10 Merk Garam Himalaya Terbaik dan Serbaguna (2022)

10 Merk Garam Himalaya Terbaik dan Serbaguna (2022)

Garam Himalaya adalah garam serbaguna. Garam ini dapat digunakan untuk memasak hingga merawat kecantikan kulit. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi garam Himalaya dalam artikel berikut ini!

Garam Himalaya Punya Nutrisi yang Tinggi

Garam termasuk salah satu kunci dari masakan. Sensasi rasa asin yang diberikannya dapat menambah cita rasa masakan menjadi tambah gurih dan lezat. Tak hanya itu, kandungan mineral di dalamnya juga memberikan manfaat untuk tubuh.

Bicara soal garam, beberapa tahun belakangan ini nama garam Himalaya mulai naik daun. Warna pink pada garam ini membuatnyajadi lebih menarik perhatian. Dari segi rasa, garam Himalaya ini pun cenderung lebih asin dibandingkan dengan garam lain pada umumnya.

Garam Himalaya ini pun diyakini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, karena kandungan nutrisinya yang termasuk tinggi. Garam ini juga sering dipakai dalam menu diet.

Manfaat Garam Himalaya Untuk Tubuh

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Garam Himalaya dapat menstimulasi produksi enzim yang membantu pencernaan makanan. Garam ini dapat meningkatkan produksi amilase di mulut dan asam hidrokolat di lambung agar sistem pencernaan makanan dapat bekerja dengan optimal.

Detoksifikasi Tubuh

Garam Himalaya memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi, sehingga garam ini juga diyakini dapat membantu pengeluaran zat beracun dari tubuh, sehingga zat-zat penyakit pun dapat terbuang melalui proses eksresi tubuh. Rutin mengonsumsinya dapat mengoptimalkan keluarnya zat beracun dari tubuh.

Mengontrol Gula Darah dan Hormon

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam garam Himalaya juga dipercaya dapat mengontrol keseimbangan mineral dan hormon dalam tubuh. Dengan kata lain, sensitivitas insulin pun dapat lebih baik sehingga jumlah gula darah tak melonjak dan risiko penyakit diabetes dapat Anda hindari.

Merawat Kecantikan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh bagian dalam, garam Himalaya juga memberikan dampak yang positif terhadap bagian luar tubuh dengan memancarkan kecantikan berkat kulit yang sehat. Kandungan mineral seperti kromium, zinc, sulfur, dan magnesium memberikan efek baik untuk kesehatan kulit.

Membersihkan Udara

Selain manfaat untuk tubuh, garam Himalaya juga dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Hal ini disebabkan karena permukaan garam Himalaya yang hangat, air bisa menguap lebih cepat. Nah, penguapa itulah yang dapat membersihkan udara di sekitar.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Garam Himalaya

Butiran Garam

Secara umum, ada 2 jenis garam Himalaya yang dijual di pasaran, yaitu garam Himalaya dengan butiran halus dan garam Himalaya dengan butiran kasar. Keduanya sama-sama relatif mudah ditemukan di pasaran.

Garam Himalaya butiran kasar termasuk jenis garam serbaguna. Anda dapat menambahkannya ke dalam masakan untuk memperkaya cita rasa. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk perawatan kecantikan, seperti digunakan untuk berendam, sebagai scrub, juga untuk memberi pijatan pada telapak kaki. Teksturnya yang tidak merata akan memberikan sensasi relaksasi dalam setiap gerakan pijatan.

Sementara garam Himalaya jenis butiran halus memiliki keunggulan lebih cepat larut. Butirannya yang kecil membuatnya akan tampak seperti garam dapur pada umumnya. Anda tidak akan merasa kesulitan menentukan takaran pemakaian jika hendak menaburkannya pada masakan.

Kandungan Mineral

Pada dasarnya, semua garam Himalaya memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi dibandingkan dengan garam lainnya. Namun tahukah Anda, bahwa kandungan mineral yang ada dalam garam Himalaya ini tidaklah sama pada setiap produk.

Tidaklah mudah untuk mengetahui secara pasti mengenai kandungan mineral di garam Himalaya jika dilihat dengan kasat mata begitu saja. Anda dapat mengetahuinya dengan cara membaca informasi yang diberikan oleh produsen. Informasi tersebut umumnya tersedia di website resmi atau e-commerce. Sayangnya, belum semua produsen yang mencantumkan keterangan seperti ini.

