Pekerjaan Rumah Tangga Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik Harga Rp 100 Ribuan (2020)

Pekerjaan Rumah Tangga Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik Harga Rp 100 Ribuan (2020)

Kehadiran rice cooker membuat para ibu rumah tangga sangat terbantu. Untuk itulah, rice cooker menjadi salah satu alat yang dibutuhkan. Berencana membeli rice cooker? Coba cek rekomendasi dari BP-Guide nih!

Rice Cooker Sangat Membantu Para Ibu Rumah Tangga karena Menawarkan Kemudahan dan Kepraktisan

Ada yang mengatakan bahwa memasak nasi dengan cara menanak membuat nasi jadi lebih enak. Namun, menanak nasi dengan cara ini membutuhkan teknik yang cukup rumit. Kamu harus terus mengecek kondisi nasi, lalu harus mengaduknya di saat yang tepat. Kalau tidak, bagian bawah panci untuk menanak akan gosong.

Oleh karena itu, rice cooker hadir untuk menawarkan kemudahan dan kepraktisan bagi ibu-ibu yang mempunyai banyak aktivitas di rumah. Dengan teknologi otomatis pada rice cooker, para ibu tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menunggui nasi yang tengah dimasak. Sebaliknya, para ibu bisa mengerjakan aktivitas lain, tanpa perlu khawatir nasi akan gosong.

Kelebihan lain dari rice cooker adalah fiturnya yang berfungsi untuk menjaga makanan tetap hangat. Sifatnya yang multi-fungsi ini membuat rice cooker menjadi barang wajib dalam rumah tangga.

Apalagi, rice cooker tidak hanya terbatas untuk memasak nasi. Banyak makanan lain yang bisa dimasak di rice cooker, seperti makanan kukusan dan sup atau memasak mie instan. Bahkan, sekarang ini ada pula yang mulai menggunakan rice cooker untuk memasak aneka dessert, seperti brownies atau roti.

Rice Cooker Murah Bisa Menjadi Pilihan Namun Perhatikan Hal Berikut Ini

Kemampuan Menanak Nasi secara Sempurna dan Merata

Dalam membeli barang, banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Apalagi, untuk barang elektronik, yang mempunyai bagian-bagian sensitif yang mudah rusak begitupun dengan rice cooker. Kalau bagian-bagian sensitif ini tidak berkualitas, rice cooker akan mudah sekali rusak hanya karena masalah sepele.

Yang paling penting tentunya memastikan apakah rice cooker yang kamu suka mempunyai kemampuan menanak nasi secara sempurna dan merata. Untuk ini, kamu perlu tahu dasar tentang teknik pemanasan yang ada di rice cooker.

Secara garis besar, pemanas yang biasa digunakan pada rice cooker adalah micro controller dan induction heating (IH). Teknologi yang digunakan oleh kedua pemanas ini berbeda, sehingga tekstur nasi yang dihasilkan pun berbeda. Biasanya pemanasan dengan IH akan menghasilkan nasi yang lebih pulen.

Untuk memastikan nasi matang dengan sempurna dan merata, bahan lapisan pot rice cooker perlu diperhatikan. Biasanya, rice cooker yang mempunyai rose gold base dapat menyalurkan panas secara merata ke seluruh bagian pot. Ada pula lapisan extra thick alloy yang mampu mengatur panas yang tepat, hingga nasi bisa matang sempurna.

Dengan memahami bagian-bagian panci yang berfungsi untuk mengatur dan menghantarkan panas ini, kamu bisa lebih cermat memilih rice cooker yang tepat untuk menjadikan sajian di rumah jadi sempurna.

Mudah Dibersihkan

Biasanya, rice cooker yang dilengkapi dengan lapisan super rigid crystal coating akan membuat pot rice cooker menjadi anti lengket, sehingga mudah untuk dibersihkan. Sebagai bonus, kamu juga mendapat pot yang anti gores, jadi nasi yang kamu makan aman dari berbagai bahan kimia yang terkelupas.

