Nikmati Liburan Sekolah dan Akhir Tahun Menyenangkan di 10 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Terbaik di Indonesia (2022)

Nikmati Liburan Sekolah dan Akhir Tahun Menyenangkan di 10 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Terbaik di Indonesia (2022)

Berkunjung ke tempat wisata edukasi terbaik di Indonesia membantu anak mempelajari banyak hal yang baik untuk tumbuh kembangnya. Jadi, tunggu apalagi? Siapkan liburan menarik mereka sekarang juga!

Liburan Menyenangkan Sambil Belajar Berbagai Hal

Tiba di musim liburan sekolah dan akhir tahun membuat orang-orang sibuk merencanakan liburan. Jika kali ini kamu ingin berlibur namun tetap mendapatkan manfaat lain seperti edukasi dan lainnya, sangat tepat jika kamu memilih tempat wisata edukasi. Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak tempat wisata edukasi terbaik yang tersebar di berbagai kota.

Manfaat Wisata Edukasi bagi Anak

Menimbulkan Rasa Empati

Setiap detik dalam kehidupan adalah kesempatan untuk belajar banyak hal, termasuk bagaimana caranya agar seseorang bisa memiliki rasa empati. Nah, kamu bisa mencoba menimbulkan perasaan tersebut pada anak.

Caranya dengan mengajak mereka pergi ke berbagai tempat wisata edukasi terbaik, baik di dalam maupun di luar kota. Tentunya, sesuai budget dan kemampuan finansial masing-masing.

Saat berwisata, anak tentunya akan mendengarkan instruksi atas kegiatan yang akan dilakukan. Tanpa disadari, hal tersebut dapat menimbulkan rasa empati dalam diri anak. Ini berarti aak akan bisa mendengarkan dan berempati pada orang-orang di sekitarnya.

Mengasah Kemampuan Bahasa

Berwisata ke berbagai destinasi wisata edukasi terbaik sebenarnya lebih dari sekedar pergi jalan-jalan dan senang-senang saja. Anak berkesempatan untuk mengasah kemampuan bahasanya yang tentunya sangat baik untuk tumbuh kembang mereka.

Saat berwisata, artinya si buah hati akan berinteraksi dengan orang lain baik saat mendengarkan instruksi dari pemandu wisata maupun saat berkenalan dengan anak lain. Dengan begitu, anak akan lebih berani dalam berkomunikasi.

Bukankah ini merupakan hal baik dan salah satu cara tepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak tercinta?

Meningkatkan Motivasi Anak

Bukankah pada dasarnya anak-anak suka bermain? Nah, menghabiskan waktu di luar rumah untuk bermain sekaligus belajar, tentunya bisa kamu lakukan di salah satu tempat wisata edukasi terbaik di kota tempat tinggal.

Hal tersebut juga akan turut meningkatkan motivasi anak. Selain mempelajari apa saja yang bisa mereka lihat, nikmati, dan pelajari di tempat wisata, mereka juga bisa bertemu dengan banyak orang.

Dengan berbagai hal yang ditemui, akan semakin besar pula keingintahuan anak. Sehingga mereka akan lebih termotivasi untuk belajar mengenal banyak hal. Ini juga akan membantu anak dalam memperkaya pengetahuan yang akan mereka simpan di ingatannya.

Salah Santu Bentuk Kedekatan dalam Keluarga

Sudah menentukan tempat wisata edukasi terbaik mana yang akan dipilih untuk liburan anak? Mengajak anak bermain di tempat wisata edukasi juga bisa menjadi salah satu bentuk kedekatan keluarga.

Dimana anak akan bisa lebih dekat dengan orang tua serta anggota keluarga yang lain. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa sebaiknya sering melakukan liburan bersama.

Liburan bisa dilakukan tanpa harus menghabiskan uang yang banyak. Pilih saja destinasi terdekat yang juga sekaligus memberikan banyak manfaat bagi anak.

Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Terbaik

Museum Angkut

Memilih Malang sebagai lokasi destinasi wisata di akhir tahun ini? Bersama anak-anak tercinta, sangat pas jika kamu mengunjungi tempat wisata edukasi terbaik di kota ini, misalnya museum angkut.

Menjadi salah satu tempat wisata populer, destinasi ini memadukan konsep hiburan dengan edukasi. Jadi pengunjung bisa belajar tentang alat transportasi dari waktu ke waktu dari berbagai penjuru dunia.

Karena keunikannya, museum angkut di Malang ini menjadi sebagai satu-satunya tempat wisata dengan konsep angkutan di Asia Tenggara.

Jika penasaran, kamu bisa datang langsung dan persiapkan liburan tahun ini dengan baik, agar meninggalkan kesan menarik dan tak terlupakan, terutama untuk anak.

