10 Rekomendasi Folding Bike Terbaik untuk Dewasa tahun 2021

10 Rekomendasi Folding Bike Terbaik untuk Dewasa tahun 2021

Sepeda lipat adalah sepeda dengan banyak keunggulan. Kamu bisa manfaatkan sepeda lipat untuk menunjang kebugaran tubuh kamu selama puasa. Nah, untuk memilih sepeda lipat tak bisa asal saja. Simak tips memilih sepeda lipat dari kami. Selain itu, jangan lewatkan juga rekomendasi sepeda lipat terbaik untuk dewasa yang kami persembahkan di bawah beserta link pembeliannya!

Sepeda Lipat Nyaman Dipakai Olahraga Dimana Saja

Masa pandemi membuat kita banyak berdiam diri di rumah. Ini secara tidak langsung mengurangi gerak aktif kita. Bahkan beberapa orang langsung naik berat badan karena malas bergerak saat di rumah. Akibatnya, tubuh jadi kurang bugar dan kerap terasa cepat lelah.

Di bulan puasa seperti sekarang, banyak di antara kita yang merasa berpuasa saja cukup untuk menurunkan berat badan. Padahal, percuma berpuasa jika kita hanya tiduran saja. Yang ada malah berat badan makin naik. Oleh karena itu, yuk ubah kebiasaan kita dan mulailah untuk berolahraga teratur demi tubuh yang bugar dan demi membuat bobot tubuh kembali ideal.

Salah satu jenis olahraga mudah yang bisa kamu lakukan adalah bersepeda. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan bersepeda, contohnya jantung lebih kuat, peredaran darah lebih lancar, nafas lebih lega, dan lemak menurun. Kamu bisa bersepeda kala Ngabuburit sehingga capeknya tidak terlalu terasa.

Jika kamu gemar bersepeda namun tak punya ruang penyimpanan yang cukup di rumah, kamu bisa lirik sepeda lipat. Ini merupakan sepeda kekinian yang banyak disukai para milenial. Sepeda lipat ini bisa jadi moda transportasi yang hemat dan praktis. Selain itu, bisa juga jadi sarana olahraga kamu untuk membentuk tubuh kembali bugar.

Sepeda lipat memiliki sederet keunggulan dibanding sepeda pada umumnya. Sepeda lipat lebih praktis dibawa kemana saja. Bobotnya juga ringan sehingga kamu tak akan keberatan membawanya. Semisal kamu ingin bersepeda di suatu daerah, lipat saja sepedamu lalu masukkan ke mobil atau kendaraan umum yang kamu naiki. Kamu bisa mudah menggowesnya di tempat mana saja yang kamu inginkan.

Sepeda ini juga fleksibel dan sangat mudah disimpan. Kamu tak butuh banyak space di rumah untuk menyimpan sepeda ini. Letakkan di sudut mana saja yang tak mengganggu, praktis sekali, bukan?

Sepeda lipat hadir dengan desain yang keren. Ini membuat kamu jadi lebih percaya diri saat menggowesnya. Perawatan sepeda ini juga lebih murah dari sepeda pada umumnya. Sepedanya tahan banting sehingga tahan lama digunakan.

Tips Memilih Sepeda Lipat Terbaik untuk Olahraga

Bahan Rangka Berkualitas

Ketika hendak membeli sepeda lipat, tentunya kita bisa memilih dari bahan rangkanya. Pemilihan bahan rangka bisa memberi pengaruh pada bobot sepeda dan rasa yang kita rasakan saat berkendara. Bahan rangka sepeda juga akan memberikan pengaruh terhadap harga sepedanya.

Umumnya, sepeda dengan rangka bahan besi lebih murah jika dibandingkan dengan sepeda yang rangkanya berbahan aluminium. Meski demikian, sepeda rangka besi memiliki bobot berat jadi sedikit menyusahkan. Bobot sepeda yang berat membuat kita lebih cepat lelah saat berkendara.

