10 Lokasi Traveling Bersama Keluarga yang Dijamin Seru dan Mengasyikkan! (2023)

10 Lokasi Traveling Bersama Keluarga yang Dijamin Seru dan Mengasyikkan! (2023)

Libur hampir tiba, saatnya Anda dan keluarga merencanakan liburan bersama. Sesekali penting untuk berlibur bersama agar semakin erat dan harmonis. Nah, intip tips dari BP-Guide agar liburan bareng keluarga makin menyenangkan. Cek juga deretan lokasi yang kami rekomendasikan untuk Anda dan keluarga!

Pentingnya Traveling Bersama Keluarga

Kesibukan kadang membuat kita jadi tidak punya waktu bersama keluarga. Padahal, orang terdekat kita adalah keluarga. Jika ada hal yang terjadi, merekalah yang pertama akan merangkul kita. Maka dari itu, apapun kesibukan Anda, selalu ingat untuk menyempatkan waktu bersama keluarga. Anda bisa makan bersama, melakukan kegiatan bersama, atau bahkan sesekali traveling bersama.

Kegiatan traveling bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan. Ini merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang demi menjaga ikatan emosional antar anggota keluarga. Traveling bersama keluarga juga bisa jadi cara agar komunikasi antar anggota keluarga berjalan dengan lancar. Dengan komunikasi yang baik antar anggota keluarga, tentu hubungan jadi makin erat.

Traveling bersama keluarga juga bisa membuat Anda dan keluarga belajar menyelesaikan masalah yang ada. Ketika liburan tentu kadang ada drama baik dalam pengemasan perlengkapan liburan, pemesanan penginapan, hingga dalam pemilihan transportasi. Masalah apapun akan teratasi jika komunikasi keluarga berjalan baik dan jika seluruh anggota keluarga bisa bekerja sama memecahkan masalah.

Manfaat lain dari traveling bersama keluarga adalah Anda bisa mendapatkan pengalaman baru. Mengunjungi tempat baru bersama, maka Anda bisa memandang sesuatu dengan cara yang baru karena ada budaya baru, orang baru, dan tempat baru yang Anda dan keluarga temukan. Pengalaman tentu akan sangat berharga dan tidak lekang oleh waktu. Selain itu, Anda dan keluarga juga bisa menciptakan kenangan indah selama bertamasya bersama. Nah, tunggu apalagi, yuk travelling!

Tips Liburan Bersama Keluarga

Tentukan Destinasi Wisata yang Ramah Keluarga

Jika Anda berniat pergi bersama keluarga, tentunya Anda harus mencari destinasi yang benar-benar ramah untuk keluarga, utamanya jika Anda membawa anak kecil berusia di bawah 5 tahun. Surveilah tempat dan lokasi wisata yang Anda inginkan.

Jangan lupa juga untuk mengecek berbagai akomodasi yang diperlukan selama berada di tempat wisata tersebut. Pastikan juga tempatnya aman untuk keluarga Anda.

Buat Itinerary

Liburan bersama keluarga akan bikin Anda sedikit lebih repot. Ini karena ada banyak orang yang harus diperhatikan kebutuhannya selama dalam perjalanan dan liburan. Maka dari itu, ada baiknya jika sebelum berlibur Anda buat dulu itinerary-nya.

Anda bisa berdiskusi bersama keluarga saat membuat itinerary. Dengan adanya jadwal yang tepat, maka Anda dan keluarga bisa sepakat dan mufakat soal waktu kunjungan dan juga soal berbagai tempat yang akan dikunjungi selama liburan.

Siapkan Barang Bawaan Penting

Tips lain saat berlibur bersama keluarga adalah menyiapkan barang bawaan penting. Kita tentu tak tahu apa yang akan terjadi selama di perjalanan. Maka tak ada salahnya kalau kita mempersiapkan diri.

Contohnya, tiba-tiba hujan, maka ada baiknya kita sedia dengan membawa payung. Bawa juga baju ganti tambahan agar jika baju kotor atau basah bisa langsung ganti.

Anda juga wajib membawa berbagai obat-obatan yang biasa dibutuhkan. Ini penting, apalagi jika Anda atau anggota keluarga ada yang memiliki alergi terhadap sesuatu.

