10 Rekomendasi Alat Panggang Barbeque, Cocok untuk Malam Pergantian Tahun Nanti! (2022)

10 Rekomendasi Alat Panggang Barbeque, Cocok untuk Malam Pergantian Tahun Nanti! (2022)

Acara bakar-bakar biasa disebut dengan barbecue atau bbq. Acara BBQ ini sangat digemari dan pasti akan terjadi saat menyambut tahun baru. Bermacam BBQ yang bisa dilakukan, seperti bakar jagung, daging, ayam, sosis, dan lain-lain. Cek alat-alatnya!

Barbeque, Acara Favorit di Malam Pergantian Tahun

Perayaan tahun baru merupakan momen yang tidak boleh dilewatkan. Acara sekali dalam setahun ini tidak hanya dirayakan di Indonesia saja, melainkan seluruh dunia juga ikut merayakannya.

Perayaan penyambutan tahun baru memiliki puncak acara pada pukul 12 malam tepat dimana pergantian tahun terjadi. Maka, banyak orang yang melakukan suatu kegiatan untuk menunggu momen tersebut terjadi, salah satunya adalah acara bakar-bakar dan makan bersama.

Tentunya acara BBQ sangat direkomendasikan untuk dilakukan bersama keluarga atau teman-teman. Intinya harus beramai-ramai supaya acara BBQ semakin seru dan tidak flat.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu apa saja yang perlu disiapkan, dan alat panggang BBQ apa yang sangat direkomendasikan untuk acara BBQ di acara perayaan tahun baru.

Persiapan Acara Barbeque di Malam Tahun Baru

Alat Panggang BBQ

Sudah pasti kalau alat panggang BBQ harus ada di acara BBQ-an. Jika tidak, apa yang mesti dilakukan di acara BBQ-an?

Beragam macam alat panggang BBQ yang bisa kamu gunakan. Ada yang menggunakan tenaga listrik atau gas sebagai bara api panggangnya, atau yang masih menggunakan bara api asli dengan arang atau tempurung kelapa.

BBQ dengan tenaga listrik cocok untuk digunakan dalam acara BBQ di rumah dan memiliki daya listrik yang besar. Lalu, BBQ dengan gas dan arang atau tempurung kelapa bisa digunakan jika acara BBQ dilakukan jauh dari rumah atau berada di alam, bahkan cocok untuk rumah yang tidak memiliki daya listrik yang besar.

Dari dua macam alat panggang BBQ tersebut, silakan pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamu.

Pencapit atau Spatula

Bahan makanan yang sedang proses pemanggangan akan memiliki suhu yang sangat panas. Sama seperti proses memasak kebanyakan, proses pemanggangan bahan makanan juga perlu pembolak-balikan permukaan yang dipanggang.

Hal tersebut perlu dilakukan agar kematangan bahan makanan merata dan tidak akan terjadi kegosongan di salah satu permukaannya. Namun, karena bahan makanan tersebut bersuhu sangat panas, di sinilah pencapit atau spatula yang kamu siapkan bekerja.

Spatula sangat berguna untuk membolak-balikkan bahan makanan yang dipanggang tersebut, dan bahan makanan seperti daging burger atau ikan adalah bahan makanan yang tepat untuk dibolak-balikkan menggunakan spatula.

Selain itu, pencapit sangat cocok untuk bahan makanan yang tidak bisa dibolak-balikkan dengan spatula karena akan menggelinding. Sebut saja seperti sosis, jagung, dan sebagainya. Cengkraman kuat dari pencapit akan membuat bahan makanan tersebut dapat dibolak-balikkan.

Hal yang sangat disarankan adalah gunakan spatula atau pencapit yang pegangannya panjang, sebab akan membuat kamu terlindungi dari hawa panas api bakaran.

Tusukan Sate

Tidak semua bahan makanan akan terasa nikmat jika dipanggang dan dihidangkan begitu saja. Terdapat beberapa bahan makanan yang jika dipanggang dengan tusuk sate, proses pemanggangan semakin mudah dan merata, serta jika saat disantap akan terasa lebih nikmat.

Contohnya saja daging yang dipotong kecil-kecil dan dipanggang layaknya sate. Selain itu juga seperti bakso, cumi, udang, dan bahan makanan berukuran kecil lainnya.

Beragam macam tusukan sate yang bisa digunakan. Biasanya tusukan sate yang mudah didapatkan di pasaran adalah tusukan sate berbahan bambu dan berbentuk bulat.

