10 Rekomendasi Reel Pancing Murah dan Kuat agar Hasil Tangkapan Memancing Semakin Maksimal

10 Rekomendasi Reel Pancing Murah dan Kuat agar Hasil Tangkapan Memancing Semakin Maksimal

Reel adalah komponen memancing yang sangat penting. Buat kamu pemancing pemula atau yang sudah lama hobi memancing, BP-Guide punya rekomendasi reel pancing yang murah dan berkualitas.

Hobi Mancing? Maka Kamu Harus Mempersiapkan Reel yang Oke

Sumber gambar https://www.pexels.com

Setiap orang pasti memiliki hobi untuk melepaskan stres dan lelah akibat aktivitas sehari-hari. Salah satu hobi yang sangat populer adalah memancing. Kegiatan memancing disenangi oleh remaja pria hingga dewasa. Sangat jarang wanita yang memiliki hobi memancing.

Selain mengasyikkan, memancing memerlukan biaya yang tidak sedikit. Peralatan yang kamu gunakan saat memancing ikut menentukan keberhasilanmu dalam menangkap hasil pancingan. Salah satu komponen penting yang harus dipersiapkan adalah reel.

Reel berfungsi untuk memudahkan pemancing dalam menarik dan mengulur senar. Ada banyak macam reel yang dijual di pasaran yaitu bait casting reel, trolling reel, spinning reel, dan flying fishing reel. Semakin bagus reel yang digunakan, maka semakin besar kekuatannya untuk menahan ikan yang melawan.

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Mencari Reel Pancing Murah dan Kuat

Ukuran Reel

Sumber gambar https://www.pexels.com

Perhatikan setiap detailnya baik-baik saat membeli reel pancing. Pilih ukuran reel yang sesuai dengan joran agar alat pancing nyaman digunakan. Ukuran reel sendiri biasanya adalah 500 sampai 20000.

Reel dengan ukuran 500-100 cocok untuk teknik casting di tempat pemancingan yang tidak terlalu besar seperti danau atau kolam. Ukuran 1000-25000 juga cocok untuk teknik casting namun dapat digunakan di tempat yang lebih besar seperti muara dan tepi pantai.

Sedangkan ukuran 2500-3000 dapat digunakan untuk teknik light jigging dan buttom fishing di muara, tepi pantai, dan sungai. Reel dengan ukuran 4000 ke atas digunakan untuk memancing di air laut yang ikannya lebih besar dan beragam.

Gear Ratio

Sumber gambar https://www.pexels.com

Gear ratio adalah jumlah putaran yang dibuat oleh spool dalam satu putaran penuh. Ada bermacam-macam gear ratio antara lain 3:1, 4:5, 5:0, 6:1 dan masih banyak lagi. Pada rasio 3:1, spool harus berputar sebanyak 3 kali dalam 1 putaran. Namun, rasio itu dinilai kecil dan lambat. Gear dengan rasio 6:1 bisa menghasilkan putaran yang lebih cepat sehingga mampu melawan ikan besar.

Ukuran gear ratio harus disesuaikan dengan teknik memancing dan lokasi pemancingan. Jangan sembarangan memilih gear ratio karena gear yang dapat berputar cepat belum tentu yang terbaik untuk kegiatan memancingmu.

Material Berkualitas

Sumber gambar https://unsplash.com

Reel sebagai tempat berputarnya senar pancing berfungsi memudahkan pemancing untuk melepar umpan dan menarik ikan. Kekuatan reel ditentukan oleh material pembuatnya. Bahan pembuat reel antara lain adalah plastik, aluminium, dan grafit. Bahan yang terkuat adalah aluminium dan grafit adalah yang paling ringan.

Sebagai pembeli kamu harus jeli dalam membaca spesifikasi barang agar bisa mendapatkan barang terbaik dengan harga murah. Semakin tinggi kualitas reel, tentu saja harganya semakin mahal. Reel yang murahan dan tidak berkualitas akan mudah patah dan tidak bisa berputar dengan baik.

Benang Pancing

Sumber gambar https://www.pexels.com

Senar berperan penting dalam kegiatan memancing. Kekuatan senar akan memudahkan pemancing saat menarik ikan, terutama ikan yang besar. Ada dua jenis senar yang dijual di pasaran, yaitu monofilament dan multifilament. Monofilament terbuat dari bahan nilon dan berserabut tunggal, berbeda dengan multifilament yang memiliki banyak serabut.

Jenis senar yang akan dibeli harus disesuaikan dengan joran dan reel pancing. Jika senar tidak sesuai dengan komponen yang lain, maka performa yang dihasilkan bisa sangat mengecewakan.

10 Reel Pancing Murah dan Kuat 2020

Golden Fish Metanium 405 (4000)

Kamu yang suka memancing di kolam atau danau cocok menggunakan reel ini. Reel dengan ukuran 4000 ini memiliki ketahanan yang tinggi dan dibuat secara presisi.