Pot yang terbuat dari keramik juga mempunyai lapisan coating yang mudah dibersihkan. Hanya dengan sabun cuci piring piasa, noda yang menempel di coatingnya akan hilang dengan mudah. Selain itu, bahan keramik mempunyai daya konduksi panas yang tinggi, yang membuat nasi matang dengan baik Jadi, bisa dibilang rice cooker berbahan keramik ini perlu kamu pertimbangkan untuk menjadi bagian dari rumah tangga kamu.

Bergaransi

Garansi sangat penting untuk memastikan produk yang kamu beli tidak cacat dan dapat digunakan dengan baik sesuai dengan jaminan produk. Untuk alat elektronik, biasanya berlaku garansi satu tahun sejak pembelian awal. Namun, ada juga merek-merek tertentu yang tidak memberikan garansi, sehingga kamu perlu cermat dalam persoalan garansi ini.

Selain garansi itu sendiri, syarat dan ketentuan garansi juga harus kamu perhatikan. Biasanya, kesalahan-kesalahan pribadi yang kamu lakukan tidak berlaku dalam aturan garansi. Tentu saja, ini tergantung kebijakan perusahaan dari produk yang kamu beli. Dengan mengetahui syarat dan ketentuan garansi, kamu bisa berhati-hati dalam perlakuan produk.

Tentu saja, kamu juga harus paham bagaimana prosedur dalam melakukan claim ke service center rice cooker yang kamu beli. Kalau soal garansi, biasanya memang cukup mudah. Kamu cukup menghubungi service center produk yang bersangkutan, lalu melakukan klaim. Biasanya, pekerja mereka akan segera datang untuk menyelesaikan masalah kamu. Namun, kamu tetap harus mengecek prosedur klaim ini untuk berjaga-jaga.

Kabel dan Steker yang Aman

Masalah pada barang elektronik adalah kelistrikannya. Tidak hanya mudah rusak dan sensitif terhadap benda-benda statik lainnya, kelistrikan ini bisa menimbulkan bahaya yang tidak sepele. Misalkan saja, anggota rumah bisa tersengat listrik atau arus listrik pendek bisa menimbulkan percik api yang bisa-bisa menghanguskan seluruh rumah.

Untuk mencegah masalah-masalah seperti ini, kamu harus benar-benar memperhatikan kualitas produk. Produk yang berlabel SNI dan LMK biasanya sudah dianggap cukup aman untuk digunakan di rumah.

Kalau rice cooker yang ingin kamu beli belum berlabel SNI, kamu masih bisa memperhatikan kualitas kabel dan stekernya. Steker yang baik biasanya dilengkapi dengan Arde, yang terbungkus dengan bahan isolator. Bahan isolator ini akan menghambat aliran listrik ke luar kabel, jadi kabel aman terpegang walaupun dalam kondisi terhubung dengan listrik. Tentu saja, bukan berarti kabel ini aman untuk dimainkan.

Untuk persoalan kabel ini, kamu perlu memperhatikan bagian konduktornya. Kabel konduktor biasanya terbuat dari bahan tembaga atau alumunium, yang mempunyai sifat konduktor atau penghantar listrik yang baik. Karena kabel konduktor ini tidak bisa dilihat dari luar, maka kamu bisa mencari tahu lewat internet tentang bagian-bagian dari satu produknya.

Steker yang baik juga terbungkus rapat hingga pegangannya. Dengan ini, tidak ada akses untuk listrik keluar dari steker, jadi lebih aman ketika kamu membuka atau memasang steker pada stop kontak.

Dekat dengan Service Center

Memilih produk yang mempunyai service center yang dekat dengan tempat tinggal kamu sangat memudahkan apabila produk yang kamu beli tiba-tiba bermasalah. Sekarang ini, berbagai produk elektronik membuka cabang di berbagai daerah untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pelanggan.

Karenanya, kamu juga bisa memilih produk yang paling dekat dengan rumah kamu. Pelayanan service center biasanya terdiri dari 2 jenis, yaitu in-home service, yaitu layanan kunjungan ke rumah dan carry-in service, yaitu perbaikan di service centernya sendiri.

Dengan tempat service center yang dekat dengan tempat tinggal kamu, perbaikan rice cooker kamu jadi bisa lebih mudah dilakukan. Kadang-kadang, untuk barang-barang yang mudah dibawa seperti rice cooker, bisa jadi lebih diutamakan untuk mendapat carry-in service. Kalau kamu harus membawa sendiri rice cooker kamu, sekalipun ringan, tentu lebih enak dengan tempat servis yang jaraknya tidak terlalu jauh dijangkau.

Rekomendasi Penanak Nasi Murah Harga 100 Ribuan

Miyako PSG- 607 Rice Cooker Mini (0.6 L)

Penanak nasi ini cocok untuk kamu yang masih single, atau setidaknya tinggal dengan keluarga kecil. Kapasitasnya yang menampung nasi sebesar 0,63 liter bisa membantu kamu mengatur porsi yang pas untuk kamu atau keluarga kecil kamu tanpa harus boros.

Ditambah lagi, penanak nasi sekarang ini tidak hanya bisa digunakan untuk memasak nasi, kamu juga bisa membuat sup atau memasak mie dengan benda ini. Kelebihan lain dari penanak nasi ini adalah daya listrik yang terpakai tidak terlalu besar.

Kamu hanya butuh daya listrik sebesar 300 Watt dengan kekuatan voltase sebesar 22V/50Hz untuk mengoperasikan penanak nasi bermerek Miyako ini, jadi kamu bisa lebih hemat listrik. Dimensi ukurannya yang hanya 22 x 21,5 x 23 cm juga tidak menghabiskan ruang di meja makan.

Harga Rp. 121.000-124.900

Votre Rice Cooker (1.2 L)

Penanak nasi satu ini agak berbeda dengan merek lainnya. Alih-alih memakai bodi plastik, Votre Rice Cooker justru didesain dengan lapisan luar yang terbuat dari stainless. Penanak nasi ini juga bisa menampung nasi hingga sebanyak 1,2 liter, sehingga penanak nasi ini cocok untuk kamu yang mempunyai keluarga besar.

Sekalipun berkapasitas besar, penanak nasi ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 350 Watt untuk sekali memasak. Jadi, kamu bisa tetap menghemat listrik sekalipun memasak dalam jumlah banyak. Kamu juga tidak perlu meragukan kualitas penanak nasi ini, karena produk ini sudah berlabel SNI, atau Standar Nasional Indonesia.

Selain itu, kamu mendapatkan keuntungan berupa garansi resmi selama 1 tahun. Pot untuk memasak nasi di dalamnya juga anti lengket. Jadi, tidak hanya kamu menghemat beras, karena tidak ada nasi yang lengket di pot penanak nasi, ini juga memudahkan kamu saat mengambil nasi.

Harga Rp. 125.000-135.000

Trisonic T707 N Rice Cooker - Putih (1.2 L)

Trisonic Rice Cooker ini sudah dilengkapi alat untuk melindungi penanak nasi kamu dari over heat sehingga barang wajib di rumah tangga ini tidak mudah rusak.

Dengan kapasitas besar hingga 1,2 liter, penanak nasi Trisonic ini dilengkapi dengan pot yang anti lengket serta bobot bodi yang kokoh dan ringan. Tidak hanya untuk memasak nasi, produk ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menghangatkan serta mengukus makanan.

Walaupun dengan spesifikasi yang bagus ini, Trisonic Rice Cooker tetap menawarkan daya listrik yang rendah untuk memasak. Dengan daya 380 Watt dan voltase sebesar 220V/50Hz, kamu tidak perlu was was setiap kali memasak nasi. Sedangkan, daya untuk menghangatkan nasi hanya 50 Watt.

Dengan pengatur uapnya, kamu bisa memastikan nasi yang hendak kamu masak akan matang sempurna. Tentu saja, kamu harus memastikan takaran airnya pas dengan jumlah beras yang dimasak, ya!