Ini Dia Beberapa Lokasi Traveling bersama Keluarga yang Wajib Dikunjungi

Farm House Lembang

Sumber gambar www.nativeindonesia.com

Farm House Lembang menjadi rekomendasi pertama kami. Tempat yang satu ini cocok menjadi lokasi traveling bersama keluarga. Wisata alam yang mirip peternakan di negara Belanda ini hadir dengan keunikannya sendiri. Ada banyak spot instagramable yang bisa Anda dan keluarga manfaatkan untuk mengabadikan momen.

Selain itu, di sini ada juga kegiatan berfoto bersama berbagai hewan. Mau yang unik dan menarik? Anda dan keluarga bisa menyewa kostum bergaya Eropa di sini. Hal ini akan membuat foto Anda jadi lebih menarik, bukan?

Lokasinya ada di Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Fasilitasnya cukup lengkap dari toilet, mushola, tempat parkir, dan lain sebagainya.

Sindu Kusuma Edupark

Sumber gambar kusuma-edupark.com

Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Sindu Kusuma Edupark. Anda yang sedang mencari lokasi traveling bersama keluarga bisa melirik taman hiburan yang satu ini. Lokasinya ada di Jl. Magelang Km. 2, Sinduadi, Mlati Sleman Yogyakarta.

Berkonsep taman bermain, tempat ini juga bisa menjadi sentra edukasi anak. Anda bisa menemukan aneka wahana permainan.

Salah satu yang paling populer adalah bianglalanya yakni Cakra Manggilingan dengan tinggi 48 meter. Nikmati juga aneka hiburan seperti House of Terror, Taman Lampu, Panggon Lunjak, Kursi Mabur, hingga Bioskop 8D.

Seaworld Ancol

Sumber gambar www.ancol.com

Mau mengenal aneka hewan laut? Anda dan keluarga bisa ke Seaworld Ancol. Lokasi traveling bersama keluarga yang satu ini begitu populer. Telah buka sejak tahun 1994, akuarium raksasa di tempat ini hadir untuk keluarga Anda demi menawarkan pengalaman edukasi tentang kehidupan bawah laut yang unik.

Area tunnel di lokasi ini begitu ikonik. Anak-anak tentu tidak ingin melewatkannya. Pastinya liburan juga makin seru karena selain bermain di tempat wisata, anak-anak juga bisa belajar mengenai aneka hewan laut.

Bali Bird Park

Sumber gambar www.balibirdpark.com

Bali tak hanya terkenal akan pantai-pantai cantiknya saja, loh. Anda dan keluarga yang seadng liburan ke Bali bisa mampir ke Bali Bird Park. Lokasinya ada di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar Bali. Di sini, Anda dan keluarga bisa menyaksikan hampir seribu ekor burung dari beragam jenis.

Kebun binatang yang satu ini memang khusus dihadirkan agar pengunjung bisa mengenal keanekaragaman fauna burung dari seluruh dunia. Tempat ini menampung 250 jenis spesies burung yang berasal dari Indonesia, Afrika Selatan, dan Amerika Latin. Lokasinya juga menyenangkan dan asri karena dibuat mirip seperti habitat burung-burung tersebut.

Museum Angkut Malang

Sumber gambar www.datawisata.com

Kalau ke Batu, Malang, Anda dan keluarga bisa menemukan lokasi traveling bersama keluarga yang unik. Salah satunya adalah Museum Angkut. Sesuai dengan namanya, di sini merupakan wisata edukasi yang mengenalkan aneka moda transportasi dari zaman dahulu hingga sekarang.

Dibuka pada tahun 2014, Museum Angkut juga tercatat sebagai museum moda transportasi pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Anda dan keluarga bisa menikmati 11 zona yang tersedia di sini.

Selain melihat langsung 300 koleksi kendaraan tradisional hingga modern yang ada, Anda juga bisa merasakan sensasi melakukan perjalanan wisata keliling dunia antar masa ke masa. Banyak spot foto instagramable di tempat ini. Buruan, datang ke Jalan Terusan Sultan Agung No 2, Kota Batu, Malang, ya

Trans Studio Bandung

Sumber gambar katalogwisata.com

Trans Studio Bandung bisa juga jadi pilihan untuk lokasi traveling bersama keluarga. Ini merupakan kawasan wisata terpadu yang di dalamnya tak hanya ada wahana bermain dan hiburan saja namun juga ada lokasi shopping dan lain sebagainya.

