10 Model Cincin Nikah dalam Islam yang Bisa Jadi Inspirasimu!

10 Model Cincin Nikah dalam Islam yang Bisa Jadi Inspirasimu!

Pernikahan adalah sebuah moment yang indah. Seindah cincin nikah yang disematkan di jari tangan kedua mempelai. Untuk Anda yang akan segera menikah, beberapa model cincin nikah dalam Islam ini BP-Guide ulas sebagai referensi untuk Anda. Silahkan disimak!

Cincin Nikah adalah Simbol Pernikahan yang Melingkar di Jari Anda dan Pasangan

Sumber gambar weddingringreviews.com

Ketika sepasang kekasih memutuskan untuk menjalani hidup rumah tangga bersama dalam jalinan pernikahan, maka di situlah dibutuhkan suatu simbol pengikat cinta. Umumnya yang dikenakan adalah perhiasan berupa cincin. Mengapa cincin, karena benda satu ini memiliki makna yang dalam untuk pengikat sebuah komitmen bernama pernikahan.

Sejak dulu cincin merupakan barang berharga yang menyimbolkan keabadian. Saat dipakai untuk simbol pernikahan, maka maknanya menjadi kebersamaan abadi yang tak lekang oleh waktu. Jaman dulu hanya orang penting dan punya jabatan yang memakai cincin. Namun kini semua orang bisa mengenakannya tanpa memandang apa jabatannya.

Bentuk cincin yang melingkar menunjukkan kehidupan bagai roda yang terus berputar. Cincin yang melingkar pada jari pasangan dan jari Anda menunjukkan komitmen kuat antara sepasang suami istri untuk mengarung bahtera rumah tangga bersama.

Perbedaan Cincin Nikah dan Cincin Mahar dalam Islam

Sumber gambar kupunyaaci.com

Bagi yang akan menikah namun masih bingung dengan bedanya cincin mahar dengan cincin nikah wajib menyimak ulasan BP-Guide berikut. Perlu dicatat bahwa mahar tak selalu dalam bentuk cincin. Bisa dalam bentuk apa saja. Dalam Islam, mahar jadi salah satu syarat sahnya sebuah pernikahan. Mahar jadi simbol keseriusan pihak mempelai pria pada wanita. Mahar ini bertujuan agar menimbulkan rasa cinta antara kedua pasangan suami istri tersebut.

Sementara itu, cincin kawin adalah simbol pernikahan berbentuk sepasang cincin yang sama. Bagi pria, dilarang mengenakan cincin kawin dari emas. Sehingga, solusinya adalah mengenakan cincin kawin berbahan perak, platinum atau palladium.

Hukum Cincin Nikah dalam Islam

Hingga kini perkara hukum menggunakan cincin dalam Islam masih diperdebatkan. Ada ulama yang memperbolehkan namun ada pula ulama yang melarangnya. Cincin nikah dilarang karena bukan merupakan tradisi dalam Islam. Tukar cincin nikah adalah tradisi bangsa Eropa sementara Islam tak memperbolehkan umatnya meniru tradisi kaum lain. Alasan berikutnya adalah larangan bagi pria mengenakan perhiasan emas.

Cincin pernikahan diperbolehkan bilamana seorang mempelai pria menjanjikan sebuah mahar cincin untuk calon istri serta sebagai pengikat bukti ketulusan cinta. Meski memperbolehkan, namun ada perkara yang tak bisa dilanggar. Yakni larangan mengenakan perhiasan emas dan sutera.

Jangan Gunakan Emas, tapi Gunakanlah Cincin Nikah dari Perak atau Palladiun!

Sumber gambar uae.souq.com

Bagi yang terlanjur berjanji akan memberikan mahar berupa cincin nikah, maka sebaiknya menghindari emas. Ini karena cincin nikah dipastikan sepasang dan dikenakan model couple untuk suami dan istri. Di satu sisi, pria tak boleh mengenakan logam mulia bernama emas. Maka sebaiknya kenakan cincin nikah dari bahan lainnya.

Bahan pertama yang diperbolehkan adalah palladium. Bahan ini logamnya solid jadi tak mudah pudar. Selain pertimbangan bisa dibuat sesuai keinginan, cincin dari bahan ini harganya jauh lebih terjangkau dari emas. Warnanya putih dan tak gampang berubah. Selanjutnya yang dibolehkan adalah bahan silver. Warna tergantung dari hasil akhir proses finishingnya. Masih masuk dalam logam mulia, namun silver ini bahannya lembut sehingga tampak halus dan rapi. Urusan harga pun bahan ini masih lebih murah ketimbang emas.

Model Cincin Nikah dalam Islam yang Bisa Dijadikan Pilihan

Sumber gambar www.orori.com

Bagi yang akan segera melangsungkan pernikahan, bisa jadi memilih cincin kawin OS 7003 Bva. Sangat elegan karena minimalis dan terlihat glossy. Berbentuk round diamond, sepasang cincin ini berlapis rodhium. Bisa diperoleh di website Orori dengan membayar Rp. 6.018.800.

Bisa juga menggunakan bahan palladium campuran emas putih seperti cincin seri KEP70 ini. Sepasang cincin cantik dan bisa diukir dengan nama pengantinnya. Menggunakan American Diamond, cincin ini berhias 18 permata. Untuk bahan cincin pria hanya palladium, bahan cincin wanita emas putih. Dijual dalam Rp. 3.900.450 bisa didapat di Cincinkawinmuslim.

Perak

Sumber gambar www.warrenjames.co.uk

Cincin nikah adalah hal penting yang harus diperhitungkan sebelum melaju ke jenjang pernikahan. Anda bisa memilih cincin bahan perak yang tak kalah bagus dari bahan emas. Logam yang satu ini cukup lunak sehingga lebih mudah dibentuk sesukanya. Namun perak juga rentan gores. Kendati demikian cincin perak menyerupai emas putih setelah finishing. Cukup dipoles ulang bila warna sudah agak pudar. Sedangkan dari sisi budget, cincin nikah dari perak tergolong lebih hemat dari cincin bahan lain.

Wedding Ring OS 2208 A

Sumber gambar www.orori.com

Coba kenakan cincin kawin OS 2208 A ini. Berbahan sterling silver 925, warnanya menyerupai cincin bahan emas putih. Sangat glossy dengan lapisan rodhium. Cincin untuk pihak lelaki berpotongan VG sementara untuk perempuan berpotongan F. Sepasang cincin perak in berwarna F dan berat karat masing-masing 0,12 ct. Kunjungi Orori dan Anda bisa membelinya seharga Rp. 21.613.950.

Wedding Ring OS 2687 A

Sumber gambar www.orori.com

Karena akan dikenakan seumur hidup sebagai lambang komitmen cinta sepasang kekasih, maka cincin tak boleh sembarangan. Seri OS 2687 A ini misalnya. Ia akan menambah kesempurnaan hari bahagia Anda dengan pasangan. Tampak perfect dengan satu berlian dan model simpel nan elegan. Sepasang cincin ini berpotongan F dan VG dengan warna F. Berat masing-masingnya 0,14 ct. Berlapis rodhium cincinnya tampak doff dan glossy. Harganya Rp. 21.566.710 di Orori.

Wedding Ring OS 8082 A

Sumber gambar www.orori.com

Tampil anggun dan menawan saat menikah akan lebih pas jika mengenakan cincin nikah. Cincin yang bagus tak harus berbentuk terlalu mewah. Cincin yang sederhana seperti model OS 8082 A ini juga keren. Berbentuk doff, tampilan cincin glossy. Sepasang cincin ini berat karatnya 0,05 ct masing-masing. Disertai satu mata berlian membuatnya tampak manis dan keren untuk mempelai wanita. Cincin prianya pun tak kalah oke. Dibanderol Rp. 10.910.500.

Wedding Ring OB 2347

Sumber gambar www.orori.com

Anda pun bisa makin mempesona bersama pasangan jika memutuskan menggunakan cincin perak. Kenakan seri OB 2347 agar lebih menawan. Cincin wanita dihias berlian membuatnya nampak sangat elegan. Dengan berat karat 0,09 ct, cincin 5 gram ini berlapis rodhium. Harganya Rp. 16.605.432 dan bisa dibeli di website Orori.