Gear spool terbuat dari bahan aluminium yang berkualitas dan kuat dengan rasio 4.7:1. Kapasitas senar pada reel ini adalah 40-120. Hadir dalam warna black gold yang elegan.

Harga Rp. 175.000-299.000

Golden Fish Metanium 205 (2000)

Reel dengan ukuran 2000 ini sangat stabil untuk teknik casting di sungai, muara, dan waduk. Memiliki 5 ball bearing yang dibuat secara presisi dengan ketahanan yang luar bisa.

Reel ini memiliki gear ratio 5.1:1 dengan gear spool yang terbuat dari bahan aluminium berkualitas. Warna emas pada bagian pegangannya yang dipadukan dengan warna hitam menghasilkan tampilan reel yang elegan.

Harga Rp. 178.000-300.000

Golden Fish Metanium 105 (1000)

Satu lagi reel berkualitas dari Golden Fish. Cocok untuk kamu yang suka memancing di air tawar, terutama di empang. Reel ini juga bisa digunakan untuk memancing di air laut, lho.

Alat yang memiliki 5 ball bearing ini dapat digunakan di kanan dan kiri. Gear ratio reel adalah 5.1:1. Beratnya 250 gram dengan ukuran reel 1000.

Harga Rp. 125.000-225.000

Maguro Barra 1000

Reel Maguro Barra 1000 hadir dengan spesifikasi terbaik dan ketahanan yang tinggi. Dilengkapi 5 ball bearing yang dibuat secara presisi, cocok untuk teknik casting di waduk, muara, hingga lautan.

Gear spool yang besar dan kuat terbuat dari bahan aluminium, membuat kinerja reel sangat mulus. Gear ratio yang dimiliki adalah 4.9:1. Perpaduan tiga warna yaitu hitam, emas, dan perak juga membuat produk ini terlihat sangat elegan.

Harga Rp. 159.000-303.000

Maguro Barra 2000

Reel Maguro Barra 2000 adalah reel yang stabil dengan durabilitas tinggi. Rotor berbentuk segitiga dan dilengkapi kekuatan drag intensif akan memudahkanmu saat memancing.

Potongan gear kuningan pinion dibuat secara presisi sehingga nyaman digunakan. Poros utama reel terbuat dari bahan stainless steel. Dapat digunakan dengan handle kiri atau kanan.

Harga Rp. 164.700-330.000

Kaizen Hato 1000

Reel merek Kaizen Hato ini menjadi favorit bagi banyak pemancing karena menghasilkan putaran yang sangat halus dan bagian spool-nya terbuat dari bahan aluminium yang kuat.

Dengan ukuran 1000, reel ini cocok digunakan memancing di kolam atau sungai. Kamu yang masih pemula dapat menggunakan reel ini karena kestabilannya yang tinggi. Daya tarik maksimal reel adalah 2 kg dengan gear ratio 5.1:1.

Harga Rp. 113.160-208.400

Exory Acura 2000

Jika kamu suka memancing di muara, rawa-rawa dan waduk, Reel Exori Acura 2000 adalah pilihan yang tepat. Gear spool-nya terbuat dari bahan aluminium dan knop handle-nya terbuat dari bahan karet. Produk ini memiliki 6 ball bearing dengan gear ratio 5:1:1.

Harga Rp. 145.000-300.000

Versus Taurus 6000

Reel yang bagus adalah reel yang stabil, memiliki ketahanan tinggi, dan mampu menghasilkan gerakan yang mulus. Oleh karena itu, gunakan reel yang memiliki setidaknya 4 ball bearing.

Reel Pancing Versus Taurus 6000 10+1 BB adalah sebuah produk berkualitas yang dibuat dengan standar internasional. Gear spool-nya terbuat dari bahan aluminium dan rasionya 5.1:1. Daya tarik maksimalnya adalah 9 kg dan beratnya 415 g.

Harga Rp. 260.000-687.000

Versus Coleman 1000

Reel Versus Coleman 1000 mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya dengan 5+1 ball bearing dan gear dengan rasio 5.1:1. Spool-nya terbuat dari bahan aluminium dan dapat digunakan pada tangan kanan atau kiri. Reel ini menggunakan sistem satu arah.

Harga Rp. 165.000-246.000

Versus Duval 3000

Reel Versus Duval 3000 hadir dengan 9+1 ball bearing dan memiliki daya tahan tinggi. Gear spool-nya terbuat dari bahan aluminium dengan rasio 5.1:1. Sistem yang digunakan satu arah. Alat ini bisa digunakan pada handle kanan atau kiri.

Harga Rp. 295.000-385.000
From our editorial team

Memancing Adalah Hobi yang Menyenangkan

Memancing adalah hobi bagi sebagian besar orang, terutama laki-laki. Konon memancing dapat membuat pikiran menjadi rileks dan melepaskan penat akibat kesibukan sehari-hari. Selain itu, memancing juga penuh dengan tantangan dan membangkitkan jiwa kompetitif penikmatnya. Lengkapi peralatan memancingmu dengan rekomendasi reel pancing terbaik dari BP-Guide di atas, ya.

Tag