Tusuk sate berbahan besi juga sangat baik untuk digunakan. Panasnya besi yang berasal dari proses pemanggangan akan membuat bahan makanan semakin matang luar dan dalam.

Sumber Daya Perapian

Pemilihan dari berbagai sumber daya perapian seperti gas, arang/tempurung kelapa, dan listrik bergantung dari jenis alat panggang BBQ apa yang digunakan.

Jika alat panggang yang digunakan menggunakan daya listrik, maka sumber daya perapiannya adalah daya listrik itu sendiri. Selain itu juga jika alat panggang gas yang digunakan, maka sumber api berasal dari perapian dengan bahan bakar gas.

Pemilihan sumber daya perapian ini perlu menjadi perhatian, karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kalau alat panggang BBQ yang akan digunakan harus sesuai dengan situasi dan kondisi dimana acara BBQ-an ini dilaksanakan.

Selain itu, faktor keselamatan juga menjadi hal yang paling utama, sehingga pemilihan menggunakan sumber daya perapian yang tepat akan sejalan dengan perencanaan keselamatan yang lebih baik.

Bahan Makanan

Inilah persiapan yang paling utama dalam acara BBQ-an, yaitu bahan makanan yang akan disantap. Jika tidak ada ini, maka tidak akan terjadi acara BBQ-an di tahun baru.

Banyak jenis bahan makanan yang bisa menjadi santapan bakar-bakaran, seperti jagung, daging ayam atau sapi, sosis, udah, bahkan bakso sekalipun tidak luput dari santapan api bakaran.

Kamu bisa memilih jenis bahan makanan yang sesuai dengan tema acara BBQ-an. Apakah kamu akan melangsungkan acara Burger Party, atau Chicken Party. Jika tidak ada temanya, maka silakan pilih bahan makanan yang ingin disantap para audients acara.

Sebab, tidak semua orang menyukai bahan makanan tertentu dengan alasan kesehatan ataupun alasan selera. Namun yang pasti siapkan bahan makanan dengan kuantitas yang cukup, jangan sampai kehabisan padahal acara masih berlangsung.

Kuas dan Saus Sedap

Bahan makanan yang dipanggang tentu akan terasa nikmat jika sudah diberikan bumbu, dan alangkah lebih baiknya lagi jika telah dimarinasi agar bumbu rempah semakin meresap ke bahan makanan. Alhasil, rasanya akan terasa nikmat kaya akan rempah.

Saat melakukan pemanggangan, silakan kamu tambahan saus sedap untuk menambah cita rasa panggangan bahan masakan tersebut. Kamu bisa mengoleskan saus sedap tersebut dengan menggunakan kuas khusus yang aman dan tahan panas untuk mengoleskan saus ke bahan makanan.

Selain menambah cita rasa, saus tersebut mampu menciptakan aroma sedap yang mampu membuat selera makan semakin menjadi-jadi. Alhasil, banyak audiens acara tahun baru tidak sabar untuk mencicipi makanan yang sedang dipanggang.

Minuman Segar

Selain makanan, tentu acara BBQ tahun baruan tidak akan lengkap kalau tidak disandingkan dengan minuman enak dan menyegarkan. Jika tidak, bisa kamu bayangkan banyak orang yang terasa seret tenggorokannya?

Salah satu minuman segar yang selalu ada di setiap acara adalah sirup atau minuman bersoda. Namun, untuk menciptakan suasana baru perlu menyajikan varian minuman lainnya, contohnya seperti fruit punch atau milkshake.

Alhasil, para hadirin acara BBQ tahun baruan akan memiliki pilihan yang luas untuk menghilangkan dahaga karena menikmati hidangan BBQ. Tetapi jangan lupa untuk selalu menyajikan air putih.

Isi Acara yang Seru

Acara BBQ yang dijalankan memiliki waktu yang sangat panjang tergantung dari jam berapa acara tersebut dimulai, dan akan berakhir saat tengah malam setelah pergantian tahun.

Apabila acara tersebut dilangsungkan pada pukul enam, tentu acara tersebut akan berlangsung kurang lebih enam jam. Waktu yang panjang tersebut akan terasa membosankan kalau tidak diselingi dengan acara hiburan.

Kamu bisa mengisi acara BBQ dengan membuat acara tertentu, seperti adanya panggung kecil untuk stand up comedy, menonton film bersama, atau game-game seru seperti game psikologi Werewolf.

