10 Rekomendasi Kandang Kelinci dengan Desain Terbaik dan Berkualitas!  (2023)

10 Rekomendasi Kandang Kelinci dengan Desain Terbaik dan Berkualitas! (2023)

Jika berbicara mengenai hewan peliharaan, apa yang ada di dalam pikiran Anda? Kelinci pasti salah satu hewan peliharaan yang terpikirkan ketika berbicara mengenai hewan peliharaan.

Kelinci, Hewan Peliharaan Favorit Banyak Orang

Jika berbicara mengenai hewan peliharaan, apa yang ada di dalam pikiran Anda? Kelinci pasti salah satu hewan peliharaan yang terpikirkan ketika berbicara mengenai hewan peliharaan. Bentuknya yang lucu membuat kelinci menjadi favorit banyak orang. Dengan tingkah lucunya, memelihara kelinci di rumah akan membawa kebahagiaan serta memberikan hiburan dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Perawatan kelinci juga termasuk mudah. Anda dapat memberikannya sayur-sayuran, wortel khususnya untuk makanannya sehari-hari. Biasanya, hal tersulit dalam merawat kelinci adalah menjaga kandangnya agar tetap harum. Ketika buang air kecil, kelinci merupakan salah satu hewan yang memiliki aroma menyengat,sehingga kandang kelinci sering memiliki aroma yang kurang enak. Dalam merawat kelinci, Anda harus rajin membersihkan kandang, agar aromanya tetap harum setiap saat.

Empat Cara Merawat Kelinci dengan Benar

Setiap binatang memiliki caranya masing-masing dalam merawatnya. Kucing misalnya,
Anda perlu menyediakan ruangan yang nyaman dan hangat serta mainan agar kucing
merasa betah di dalam ruangannya. Kelinci pun juga sama. Untuk memastikan kelinci
mendapatkan perawatan yang optimal, terdapat cara-cara tertentu yang harus diperhatikan
agar kelinci sehat dan berumur panjang. Mari simak informasinya di bawah ini.

Pilih Asupan Makanan yang Tepat

Wortel merupakan asupan makanan untuk kelinci yang pasti terpikirkan di dalam otak kita ketika hendak memberinya makan. Wortel sendiri mengandung nutrisi yang sangat bagus. Namun, Anda tidak bisa memberinya asupan makanan yang sama setiap harinya untuk kelinci. Misalnya, Anda hanya memberinya sayur-sayuran seperti kangkung dan juga wortel setiap harinya. Pilihan asupan ini tidak cukup menutrisi kelinci, bahkan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Anda dapat memulainya dengan memberinya asupan makanan yang variatif. Jerami, merupakan salah satu pilihan asupan makanan yang dapat Anda berikan. Jerami dapat Anda gunakan sebagai sumber serat untuk kelinci. Anda juga dapat memberikannya camilan khusus yang mengandung banyak nutrisi dan juga vitamin di sela-sela waktunya. Perlu dicatat, jangan memberikan kelinci Anda kacang-kacangan karena tidak cocok dengan pencernaannya.

Pastikan Kelinci Selalu Terhidrasi Sepanjang Hari

Selain makanan, hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memberinya air yang cukup. Sering sekali kita melihat di dalam kandang kucing hanya ada makanan saja, tetapi tidak menyediakan minuman. Banyak orang berpikir bahwa sayur-sayuran seperti wortel juga mengandung air di dalamnya, sehingga kelinci mendapatkan asupan air dari makanan yang ia makan. Pemikiran ini keliru, karena kelinci juga membutuhkan asupan air selain di makanan yang dimakan.

Ketika memberi kelinci asupan air, pastikan kualitas air tersebut jernih dan tidak terkontaminasi oleh kotoran di sekitarnya. Berikan juga wadah air yang berkualitas dan bentuk yang sesuai agar kelinci dapat dengan mudah meminum air tersebut. Jangan lupa juga untuk terus mengeceknya setiap hari. Jika air sudah habis, isi ulang kembali air yang ada pada wadah tersebut. Kelinci yang terhidrasi merupakan salah satu tanda kelinci yang sehat.

Berikan Kandang dengan Ukuran yang Luas

Pastikan Anda memilih kandang yang ukurannya luas karena kelinci memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada hamster. Hal ini bertujuan agar kelinci dapat bergerak dengan leluasa tanpa terasa sempit di dalam kandangnya. Kandang yang sempit akan membuat kelinci merasa tidak nyaman bahkan berpotensi membuatnya stres. Terlebih lagi, kelinci juga termasuk hewan yang aktif bergerak.