Faunaland Ancol

Jika kamu merupakan warga Jakarta, maka tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar kota untuk mengajak anak liburan sekolah. Dengan mendatangi Faunaland di Ancol pun anak akan merasa senang.

Menjadi salah satu tempat wisata edukasi terbaik, tentunya sangat sayang jika kamu tidak mencoba datang langsung ke lokasi wisata ini, bukan? Lokasinya berada di kawasan Ecopark Ancol, dimana pengunjung bisa menyaksikan koleksi berbagai hewan eksotis termasuk aneka burung, kanguru, serta singa putih.

Dengan luas sekitar 4 hektar, faunaland mendapatkan julukan sebagai kebun binatang mini. Jadi, cocok bagi anak-anak yang ingin bermain namun tetap mendapatkan nilai edukasi.

The Bagong Adventure

Mungkin sebagian dari kamu masih belum tahu kalau Malang menawarkan berbagai tempat wisata yang bisa sekaligus mengedukasi para pengunjung. Selain museum angkut, kamu juga bisa datang ke the bagong adventure yang museum bagong.

Tidak hanya untuk anak-anak, tempat wisata ini juga sangat cocok bagi remaja dan orang dewasa. Di bangunan 6 lantai ini, pengunjung bisa belajar tubuh manusia tentunya dengan cara yang tidak membosankan.

Dimana kamu bisa mengunjungi berbagai zona termasuk zona jantung, otak, paru-paru, hingga zona become a doctor. Bagi pengunjung yang penasaran dengan kondisi kesehatan, bisa mendapatkan layanan pemeriksaan tanpa harus pergi meninggalkan museum ini.

Cukup datangi zona the value adventure saja. Karena posisinya berada di pusat kota, tentunya membuat museum ini sangat strategi dan mudah dicapai dengan berbagai kendaraan termasuk transportasi umum.

Kota Tua Jakarta

Entah kenapa ibu kota, Jakarta selalu menarik untuk dikunjungi. Jadi, tidak heran jika begitu banyak tempat wisata yang bisa kamu pilih termasuk saat ingin mengedukasi anak dengan berbagai pengetahuan.

Belum pernah datang ke kota tua sama sekali? Mungkin kali ini kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk bermain sekaligus belajar bersama anak-anak di destinasi wisata edukasi satu ini.

Karena digemari oleh banyak wisatawan, tentunya kota tua menjadi tempat liburan yang begitu populer. Lokasinya yang berada di Jakarta Barat, membuat objek wisata ini mudah kamu kunjungi dengan akses yang mudah dan cepat.

Di sana, para pengunjung bisa belajar sejarah Batavia di masa lampau secara lebih mendalam. Berbagai spot menarik juga bisa pengunjung jelajahi termasuk museum fatahilah, museum BI, dan stasiun Jakarta Kota.

Ada juga spot lain seperti Pelabuhan Sunda Kelapa yang menjadi saksi jayanya Sunda Kelapa pada masa dulu.

Jatim Park 2 Kota Batu

Tidak salah jika kamu menjadikan Malang sebagai destinasi wisata atau liburan akhir tahun. Di sana, kamu bisa datang ke Jatim Park 2 yang berada di kota Batu, Malang yang merupakan tempat wisata edukasi terbaik lain.

Objek wisata ini memanjakan pengunjung dengan banyaknya pilihan wahana permainan menarik tanpa melupakan nilai-nilai edukasi. Selain museum satwa, pengunjung juga bisa berkeliling melihat batu secret zoo, miniatur candi, dan lainnya.

Karena popularitasnya, pengunjung tempat wisata ini tidak hanya merupakan warga kota Malang saja. Tetapi juga wisatawan dari berbagai kota lainnya yang turut meramaikan lokasi wisata andalan kota Malang ini.

Jadi, kamu akan tahu kalau ternyata Malang tidak hanya dijuluki sebagai kota Apel saja tetapi, juga menjadi destinasi liburan yang harus ada di dalam daftar yang kamu buat.

Museum Geologi Bandung

Bandung atau yang kita kenal juga dengan sebutan kota kembang bisa menjadi pilihan destinasi wisata lain. Di sana, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat termasuk museum geologi yang hadir sebagai salah satu tempat wisata edukasi terbaik di Indonesia.

Bahkan, museum ini menjadi salah satu museum yang paling sering dikunjungi baik di musim liburan atau di hari-hari biasa. Tentunya, tidak heran jika selalu banyak pengunjung yang berbondong-bondong datang berkunjung ke museum ini.