Kemasan

Jika Anda membutuhkan garam Himalaya dalam jumlah besar, Anda boleh memilih kemasan plastik karena isinya yang lebih banyak dan ukurannya pun lebih beragam. Anda juga bisa memilih ukuran produk yang sesuai kebutuhan sehingga tak perlu berulang kali membeli garam Himalaya.

Sementara itu, garam Himalaya dengan kemasan botol akan menjaga isi di dalamnya. Saat botol ditutup rapat, garam tidak terekspos udara luar. Tampilan kemasan botol juga tampak lebih rapi saat diletakkan di meja makan atau dapur. Selain itu, penggunaan botol sebagai tempat penyimpanan dapat mencegah kebocoran yang sering terjadi pada kemasan plastik.

Rekomendasi Merk Garam Himalaya Terbaik

Pura Himalayan Salt

PURA Himalayan Salt yang memiliki kemasan berwarna biru dan putih ini memiliki wadah estetik yang dapat memanjakan mata. Bukan hanya itu, terdapat juga penutup ziplock, yang dapat menjaga produk agar tetap higienis dan tidak mudah tumpah.

Tentu saja keunggulannya bukan hanya pada kemasan. Garam Himalaya ini dibuat tanpa bahan tambahan, sehingga garam ini dapat digolongkan sebagai produk organik. Produk ini juga aman untuk diet karane kandungannya yang bebas gluten.

Produk yang satu ini pun sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI, dan ISO 22000 yang merupakan standar Food Safety atau keamanan pangan. Jadi, Anda pun tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengonsumsinya.

Harga Rp. 40.000-75.000

Be Organik Himalayan Salt

Garam Himalaya ini dikemas di dalam botol unik yang lucu. Selain digunakan untuk membumbui masakan ataupun untuk perawatan kulit Anda dari luar, secara tidak langsung botolnya pun menjadi dekorasi dapur atau meja makan.

Bahkan, setelah garamnya habis, botol cantiknya pun masih dapat Anda gunakan untuk isi ulang, maupun sebagai wadah bahan atau benda lainnya. Multifungsi, sekaligus ramah lingkungan.

Bicara soal khasiat, garam Himalaya yang satu ini pun tak kalah berkhasiat untuk menutrisi kesehatan Anda dari dalam maupun dari luar.

Harga Rp. 15.000-40.000

Saffrons Himalayan Salt

Produk garam Himalaya yang satu ini sangatlah cocok bagi Anda yang tak ingin ribet dan tak ingin tangan menjadi kotor saat memasak. Sebab, garam ini dikemas dalam botol dengan tutup yang memiliki dua lubang dengan ukuran berbeda.

Kemasannya juga dilengkapi dengan seal, sehingga garam yang ada di dalamnya pun jadi terjaga dan higienis. Ukuran botolnya pun kecil, sehingga tidak menghabiskan banyak ruang untuk disimpan.

Selain unggul dari segi tampilan, produk garam Himalaya yang memiliki butiran halus ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan seperti menjaga keseimbangan gula darah. Butirannya yang halus itu membuatnya mudah larut di dalam air.

Harga Rp. 15.000-20.000

Footis Foot Salt Pink

Bekerja seharian membuat badan menjadi lelah. Selain badan, tak jarang pikiran pun ingin serta ikut diistirahatkan. Maka dari itu, istirahatkanlah badan dan pikiran Anda dari rasa lelah agar bisa segar kembali untuk menyongsong hari esok.

Anda dapat menggunakan garam Himalaya sebagai media relaksasi tubuh dan pikiran. Caranya cukup dengan melarutkan garam Himalaya ke dalam air, dan rendamlah kaki Anda di dalamnya. Anda juga bisa merendam selurut tubuh di dalam larutan air tersebut.

Kandungan mineral dalam garam akan terserap oleh kaki dan memberikan efek yang menyegarkan. Rasa lelah akan terangkat, da n Anda pun jadi lebih bersemangat.

Harga Rp. 30.000-50.000

CED Natural Himalayan Pink Rock

Garam Himalaya yang satu ini pun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mengontrol gula darah, mengatasi kram otot, dan lain sebagainya.