Untuk menjamin kesehatan dan kualitas hidup binatang peliharaan, banyak orang kurang mempertimbangkan untuk memberikan kandang yang layak dan tepat untuk binatang peliharaannya. Padahal, kenyamanan seekor binatang bermula dari tempat mereka tinggal, yaitu kandang. Pertimbangkanlah untuk memberikan ukuran kandang lima kali lebih besar dari ukuran kelinci peliharaan Anda ya.

Beri Waktu Kelinci untuk Bermain di Luar Kandang

Selain kandang yang luas, Anda juga perlu memberikan waktu untuk kelinci agar dapat mengeksplorasi lingkungan di luar kandang. Secara alamiah, kelinci merupakan hewan yang hidup di dalam, sehingga ia memerlukan tempat yang luas dan bebas untuk menjelajah lingkungan di sekitarnya. Anda dapat memberikannya waktu untuk bermain di luar kandangnya. Biarkanlah kelinci Anda mengeksplor dan juga bermain di sekitar rumah Anda.

Tahukah Anda bahwa kelinci berpotensi mengalami stres jika terus-terusan berada di kandangnya? Sama seperti manusia, kita juga seringkali membutuhkan waktu untuk eksplor dan pergi ke tempat yang ingin dituju. Kelinci pun demikian. Mereka juga memerlukan waktu untuk keluar dari kandangnya, melihat serta menjelajah hal baru. Memberikan treatment ini kepada kelinci akan mencegah potensi stress dan dapat meningkatkan usianya, lho.

Sedang Mencari Kandang Kelinci yang Tepat? Ini Dia 10 Pilihannya

Multica Kandang Kelinci Portabel

Suka mengajak kelinci Anda jalan-jalan atau bepergian ke suatu tempat? Multica Kandang Kelinci Portabel merupakan pilihan kandang yang pas untuk kebutuhan Anda. Pasalnya, kandang kelinci yang satu ini bersifat portable, alias dapat dibawa kemana-mana, lho.

Bukan hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikan bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan karena kandang ini dapat dibongkar pasang. Multica Kandang Kelinci Portabel merupakan pilihan kandang kelinci lipat untuk Anda jika sering mengajak hewan peliharaan Anda jalan-jalan.

Harga Rp. 230.000-250.000

Kandang Kelinci Tingkat Dua

Rekomendasi kandang kelinci berikutnya pas jika Anda memiliki tipe kelinci yang sangat aktif. Kandang kelinci ini memiliki ukuran yang luas untuk hewan peliharaan Anda. Terdapat juga tangga untuk kelinci naik ke lantai atasnya. Lucu banget ya!

Kelebihan kandang kelinci ini terletak pada rodanya. Dengan memiliki roda, Anda dapat dengan mudah memindahkan kandang kelinci sesuai dengan apa yang Anda mau. Ingin mengajak jalan-jalan kelinci dengan membawa kandangnya? Hal yang mudah! Penempatan kandang ini juga tinggi, sehingga membuat kelinci nyaman di dalamnya.

Harga Rp. 270.000-280.000

Kandang Kelinci Bambu

Jika Anda mencari kandang kelinci di pasar hewan, Anda akan melihat pilihan Kandang Kelinci Bambu di dalamnya. Jenis kandang kelinci yang satu ini memang sering ditemukan di pasar hewan. Bambu sendiri merupakan material yang mudah ditemukan, sehingga banyak penjual merakit dengan material tersebut dan membuat sebuah kandang untuk hewan.

Bambu sendiri merupakan material yang pas untuk kelinci, Material ini kuat, namun memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu licin, sehingga pas untuk kelinci. Kandang kelinci bambu ini lebih cocok diletakkan di area outdoor rumah Anda. Perhatikan jika Anda meletakkan kandang di area luar rumah, pilihlah lokasi yang tidak terkena air hujan.

Harga Rp. 300.000-1.500.000

Kennel Aire A-Frame Bunny House

Kennel Aire A-Frame Bunny House merupakan pilihan kandang kelinci yang tepat. Seperti yang dapat Anda lihat, bentuk kandang ini menyerupai rumah, dengan atap berbentuk segitiganya. Ukurannya juga luas, sehingga kelinci Anda dapat dengan leluasa bergerak. Alas dibawahnya pun dapat dilepas pasang.

Kennel Aire A-Frame Bunny House dibuat dengan desain yang kokoh menggunakan menggunakan jeruji hitam kuat yang berkualitas. Tidak perlu takut jika kandang ini rusak ataupun roboh karena pergerakan kelinci Anda yang aktif ya! Cara memasang kandang ini juga mudah tanpa peralatan khusus.

