Ingin yang Simpel tapi Bermanfaat? Pensil Mekanik Termurah untuk Semua Aktivitasmu Ada di Sini! (2020)

Ingin yang Simpel tapi Bermanfaat? Pensil Mekanik Termurah untuk Semua Aktivitasmu Ada di Sini! (2020)

Penggunaan pensil mekanik memang lebih mudah dan praktis, karena tidak perlu meraut dan hasilnya lebih konsisten lagi. Pensil ini bisa diisi ulang dan bisa digunakan oleh semua kalangan mulai dari pelajar hingga profesional. Yuk, simak rekomendasi pensil mekanik termurah dari BP-Guide berikut ini.

Pensil Mekanik Banyak Digunakan untuk Keperluan Sekolah, Kantor, Maupun Seni

Sumber gambar kickstarter.com

Pensil adalah alat tulis yang digunakan oleh banyak orang. Tidak hanya anak sekolah saja lho, orang dewasa yang sudah bekerja juga banyak membutuhkan pensil. Seperti orang-orang yang bekerja di bidang arsitektural dan para seniman. Untuk membuat sketsa, mereka akan membutuhkan pensil.

Macam jenis pensil yang dijual di pasaran ada 2, yaitu pensil kayu dan pensil mekanis. Pensil kayu bentuknya masih tradisional, yaitu isian pensil warna hitam yang dibungkus dengan kayu. Pensil ini harus diraut secara rutin agar tetap runcing dan bisa digunakan. Ada juga pensil mekanik yang lebih canggih dan praktis.

Pensil mekanik menggunakan isian grafit yang sangat ramping dan cukup diisi ulang jika habis. Dilihat dari bentuknya, pensil ini sangat mirip dengan pulpen. Selain mudah, pensil ini juga bisa menghasilkan goresan yang detail dan halus. Misalnya seperti helaian rambut yang akan terlihat sangat alami hasilnya jika digambar menggunakan pensil mekanik.

Sayangnya, karena isian yang sangat tipis pensil mekanik sangat mudah patah. Jika tidak hati-hati, kamu bisa menghabiskan banyak isian hanya untuk beberapa goresan saja. Ada trik khusus yang bisa kamu terapkan agar isian pensil tidak mudah patah.

Yaitu dengan membeli pensil mekanik yang disertai dengan tutupan, sehingga kamu bisa melindungi isinya saat pensil tidak dipakai lagi. Tapi jika kamu sudah terlanjur membeli pensil mekanik yang tidak ada tutupnya, tekan isian pensil ke dalam setelah kamu tidak lagi menggunakannya.

Keunggulan Pensil Mekanik yang Harus Kamu Ketahui

Tidak Perlu Diraut

Kamu pasti pernah kebingungan mencari rautan pensil karena pensil yang kamu pakai patah? Ini tidak akan kamu alami lagi jika kamu mengganti pensil kayu yang kamu pakai dengan pensil mekanik. Jika pensilmu patah atau isiannya habis, tinggal menggantinya saja dengan yang baru.

Kepraktisan dan kemudahan ini membuat pensil mekanik semakin populer saja di kalangan banyak orang. Tidak perlu membawa rautan kemana-mana, kamu hanya perlu menyediakan isian ulang pensil saja agar kegiatanmu tetap berjalan lancar. Kemasannya juga lebih menarik karena bentuknya yang menyerupai pulpen.

Meski tidak perlu diraut, pensil mekanik isiannya sangat tipis dan mudah patah lho. Ini nih yang harus kamu pahami agar tidak boros isian pensil mekanik. Sebaiknya isikan saja seperlunya, lalu berhati-hatilah saat menggoreskan pensil di atas kertas.

Setelah pensil tidak dipakai lagi, masukkan isian pensil kembali ke dalam untuk menjaganya agar tidak patah. Walaupun tidak perlu diraut, bukan berarti pensil mekanik tidak membutuhkan perawatan khusus ya.

Hasil Konsisten

Kelebihan lain dari pensil mekanik adalah goresannya yang selalu konsisten. Pensil kayu menghasilkan goresan tipis dan tajam saat baru saja diraut, sementara jika ujungnya sudah tidak lagi runcing akan semakin tebal goresannya. Inilah mengapa pensil mekanik menjadi kesukaan para seniman dan para profesional yang bekerja di bidang desain.

Meski goresannya lembut, garis-garis yang dibuat dengan pensil mekanik tetap terlihat jelas dan nyata. Hasil yang konsisten ini bisa menghasilkan gambar dan sketsa yang terlihat natural. Tidak seperti pensil kayu yang tebal dan tipisnya tidak sama, tergantung pada ketajaman mata pensilnya.

Isian pensil mekanis yang tipis menghasilkan goresan yang selalu konsisten, sehingga tulisan atau sketsa yang kamu buat tidak akan terlihat berbeda. Goresannya yang tipis membuatnya sangat mudah dihapus. Oh iya, pensil mekanis biasanya sudah disertai dengan penghapus yang terintegrasi, sehingga semakin praktis saja kamu gunakan bukan?