Harga Rp. 126.400-175.000

Niko NK-RC12 Rice Cooker

Kamu tentu tahu, kekurangan dari proses memasak adalah mengurangi kandungan nutrisi dari makanan. Semakin banyak proses panas yang dilalui, semakin berkurang nutrisi tersebut. Di sinilah letak kelebihan Niko Rice Cooker. Produk ini memiliki sensor 3 elemen di piring dan penutup, yang menjaga pot di dalam penanak nasi tetap hangat, tapi tidak sampai merusak kandungan nutrisi makanan di dalamnya.

Niko Rice Cooker juga memiliki berbagai fungsi selain untuk memasak nasi. Penanak nasi ini juga bisa digunakan untuk mengukus dan menghangatkan berbagai macam makanan, tidak hanya nasi. Kapasitasnya juga cukup besar, yaitu sebesar 1,2 liter.

Biarpun kapastitasnya besar, Niko Rice Cooker ini berdaya listrik rendah, sebesar 300 Watt dengan voltase sebesar 40 Watt. Dengan motif kembang yang memang biasanya disukai para ibu-ibu, produk ini bisa menghiasi meja makan. Jadi, cukup taruh penanak nasi ini di atas meja, dan tidak usah lagi bolak-balik mengambil nasi ke dapur atau ruangan lain.

Harga Rp. 149.000-165.000

Pasta Koki Rice Cooker Mini Multifungsi

Penanak satu ini sangat spesial, karena berbeda dengan yang lain, Pasta Koki Rice Cooker ini mempunyai wadah 2 tingkat. Dua wadah terpisah, untuk nasi dan lauk ini, terbuat dari bahan stainles steel, yang jelas tidak mudah rusak. Bahkan, penanak nasi ini dilengkapi dengan alat merebus telur. Juga, terdapat 8 lubang kukusan yang membuat panas di rice cooker ini merata.

Dengan spesifikasinya yang menarik, kamu tidak perlu khawatir kalau daya listriknya akan tinggi. Hanya dengan 200 Watt, kamu bisa dengan santai memasak nasi atau yang lainnya tanpa khawatir biaya listrik akan melonjak naik. Hal ini karena Pasta Koki Rice Cooker menggunakan elemen pemanas PTC, yang sekaligus menjadi pemanas daur ulang dalam daya rendah yang membuat makanan tetap hangat, tapi juga tetap segar.

Keunikan lainnya, penanak nasi ini bisa juga memasak makanan bayi dan menghangatkan botol susu bayi dengan praktis. Kamu juga bisa mencairkan cokelat, yang sebenarnya sulit untuk dilakukan tanpa teknik yang benar.

Okayama OK 103 Rice Cooker

Produk yang berasal dari Jepang ini didesain dengan bahan berkualitas, yang tidak hanya anti karat, tetapi juga anti penyok! Jadi, kalau seandainya tanpa sengaja kamu menjatuhkan penanak nasi ini, kamu tidak perlu khawatir Okayama Rice Cooker ini akan rusak. Tapi, tetap tidak boleh sering-sering, ya!

Untuk menjaga agar tagihan listrik terkendali, penanak nasi bermerek Okayama ini mempunyai konsumsi daya listrik yang rendah, hanya sebesar 350 Watt. Dilengkapi dengan fitur 3 ini 1, produk ini bisa memasak nasi, menghangatkan, dan mengukus nasi. Bisa juga dilakukan untuk menghangatkan dan mengukus makanan selain nasi.

Harga Rp. 148.000-155.000

Nagoya Rice Cooker

Penanak nasi dengan model plastik mempunyai keuntungan tambahan, yaitu bodi yang ringan, dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, bahan plastik tidak menghantarkan panas, sehingga kamu tidak perlu melindungi tangan kamu kalau sedang ingin memegangnya.

Dilengkapi dengan steamer dan penghangat otomatis, Nagoya Rice Cooker adalah pilihan tepat untuk memasak nasi dan mengukus makanan lain. Walaupun memiliki kapasitas besar, hingga 1,2 liter, konsumsi daya listik dari penanak nasi merek Nagoya ini hanya sebesar 300 Watt pada saat memasak nasi.