Pilih Diameter Roda dan Sesuaikan dengan Bobot Tubuh

Sebuah sepeda lipat umumnya memiliki diameter ban 16 inci dan 20 inci. Makin kecil diameter roda sepeda, maka hasil lipatan sepeda jadi makin ringkas. Namun, ukuran diameter sepeda juga bisa berpengaruh terhadap feel saat riding. Sehingga diameter ban yang besar bisa bikin kita jadi lebih nyaman dibanding diameter ban sepeda yang kecil.

Sesuaikan juga ukuran ban dengan bobot kamu. Kalau bobot berat badanmu terlalu berat, maka sebaiknya memilih diameter ban yang lebih besar. Ini karena jika beratmu berlebih dan kamu memakai diameter ban yang kecil maka jadi lebih rentan mengalami kerusakan.

Cek Kecepatan

Sepeda lipat umumnya dibekali dengan kecepatan yang beragam. Ada juga yang memiliki kecepatan yang bisa disesuaikan dari 1 speed hingga 11 speed. Fitur pengubah kecepatan ini sangat penting untuk ada dalam sepeda lipat. Ini karena kecepatan bisa mempermudah kamu melewati jalan naik ataupun turun. Makin banyak pengaturan kecepatan yang ditawarkan, makin mahal pula harga sepeda.

Pilih Tipe Sesuai Kebutuhan

Sepeda lipat hadir dalam banyak tipe. Ada yang tipe city tour ada juga yang tipe sepeda gunung. Selain itu ada tipe brand lokal indie, ada juga yang merek yang sudah terkenal. Untuk sepeda tipe dari merek terkenal memiliki keunggulan yakni desain lebih menarik dan kualitas lebih terjamin. Kamu bisa sesuaikan tipe yang kamu inginkan untuk kebutuhan kamu. Semisal kamu suka bertualang outdoor, kamu bisa pilih sepeda lipat tipe sepeda gunung. Semisal kamu lebih suka mengendarai sepeda di jalan mulus perkotaan maka lebih baik memilih sepeda tipe city tour, dan seterusnya.

Ini Dia Pilihan Sepeda Lipat Dewasa untuk Kamu

United Trifold 7 Speed

United Trifold 7 Speed merupakan produk dengan desain yang kekinian. Sepeda lipat ini terbuat dari bahan alloy untuk rangkanya. Meski bahannya ringan namun sangat kokoh dan bisa tahan lama. Posisi sadelnya membuat kita jadi bisa lebih tegak saat mengendarainya. Sepeda pas untuk remaja dan juga dewasa.

Produk ini hadir dengan aneka fitur menarik. Contohnya adalah adanya lampu LED, adanya bagasi belakang, dan juga adanya sistem gear dengan 7 speed. Untuk penyimpanan juga sangat mudah dan hemat tempat. Ini karena sepedanya bisa dilipat di tiga titik. Uniknya, ada roda kecil yang bisa kamu gunakan untuk mendorong sepeda dalam kondisi terlipat.

Desain sepedanya stylish dengan sambungan las rapi. Produk ini memakai komponen Shimano yang sudah terkenal bagus di kelasnya. Sepeda mampu melewati medan tanjakan hingga medan mulus dengan nyaman. Bagian pegangan sepeda juga nyaman karena dibuat sesuai kontur genggaman tangan. Untuk mengoperasikan gigi, kamu cukup memakai ibu jari dan telunjuk.

Sistem pengeremannya V brake di bagian depan dan belakang. Ukuran diameter bannya 16 inci. Berat sepeda keseluruhan adalah 14 kg.

Harga Rp. 7.700.000-11.369.230

Polygon Urbano 3

Polygon Urbano 3 merupakan sepeda dengan harga kelas mid-range. Merek Polygon tentu tak asing di telinga kita. Brand ini selalu mengeluarkan deretan sepeda bermutu dan berkualitas tinggi. Kali ini ada sepeda lipat yang nyaman dikendarai. Dirangkai dari komponen yang berkualitas, sepedanya tahan lama digunakan.

