Inilah 8 Rekomendasi Merek Sepatu Indonesia yang Membuat Kita Makin Cinta Indonesia (2019)

Inilah 8 Rekomendasi Merek Sepatu Indonesia yang Membuat Kita Makin Cinta Indonesia (2019)

Sepatu merupakan salah satu item fashion yang mencolok, meskipun berada di bawah. Dengan pemilihan sepatu yang tepat untuk menunjang penampilan, tentu saja berpengaruh dengan fashion keseluruhan. Meskipun demikian, memilih sepatu produksi dari luar negeri juga belum tentu membuat penampilan kece. Sekarang, sudah banyak produk sepatu lokal yang hits dan memenuhi pasaran Indonesia.

Kini, Sepatu Buatan Lokal Sudah Banyak Dicari

Konon, hingga meninggalnya Bapak Mohammad Hatta masih menyimpan satu obsesi yang tidak tercapai. Impian itu adalah memiliki sepasang sepatu Bally. Zaman pra dan pasca kemerdekaan, mencari sepatu bermutu memang tidak mudah. Kalau pun ada pasti buatan Inggris atau Italia yang harganya hanya pegawai tinggi atau bangsawan yang bisa mendapatkannya.

Saat ini lain kasusnya, karena telah banyak merek lokal yang sanggup bersaing dalam desain atau kualitas dengan merek-merek internasional. Maka tidak heran sepatu buatan lokal sudah banyak dicari.

Kenapa Perlu Memilih Produk Buatan Lokal?

Meningkatkan Pendapatan Negara

Bukan omong kosong jika salah satu pemilik merek top Indonesia bilang, "Cintailah produk-produk Indonesia". Hal itu karena dengan membeli produk lokal Anda bisa membuat negara kita tambah makmur, termasuk saat membeli sepatu. Sebagai ilustrasi jika Anda membeli satu sepatu lokal, maka Anda telah membuat produsennya survive dan bahkan berkembang. Jika berkembang dan besar, maka merek itu bisa membuat pasar internasional.

Dari sini merek lokal bisa menghasilkan devisa bagi negara. Itu baru satu merek saja dan bayangkan jika kita serta seluruh negeri setia dengan produk-produk lokal, pasti kita akan jadi saingan berat Tiongkok dalam waktu singkat.

Memperluas Lapangan Pekerjaan dan Meningkatkan Kesejahteraan

Masih dari ekses perkembangan sebuah merek hingga menjadi nama besar. Salah satu efek sampingnya ialah lapangan pekerjaan, baik untuk lapangan kerja kreatif ataupun lainnya. Semakin besar suatu usaha, tentu saja semakin banyak memerlukan tenaga kerja. Hasilnya adalah perluasan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan.

Melestarikan Budaya Indonesia

Indonesia sangat kaya budaya dan dari sini kita berkreasi dengan mengembangkan aspek kebudayaan yang ada. Misalnya, kita bisa mengembangkan berbagai barang kerajinan macam batik, ukir, dan lainnya menjadi sesuatu yang baru dan modern yang disukai oleh konsumen. Baik itu konsumen lokal atau bahkan internasional. Berbagai bahan mentah juga bisa menjadi sumber kreasi yang tidak akan habis digali dan dipamerkan pada konsumen.

Dengan memilih produk lokal, selain memberi manfaat bagi ekonomi pribadi dan negara, Anda juga bisa ikut melestarikan budaya negara.

8 Merek Sepatu Buatan Anak Bangsa

Yongki Komaladi

Sumber gambar zalora.co.id

Nama pertama yang muncul saat bicara tentang merek sepatu buatan anak bangsa tentu saja Yongki Komaladi. Merek sepatu dan sandal ini memang top banget, Anda bisa mendapatkannya di setiap pusat perbelanjaan di Indonesia. Produk-produk Yongki hadir melalui PT Sumber Kreasi Fumiko yang setiap produknya terkesan mewah, berkualitas bagus, dan sangat terjangkau. Orang di balik nama legendaris ini adalah Kwok Joen Sian.

Bagi Anda yang ingin menambah satu koleksi lagi dari Yongki Komaladi, coba sneaker Yongki Komaladi Khalifa. Sneaker ini tampak keren dengan upper dari bahan PU berkualitas. Sementara insole dan outsole-nya dari bahan sintetis dan karet. Anda bisa mendapatkannya di Zalora dengan harga Rp 319.360.

Piero

Sumber gambar blibli.com

Jika Anda menganggap nama Piero berasal dari bahasa Italia, Anda keliru. Kata piero yang menjadi merek alas kaki lokal ini adalah merupakan permainan huruf dari kata bahasa Jawa ‘oerip’ (hidup). Pemilik merek ini adalah Djimanto dan mulai meluncurkan Piero pada awal 2000-an. Setiap produk Piero memiliki desain keren dan kualitas kelas dunia.

Salah satu produk Piero yang harus Anda coba adalah Piero Vision Prime Sepatu Running Pria. Sepatu jogging ini didesain sangat ergonomis, dengan bahan yang berkualitas dan tangguh. Terutama outsole-nya yang dijamin antislip. Anda bisa mendapatkan produk ini seharga Rp 499.800 di Blibli.