Wedding Ring OS 2567 A

Sumber gambar www.orori.com

Ada juga nih cincin perak untuk membuat hari bahagia makin sempurna. Seri OS 2567 A ini berlapis rodhium. Berkesan doff dan glossy, cincin ini berbentuk princess diamond. Berat cincin diperkirakan 3 sampai 4 gram. Berwarna F dengan potongan F dan VG. Dijual seharga Rp. 11.275.650. Kunjungi Orori untuk memperolehnya.

Palladium

Sumber gambar www.bluenile.com

Mau yang lebih dari perak? Anda bisa pakai cincin palladium untuk kesan elegan. Mempelai lelaki juga tak perlu pikir panjang karena halal. Bahan ini jauh lebih tahan gores dan lebih cantik terlihatnya. Bercampur alloy bikin cincin lebih kuat. Tak mudah pudar dan tak perlu dipoles ulang seperti cincin perak.

Cincin Kawin Thana Palladium

Sumber gambar cincinkawinjogja.com

Cincin yang satu ini pas untuk menemani hari bahagia Anda. Sepasang cincin Thana dengan kadar 50 % paladium murni. Makin cantik dan tampak elegan karena dengan finishing doff. Ada batu zircon berkilau untuk perhiasan wanitanya. Anda bisa mengunjungi Cincinkawinjogja untuk membeli cincin keren ini pada kisaran Rp. 3.000.000 saja. Anda bisa mendapat kotak cincin saat membelinya.

Cincin Kawin Jana Palladium

Sumber gambar cincinkawinjogja.com

Desain yang indah membuat sepasang cincin nikah terlihat anggun dipakai. Sangat mempesona dengan bentuknya yang indah apalagi jika ada ukiran namanya. Berwarna putih berkilau, cincin bagi wanita terlihat lebih elegan karena ditambah batu zircon bening. Halal karena tanpa lapis emas, cincin Jana ini beratnya 5 gram untuk masing-masingnya. Dibanderol Rp. 3.199.000 di Cincinkawinjogja.

Cincin Kawin Hamann Palladium

Sumber gambar kotagedeshop.com

Seri Hamann untuk cincin nikah ini juga tak kalah menarik. Khas dari Kota Gede, kualitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. Sangat berkesan rapi dan halus. Anda akan makin terpesona karena desainnya diukir sedemikian rupa lengkap dengan 3 zircon. Ketebalan cincin 1,5 mm dengan lebarnya 4 mm. Dalam waktu seminggu, cincin pesanan sudah bisa diambil. Berkelas premium cincin seharga Rp. 3.423.000 ini bisa dibeli di Kotagedeshop.

Cincin Kawin Sharapova Palladium

Sumber gambar cincintunanganjogja.com

Kunjungi Cincinkawinkufah untuk membeli cincin nikah Sharapova. Dibanderol Rp. 3.299.000, cincin ini disertai 6 zircon kotak. Begitu istimewa karena batu di tengah terlihat besar. Cincin ini beratnya 8 gram jika ditotal sepasangnya. Lebar cincin milik pria 5 mm sedang milik wanita 4 mm. Finishingnya bahan doff. Untuk memperolehnya butuh 15 hari pengerjaan.

Cincin Kawin Nida Palladium

Sumber gambar cincinkawinkufah.com

Bahagiakan pasangan Anda dengan membeli sepasang cincin nikah ini. Seri Nida ini cukup cantik dengan zircon cantik masing-masing satu. Dengan lebar 4 mm, cincin ini berketebalan 1,5 mm. Ada kotak cincin cantik sebagai tempat penyimpanan. Dijual Rp. 3.320.000 di website Cincinkawinkufah.

From our editorial team

Cincin Nikah Menarik untuk Anda yang Ingin Menjalankan Syariat Islam

Pernikahan memang tidak lengkap tanpa cincin pernikahan. Seringkali keindahan dari cincin nikah itu yang menjadikan sebuah pesta pernikahan menjadi moment yang indah. Adanya beberapa model cincin nikah yang telah BP-Guide hadirkan harusnya telah menjadi sebuah solusi untuk Anda. Jadi jangan ragu lagi!