan putera puteri Anda.

Jam tangan pintar ini bisa melindungi keselamatan anak-anak. Dengan kapasitas baterai 400 mAh, produk ini wajib diisi daya selama 2 jam.

Alat ini memiliki layar ukuran 1,44cm. Tersedia dua pilihan warna, produk ini tentu bikin anak bahagia. Jam ini cocok untuk anak usia 3 hingga 12 tahun.

Harga Rp. 86.000-155.000

Crayon Greebel Isi 55 Warna

Untuk anak yang gemar menggambar dan mewarnai, Anda bisa berikan hadiah berupa Crayon Greebel Isi 55 Warna. Produk ini bisa membuat si kecil lebih kreatif dalam menggambar dan mewarnai.

Dengan 55 pilihan warna, anak lebih bebas mengutarakan imajinasinya. Crayon ini bisa dikombinasikan warnanya. Anak juga bisa membuat gradasi warna indah dengan produk ini. Tekstur crayon ini lembut sehingga mudah dibaurkan.

Harga Rp. 75.000-129.000

Dee Dee Travel Pack Set

Dee Dee Travel Pack Set ini juga cocok jadi pilihan hadiah. Produk yang satu ini bisa dibawa anak saat bepergian bersama orangtua. Peralatan mandi ini begitu lengkap dan dikemas dalam tas yang praktis.

Di dalamnya ada sampo, bedak, sabun muka dan juga pasta gigi. Selain itu ada juga losion anti nyamuk untuk anak. Ada 3 pilihan yakni orange, grape dan strawberry yang bisa dipilih. Dengan set ini, Anda tak perlu repot lagi mempersiapkan peralatan mandi anak kala bepergian.

Harga Rp. 28.000-59.000

Buku Kumpulan Dongeng Paling Seru Pembentuk Karakter

Anda bisa memberikan buku dongeng juga untuk anak. Ada Kumpulan Dongeng Paling Seru Pembentuk Karakter yang bisa Anda berikan sebagai hadiah.

Ditulis oleh Dini W Tamam, buku ini diterbitkan oleh Mitra Edukasi Indonesia. Buku dongeng ini diterbitkan Maret 2019 dengan tebal 180 halaman.

Anak TK berada pada usia emas di mana daya imajinasinya berkembang dengan baik. Buku dongeng yang satu ini disusun untuk membentuk karakter anak melalui dongeng yang seru melalui ceritanya. Anda bisa mengajarkannya nilai moral dalam setiap cerita.

Bacakan buku ini sebelum anak tidur untuk membuatnya makin cerdas, mampu mengekspresikan diri dan bisa membentuk karakter anak lebih baik.

Harga Rp. 69.000-93.000

Frozen Trolley Bag

Frozen Trolley Bag ini bisa juga jadi pilihan hadiah untuk ulang tahun anak TK. Produk yang satu ini bisa digunakan untuk ke sekolah. Tas ini modelnya keren dengan gambar animasi Frozen yang disukai anak-anak. Alat ini memiliki banyak saku penyimpanan.

Ada saku jaring di bagian kiri dan kanan. Selain itu ada juga slot untuk menaruh botol minum. Tas ini memiliki pegangan troli sehingga anak lebih mudah membawa tasnya layaknya koper. Produk ini hadir dalam ukuran 27 x 34 x 11 cm.

Harga Rp. 265.000-298.000

El Hana First Busy Bag

El Hana First Busy Bag ini juga bisa jadi hadiah anak TK. Produk ini berisi 6 jenis mainan yang bisa melatih kecerdasan serta kreativitas anak. Mainan ini cocok untuk anak usia 2 hingga 6 tahun.

Di dalam tasnya ada mainan sorting ABC dimana anak bisa mencocokkan huruf besar dengan huruf kecil pada sorting mat. Selain itu ada juga stik shaping dimana anak harus menyusun stik warna sesuai pola pada kartu.

Dalam tas ini juga ada sorting color and shape yang mengharuskan anak mengelompokkan keping geometri berdasarkan warna dan bentuk. Selanjutnya ada juga mainan couting dimana anak harus menghitung gambar pada kartu kemudian menjawabnya. Terakhir, ada mainan caterpillar dimana anak harus menyusun kancing sesuai pola kartu caterpillar.

Harga Rp. 110.000-270.000

Piyama Anak Little Starmoon Navy Usia 1-12 Tahun

Piyama Anak Little Starmoon Navy juga bisa jadi hadiah anak TK. Produk ini bisa menemaninya tidur di malam hari. Tidur merupakan aktivitas penting untuk mengembangkan otak anak. Buah hati harus bisa tidur dengan nyenyak supaya ia tumbuh dan berkembang dengan baik.

Piyama ini hadir dalam banyak ukuran. Ada ukuran untuk anak usia 1 hingga 12 tahun yang bisa dipilih. Pilihan warnanya banyak dan menarik. Piyama ini hadir dengan motif bulan bintang yang menarik.

Harga Rp. 15.000-64.000
From our editorial team

Untuk Anak TK, Berikan Hadiah yang Sesuai dengan Usianya

Anak TK umumnya berusia 4 hingga 6 tahun. Ketika ia berulang tahun, alangkah baiknya untuk memberikan hadiah sesuai usianya. Dalam artian hadiah tidak berharga berlebihan. Tak perlu membeli hadiah yang terlalu mahal dan belum diperlukan oleh anak seusianya. Berikan hadiah yang sekiranya ia perlukan setiap hari dan bisa mendukung aktivitasnya. Ini akan lebih baik dan bermanfaat untuk buah hati. Cek rekomendasi hadiah untuk anak TK di atas yuk!