Berbagai pilihan warnanya juga bisa membuat kamu menentukan model dan warna yang tepat, sesuai dengan tema warna di rumah.

Harga Rp. 154.000-160.000

Namitech NMC-012A 3-in-1 Rice Cooker Mini (1.2 Liter)

Akhir-akhir ini, banyak para ibu yang menyukai desain berlian hitam pada rice cooker. Berlian hitam ini terdiri dari 2 lapisan, yaitu alumunium dan hard anodized. Proses hard anodizing membuat panci jenis ini tidak mudah tergores dan tahan lama.

Sedangkan, bahan alumunium serta pemanas yang berada di atas, bawah, dan samping membuat nasi matang dengan baik dan merata. Lapisan anti lengket pada panci Namitech Rice Cooker membuat pancinya mudah dibersihkan.

Dan tentu saja, tidak membuat kamu terpaksa membuang nasi yang sudah kering dan terlalu lengket di bagian dasar panci. Berkapasitas 1,2 liter, Namitech Rice Cooker ini menggunakan daya listrik hanya sebesar 350 Watt untuk memasak.

Selain untuk memasak nasi, kamu juga bisa memanfaatkan rice cooker ini untuk menghangatkan dan mengukus makanan. Bodinya juga anti penyok dan anti karat, sehingga rice cooker ini tidak mudah rusak.

Harga Rp. 173.000

Natsuper NC1090 Rice Cooker (1 L)

Bahan alumunium memang menjadi favorit dalam peralatan memasak. Tidak hanya mempunyai kemampuan untuk menghantarkan panas dengan merata, bahan ini juga biasanya murah dan terjangkau. Natsuper NC1090 Rice Cooker juga menggunakan bahan alumunium untuk potnya, yang membuat nasi matang dengan merata.

Selain berbahan alumunium, rice cooker ini juga bisa memastikan nasi yang kamu masak matang dengan baik, tapi tetap menjaga nutrisi dalam nasi. Ini karena ada lubang uap yang mengatur sirkulasi uap dengan baik. Lubang uap ini juga membuat nasi menjadi lebih lezat dan harum, lho!

Tidak usah khawatir pula akan nasi yang lengket setelah beberapa lama berada di rice cooker, karena pot bagian dalamnya dilapisi bahan anti lengket. Bahan anti lengket ini membuat pot rice cooker jadi mudah dibersihkan dan juga kamu tidak perlu membuang-buang nasi.

Harga Rp. 139.000-140.000

Taikeda Mini Rice Cooker Multifungsi

Siapa yang tidak suka dengan makanan hangat? Aroma dari uap hangatnya akan menerbitkan selera dan menambah rasa enak pada makanan. Taikeda Mini Rice Cooker ini memastikan kamu selalu bisa memakan makanan bekal kamu agar tetap hangat.

Dengan inovasi terbaru, Taikeda Rice Cooker ini juga bisa berfungsi sebagai lunch box elektrik yang didesain agar mudah dibawa ke mana-mana. Tidak hanya ke kantor, rice cooker ini juga bisa dibawa untuk bekal piknik, sehingga piknik lebih terasa menyenangkan dengan makanan yang hangat.

Selain bisa menjadi lunch box portabel, produk penanak nasi ini tetap berfungsi selayaknya rice cooker, yaitu memasak nasi dan menghangatkan aneka jenis makanan. Bisa juga memasak sup dan bubur, dan mencairkan cokelat yang temperamental itu. Ditambah dengan egg boiler, rice cooker ini cocok sekali untuk gaya hidup praktis dan serba cepat sekarang ini.

Harga Rp. 155.000-180.000
From our editorial team

Menanak Nasi Semakin Mudah dan Enak

Kehadiran rice cooker sangatlah membantu para ibu yang memiliki segudang tugas rumah tangga. Dengan adanya rice cooker, para ibu dapat memasak nasi sambil melakukan pekerjaan lain yang belum selesai sehingga waktu pengerjaan urusan rumah tangga bisa dilakukan lebih cepat. Nah, sangat terasa ya efek dari kecanggihan teknologi saat ini.