Ramah Lingkungan

Kalau pensil kayu yang kamu gunakan sudah pendek dan mau habis, mau tidak mau kamu harus membeli pensil yang baru. Bahan kayu pensil yang diambil dari alam tentu lama kelamaan akan habis. Bayangkan berapa banyak pohon yang ditebang untuk membuat satu batang pensil yang kamu gunakan?

Tidak salah rasanya jika menyebut bahwa pensil kayu kurang ramah terhadap lingkungan. Pensil mekanik memang terbuat dari bahan plastik, namun karena itulah pensil mekanik jauh lebih awet. Bahan plastiknya tidak akan habis karena tidak perlu diraut. Berbeda dengan pensil kayu yang harus sering-sering diraut, sehingga semakin banyak kamu menggunakan pensil kayu maka semakin banyak pula pohon yang harus ditebang.

Jika kamu memang cinta lingkungan, yuk mulai gunakan pensil mekanik. Teorinya, kamu cukup membeli pensil sekali saja, lalu tinggal mengisi ulang jika habis. Tidak ada pensil mekanik yang terbuat dari kayu, sehingga tidak ada pohon yang ditebang dalam proses pembuatannya. Pensil mekanik bahkan bisa bertahan selama bertahun-tahun jika kamu jaga dengan baik saat menggunakannya.

Rekomendasi Pensil Mekanik Termurah untuk Berbagai Kebutuhanmu

Pensil Mekanik Pentel Caplet

Pensil Mekanik Pentel Caplet adalah pensil praktis yang sudah disertai dengan penghapus bawaan, sehingga bisa langsung kamu gunakan. Enam pilihan warnanya menarik, antara lain pink, kuning, putih, merah, hijau, biru.

Kamu bisa membeli satu warna yang kamu sukai, atau beberapa sekaligus agar bisa dipakai bergantian. Pensil mekanik sangat berguna buat kamu yang masih sekolah, bekerja di bidang desain, dan bekerja di bidang arsitektural. Kamu juga bisa mendapatkan pensil ini dengan harga terjangkau, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Ujung pensil tertutup, sehingga menjamin keamanan isi pensil agar tidak mudah patah dan rusak. Isian pensil memiliki diameter 0.5 mm, mampu menghasilkan goresan yang detail dan natural. Pensil mekanik ini sudah terjamin kualitasnya, awet dan tahan lama.

Harga Rp. 9.600-12.500

Pensil Mekanik Tizo

Kecanggihan pensil mekanik pasti membuatmu bertanya-tanya, siapa yang menemukan pensil ini pertama kalinya? Penemunya adalah Simpson Morgan dan Gabriel Riddle, warga Briatnia Raya.

Pada tahun 1822, selama Perang Dunia II, pensil mekanik dibuat dari bahan perak dan memproduksi pensil berlabel SMGR. Setelah melakukan berulang kali percobaan, kedua penemu tersebut berhasil mendapatkan hak paten atas pensil mekanik yang mereka ciptakan.

Pensil mekanik kemudian semakin dikembangkan dan diproduksi secara massal hingga saat ini. Salah satu pensil mekanik termurah yang bisa kamu dapatkan adalah Pensil Mekanik Tizo. Meski harganya murah, kualitasnya tidak perlu diragukan lho.

Pensil yang isiannya berukuran 0.5 mm ini beratnya hanya 10 gram saja. Casing luar pensil terbuat dari plastik, sehingga lebih ramah lingkungan karena kamu tidak perlu membelinya berkali-kali.

Harga Rp. 999-4.000

Pensil Mekanik Pilot Progrex 0.5 mm

Jika selama ini kamu mengenal Pilot sebagai brand pulpen, kini saatnya kamu mengenal pensil mekanik berkualitas dari brand ternama ini. Pensil Mekanik Pilot Progrex memiliki mata pensil berukuran 0.5 mm dengan ketebalan 2B.

Terbuat dari bahan plastik daur ulang yang ramah lingkungan, jadi kamu bisa ikut berkontribusi untuk mengurangi pemanasan global. Grip pegangan yang nyaman membuat goresanmu semakin mantap. Produk ini awet dan tahan lama, jadi kamu tidak perlu membeli pensil mekanik baru berulang kali.

Harga Rp. 10.600-14.500

Pensil Mekanik Grip Faber Castell 0.5 mm Metal

Kamu yang suka segala sesuatu yang mudah dan praktis sangat cocok dengan pensil mekanik. Pensil mekanik tidak perlu diraut, tinggal mengisi ulang saja jika habis. Tampilannya juga unik, mirip dengan pulpen.

Ukuran mata pensilnya standar 0.5 mm, dilengkapi dengan penghapus warna di bagian ujungnya. Pensil mekanik produksi Faber Castell ini hadir dalam varian warna menarik hitam, biru, dan hijau. Produk pensil yang berkualitas ini sangat awet dan tahan lama, kamu bisa memakainya berulang kali.

Dapat digunakan oleh semua kalangan, mulai dari siswa di sekolah hingga profesional yang membutuhkan pensil ini untuk membuat sketsa.

Harga Rp. 19.900-39.900

Pensil Mekanik Joyko MP-33 / 2.0 mm

Satu lagi rekomendasi pensil mekanik berkualitas untukmu, kali ini datang dari merek Joyko. Pensil ini memiliki isi dengan ukuran 2.0 mm, menghasilkan goresan yang tebal setara pensil 2B. Ketebalannya akan membuat pensil ini terbaca komputer, sehingga bisa digunakan untuk ujian komputer.

Pensil ini berdiameter 1.4 cm dengan panjang 14.4 cm. Desainnya ergonomis, nyaman dipegang dengan grip yang kencang. Meski pensil ini adalah pensil mekanik, namun bagian ujungnya dilengkapi rautan jika kamu menginginkan goresan yang lebih tipis dan tajam.

Harga Rp. 4.200-5.000

Pensil Mekanik Joyko MP-49

Joyko adalah brand alat tulis terkemuka yang sudah sangat dipercaya oleh para konsumennya. Produk lokal ini sangat berkualitas dan terpercaya. Pensil Mekanik Joyko MP-49 adalah salah satunya.

Pensil mekanik dengan ukuran isi 2.0 mm ini dilengkapi dengan rautan di ujung pensilnya. Ketebalannya setara dengan pensil 2B, sehingga bisa digunakan untuk ujian komputer. Pensilnya sendiri memiliki diameter 0.9 mm sehingga nyaman dan pas dipegang. Kamu bisa mendapatkan pensil mekanik ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Harga Rp. 2.800-3.000

Pensil Mekanik Staedtler 0.5 mm

Biru adalah warna khas dari brand alat tulis Staedtler. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya bukan? Pensil mekanik ini juga hadir dengan warna biru khas Staedler.

Isi pensil ini berukuran standar 0.5 mm, dirancang secara ergonomis dan ramah lingkungan. Tinggal diisi ulang saja saat habis. Selain itu, gagangnya dilengkapi dengan karet agar peganganmu semakin nyaman dan mantap.

Penggunaannya sangat mudah, tinggal menekan ujungnya saja maka isinya akan langsung keluar dan bisa segera dipakai.

Harga Rp. 18.000-38.000

Pensil Mekanik Faber Castell 0.5mm (Econ)

Faber Castell dikenal sebagai salah satu produsen alat tulis tertua di dunia. Ragam varian produknya sangat banyak dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Tentu saja Faber Castell juga punya pensil mekanik andalan lho. Namanya Pensil Mekanik Faber Castell 0.5mm (Econ).

Pensil dengan mata isian 0.5 mm ini memiliki casing unik yang berbentuk segitiga. Pilihan warnanya juga menarik yaitu putih, biru, pink, dan ungu. Pada ujung pensil dilengkapi penghapus, sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa penghapus terpisah. Rubber grip pada bodi pensil membuat pegangan terasa nyaman.

Harga Rp. 9.600-14.000

Pensil Mekanik Stabilo Exam Grade 2.0 mm

Stabilo dikenal sebagai highlighter yang membantumu mewarnai bagian-bagian penting saat membaca sebuah buku atau laporan. Pabrik Schwan-Stabilo didirikan di Nuremberg, Jerman pada tahun 1855. Hingga kini, Stabilo terus memproduksi berbagai macam alat tulis berkualitas dan menjualnya ke banyak negara di dunia.

Pensil Mekanik Stabilo Exam Grade 2.0 mm bisa digunakan untuk ujian komputer karena ketebalannya setara dengan pensil 2B. Didesain dengan pegangan segitiga yang nyaman, juga terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Mata pensil memiliki ukuran yang tebal, sehingga menghasilkan goresan yang tajam.

Harga Rp. 3.575-13.000

Pensil Mekanik BIG MP 117 2.0 mm

Isian pensil mekanik ditempatkan ke dalam sebuah selongsong yang berada di bagian dalam bodi pensil. Ada 3 jenis selongsong berbeda yaitu selongsong geser, selongsong tetap, dan tanpa selongsong. Kamu bisa memilih pensil yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Pensil Mekanik BIG MP 117 2.0 mm memiliki ketebalan 2B dan dilengkapi dengan rautan yang ada di bagian atas pensil. Desainnya unik, nyaman saat dipegang dan digunakan. Pensil hadir dalam warna hitam yang elegan, membuatmu terlihat gaya saat memakainya.

Harga Rp. 2.700-37.200
From our editorial team

Selamatkan Lingkungan dengan Memakai Pensil Mekanik

Pensil mekanik yang terbuat dari bahan plastik bisa bertahan lama dan dapat digunakan selama bertahun-tahun. Kamu bisa berkontribusi menyelamatkan lingkungan dengan memakai pensil ini. Selain itu, goresan yang dihasilkan oleh pensil ini lebih halus dan konsisten. Segera pilih dari deretan rekomendasi BP-Guide di atas ya!