Dengan begitu, acara BBQ semakin seru sambil menunggu makanan panggangan dihidangkan dan penyambutan tahun baru.

Cara Mudah Membersihkan Alat Panggang BBQ

Segera Bersihkan Setelah Digunakan Menggunakan Air dan Sabun

Setelah alat panggang BBQ selesai digunakan, maka sangat disarankan untuk langsung membersihkan peralatan BBQ tersebut. Kamu bisa menggunakan air dan sabun untuk membersihkan seluruh permukaan peralatan.

Penggunaan air hangat serta sabun cuci piring sangat disarankan. Karena pencampuran antara air hangat dan sabun cuci piring dipercaya mampu menghilangkan lemak-lemak bekas bahan makanan yang lengket pada permukaan peralatan.

Jika noda bekas panggangan membandel, maka kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang dijamin ampuh.

Gosok Menggunakan Sabut Gosok Nilon

Memang, untuk membersihkan permukaan alat panggang BBQ yang sulit dijangkau adalah menggunakan sebuah sikat panjang, terkadang memakai sikat yang kasar untuk membersihkannya. Namun ternyata hal tersebut sangat tidak disarankan.

Permukaan sikat yang kasar, seperti sikat kawat, bisa membuat permukaan alat pemanggangan menjadi terkikis dan rusak. Selain itu pula, apabila menggunakan sikat bulu yang mudah lepas, bisa saja menjadi salah satu bahan perapian. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan dari makanan yang dipanggang.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan sabut gosok berbahan dasar nilon. Sabut berjenis ini tidak akan meninggalkan bulu-bulu seperti sikat gosok sebelumnya.

Keringkan Setelah Pembersihan

Setelah melakukan semua rangkaian pembersihan alat panggang BBQ, maka keringkan seluruh permukaan dan celah-celah tertentu. Tujuannya adalah agar peralatan BBQ tersebut tidak akan mudah rusak dan berkarat, bahkan supaya terhindar dari kelembaban yang menjadi sarang kuman.

Hal ini penting untuk dilakukan karena alat panggang BBQ ini sangat jarang digunakan. Hanya akan terpakai untuk acara atau menu masakan tertentu. Dengan melakukan perawatan yang benar, masa pakai peralatan akan bertahan lama.

10 Rekomendasi Alat Panggang BBQ Tahun Baruan

Maestro ET-K111

Maestro ET-K111 ini bahan bakar dengan menggunakan gas, sehingga sangat praktis untuk digunakan untuk kegiatan tahun baruan secara outdoor. Apabila bahan bakar telah habis, maka tidak perlu repot untuk membuat bara api seperti menggunakan arang atau tempurung kelapa.

Cukup dengan mengganti tabung gasnya saja. Alat pemanggangan ini mampu proses pemanggangan dengan waktu yang singkat akibat terdapat dua tungku perapian. Maka, para hadirin acara tahun baruan tidak akan kelaparan.

Harga Rp. 550.000-800.000

Modena BB 1046 G

Jika kamu mencari alat panggang BBQ yang hemat bahan bakar, maka Modena BB 1046 G ini sangat direkomendasikan untuk kamu. Sebab dengan teknologi infrared dan tekanan gas rendah, maka pemakaian gas sangatlah irit.

Apalagi ternyata tray tempat memanggang bahan makanan terbuat dari stainless steel, sehingga sangat aman dari serangan karat. Paket komplit pemakaian gas irit dan berbahan anti karat ini menjadi nilai plus sebagai alat panggang BBQ yang dipakai untuk tahun baruan.

Harga Rp. 900.000-1.300.000

Tefal OptiGrill+ GC713

Alat panggang BBQ dengan model yang canggih patut disematkan pada Tefal OptiGrill+ GC713 ini. Berbentuk yang sangat futuristik dan berdaya listrik untuk pembakarannya sangat mencerminkan peralatan modern masa kini.

Salah satu kecanggihan yang dimilikinya adalah terdapat fitur memasak otomatis yang bisa membaca berat dan ketebalan dari bahan makanan yang akan dipanggang. Selanjutnya, panggangan akan memasak bahan makanan dengan pertimbangan waktu dan suhu yang tepat secara otomatis, dan menghasilkan kematangan yang sempurna.