Garam ini juga cukup mudah diserap oleh tubuh. Produk ini mengandung mineral lebih banyak dan juga memiliki kandungan elektrolit yang baik untuk tubuh.

Anda dapat memberikan garam ini pada bayi dan balita yang sudah MPASI agar bisa mengenal rasa asin pada makanan. Anak Anda pun dapat memperoleh khasiat garam Himalaya ini sedari dini.

Harga Rp. 15.000-35.000

OM Natural Himalayan Rock

Garam Himalaya ini memiliki beragam keunggulan dalam segi kesehatan, seperti dapat berfungsi sebagai antacid atau penetral asam lambung. Sehingga, Anda yang memiliki keluhan sakit maag atau asam lambung pun baik untuk mengonsumsi garam ini.

Kandungan magnesium dan kalsium yang tinggi di dalamnya pun membuat garam Himalaya ini bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Bagi para penderita hipertensi juga tak perlu takut, karena garam ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Anda pun bisa menggunakan garam ini sebagai proses detoksifikasi untuk membersihkan tubuh dari racun.

Harga Rp. 35.000-50.000

Nature Quest Himalayan Rock Salt Coarse

Bagi pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi, mengonsumsi garam tentu menjadi hal yang wajib dihindari demi kesehatan. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk garam Himalaya, karena garam ini aman bagi penderita hipertensi.

Garam Himalaya yang satu ini merupakan produk organik yang memiliki kandungan 84 jenis mineral di dalamnya. Kandungan mineral tersebut baik untuk menyeimbangkan fungsi-fungsi tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan.

Produk ini juga diklaim dapat mencegah osteoporosis, karena mengandung kalsium dan magnesium, yang mana kedua unsur tersebut terkenal baik untuk kesehatan tulang.

Harga Rp. 50.000-75.000

Ibnu Sina Garam Himalaya

Selain bermanfaat untuk memperkaya cita rasa masakan Anda, garam Himalaya ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kondisi kesehatan.

Jika Anda merasakan tanda-tanda hidung tersumbat yang sungguh mengganggu itu, Anda bisa larutan air garam Himalaya untuk mengusirnya.

Anda juga dapat menggunakannya untuk memurnikan udara di dalam ruangan dengan menggunakan garam Himalaya ini. Sehingga, garam Himalaya ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang mempunyai masalah pada saluran pernafasan.

Harga Rp. 70.000-100.000

Rasa Fine Grain Himalayan Pink Salt

Produk garam Himalaya ini memiliki tekstur butiran yang halus, sehingga dapat mudah larut saat ditambahkan dalam masakan. Teksturnya yang halus juga bisa ANda gunakan sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati.

Produk ini diklaim terbuat dari 100% bahan alami, dan memiliki kandungan mineral yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan para penderita hipertensi pun aman mengonsumsi garam ini.

Bukan hanya tekstur dan kualitasnya saja yang menjadi unggulan. Bicara soal kemasan, produk ini juga dikemas dalam botol kecil dengan tutup ulir. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah untuk menyimpannya. Terdapat pemutar dan 2 lubang yang memiliki ukuran berbeda, sehingga lebih praktis dan mudah saat menuangkannya.

Harga Rp. 20.000-35.000

Sanfood Himalayan Pink Salt

Garam Himalaya yang satu ini mengandung 80 jenis mineral berbeda yang sangat baik untuk tubuh. Dengan mencampurkan garam ini ke dalam makanan, tubuh Anda akan mendapatkan tambahan asupan zat antimikroba yang dapat membunuh berbagai macam bakteri.

Bagi Anda yang memiliki bayi yang telah MPASI, Anda dapat menambahkan garam Himalaya ini pada masakan menu MPASI anak untuk memberinya nutrisi sekaligus memperkenalkan rasa asin pada anak.

Baik Anda maupun anak Anda pun akan mendapatkan khasiat dari kandungan nutrisinya yang begitu kaya. Makanan menjadi lebih lezat, tubuh pun menjadi lebih sehat.

Harga Rp. 20.000-50.000
From our editorial team

Pastikan Anda Membeli Garam Himalaya Sesuai Kebutuhan Ya!

Setelah membaca artikel dan rekomendasi BP-Guide di atas, Anda kini sudah lebih paham tentang garam Himalaya bukan? Saat membelinya, pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan Anda ya! Selamat berbelanja!