Harga Rp. 5.000.000-6.000.000

Kandang Kelinci Rumah Kayu

Sedang mencari kandang kelinci dengan desain yang estetik? Anda dapat coba Kandang Kelinci Rumah Kayu! Bentuknya menyerupai rumah dengan ukuran mini dengan akses pintu yang terbuka. Tipe kandang seperti ini cocok jika Anda membiarkan kelinci Anda berkeliaran di sekitar rumah.

Warnanya yang coklat serta desain yang imut menambah kesan estetik pada kandang ini. Terlebih lagi jika rumah Anda memiliki konsep desain yang sama. Tipe kandang ini tentunya nyaman untuk kelinci karena memberikannya akses untuk keluar masuk serta memberikannya juga tempat tidur yang nyaman.

Harga Rp. 40.000-400.000

Kandang Kelinci Outdoor Minimalis

Jika sedang mencari pilihan kandang kelinci dengan kualitas yang lebih baik lagi, Anda dapat mencoba membeli Kandang Kelinci Outdoor Minimalis. Didesain dengan tampilan yang minimalis, kandang kelinci ini cocok diletakkan baik indoor maupun outdoor. Didominasi oleh warna kayu putih, kandang ini pun terlihat mewah dan memberikan kesan yang mahal.

Bukan hanya tampilannya, desainnya pun dibuat dengan kualitas yang baik. Kandang kelinci ini terlihat kokoh karena bentuk yang menyerupai rumah dengan dua lantai. Terlihat kokoh dan juga kuat serta kelinci Anda juga dapat bergerak secara leluasa di dalam kandang ini.

Harga Rp. 800.000-1.700.000

Kandang Kelinci Tiga Tingkat

Merasa kurang dengan kandang kelinci yang hanya memiliki dua tingkat? Anda dapat mencoba membeli Kandang Kelinci Tiga Tingkat. Dengan ukuran kandang yang lebih tinggi, kandang jenis ini juga membuat kelinci Anda semakin leluasa bermain dan beraktivitas di dalamnya.

Tipe kandang ini memang didesain khusus untuk tipe kelinci yang aktif. Kelinci dapat dengan bebas bermain bahkan loncat di dalam kandangnya. Dengan ukuran kandang yang luas, Anda dapat meminimalisir rasa stres pada kelinci, lho. Bukan hanya itu, kandang ini juga memiliki roda di dalamnya untuk memudahkan mobilisasi.

Harga Rp. 100.000-500.000

Dolly Premium Rabbit Cage

Permasalahan utama ketika merawat kelinci adalah higienitas. Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang sering buang air kecil bahkan dalam jumlah banyak. Jika Anda sedang kesulitan mengatasi hal tersebut, cobalah Dolly Premium Rabbit Cage. Kandang ini dilengkapi urine guard setinggi 11 cm di dalamnya, lho.

Dengan dilengkapi urine guard, air kencing kelinci pun akan tidak berceceran di dalamnya. Kandang pun akan lebih higienis dan juga tidak memiliki aroma yang menyengat di dalamnya. Dilengkapi juga dengan tray, sehingga memudahkan Anda untuk membersihkan kandang.

Harga Rp. 900.000-2.000.000

Artupic Kandang Kelinci

Rekomendasi kandang berikutnya pas jika Anda mencari model yang modern dan juga praktis. Artupic Kandang Kelinci lah solusinya. Dengan model pintu geser, kandang ini akan mudah untuk dibuka ataupun ditutup. Anda juga tidak membutuhkan banyak space untuk membuka dan juga menutup pintu.

Desain kandang ini berkualitas karena terbuat dari kawat galvanis. Kandang ini semakin praktis karena merupakan kandang lipat yang mudah Anda bawa kemana-mana. Merakitnya pun cukup mudah, tidak memerlukan peralatan khusus.

Harga Rp. 300.000-500.000

Kandang Kelinci Besar Berukuran XL

Luasnya kandang kelinci perlu diperhatikan agar kelinci Anda merasa nyaman dan leluasa untuk beraktivitas di dalamnya. Kandang Kelinci Besar Berukuran XL bisa Anda pertimbangkan untuk memberikan tempat tinggal yang nyaman bagi hewan peliharaan Anda.

Selain berukuran besar, kandang ini juga praktis karena dapat dilipat menjadi berukuran 48 cm x 33 cm x 12 cm. Pas untuk dibawa pergi kemana-mana!

Harga Rp. 100.000-500.000
From our editorial team

Kandang kelinci mendukung daya tahan si kelinci

Tempat tinggal yang nyaman membuat kelinci bisa hidup lebih sehat dan bertahan lebih lama. Jadi, wajib banget untuk memiliki kandang yang baik. Oleh sebab itu, cek rekomendasi kandang kelinci terbaik yang sudah kami siapkan di atas ya!

Tag