Harga Rp. 3.700.000-6.000.000

Getra HGJ-3P

Getra HGJ-3P ini sangat cocok digunakan untuk acara BBQ tahun baruan pada skala besar. Sebab, alat panggang BBQ berbahan bakar gas ini memiliki ukuran yang besar, sehingga mampu memanggang banyak bahan makanan dalam satu waktu sekaligus.

Di samping itu, terdapat fitur yang bisa membuat tusukan panggangan berputar 360 derajat. Alhasil, pemanggangan bahan makanan akan merata dan menghasilkan kematangan secara sempurna.

Harga Rp. 18.000.000-21.000.000

Harnic Heles HSM 030

Kepraktisan dalam proses pemanggang akan kamu rasakan pada alat panggang BBQ yang satu ini. Harnic Heles HSM 030 ini memiliki dua sisi yang mampu memberikan kematangan bahan makanan merata sempurna.

Panggangan listrik berdaya 1300 watt ini memiliki sebuah penampungan yang bisa menampung sisa minyak hasil pemanggangan, ditambah lagi dengan permukaan pemanggangan berbahan teflon anti lengket. Hasilnya, pembersihan alat panggang ini sangat mudah dilakukan.

Harga Rp. 200.000-330.000

Philips HD 6320

Panggangan yang berasal dari merk terkenal keawetannya ini menghadirkan alat panggang BBQ dengan tampilan yang minimalis dan modern. Philips HD 6320 ini merupakan alat pemanggangan dengan sumber perapiannya menggunakan daya listrik sebesar 1500 watt.

Alat pemanggangan ini dihadirkan dengan dua permukaan plat yang berbeda, yakni bergaris dan polos. Selain itu, kebersihan alat semakin terjaga karena terdapat sebuah tray yang mampu menampung sisa-sisa minyak saat dilakukan pemanggangan.

Harga Rp. 1.150.000-4.000.000

GM Bear 1249

Alat panggang BBQ berdaya listrik selanjutnya adalah GM Bear 1259 yang mampu memberikan cita rasa lezat layaknya memanggang bahan makanan menggunakan api arang. Tentu hal tersebut tidak bisa dirasakan dari kebanyakan alat panggang listrik.

Fitur bongkar pasang yang disematkannya menjadikan alat panggang ini sangat mudah untuk disimpan dimana saja. Alhasil, kamu tidak perlu bingung tempat penyimpanannya sebelum digunakan kembali untuk acara tahun baru berikutnya.

Harga Rp. 180.000-300.000

Maspion Bromo Grill

Model tradisional tidak akan pernah mati. Hal ini patut disematkan pada alat panggang BBQ Maspion Bromo Grill ini yang mengusung nuansa old school.

Bahan bakar yang digunakan adalah arang atau tempurung kelapa. Meskipun begitu, asap dari bahan bakar tidak akan mampu menyebar karena telah disematkan sebuah tutup berbahan stainless steel.

Tidak hanya untuk menghalau asap keluar, namun juga membantu kematangan bahan makanan merata sampai bagian atas yang tidak terkena bara api.

Harga Rp. 385.000-560.000

RB Halogen Grill RH-GP D1500

Alat panggang BBQ berteknologi canggih lainnya, yaitu RB Halogen Grill RH-GP D1500. Tidak api dan tidak ada asap, bahan makanan yang dipanggang akan masak secara merata.

Aneh bin ajaib, proses pemanggangan yang dilakukan oleh alat panggang satu ini menggunakan inframerah halogen yang diusungnya. Alat yang membutuhkan daya listrik sekitar 750 sampai 1500 watt ini memiliki fitur dimana grill pan bisa berputar 360 derajat, sehingga kematangan bisa merata.

Harga Rp. 2.200.000-3.400.000

Severin RG 2686

Tidak hanya manusia dan komputer yang mampu multitasking, Severin RG 2686 juga mampu bekerja secara multitasking dengan pemanggangan dua tingkat.

Tingkat pertama biasanya digunakan untuk menggoreng bahan makanan tertentu, seperti telur dan sosis. Kemudian, pada tingkat atas terdapat permukaan bergaris yang digunakan untuk memanggang bahan makanan seperti daging atau ayam.

Harga Rp. 800.000-1.900.000
From our editorial team

Beragam Jenis Grill atau Panggangan Bisa Dipilih untuk Menikmati Pesta BBQ!

Kami merekomendasikan berbagai jenis grill atau panggangan sesuai dengan kebutuhanmu. Tak perlu risau, apa pun acara dan jenis bahan masakanmu, salah satu panggangan di atas pasti cocok untuk memanggangnya!