10 Rekomendasi Perlengkapan Mendaki ini Wajib Anda Miliki Sebelum Naik Gunung

10 Rekomendasi Perlengkapan Mendaki ini Wajib Anda Miliki Sebelum Naik Gunung

Dengan pemandangan indah yang ditawarkan puncak gunung yang tinggi, tak sedikit yang ingin mencoba mendaki gunung. Sebagai orang yang baru dalam aktivitas yang menguras ketahanan fisik ini, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum ikut dalam pendakian. Apa sajakah itu? Simak yuk ulasan BP-Guide berikut!

Kegiatan Mendaki Gunung Tidak Hanya Dilakukan para Pencinta Alam

Sejak kemunculan film "5 cm", mendaki gunung bukanlah lagi kegiatan yang hanya digandrungi orang tertentu tapi juga orang yang sangat baru dalam hal ini. Meskipun banyak pemula yang mulai menekuninya, mendaki gunung tidaklah mudah dan memiliki banyak risiko, mulai dari yang ringan sampai taruhan nyawa. Walaupun begitu, kepuasan akan sangat terasa saat bagi siapa saja yang mencapai puncak gunung tertinggi dan melihat pemandangan alam di sekitarnya.

Persiapkan Hal Berikut Sebelum Mendaki Gunung

Tubuh yang Bugar

Sebelum mendaki gunung, Anda harus terlebih dulu mempersiapkan fisik yang kuat dan prima. Persiapan fisik harus dilakukan dua bulan sebelum pendakian. Sebaiknya lakukan olahraga jenis kardio dan lari secara rutin minimal seminggu dua kali.

Kesehatan

Untuk kegiatan mendaki yang membutuhkan ketahanan fisik, Anda diharuskan menjaga tubuh tetap sehat. Jangan sampai memaksakan diri mendaki gunung apabila tubuh dalam kondisi tidak fit. Anda pasti tidak ingin pendakian terhenti atau menghambat teman lainnya dengan terus mengeluh karena kecapean. Untuk mengantisipasinya, usahakan tetap selalu menjaga daya tahan tubuh dengan tidur cukup dan tidak terlalu larut serta rutin mengonsumsi vitamin.

Kenali Jalur Pendakian yang Aman

Dalam pendakian gunung, Anda harus mempelajari dahulu berbagai jalur di lokasi yang hendak dituju. Usahakan menghindari rute yang jarang dilalui dan nampaknya berbahaya serta berisiko tinggi, seperti longsor dan jalan terjal yang licin. Jika Anda masih baru dalam aktivitas ini, pilihlah gunung yang tidak terlalu tinggi dan mempunyai banyak posko atau titik aman agar keselamatan diri bisa terjaga.

10 Perlengkapan Mendaki yang Harus Anda Persiapkan

Perlengkapan Kemah

Sumber gambar www.tokopedia.com

Aktivitas camping tidak akan lengkap tanpa adanya tenda. Untuk memenuhi kelengkapan pendakian, Anda dapat memilih tenda yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari tenda pramuka, tenda dome, atau pun flysheet. Dari ketiganya, tenda dome lebih banyak peminatnya karena sangat efisien, mudah didirikan dan kompatibel.

Selain itu, jangan lupa membawa pasak dan frame bawaan tenda serta sleeping bag atau kantong tidur yang dapat menjaga kehangatan tubuh Anda. Untuk kebutuhan memasak, pilihlah peralatan yang mudah dikemas dan dibawa.

Anda tidak perlu repot membeli semuanya satu per satu karena sudah tersedia paket alat kemah yang berisi perlengkapan mendaki beserta memasak di Tokopedia. Alat Camping Paket B seharga Rp 1.260.000 ini terdiri dari:

  • Carrier sunature kap 70 lt;
  • Raincoverbag;
  • Tenda kapasitas empat orang;
  • Single layer dan matras;
  • Weistbag/tas pinggang;
  • Cooking set dua panci (satu panci masak air atau nasi, satu panci penggorengan dan satu tutup panci) dan kompor kotak;
  • Botol minum atau veples;
  • Senter kepala;
  • Hammock; dan
  • Senter rechargable yang dapat dipergunakan sebagai lampu tenda.

Pakaian Ganti

Sumber gambar www.maioloo.com

Jangan lupa membawa pakaian ganti saat melakukan pendakian. Hal ini penting agar suhu tubuh tetap seimbang kala cuaca tidak bersahabat. Apalagi saat hujan tiba-tiba datang, Anda bisa langsung mengganti baju yang basah terguyur dengan yang lainnya. Usahakan membawa baju katun dan celana berbahan ripstok nilon atau poliester karena ringan dan mudah kering. Sebaiknya hindari penggunaan celana jeans karena bahannya berat dan tidak cepat mengering.

Alat Navigasi

Sumber gambar www.tokopedia.com

Alat navigasi seperti kompas sangatlah diperlukan untuk membantu mengetahui lokasi yang ingin dituju, terlebih bila Anda kehilangan arah di pendakian. Tak perlu mahal, Anda bisa mendapatkan kompas dengan harga Rp 15.000 saja di Tokopedia. Penunjuk arah berdiameter 60 cm ini terbuat dari bahan stainless steel dengan model yang kokoh dan nyaman dibawa serta pas dalam genggaman.

