10 Rekomendasi Sunblock Lokal Hingga Eropa untuk Menemani Aktivitas Sehari-hari Kamu di Luar Rumah! (2022)

10 Rekomendasi Sunblock Lokal Hingga Eropa untuk Menemani Aktivitas Sehari-hari Kamu di Luar Rumah! (2022)

Sering beraktivitas di luar rumah memaksamu berteman dengan paparan sinar matahari? Tak perlu khawatir, salah satu solusinya adalah menggunakan tabir surya yang tepat. Pentingkah menggunakan tabir surya? Apa saja sih tipe-tipe tabir surya yang bisa dijadikan pilihan? Simak selengkapnya di artikel ini untuk tahu lebih banyak lagi tentang tabir surya. Tidak ketinggalan, simak pula 10 rekomendasi sunblock dari kami yang mungkin dapat membantu kamu berteman dengan matahari.

Pakai Tabir Surya Setiap Hari, Wajib Nggak Sih?

Tabir surya merupakan salah satu produk kosmetik yang memiliki peranan, baik dari segi kecantikan maupun kesehatan kulit. Tahukah kamu betapa berbahayanya sinar matahari jika terkena kulit kita secara langsung? Dari segi kecantikan misalnya, akan muncul berbagai permasalahan kulit yang meliputi warna kulit tidak merata dengan adanya bagian yang menggelap, munculnya flek, kerutan dan masalah penuaan kulit lainnya.

Dari sisi kesehatan, masalah ringan seperti iritasi yang menyebabkan kulit melepuh hingga kanker kulit pun tidak dapat dihindari. Melihat betapa berbahaya dan banyaknya efek buruk yang ditimbulkan dari paparan sinar matahari, maka memakai tabir surya menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Menurut pakar, bayi berusia mulai dari 6 bulan sudah diperbolehkan untuk menggunakan tabir surya. Penggunaan tabir surya yang disarankan minimum SPF 15, pengaplikasian ulang setiap 2 jam sekali, dan wajibnya menggunakan tabir surya meski beraktivitas di dalam rumah saja. Tabir surya juga tetap harus digunakan ketika keluar rumah pada saat kondisi cuaca mendung.

3 Jenis Tabir Surya dan Perbedaannya yang Kamu Harus Tahu!

Physical Sunblock

Tipe pertama dari tabir surya adalah Physical Sunscreen atau dikenal sebagai sunblock. Perlindungan yang ditawarkan oleh tipe tabir surya ini adalah perlindungan menyeluruh terhadap sinar UV, baik berupa UVA maupun UVB.

Cara kerja dari tabir surya jenis sunblock ini adalah memberikan lapisan pada kulit yang dapat melindungi kulit sehingga tidak dapat ditembus oleh sinar UV. Lebih mudahnya, jika ingin mencari tabir surya jenis ini, kamu bisa membedakannya dengan melihat ingredients pada kemasan. Physical sunblock ditandai dengan adanya kandungan berupa titanium dioxide dan zinc oxide.

Secara tekstur, kebanyakan produk physical sunblock memiliki tekstur cream kental, berwarna putih dan meninggalkan whitecast. Di beberapa orang, penggunaan tabir surya jenis ini cenderung terasa berat sehingga kurang nyaman.

Chemical Sunscreen

Jenis yang kedua, yaitu chemical sunscreen. Perbedaan utama pada jenis ini dengan yang pertama ada pada cara kerjanya. Chemical sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV, untuk selanjutnya melalui reaksi kimia diubah menjadi panas yang tidak dapat diserap oleh kulit.

Dengan tabir surya ini, masih ada kemungkinan sinar UV tersebut masuk ke dalam lapisan kulit. Meski begitu, chemical sunscreen cenderung lebih disukai, terutama di daerah tropis seperti Indonesia karena teksturnya yang cenderung ringan dan breathable saat diaplikasikan di kulit.