Seperti namanya, tempat wisata ini memungkinkan pengunjung menambah wawasan tentang geologi termasuk mineral, bebatuan, dan fosil. Bentuk bangunan yang unik dan sudah tua juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Gaya arsitektur Belanda melekat pada gedung ini. Memiliki dua lantai dimana masing-masing lantai terdiri dari berbagai ruangan dengan koleksi beragam.

Museum Purbakala Sangiran

Untuk melengkapi rekomendasi tempat wisata edukasi terbaik yang kamu dapatkan, mengapa tidak menambahkan museum purbakala sangiran yang ada di Sragen?

Di lokasi wisata satu ini, pengunjung akan seolah berada di masa lampau yang begitu memukau. Letak dari museum ini ada di area situs warisan budaya UNESCO adalah lokasi ditemukannya fosil manusia purba.

Jadi, sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai tempat wisata edukasi, dimana kamu dan anak tercinta bisa belajar tentang evolusi manusia.

Kandank Jurank Creative Park

Bagi sebagian orang, namanya mungkin terdengar begitu aneh dan tidak familiar. Namun, kandank jurank merupakan destinasi wisata yang memungkinkan buah hati bunda bermain sekaligus belajar di alam terbuat.

Meski pada awalnya hanya sebuah kolam alam, tetapi saat ini bisa kamu jadikan sebagai pilihan tempat wisata edukasi terbaik. Di sana, anak-anak bisa melakukan berbagai aktivitas termasuk menari, bernyanyi, menggambar, atau aktivitas lain yang mereka sukai.

Melalui aktivitas tersebut, mereka bisa belajar mengasah kreativitas serta mengembangkan jiwa seni. Adapun lokasi dari destinasi wisata edukasi satu ini adalah di Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Nah, Bunda bisa datang bersama buah hati tersayang serta anggota keluarga lain di hari Senin hingga Jumat dari jam 10 pagi hingga jam 8 malam. Bisa juga datang pas weekend yaitu di hari Sabtu dan Minggu mulai jam 8 pagi hingga jam 8 malam.

Sementara untuk kisaran harga tiket masuk (HTM) adalah mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 500 ribu. Tertarik untuk mencobanya terlebih saat musim liburan telah tiba?

Taman Pintar

Untuk warga yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, kalian tidak perlu repot-repot pergi ke ibu kota Jakarta apabila ingin bermain sembari belajar bersama anak-anak tercinta. Mengapa? Di Yogyakarta juga ada tempat wisata edukasi terbaik.

Nah, salah satunya adalah taman pintar yang juga turut membuat kota satu ini populer. Berlokasi di Jalan Panembahan Senopati nomor 1-3 dan dekat dengan kawasan benteng vredeburg.

Tempat wisata satu ini bisa kamu manfaatkan untuk mengajari anak tercinta, agar bisa memperdalam ilmu pengetahuan dengan cara yang seru serta tidak membosankan. Terdapat beberapa zona dan wahana termasuk zona replika, otomotif, pengelolaan minyak bumi, dan lainnya.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan tempat wisata edukasi terbaik yang juga tidak boleh kamu lewatkan. Dimana kamu bisa mengajak anak untuk lebih mengenal Indonesia dari ujung timur hingga ujung barat tanpa harus berkeliling Indonesia secara langsung.

TMII memiliki konsep edukasi dan budaya bangsa dari berbagai pelosok negeri. Dengan demikian, baik orang dewasa maupun anak-anak bisa mengenal budaya serta tradisi masyarakat Indonesia dari berbagai suku yang berbeda.

Menurut informasi yang didapatkan, hingga tahun 2000, terdapat 27 anjungan di TMII yang sesuai dengan jumlah provinsi di Indonesia pada saat itu. Setelah adanya pemekaran provinsi menjadi 34 provinsi, kembali ditambahkan anjungan sesuai dengan nama provinsi tersebut meski dengan ukuran yang kecil.

Beberapa diantaranya adalah Banten, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Papua Barat, dan Kepulauan Riau. Terdapat pula berbagai bangunan yang tidak kalah menarik dan mengedukasi termasuk bangunan keagamaan, museum, bioskop, perpustakaan, dan lain sebagainya. Anak bahkan bisa semakin menikmati kegiatan mereka dengan adanya sarana rekreasi anak di TMII.

From our editorial team

Persiapkan Liburan Anak Agar Meninggalkan Kesan Mendalam

Berlibur di akhir tahun sekaligus saat momen liburan sekolah adalah saat yang ditunggu-tunggu terutama oleh anak-anak. Sebagai orang tua, kamu bisa memilih tempat wisata yang juga bisa menambah pengetahuan dan wawasan bagi anak. Nah, sangat tepat untuk memilih berlibur ke tempat wisata edukasi terbaik yang tersebar di berbagai kota.