Jaket dan Keperluan Cadangan

Sumber gambar www.pendaki.info

Selain pakaian ganti dan selimut, jangan lupa menggunakan jaket khusus mendaki yang dapat menahan angin dan air maupun dinginnya malam serta puncak gunung. Persiapkan juga alas kaki dan kaus kaki ganti jikalau nanti kebasahan. Meskipun begitu, jangan membawa terlalu banyak barang sehingga Anda terbebani kala mendaki.

Jas Hujan

Sumber gambar www.lazada.co.id

Jangan lupa untuk selalu membawa jas hujan ketika mendaki gunung kapan pun itu. Walau kemarau sekalipun, kemungkinan akan turun hujan masih tetap ada karena kandungan air di awan pegunungan yang terlalu tinggi ataupun karena kabut tebal.

Ponco 3 in 1 dari Dhaulagiri bisa menjadi pilihan jas hujan tepat dalam pendakian Anda. Produk berkualitas ini memiliki dua fungsi lainnya selain sebagai jas hujan. Anda dapat menggunakannya sebagai bivak serta alas tenda yang pastinya tahan terhadap gempuran air hujan. Sebab, jas hujan ini telah dilengkapi material nilon poliester yang kuat. Anda bisa mendapatkannya dalam varian warna jingga, merah marun, dan biru di Lazada seharga Rp 167.700.

Makanan dan Minuman

Sumber gambar www.maioloo.com

Dalam pendakian, cukuplah penting membawa logistik pribadi meskipun awalnya sudah dipersiapkan dalam kelompok. Selain itu, terkadang kita lupa membawa makanan dan minuman yang memadai. Terutama bila medan pendakian memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Untuk itu, rencanakan porsi makanan dan minuman Anda dan sesuaikan dengan lamanya Anda akan menyelesaikan pendakian.

Obat-obatan

Sumber gambar www.bukalapak.com

Ketika mendaki gunung, obat-obatan menjadi hal penting terutama bagi pengidap penyakit khusus, seperti asma, jantung, dan lainnya. Bagi Anda yang tidak dan memiliki riwayat penyakit khusus sebaiknya tetap mempersiapkan diri dengan membawa P3K.

Peralatan pertolongan darurat kini telah tersedia dalam kemasan ringkas yang tidak membebani pendakian Anda. Di laman Bukalapak, Anda bisa mendapatkan produk P3K Mini seharga Rp 30.000 dengan berbagai perlengkapan berupa:

  • Kasa steril 5x5 cm 8 ply;
  • Kapas alkohol;
  • Verban 5 cm;
  • Dermafix T 5x7 cm (plester+pad non woven transparant);
  • Plesterin bulat (plester+pad non woven diameter 2.2 cm);
  • Plesterin anti air (plester+pad non woven transparant);
  • Ecodine 10 ml (obat luka);
  • Ultrafix 2.5 cm x 1 m (plester roll non woven); dan
  • Gunting.

Pisau Lipat Multifungsi

Sumber gambar www.ruparupa.com

Saat berkemah, tak jarang kita memerlukan pisau untuk memotong tali tenda ataupun bahan makanan. Supaya Anda tidak kerepotan dengan alat penting yang satu ini, pilihlah pisau lipat yang kompatibel sehingga tidak merusak barang lainnya saat dibawa.

Pisau Lipat Leatherman C33lx bisa jadi pilihan alat potong untuk aktivitas kemahmu karena bentuknya yang mudah disimpan di saku atau tas. Tak hanya mumpuni lewat material stainless steel yang tahan korosi, pisau ini juga memiliki desain ringkas dan fungsi ganda untuk karabiner serta pembuka tutup botol. Produk ini dapat dibeli di situs Rupa Rupa dengan banderol Rp 599.000.

Penerangan

Sumber gambar www.blibli.com

Alat penerangan merupakan item yang wajib dibawa saat pendakian. Anda bisa mendapatkan pencahayaan yang jelas dan tahan lama lewat Senter LED Cree XML T6 yang mampu menghasilkan cahaya hingga 2000 lumens dengan jarak hingga 500 meter. Senter ini juga dapat diatur dalam tiga mode cahaya berbeda serta dapat diperbesar dan diperkecil. Senter ini pun sangat mendukung aktivitas seperti camping atau menyusuri gua yang gelap. Anda bisa memesannya di Blibli seharga Rp 71.175.

Pemantik Api

Sumber gambar www.blibli.com

Tak jarang kita lupa untuk membawa pemantik api kala pergi mendaki. Padahal, alat ini sangat berguna untuk membuat api unggun yang digunakan untuk menghangatkan tubuh maupun memasak.

Sebagai alternatif korek api konvensional, produk Future Pemantik Api dapat menjadi pilihan tepat karena sangat mudah digunakan dan mudah dibawa ke mana saja. Pemantik api berdesain praktis ini juga memiliki wadah minyak yang bisa diisi ulang. Anda bisa memperolehnya di Blibli dengan harga Rp 80.000.

From our editorial team

Mendaki Gunung Perlu Perencanaan Matang

Jikalau Anda masih baru dengan mendaki gunung namun ingin mencobanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda terjaga selama menjalani aktivitas tersebut. Selang beberapa minggu sebelum pergi mendaki, mulailah melatih fisik terlebih dulu dengan olahraga ringan secara rutin. Setelahnya, pelajari tempat yang ingin didaki secara detail dan persiapkan perlengkapan penting seperti yang telah dijelaskan di atas. Jangan lupa juga untuk berdoa ketika memulai langkah pertama Anda. Selamat mendaki.

Tag