12 Merk Wok Pan Berkualitas yang Bikin Masakan Makin Lezat (2022)

12 Merk Wok Pan Berkualitas yang Bikin Masakan Makin Lezat (2022)

Wok pan adalah salah satu peralatan masak yang wajib ada di dapur Anda. Pastikan Anda memilih merk yang sudah terpercaya ya! Temukan rekomendasi merk wok pan terbaik dan berkualitas dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Memilih Wok Pan Berkualitas Bikin Masak Jadi Lebih Menyenangkan

Perkakas yang mumpuni akan bikin kegiatan masak semakin menyenangkan. Apalagi jika Anda memiliki wok pan dari merk berkualitas yang bisa digunakan untuk mengolah masakan dalam jumlah besar.

Tahukah Anda apa perbedaan wok pan dengan penggorengan lainnya? Ciri khas yang paling mencolok adalah bagian bawah wajah yang berbentuk cekung. Dari segi ukuran, wok pan memang lebih besar dari penggorengan pada umumnya. Namun inilah yang membuat distribusi panasnya secara lebih merata.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Wok Pan

Bahan Pembuat

Ini sangat penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan kenyamanan Anda saat menggunakan wok pan. Wok pan biasanya terbuat dari besi, teflon anti lengket, dan stainless steel.

Keunggulan wok pan berbahan besi adalah mampu menghantarkan panas secara lebih baik dan merata. Sehingga kematangan masakan pun bisa lebih sempurna. Sementara bahan anti lengket bisa memberikan efek keemasan saat menggoreng bahan makanan, sehingga tampilannya begitu menggoda.

Terakhir adalah stainless steel, bahan anti karat yang sangat awet dan tahan lama. Namun kekurangannya adalah wajan stainless steel biasanya lebih tebal dan lebih berat.

Gagang Wajan

Ketika memasak, Anda akan banyak memegang handle atau gagang wajah. Jenis gagang wajan riverted handle sangat kuat dengan pengunci permanen, sehingga pegangannya terasa lebih mantap.

Ada juga rivertless handle tanpa tonjolan sehingga gerak Anda lebih leluasa saat memasak. Kalau Anda ingin menggunakan wajan tanpa sarung tangan pelindung panas, bahan bakelit dan kayu adalah pilihan terbaik. Terakhir ada bahan logam yang kuat, namun cepat menghantarkan panas.

Diameter, Ketebalan, dan Berat Wok Pan

Diameter wajan menentukan besar kecilnya ukuran. Tentunya ini harus disesuaikan dengan luasnya dapur dan tempat penyimpanan yang Anda miliki. Ketebalan wajan biasanya berkisar 2-5 mm.

Semakin tebal wajan, bobotnya jadi semakin berat namun panasnya bisa lebih merata. Tetapi jika wajan terlalu berat, akan merepotkan Anda ketika memasak. Pilih wajan yang beratnya kurang dari 1 kilogram.

Jenis Kompor

Jika Anda tidak menggunakan kompor gas, makan Anda harus memilih wok pan yang tepat. Wok pan berbahan magnetis cocok untuk kompor listrik atau kompor induksi akan mengubah arus listrik menjadi panas. Biasanya wajan magnetis menggunakan 100% bahan stainless steel.

Cara Perawatan

Peralatan masak seperti wok pan, panci, dan penggorengan lainnya membutuhkan perawatan khusus. Apalagi jika terdapat coating atau lapisan tertentu seperti lapisan keramik dan anti lengket pada permukaannya. Hal ini harus diperhatikan, mulai dari cara mencucinya hingga suhu air yang digunakan untuk mencuci agar lapisan anti lengketnya tidak terkikis.

Merk Wok Pan Terbaik Buat Anda

Stein Wok Pan 30 cm

Ini dia brand cookware yang sedang viral. Stein Cookware tidak hanya menawarkan produk berkualitas premium, tetapi juga desain dan pilihan warna yang estetik untuk mempercantik dapur Anda.