Berlokasi di Jl. Jenderal Gatot Subroto, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, tempat ini luasnya 4,2 hektar. Terbagi menjadi 3 area yakni Studio Central, The Lost City, dan Magic Corner.

Anda dan keluarga bisa menikmati aneka wahana yang disediakan. Selain itu ada juga pusat perbelanjaan kelas dunia yang nyaman dan artistik. Di sini juga ada hotel bintang 3 dan hotel bintang 5 untuk Anda inapi bersama keluarga!

Kebun Binatang Surabaya

Sumber gambar www.surabayazoo.co.id

Kebun Binatang Surabaya (KBS) atau Surabaya Zoo merupakan salah satu lokasi traveling bersama keluarga yang wajib dikunjungi. Termasuk wisata klasik namun tentunya Anda yang memiliki buah hati wajib datang saat ingin mengenalkan aneka satwa pada buah hati.

Di sini ada 211 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.236 binatang. Tempat ini juga menghadirkan aneka satwa langka Indonesia maupun dunia, loh. Tak melulu hewan darat, di sini juga ada hewan air tawar dan ikan air laut.

Pastinya ada juga aneka spesies binatang reptil. Tempat dengan luas 15 hektar ini juga sempat menjadi kebun binatang dengan koleksi paling lengkap di Asia Tenggara di tahun 1970 loh!

The Great Asia Africa Lembang

Sumber gambar www.facebook.com

Anda juga bisa pergi ke The Great Asia Africa Lembang. Di sini Anda bisa mengunjungi beberapa negara sekaligus, loh. Lokasinya ada di Jalan Raya Lembang. Anda bisa berfoto-foto menggunakan pakaian tradisional dari berbagai negara. Selain itu ada juga replika berbagai bangunan bersejarah di dunia.

Wisata yang satu ini menggabungkan wisata alam dan juga wisata kekinian. Ada banyak spot menarik untuk berfoto. Selain itu, Anda dan keluarga juga bisa mengenal berbagai budaya dan arsitektur dari kawasan Asia hingga Afrika.

Batu Love Garden

Sumber gambar jtp.id

Batu Love Garden merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasinya ada di Jl. Raya Pandanrejo, Batu Malang. Berada di bawah naungan Jatim Park Group, di sini Anda dan keluarga bisa menikmati dan mengenal aneka jenis bunga, buah, dan sayur.

Berkonsep taman bunga, lokasi traveling bersama keluarga ini cocok untuk semua usia. Berada di lahan seluas 7 hektar, ada kawasan indoor dan outdoor yang bisa Anda kunjungi di sini. Anda bisa mengenal 600 jenis bunga dan juga aneka tanaman di sini. Selain itu, ada banyak juga spot foto instagramable di tempat ini!

Orchid Forest Cikole

Sumber gambar www.nativeindonesia.com

Terletak di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Orchid Forest Cikole adalah hutan anggrek terbesar di Indonesia. Anda dan keluarga bisa mengunjunginya sebagai lokasi traveling bersama keluarga.

Di sini Anda bisa mendapati 20.000 tanaman anggrek. Pemandangannya tentu saja eksotis dan menawan. Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam, tempat ini juga menyediakan area taman bermain bersama kelinci, tempat main golf, hingga jembatan tali yang bersinar di malam hari.

From our editorial team

Usahakan Menghindari Peak Season

Ketika memutuskan untuk traveling bersama keluarga, pastikan Anda dan keluarga menghindari peak season. Ini merupakan masa liburan, long weekend, atau momen penting lain yang biasanya membuat berbagai lokasi wisata dipadati pengunjung. Berwisata saat peak season membuat harga tiket dan juga penginapan jadi melonjak drastis. Selain itu, berwisata juga jadi kurang nyaman karena berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Jadi, jika ingin liburan nyaman dan aman, sebaiknya hindari peak season, ya!