Kandungan pada chemical sunscreen ditandai dengan adanya oxybenzone, avobenzone, octinoxate, octisalate dan sebagainya. Chemical sunscreen disarankan untuk diaplikasikan pada kulit 20-30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah.

Hal ini berhubungan dengan penyerapan produk agar bekerja melindungi kulit dari sinar matahari secara lebih optimal. Issue yang muncul dengan penggunaan produk ini adalah kandungannya yang berbahaya bagi terumbu karang. Hal ini menjadikan chemical sunscreen tidak disarankan untuk digunakan saat berenang di laut.

Hybrid Sunscreen

Tipe terakhir adalah inovasi terkini yang dikenal sebagai Hybrid Sunscreen. Pada dasarnya, hybrid sunscreen merupakan gabungan dari physical dan chemical sunscreen. Dari segi kandungannya, hybrid sunscreen biasanya mengandung bahan organik seperti pada chemical sunscreen, tetapi juga mengandung zat aktif seperti pada physical sunscreen.

Tipe ini digemari oleh pemilik kulit kombinasi. Dari segi tekstur, hybrid sunscreen mengeliminasi kekurangan pada physical sunscreen dengan tidak adanya whitecast dan tetap ringan di kulit. Dilihat dari efektivitasnya, tipe ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Ini Dia 10 Rekomendasi Sunblock Terbaik yang Wajib untuk Kamu Simak!

Some By Mi Truecica Mineral Calming

Rekomendasi pertama dari kami jatuh kepada Some By Mi. Brand asal Korea ini ikut meramaikan deretan physical sunblock dengan seri Some By Mi Truecica Mineral Calming.

Produk ini dirilis di pasaran dengan tagline Triple Function, yang artinya perlindungan kulit dari sinar UV, sekaligus mencerahkan dan mengurangi garis halus pada wajah. Untuk kamu si pemilik kulit sensitif, tak perlu khawatir karena produk physical sunblock ini, sesuai namanya, mengandung Truecica.

Apa itu? Cica, atau centella asiatica maupun madecassoside merupakan hero ingredients pada skincare yang berfungsi untuk menenangkan kulit. Tekstur produk Some By Mi Truecica Mineral Calming dinilai sebagai watery cream.

Maksudnya adalah, produk ini memiliki kekentalan seperti cream, tetapi mudah diratakan seperti air. Bagaimana, tertarik ingin mencobanya?

Harga Rp. 125.000-260.000

Benton Skin Fit Mineral Sun Cream

Selanjutnya, masih dari brand asal Korea, ada Benton Skin Fit Mineral Sun Cream. Sama seperti Some By Mi, Benton juga mengusung Triple Function pada produknya ini.

Hero ingredients dari physical sunblock ini antara lain adalah witch hazel, centella asiatica dan calamine. Selain itu, Benton Skin Fit Mineral Sun Cream juga mengandung rosemary essential oil. Tidak hanya baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari, Benton Skin Fit Mineral Sun Cream juga disarankan untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit kusam.

Hal ini dikarenakan physical sunblock dari Benton tersebut tidak menyisakan whitecast pada kulit. Sebaliknya, terdapat efek tone-up pada saat pemakaian sehingga kulit menjadi lebih bercahaya secara alami.

Harga Rp. 203.000-264.000

Isntree Natural Sun Cream

Rekomendasi berikutnya adalah Isntree Natural Sun Cream. Kali ini, physical sunblock yang kami rekomendasikan memiliki kandungan utama berupa hyaluronic acid yang sangat disukai oleh pemilik kulit kering. Key ingredients yang terdapat pada produk ini meliputi hyaluronic acid, inositol, panthenol dan betaine yang berfokus pada fungsi untuk menjaga kelembapan dan menghidrasi kulit.

Isntree Natural Sun Cream memiliki finish matte dengan efek tone up pada kulit. Sama halnya dengan skincare lain dengan kandungan utama hyaluronic acid, physical sunblock ini tidak lengket ketika digunakan. Sampai disini, apakah kamu sudah menentukan akan membeli merk apa?