Stein Wok Pan 30 cm hadir dalam nuansa kayu pada gagang dan knop penutup wajan. Cocok banget nih untuk Anda yang suka membuat konten memasak.

Wok pan ini terbuat dari bahan aluminium dengan granite coating yang membuatnya tidak lengket. Handel tahan panas akan memudahkan Anda saat memasak.

Harga Rp. 600.000-700.000

SKITCHEN Merauke Wok

SKITCHEN Merauke Wok terbuat dari bahan cast iron yang bisa membuat aroma masakan lebih keluar. Produk dari brand lokal ini punya bobot yang cukup berat yakni 2,4 kg sehingga harus diangkan menggunakan 2 tangan.

Wajan ini memang tidak memiliki lapisan anti lengket, namun jika semakin sering digunakan maka lapisan tersebut akan terbentuk dengan sendirinya. Diameter wajan ini adalah 27 cm dengan handel tidak tahan panas.

Harga Rp. 300.000-400.000

Pero Basic Wok Pan + Glass Lid

Pero Basic Wok Pan + Glass Lid adalah pilihan tepat untuk menggoreng berbagai masakan. Dilengkapi dengan tutup tahan panas berbahan kaca, Anda bisa mengecek tingkat kematangan masakan tanpa khawatir terkena cipratan minyak panas.

Tidak hanya itu, warna dan desain wok pan ini juga terlihat sangat cantik lho! Produk ini terbuat dari bahan aluminium dengan granite coating dan handel tahan panas. Cocok banget, nih untuk mengolah masakan dalam jumlah besar karena diameternya mencapai 32 cm!

Harga Rp. 400.000-600.000

Maxim Deep Wok Ceramic

Wajan dengan fitur anti lengket memang yang paling populer di kalangan masyarakat. Seperti Maxim Deep Wok Ceramic. Wajan berbahan aluminium dengan ceramic coating ini memiliki permukaan yang licin.

Diameternya sebesar 24 cm, pas untuk memasak dengan porsi 4-5 orang. Handelnya tahan panas, memudahkan Anda saat memasak. Keunggulan produk ini adalah PFOA Free dan PTFE Free, kedua bahan kimia yang bisa berbahaya untuk makanan.

Harga Rp. 100.000-200.000

Tefal Day by Day Wokpan

Sudah pernah dengar Tefal? Ini adalah brand peralatan dapur asal Prancis yang sudah ada sejak tahun 1968. Uniknya, nama Tefal merupakan gabungan dari kata teflon dan aluminium.

Tefal Day by Day Wokpan jadi produk selanjutnya yang direkomendasikan kepada Anda. Produk ini dilengkapi Thermosignal, sebuah fitur yang bisa meratakan panas dengan baik, membuat kematangan masakan lebih sempurna, dan tidak lengket.

Coating wajan ini adalah titanium non-stick, sehingga tidak mengubah bentuk dan tekstur bahan makanan. Wok pan ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam kompor mulai dari kompor induksi, kompor gas, hingga keramik.

Harga Rp. 500.000-700.000

Cypruz Fry Wok FP-0642

Cypruz adalah merk peralatan masak yang diproduksi di China, namun kualitasnya setara dengan produk Eropa.

Jika Anda pengguna kompor induksi, Cypruz Fry Wok FP-0642 adalah pilihan yang tepat. Produk ini telah tersertifikasi food grade, aman untuk mengolah berbagai bahan masakan. Gagang wok pan ini didesain mirip kayu alami dengan fitur anti slip, sangat nyaman saat dipakai.

Wajan berbahan aluminium ini memiliki coating marble yang anti lengket dan tidak mengandung bahan karsinogenik. Diameter wok pan ini adalah 26 cm dengan ketebalan 3 mm.

Harga Rp. 200.000-300.000

Maspion Wajan Enamel Royal Wok

Rekomendasi wok pan berikutnya datang dari brand lokal berkualitas, Maspion. Sejak tahun 1967, merk ini terus memproduksi peralatan masak dan rumah tangga berkualitas. Wajan Enamel Royal Wok.

