10 Rekomendasi Alat Pemijat Kaki untuk Bebas Pegal dan Nyeri (2021)

10 Rekomendasi Alat Pemijat Kaki untuk Bebas Pegal dan Nyeri (2021)

Seharian beraktivitas tentu seluruh tubuh terasa kaku, utamanya bagian kaki. Jangan biarkan nyeri kaki terlalu lama. Kamu tentu tidak ingin jadi kurang lincah dalam beraktivitas hanya karena nyeri kaki. Simak tips mengatasinya dan juga rekomendasi pemijat kaki untuk kamu!

Kaki Pegal dan Nyeri Bisa jadi Tanda Bahaya untuk Tubuh

Kaki merupakan bagian tubuh yang wajib dijaga kesehatannya. Kaki kita setiap hari harus menahan beban hingga 1,5 kali berat badan kita saat kita berjalan, berlari, dan beraktivitas aktif. Hal ini menyebabkan kaki jadi rentan cedera. Yang paling sering terjadi adalah kaki jadi pegal dan nyeri. Jika hal semacam ini terjadi tentu kita jadi kerepotan beraktivitas.

Nyeri kaki atau kaki pegal disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab paling umum karena kita terlalu lama berdiri, kelelahan karena aktivitas berat, hingga karena berat badan yang bertambah. Namun, jangan sepelekan nyeri kaki. Ini karena beberapa nyeri kaki atau kaki pegal bisa menjadi pertanda penyakit yang berbahaya, loh!

Saat kaki pegal, bisa jadi penyebabnya adalah kolesterol tinggi. Kelebihan kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa meningkatkan risiko strok dan sakit jantung. Kaki kita bisa merasa pegal dan nyeri karena ada arteri yang tersumbat. Selain itu, kurangnya pasokan darah ke kaki membuat kaki bisa terasa nyeri dan lemas.

Jika kamu sering mengalami kesemutan, waspadahal karena ini bisa jadi pertanda kamu rawan terhadap penyakit jantung. Nyeri kaki terjadi karena arteri menyempit karena adanya penumpukan plak di pembuluh darah area kaki. Ini akan membuat kita merasa nyeri saat akan berjalan kaki.

Saat kita mengalami pegal di bagian telapak kaki dan juga dilengkapi dengan bengkak maka bisa jadi ini tanda asam urat. Area yang terserang asam urat biasanya panas, berwarna kemerahan, kaku, nyeri, dan bengkak. Ini juga akan menyebabkan rasa sakit tak tertahankan pada area kaki.

Tanda bahaya lain yang bisa terjadi saat kita mengalami kaki pegal adalah diabetes. Penyakit yang satu ini bisa menyebabkan neuropati diabetik yang membuat jari-jari kaki menjadi mati rasa. Ada juga rasa nyeri seperti terbakar hingga nyeri saraf yang tak tertahankan. Awalnya mungkin ringan saja, namun jika dibiarkan maka rasa nyeri bisa menyebar ke anggota tubuh yang lain.

Tips Meredakan Kaki yang Sakit atau Pegal

Kompres Dingin dan Minum Banyak Air

Cara lain yang bisa dilakuka untuk meredakan pegal pada kaki adalah melakukan kompres dingin pada area kaki yang pegal. Lakukan pengompresan 10 hingga 15 menit dan ulangi beberapa kali sepanjang hari. Masukkan es batu ke dalam kantong kompres atau bisa juga membalut es batu dengan handuk. Cara ini bisa mengurangi peradangan dengan cara mengurangi aliran darah setelah aktivitas berat.

Kamu juga bisa memperbanyak konsumsi air putih. Kaki pegal dan kram otot bisa disebabkan juga karena tubuh kurang terhidrasi. Minum banyak air akan membantu mengurangi dehidrasi. Pastikan minum air putih atau air dengan kandungan elektrolit tinggi. hindari kafein atau alkohol karena keduanya hanya akan menyebabkan dehidrasi makin parah.

Ganti Sepatu

Salah satu penyebab pegal di bagian kaki adalah karena kita terlalu lama memakai sepatu hak tinggi. Jika memang ini penyebabnya, maka kamu bisa mencoba mengganti sepatu yang kamu gunakan. Gantilah sepatumu dengan yang nyaman digunakan. Pastikan sepatu yang kamu beli bisa memberikan lengkungan yang tepat untuk mendukung kesehatan kaki kamu. Sesuaikan juga sepatu yang kamu kenakan dengan acara yang kamu hadiri. Semisal terpaksa memakai heels, pilih sepatu yang tanpa lengkungan atau pilih heels dengan penyangga atau hak yang nyaman di kaki sehingga kamu bisa lebih betah memakainya dalam waktu lama.

Gunakan Obat

Untuk meredakan pegal di kaki juga bisa memakai obat pereda nyeri. Ada dua jenis obat yang bisa digunakan yakni obat yang diminum dan juga obat yang dioleskan. Jika kamu lebih suka obat yang diminum, maka kamu bisa gunakan obat seperti acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen sodium. Obat-obatan tersebut bisa mengurangi nyeri dan peradangan.

Jika kamu lebih suka obat oles, maka kamu bisa gunakan balsam, minyak urut, dan krim pereda nyeri otot. Penggunaan obat-obatan semacam ini bisa membuat kamu terbebas dari rasa sakit pada kaki agar tidak terlalu menyiksa saat kamu gunakan untuk beraktivitas.

Pijat Kaki

Pegal di bagian kaki bisa diatasi dengan pijat kaki. Kamu bisa rutin memijat kaki sendiri atau minta dipijatkan tukang pijat. Gunakan lotion atau minyak untuk memijat agar lebih mudah melumasi kulit dan pijatan kaki bisa lebih nyaman.

Cara lainnya adalah dengan memakai alat pijat kaki. Sekarang ini di pasaran ada banyak alat pemijat kaki otomatis. Dengan alat pijat tersebut tentunya pegal kaki bisa diatasi dengan baik tanpa kamu harus repot memijat kaki sendiri atau memanggil tukang pijat.

Ini Dia Rekomendasi Alat Pijat Kaki untuk Bikin Kaki Terbebas dari Pegal

Xiaomi Leravan LF Levan Foot Massage 3D

Xiaomi Leravan LF Levan Foot Massage 3D merupakan rekomendasi pertama dari kami. Alat yang satu ini desainnya minimalis dan mudah digunakan. Kamu tinggal masukkan kaki kamu ke dalam alatnya saja. Produk ini mampu memijat dengan gaya yang beragam. Ada 3 level yang bisa disesuaikan. Kamu bisa merasakan suhu panas yang akan membantu memperlancar peredaran darah sehingga kaki tidak pegal lagi.

Ada teknologi 3D Head Gel Massage sehingga pemijat ini seolah bisa memijat layaknya manusia. Pemijat ini juga bisa melakukan pemijatan di titik akupunktur sehingga lebih efektif mengatasi linu dan pegal di kaki.

Desain bahannya breathable sehingga kaki tidak akan berkeringat selama dipijat dan tidak akan bau. Ada lampu indikator yang bisa menunjukkan alat sedang beroperasi. Produk ini juga menyediakan tempat kabel sehingga saat disimpan, kabelnya terlihat lebih rapi dan ringkas. Ukuran alatnya 345 x 320 x 150 mm.

Harga Rp. 1.089.000-1.539.000

Ovicx F3 Foot Massager Health Care Reflexology Machine

Ovicx F3 Foot Massager Health Care Reflexology Machine merupakan produk lain yang bisa kamu andalkan. Alat pijat kaki yang satu ini membutuhkan daya 40 watt saja sehingga cukup hemat listrik. Desainnya simpel dengan ukuran hanya 32 x 38 x 23 cm sehingga tidak memakan banyak tempat saat disimpan.

Alat yang satu ini memiliki 3 fungsi, heated massage, deep kneading massage, dan 360° air pressure massage. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan fungsi mana yang kamu inginkan. Produk ini efektif mengurangi kelelahan pada kaki. Penggunaannya cukup praktis karena kamu bisa memakainya sembari bekerja, belajar, dan lain sebagainya. Cukup memakainya selama 15 menit sehari untuk melepaskan stres setelah bekerja. Dilengkapi fitur timer sehingga produk bisa otomatis berhenti beroperasi saat pemijatan selesai.

Harga Rp. 1.485.000-2.098.000

Electromagnetic Foot Massager Acupuntur Healthy Protection

Electromagnetic Foot Massager Acupuntur Healthy Protection merupakan kombinasi terapi teknik gelombang biologi elektromagnetik dari Barat dan teknik akupuntur dari Cina. Ada gelombang bio yang mampu menuju titik penting pada tubuh sehingga bisa langsung mengatasi area yang sakit. Dengan pancaran sinar infra merah dari luar, alat ini mampu bekerja secara maksimal dan efisien untuk menyehatkan tubuh.

Alat pijat ini mampu digunakan untuk berbagai terapi, mulai dari melancarkan aliran darah, menghilangkan racun dalam tubuh, melangsingkan tubuh, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa memakai alat ini untuk mengurangi berbagai gejala penyakit, seperti maag, stres, diabetes, atau sakit kepala.

Harga Rp. 825.000-1.450.000

Mizu Living Ashi Onsen Foot Spa Massager

Mizu Living Ashi Onsen Foot Spa Massager akan melakukan pemijatan pada kaki dengan nyaman. Kamu bisa merawat kecantikan kaki dan menjaga kesehatan kaki dalam waktu yang sama dengan alat yang satu ini. Produk ini hadir dengan herbpod. Kamu boleh mengisinya dengan aneka rempah dan bubbler. Ini akan bikin kaki lebih rileks dan juga wangi. Kaki bisa terbebas dari pegal dan kamu bisa merasakan seolah sedang mendapatkan perawatan spa.