Harga Rp. 215.000-320.000

COSRX All Green Comfort Sun SPF 50+ PA

Kamu penggemar brand COSRX? Jika iya, maka rekomendasi selanjutnya tidak boleh kamu lewatkan. COSRX mengeluarkan beberapa jenis sunscreen, salah satunya adalah COSRX All Green Comfort Sun SPF 50+ PA++++. Dengan kandungan moringa dan centella asiatica, sunblock ini tentunya aman digunakan bahkan oleh pemilik kulit sensitif.

Beralih ke tekstur produk, physical sunblock ini memiliki tekstur cukup kental. Di awal pengaplikasian produk, kamu akan melihat whitecast, tetapi lama-kelamaan produk akan menyerap ke kulit tanpa menyisakan whitecast.

Jika kamu memiliki pertimbangan khusus untuk skincare dengan kandungan silikon, maka sangat disayangkan jika produk satu ini memang belum silicon-free. Untuk kamu yang tak keberatan dengan produk berbahan silikon, tidak perlu khawatir karena produk ini cukup ringan untuk digunakan sehari-hari.

Harga Rp. 430.000-592.000

Somethinc Holyshield Sunscreen Comfort Corrector Serum

Penggemar local brand? Rekomendasi berikutnya patut kamu simak nih! Salah satu local brand, yaitu Somethinc tidak ketinggalan juga merilis produk-produk sunscreen. Seperti yang kami rekomendasikan ini, yaitu Somethinc Holyshield Sunscreen Comfort Corrector Serum.

Meski produksi lokal, Somethinc dengan physical sunblocknya ini memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari klaim vegan friendly hingga ramah digunakan bahkan oleh anak usia 11 tahun. Somethinc Holyshield Sunscreen Comfort Corrector Serum juga hadir dengan kemasan mini yang travel friendly.

Sesuai namanya, physical sunblock ini memiliki kandungan yang serupa dengan kandungan serum. Tekstur produk kental, tetapi sangat mudah ketika diaplikasikan di wajah. Finish yang dihasilkan adalah tipe satin finish.

Harga Rp. 53.000-150.000

AXIS-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen SPF 50+ PA++++

Selanjutnya, produk ini dikatakan sebagai physical sunblock nomor 1 di Korea. Kira-kira kamu sudah tahu belum? Ya, rekomendasi kami selanjutnya adalah dari brand Axis-Y.

Axis-Y merupakan brand Korea yang sempat viral di media sosial yang mengusung kandungan utama berupa mugwort. Sama halnya dengan produk skincare Axis-Y lainnya, physical sunblock juga mengandung mugwort. Mugwort dikenal sebagai kandungan yang bagus untuk menenangkan kulit.

Selain Mugwort, AXIS-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen juga mengandung Niacinamide 2% dan Squalane. Produk sunblock ini memiliki keunggulan, seperti tidak menimbulkan whitecast, tidak menimbulkan jerawat dan cocok digunakan dibawah make up.

Meski begitu, finish matte dari produk ini mungkin akan cukup mengganggu bagi kamu pemilik kulit kering. Tips pemakaian produk untuk kulit kering, sebaiknya kamu gunakan moisturizer terlebih dahulu sebelum pengaplikasian sunblock dari Axis-Y ini. Bagaimana, tertarik mencoba yang viral satu ini?

Harga Rp. 115.000-200.000

La Roche-Posay Anthelios Tinted Mineral Light Fluid Broad Spectrum SPF 50 Face Sunscreen

Beralih ke salah satu brand yang cukup merogoh kocek, berikutnya adalah physical sunblock dari brand Eropa, yaitu La Roche-Posay Anthelios Tinted Mineral. Physical sunblock ini mengandung 6% Titanium Dioxide dan 5% Zinc Oxide. Produk ini juga sudah paraben, oil dan fragrance free.