Desain sepedanya juga sangat berkelas dan bikin kamu jadi lebih percaya diri mengendarainya. Sepeda ini mudah untuk dilipat dan mudah disimpan karena tak makan banyak space di rumah. Ukuran diameter ban sepeda adalah 20 inci. Untuk pengeremannya memakai rem V brake yang kuat sehingga bisa maksimal dalam pmengerem. Desain dudukannya juga membuat pengendara jadi bisa selelu tegak dan tidak bikin cepat lelah serta sakit punggung.

Harga Rp. 4.100.000-5.000.000

Pacific 2980 RX-V 20

Pacific 2980 RX-V 20 hadir dengan rangka berbahan steel yang tahan banting. Bagian stang dan pedal bisa dilipat jadi sepeda bisa kamu bawa kemana saja sesuai keinginan. Bobot sepedanya ringan jadi tidak memberatkan. Produk bisa kamu simpan di bagasi mobil, garasi rumah, dan lain sebagainya tanpa memakan banyak tempat.

Sepeda keren ini dibanderol harga yang ramah kantong. Meski harganya terjangkau, produk ini memiliki 7 operan gigi sehingga kamu mudah menempuh aneka kondisi jalan dengan nyaman. Untuk mengoperasikan gigi, kamu tinggal ganti dengan ibu jari dan telunjuk saja. Komponen sepeda memakai merek Shimano jadi kualitasnya tak perlu diragukan. Sistem pengeremannya sederhana. Uniknya, sepeda juga bisa dipasangi bagasi belakang untuk membawa banyak barang.

Sepeda hadir dengan boncengan belakang yang besar. Frame sepedanya bergaransi selama 5 tahun. Sadel sepedanya besar dan empuk sehingga kamu bisa bersepeda dalam waktu lama tanpa terganggu.

Harga Rp. 3.375.000-5.600.000

Dahon SUV D6

Dahon SUV D6 cocok untuk kamu yang gemar melakukan kegiatan outdoor. Sepeda lipat ini akan menemani kamu menjelajah hutan dan lain sebagainya dengan nyaman. Kamu bisa bertualang dengan sepeda ini. Frame sepeda dari bahan steel yang kokoh dan tangguh di berbagai medan. Sepeda ini bisa jadi teman hangout bersepeda sore juga.

Untuk komponen sepeda memakai produk dari Shimano sehingga lebih tahan lama. Diameter ban sepeda adalah 20 inci. Sepeda ini direkomendasikan untuk tinggi pengguna145 cm hingga 190 cm. Berat pengguna yang disarankan maksimal adalah 105 kg.

Harga Rp. 5.200.000-8.750.000

Element Nicks 20

Element Nicks 20 hadir dengan rangka steel dengan desain yang penuh gaya. Ban sepeda memiliki diameter yang pas untuk remaja maupun dewasa. Produk ini mudah dikendarai di berbagai medan. Ada 9 x 2 opsi kecepatan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Produk ini juga hadir dengan sistem pengereman yang memakai rem cakram mekanik.

Desain sepeda aerodinamis dan memudahkan kamu mengayuhnya. Ada front block di bagian depan sebagai dudukan tas. Dari segi penyimpanan, sepeda sangat praktis karena bisa dilipat hingga tiga titik. Amannya lagi ada magnet di roda depan dan belakang agar sepeda tetap terlipat rapi.

Harga Rp. 4.005.000-5.000.000

Element Ecosmo 10

Element Ecosmo 10 hadir dengan tampilan yang berbeda dari sepeda lainnya. Desainnya sederhana namun justru terkesan elegan. Kamu bisa percaya diri memakainya ke berbagai tempat. Sepeda ini cocok untuk berbagai jenis permukaan jalan, dari yang medan lintasan sulit hingga medan yang mudah. Frame sepeda dari bahan alloy yang ringan namun kokoh. Ada 8 kecepatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk sistem pengereman memakai hydraulic disk brake yang nyaman.