Harga Rp. 640.000-890.000

Shiatsu Lexata FOOT MASSAGER WITH TAPPING

Shiatsu Lexata FOOT MASSAGER WITH TAPPING tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Produk yang satu ini hadir dengan 3 mode pijatan kaki yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Kamu bisa memakainya kapan saja di mana saja, baik di rumah, kantor, atau bahkan di mobil. Desainnya inovatif dan ergonomis sehingga mudah dibawa kemana saja.

Alat ini juga bisa disesuaikan dengan bentuk kaki sehingga mampu menghasilkan pijatan yang lebih merata ke seluruh bagian telapak kaki. Kamu jadi lebih rileks dan lebih nyaman seharian. Daya listrik yang dibutuhkan cukup kecil yakni hanya 30 watt. Ada fitur 3D airbag yang bikin nyaman. Produk juga lengkap dengan pemanas dan timer.

Harga Rp. 1.799.000-2.800.000

Xiaomi Leravan Lega Foot Massage Machine

Xiaomi Leravan Lega Foot Massage Machine merupakan pemijat kaki yang hadir dengan 6 teknik pijat profesional. Berbagai teknik pijat tersebut bisa membantu menghilangkan rasa sakit pada tumit akibat terlalu lama memakai high heels, berdiri terlalu lama, atau karena kondisi kaki yang memang mudah lelah.

Alat ini akan memijat titik-titik akupunktur bak seorang terapis pijat profesional. Cukup 15 menit saja maka bisa meredakan kelelahan kaki yang terakumulasi sepanjang hari. Desainnya unik dengan rol tinggi dan rendah yang berputar bolak-balik memijat kaki dengan berbagai tekanan. Daya yang dibutuhkan adalah 30 watt saja sehingga cukup hemat listrik.

Harga Rp. 1.690.000-2.366.000

Beurer FM 60 Shiatsu foot massager

Beurer FM 60 Shiatsu foot massager membuat kamu merasa sedang dipijat oleh terapis shiatsu. Alat ini akan memberi rasa rileks pada bagian kaki dan menyebar ke seluruh tubuh. Kamu bisa memakainya usai bekerja atau beraktivitas seharian. Pemijat kaki ini memiliki roller yang bisa berputar dengan kecepatan yang bisa disesuaikan sehingga bisa bikin kamu makin nyaman.

Ada fungsi penghangat pada pemijat kaki ini sehingga bisa memperlancar sirkulasi darah pada kaki. Bagian kaki bisa disesuaikan dengan angle dan ketinggian yang nyaman untuk kaki.

Harga Rp. 2.027.000-2.526.000

XIAOMI Leravan Rechargeable EMS Foot Muscle Massager

XIAOMI Leravan Rechargeable EMS Foot Muscle Massager hadir dalam bentuk unik dan compact. Alat pijat ini hadir dalam model permadani yang empuk dan bikin nyaman. Pemakaiannya juga mudah, cukup pencet satu tombol dan kamu akan segera bisa menikmati stimulus yang merilekskan telapak kaki.

Produk ini mudah disimpan karena bentuknya tipis. Kamu juga bisa mudah membawanya bepergian kemana saja. Pemijat kaki ini praktis digunakan kapanpun kamu butuhkan.

Harga Rp. 338.000-454.000

Tokuyo Foot Massager TF-613

Tokuyo Foot Massager TF-613 menghadirkan pijatan yang lembut pada kaki. Ini cocok untuk kamu yang belum terbiasa dipijat. Produk ini akan membantu kamu membuat kaki lebih rileks. Dengan full air pressure massage, pijatannya pas untuk menghilangkan lelah akibat bekerja seharian. Ada beberapa auto program yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Harga Rp. 2.999.900-3.680.000

Advance Neo Foot Dream HS8891

Advance Neo Foot Dream HS8891 merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini menghadirkan lima jenis pijatan dan tiga tingkat kekuatan. Kamu bisa sesuaikan pijatan dengan apa yang kamu inginkan dan butuhkan. Dengan terapi panas, kaki jadi lebih rileks dan nyaman. area pijatnya meliputi telapak kaki, tumit, dan juga jari kaki.

Harga Rp. 4.798.000-4.900.000
From our editorial team

Rendam Kaki dengan Air Hangat

Ada satu cara yang efektif dan ampuh untuk mengatasi pegal di kaki. Kamu bisa mencoba merendam kaki pada air hangat. Cara yang satu ini bisa meredakan pegal pada kaki. Tambahkan jga garam epsom ke dalam air hangat. Ini akan bisa membantu meredakan nyeri otot. Hal ini juga bisa membantu mengurangi pembengkakan di kaki. Saat direndam air hangat, kamu juga jadi lebih rileks karena otot-otot kaki jadi lebih tenang dan tidak lagi terlalu kaku. Cukup rendam kaki selama 20 menit untuk menghilangkan kekakuan dan pegal di kaki, ya.