Buccheri

Sumber gambar www.buccheri.com

Mendengar nama Buccheri seperti mendengar nama Piero, ada kesan Italia atau bahkan Perancis di dalamnya. Padahal produk ini asli lokal Indonesia yang berada di bawah PT Vigano Cipta Perdana. Buccheri terkenal dengan produk alas kaki yang memiliki desain simpel tapi anggun. Dibuat dari bahan kulit atau suede dengan proses pengerjaan yang sangat detail dan teliti.

Sebagai contoh, Anda bisa memilih Buccheri Kravitz. Sepatu derby wingtip style ini sangat cocok untuk Anda yang suka tampil klasik dan elegan. Bahannya dari kulit sapi paten yang dibuat secara manual dan teliti. Anda bisa mendapatkan produk ini di buccheri.com dengan harga Rp 1.299.000.

Bro.do

Sumber gambar bro.do

Bro.do atau juga disebut Brodo juga merupakan produk lokal yang top. Di balik produk alas kaki berkualitas ini adalah duo anak muda lulusan ITB, Yuka dan Putra. Setiap desain dari Brodo selalu bernuansa elegan dan modern. Produk Brodo beragam, mulai dari sepatu formal, boots, hingga sneakers.

Jika Anda sedang ingin menambah koleksi sepatu, coba Signore Ez E+ Vintage Brown BS. Desainnya sangat simpel namun juga sangat keren. Dibuat dari dua lembar kulit pilihan yang disatukan dengan lining air mesh yang nyaman. Insole-nya kulit dan polyfoam, sedang outsole-nya dari microtech yang ringan. Anda bisa mendapatkannya di bro.do.id dengan harga Rp 699.000.

Tomkins

Sumber gambar zalora.co.id

Tomkins terasa begitu Amerika namanya. Namun jangan salah, Tomkins juga merupakan produk lokal Indonesia, diproduksi oleh PT Primarindo Asia Infrastructure tbk. Tomkins diperkenalkan pada 2002 dan dikenal sebagai sepatu yang sangat berkualitas serta memiliki desain yang selalu terkini.

Meskipun demikian, harganya sangat bersahabat, contohnya produk sneakers Tomkins Rachel. Sepatu ini memiliki insole mesh foam dan sole phylon, sementara upper-nya dari mesh dengan motif printing. Anda bisa mendapatkan sepatu warna hitam ini di Zalora dengan harga Rp 360.000.

HelloYouli Shoes

Sumber gambar shopee.co.id

Koleksi sepatu berkualitas produk lokal selanjutnya adalah Youli yang ikonik dengan desain klasik dan vintage. Setiap sepatu dibuat secara manual sehingga selalu terkesan eksklusif.

Bagi Anda yang penasaran dengan produk Youli, coba saja pilih HelloYouli Stanford untuk kesan yang sporty. Warnanya putih dengan hak 5 cm dan dibuat dari bahan berkualitas yang nyaman dikenakan. Anda bisa mendapatkan produk ini di Shopee dengan harga Rp 199.000.

Geoff Max

Sumber gambar geoff.max.com

Geoff Max asli buatan lokal Indonesia, yaitu dari Bandung. Setiap produk Geoff Max selalu asyik dilihat, terkesan klasik, dan santai. Anda bisa mengenakannya di setiap kesempatan santai. Kualitasnya pun juga tidak tanggung-tanggung. Gabungan antara desain dan kualitas yang sedap inilah yang mampu membuat Geoff Maxx selalu digemari kalangan anak muda.

Anda yang penasaran dengan Geoff Max, coba pesan Davis Navy Brown. Sepatu keren ini menggunakan material keren untuk menjamin kenyamanan kaki Anda. Sementara material upper-nya dari kanvas berkualitas dengan sol dan insole masing-masing dari karet dan jersey foam. Anda bisa mendapatkan koleksi ini di website resmi Geoff Max dengan harga Rp 420.000.

Divites Belle

Sumber gambar lazada.co.id

Penyuka sepatu feminin yang bernuansa denim bisa mencoba produk Divites Belle. Merek sepatu lokal berbasis di Tangerang ini memang pintar dalam memadu jeans, kain, batik, dan berbagai material lain menjadi sepatu yang manis dan elegan. Semuanya produknya dibuat dengan detail buatan tangan yang mengesankan, bahkan Anda bisa memesan sepatu secara custom menurut selera Anda.

Salah satu koleksinya yang perlu Anda miliki adalah Divites Belle – Honeysuckle. Sepatu denim yang elegan ini terlihat sangat sporty dengan sol dari karet antislip. Anda bisa mendapatkan sepatu berhak 5 cm ini di Lazada dengan harga Rp 370.000.

From our editorial team

Ciptakan Penampilan Kece dari Produk Lokal

Penampilan yang fashionable bukan hanya bisa didukung oleh item fashion dari luar negeri atau impor. Produk lokal karya anak bangsa juga tidak kalah menariknya untuk membuat penampilan tidak kalah kece. Sebetulnya model-model fashion lokal lebih unik karena sebagian terinspirasi dari budaya Indonesia, tidak heran jika turis mancanegara banyak yang tertarik. Itulah mengapa ada baiknya dimulai dari kita terlebih dahulu untuk menggunakan produk lokal.