Hasil akhir produk sunblock ini adalah matte-finish. Dengan harganya yang cukup mahal, La Roche-Posay berhasil mengembangkan produk sunblock ini menjadi ramah untuk kulit sensitif, tanpa whitecast dan cepat menyerap di kulit.

La Roche-Posay Anthelios Tinted Mineral mengusung XL- Protect Technology, yang artinya physical sunblock ini tidak hanya akan melindungi kamu dari sinar matahari saja. Dengan jenis proteksi ini, La Roche-Posay Anthelios Tinted Mineral menawarkan perlindungan ekstra dari sinar inframerah dan polusi udara.

Harga Rp. 450.000-700.000

Jumiso Super Soothing Cica & Aloe Sunscreen 50ml

Selanjutnya, produk physical sunblock lainnya dengan sertifikasi vegan, yaitu Jumiso Super Soothing Cica & Aloe Sunscreen. Dengan kandungan utama Cica & Aloe, physical sunblock ini dikenal nyaman untuk kulit sensitif sekalipun.

Kandungan aloe membuat tekstur produk sunblock dari Jumiso ini sangat lembut dan lembap di kulit. Untuk kamu yang sedang mencari physical sunblock dengan tekstur super ringan, kamu boleh mencoba produk satu ini ya.

Harga Rp. 149.000-320.000

Labore BiomeProtect Physical Sunscreen

Berikutnya, salah satu produsen lokal untuk skincare, yaitu Paragon mengeluarkan brand baru yang dirancang khusus bagi pemilik kulit sensitif. Ya, kamu pasti bisa menebak apa rekomendasi kami berikutnya kan?

Rekomendasi untuk physical sunblock lokal dari kami berikutnya adalah Labore BiomeProtect Physical Sunscreen. Mengusung key ingredients Microbiome, sunblock ini bagus untuk kalian yang ingin memberikan proteksi kepada kulit sekaligus meningkatkan kemampuan skin barrier.

Apa itu microbiome? Kandungan satu ini dikenal bagus sebagai anti aging karena cara kerjanya dalam menyeimbangkan microbiome yang ada pada kulit.

Harga Rp. 50.000-165.000

Glowlabs Physical Sunscreen

Rekomendasi terakhir dari kami adalah Glowlabs Physical Sunscreen. Physical sunblock lokal brand ini mengandung nano titanium dioxide, yang berukuran sangat kecil sehingga menghasilkan tekstur produk yang ringan di kulit.

Key ingredients lainnya yang terkandung pada sunblock dari Glowlabs ini adalah tricholoma matsutake extract, bisabolol, centella asiatica dan beberapa ingredients lainnya.

Tricholoma Matsutake Extract dikenal baik sebagai anti-inflamasi, anti bakteri dan aktif merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Demikian juga dengan Bisabolol yang memiliki fungsi serupa itu. Sementara itu, Centella Asiatica dikenal sebagai kandungan yang sangat bagus dalam menenangkan kulit.

Harga Rp. 85.000-110.000
From our editorial team

Sunblock Terbaik yang Dapat Membuatmu Berteman dengan Paparan Sinar Matahari

Dengan semakin berkembangnya industri kecantikan, khususnya skincare, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk berlama-lama melakukan aktivitas di luar rumah. Salah satu inovasi yang terus dikembangkan dari produsen skincare adalah tabir surya atau dalam artikel ini, yang dibahas lebih lanjut adalah jenis sunblock. Dengan hadirnya sunblock, tak hanya dalam berbagai merk, tetapi juga berbagai pilihan kandungan, kamu dapat selama mungkin beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Sunblock terbaik untuk kulit kamu adalah yang tak hanya melindungi kamu dari matahari, tetapi juga dibeli sesuai budget yang ada dan memiliki kandungan yang cocok untuk jenis kulitmu sehingga aman dan nyaman digunakan seharian.