Harga Rp. 3.037.000-7.880.000

Element Ecosmo 8 Speed Iron Man 20

Element Ecosmo 8 Speed Iron Man 20 ini unik dan juga menarik. Para remaja hingga dewasa bisa memakainya. Dengan warna mirip iron man, yakni merah kombinasi kuning, sepedanya cukup menarik perhatian. Frame sepeda dari bahan alloy yang ringan tapi kuat. Frame juga antikarat sehingga tahan lama digunakan.

Ada 8 operan gigi untuk berbagai kondisi jalan. Sistem pengereman sepeda juga memakai rem cakram yang bikin kita lebih aman berkendara. Komponennya memakai Shimano jadi berkualitas tinggi dan tahan lama. Bagian stang hadir dengan fitur lock agar genggaman tidak bergeser. Sepeda mudah dilipat dan ringkas disimpan maupun dibawa kemana saja. Ada magnet di roda depan dan belakang sehingga sepeda tetap bisa terkunci saat terlipat.

Harga Rp. 3.350.000-5.906.000

Pacific Sepeda Lipat NORIS PRO 20 inch

Pacific Sepeda Lipat NORIS PRO 20 inch adalah sepeda yang cocok menemani kamu bersepeda kala Ngabuburit. Sepeda ini desainnya kokoh dan tampak modern. Bahan frame dari alloy yang ringan sehingga memudahkan kamu membawa sepedanya. Produk ini hadir dengan fitur 8 speed yang mudah dikendalikan. Stang dan dudukan sepeda juga nyaman sehingga kita betah bersepeda dalam waktu lama. Remnya cakram sehingga kuat dan aman digunakan.

Harga Rp. 4.875.000-12.480.000

Brompton M6R

Brompton M6R merupakan sepeda yang hadir dengan harga yang luar biasa. Tak heran jika harganya mahal karena sepeda ini dibuat oleh para ahli di bidangnya. Desainnya begitu teliti dibuat sehingga bisa membuat setiap lekuk tubuh nyaman memakainya. Sepeda juga praktis dan tangguh di berbagai tipe jalanan. Dengan 6 sistem percepatan, kamu bisa mengubahnya dengan mudah. Frame sepeda berbahan steel yang kokoh dan antikarat.

Harga Rp. 35.000.000-67.000.000

Foldx X-lite 20

Foldx X-lite 20 merupakan rekomendasi terakhir kami. Desain sepedanya stylish dengan stiker yang bisa menyala. Ini membuatnya aman digunakan berkendara kala cuaca gelap. Sepeda lipat ini bisa digunakan dalam posisi tegak dan nyaman karena dudukan sepeda dan stangnya juga begitu nyaman dan bisa disesuaikan dengan tinggi pengguna. Ada 11 pilihan kecepatan yang bisa digunakan dalam produk ini. Sepeda lipat ini rangkanya berbahan alloy yang mudah dirawat dan antikarat. Bobot sepeda juga terbilang ringan. Ada front block di rangka depan sepeda. Produk ini ringkas saat disimpan karena bisa mudah dilipat di bagian rangka, pedal, dan stangnya. Ada juga magnet pada roda yang bisa membuat sepeda jadi lebih aman tersimpan.

Harga Rp. 9.499.000-12.960.000
From our editorial team

Carilah Informasi Sebanyak Mungkin

Saat akan membeli sepeda, kamu tak bisa langsung pergi ke toko sepeda dan memilih di sana. Ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Ada baiknya kamu browsing informasi dulu mengenai tipe sepeda yang ingin kamu beli. Carilah 2 atau 3 tipe sepeda dan merek sepeda yang kamu inginkan. cari informasi sebanyak mungkin mengenai sepeda yang akan kamu beli. Kamu bisa melihat review pembeli, bisa melihat keawetan sepeda dari review, hingga mencari tahu pasaran harga sepedanya. Dengan begini, saat membeli di toko sepeda, kamu bisa langsung menanyakan sepeda yang kamu inginkan. Dan jika tidak ada, kamu bisa cari sepeda lain yang sudah kamu inginkan juga dan sudah kamu cari informasinya