Wajan ini muat banyak makanan dengan fitur anti lengket dan ketahanan panasnya mencapai 250 derajat. Menggunakan wok pan ini bisa membuat masakan cepat matang, anti gosong, dalam waktu yang cukup singkat.

Harga Rp. 100.000-150.000

BOLDë Wok Black Dark Knight

Merk BOLDë pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Brand ini memang terkenal dengan ragam peralatan rumah tangga yang berkualitas. Tidak terkecuali BOLDë Wok Black Dark Knight.

Wok pan dengan handle tunggal ini memiliki induction bottom sehingga penyebaran panasnya bisa lebih merata. Bahan wajan ini adalah aluminium dengan granite coating yang licin dan anti lengket. Produk berdiameter 24 cm ini kompatibel dengan kompor jenis listrik dan gas.

Harga Rp. 300.000-500.000

Moegen Wok Pan

Buat Anda yang mencari cookware berkualitas premium, Moegen adalah jawabannya. Merk asal Jerman ini menghadirkan banyak pilihan peralatan masak yang aman untuk bahan apapun.

Moegen Wok Pan terbuat dari campuran bahan granit, tembaga, dan marble dengan coating ceramic yang anti lengket. Ada juga teknologi nano silver anti bakteri, sehingga panasnya jauh lebih merata.

Produk ini juga bisa membuat masakan bisa matang sempurna meskipun minyaknya sedikit, menjadikan masakan jauh lebih sehat dan bebas kolesterol.

Harga Rp. 200.000-300.000

Kirin Sasando Deep Fry Pan

Berdiri sejak tahun 2001, Kirin menjadi salah satu brand cookware terpercaya di Indonesia. Tidak hanya menawarkan kualitas yang baik, harganya pun termasuk terjangkau.

Kirin Sasando Deep Fry Pan adalah produk yang direkomendasikan untuk Anda. Penggorengan berbahan aluminium 3003 ini juga dilengkapi dengan lapisan teflon anti lengket pada permukaannya, membuat masakan bisa lebih matang.

Wajan berdiameter 24 cm ini memiliki ketebalan 1,9 mm. Gagangnya berbahan bakelit anti panas yang membuat Anda semakin nyaman saat memasak.

Harga Rp. 150.000-250.000

Bima Heritance Pro-Lite Western Wok

Satu lagi merk lokal yang bisa menjadi pilihan wok pan terbaik Anda. Bima adalah produsen stainless steel yang sudah terpercaya. Bahkan pemasarannya pun sudah sampai ke mancanegara.

Wajan ini tidak memiliki lapisan anti lengket, namun bisa menghasilkan kematangan yang juga sempurna. Produk dengan diameter 32 cm ini juga dilengkapi dengan handel tahan panas. Cocok untuk Anda yang punya usaha katering rumahan karena bisa mengolah masakan dalam jumlah besar.

Harga Rp. 500.000-600.000

Tefal Natura Wok 34 cm with lid

Terakhir ada rekomendasi wok pan dari Tefal, yaitu Natura Wok 34 cm with lid. Sama seperti produk Tefal yang lainnya, wok pan ini juga dilengkapi dengan teknologi Thermosignal agar bisa mencapai suhu panas yang ideal.

Bahan pembuat aluminium dilengkapi dengan mineralia coating dan handle tahan panas. Diameter wok pan ini juga cukup besar, yaitu 34 cm.

Harga Rp. 400.000-500.000
From our editorial team

Cuci Dengan Busa Halus Agar Lapisan Wok Pan Tidak Tergores

Lapisan anti lengket pada wok pan harus dirawat dengan benar agar tidak mudah terkikis. Selalu gunakan busa halus agar tidak menggores permukaannya dan menjaga lapisan anti lengketnya. Pilih wok pan terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas!