Cari Tahu Nikmatnya Kopi Sidikalang dan 10 Rekomendasi Kopi Khas Sumatera yang Paling Enak (2020)

Cari Tahu Nikmatnya Kopi Sidikalang dan 10 Rekomendasi Kopi Khas Sumatera yang Paling Enak (2020)

Sumber gambar www.freepik.com

Sumatera sudah dikenal sebagai produsen kopi-kopi kelas dunia. Kelezatan kopinya pasti bikin Anda ketagihan. Tahukah Anda apa saja kopi yang terkenal nikmat asal Sumatera? Karena itu, baca aja ulasan BP-Guide soal kopi berikut ini, ya.

Kopi Sidikalang adalah Salah Satu Kopi Khas Nusantara yang Terkenal

Sumber gambar https://www.freepik.com

Bagi para penikmat kopi sejati, pasti tahu jenis kopi-kopi terbaik dari Sumatera. Salah satunya adalah kopi Sidikalang. Ini merupakan salah satu dari tiga wilayah di Sumatera Utara yang memproduksi kopi dengan cita rasa yang unik. Selain Sidikalang, dua wilayah lain adalah Mandailing dan Lintongnihuta.

Wilayah Sidikalang berada di kawasan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.500 meter dpl. Kombinasi kawasan yang sejuk dan dingin dengan jenis tanah di wilayah Sidikalang yang subur, mampu menciptakan salah satu kopi terbaik di Nusantara.

Sekadar info, kopi dari Sumatera Utara dikenal punya tekstur yang halus dan bercita rasa kompleks. Mayoritas kopi di wilayah ini diolah secara kering maupun basah. Sehingga menciptakan aroma kopi yang khas dan unik.

Ciri Khas Kopi Sidikalang

Memiliki Aroma dan Karakter Rasa yang Khas

Sumber gambar https://www.freepik.com/

Salah satu produk unggulan dari Sidikalang adalah kopi robusta. Aroma dan cita rasa kopi robusta Sidikalang memang mirip dengan robusta di wilayah atau negara lain. Seperti cita rasa yang mirip cokelat dan sedikit manis. Namun wangi yang dihasilkan robusta Sidikalang tidak terlalu tajam.

Teksturnya sedikit lebih kasar dari arabika. Sementara warna yang dihasilkan tergantung dari cara pengolahan. Robusta Sidikalang cocok bagi Anda yang menyukai kopi dengan aroma sedang.

Tingkat Keasaman yang Rendah

Sumber gambar https://www.freepik.com/

Cita rasa sedang yang dimiliki robusta Sidikalang ini menghasilkan tingkat keasaman yang rendah. Sehingga cocok bagi mereka yang memiliki masalah lambung atau penyakit maag tapi tetap ingin minum kopi setiap hari.

Ditambah dengan rasa pahit khas cokelat, membuat sensasi yang diberikan sedikit berbeda dari kopi lainnya. Menjadi daya tarik lain bagi para penikmat kopi untuk mencicipi kekhasan dari kopi Sidikalang. Termasuk Anda yang memang menggemari kopi dengan aroma yang khas.

Long After Taste

Sumber gambar https://www.freepik.com

Pengertian mudah dari long after taste adalah daya tahan rasa kopi yang tertinggal di mulut dan tenggorokan setelah meminumnya. Semakin lama rasa kopi yang tertinggal di mulut, maka kopi tersebut punya nilai after taste yang tinggi.

Istilah after taste sendiri digunakan sebagai upaya menunjukkan "rasa kedua" dari cairan kopi yang sudah diseduh saat ditelan. Ini terjadi karena ada proses retronasal yang berulang-ulang yang kemudian membuat otak meneruskannya sebagai rasa dan aroma dari kopi tersebut.

Kopi Sidikalang Termasuk Kopi Sumatera yang Terkenal Nikmat, Ini Daftar Lengkapnya

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang dikenal dengan ciri khas tebal, keasaman yang rendah, dengan kadar bitterness yang tinggi. Kopi ini banyak diandalkan oleh kedai-kedai kopi yang bertebaran di Kota Medan dan wilayah Sumatera Utara lainnya.

Anda bisa mencoba sensasi rasa yang ditawarkan Kopi Sikalang ini melalui produk yang dijual di Blibli ini. Produk yang sudah mendapat sertifikasi Halal MUI bernomor 09120008001016 ini dikemas dalam ukuran 250 gram.

Harga Rp. 144.000

Kopi Gayo

Kopi Gayo menjadi salah satu produk kopi unggulan Indonesia. Karena sekitar 40 persen produksi kopi arabica premium di Indonesia berasal dari Aceh.

Wilayah Aceh setiap tahunnya mampu memproduksi 600 ribu ton kopi. Terutama ditanam di wilayah Takengon, Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Gayo Luwes.

Cita rasa kopi Gayo ini sangat kompleks.Tidak ada satu rasa yang mendominasi. Punya keasaman sedang dengan after taste yang panjang.

Harga Rp. 59.000-97.500

Kopi Lampung

Wilayah Lampung dikenal sebagai penghasil kopi robusta berkualitas tinggi. Kopi ini diproses melalui pengolahan panjang untuk menghasilkan bubuk kopi yang siap memberi sensasi rasa yang berbeda.

Ciri khas kopi Lampung adalah memiliki keasaman yang rendah, bodi tinggi, dengan rentang notes berada di antara dark chocolate, woody, dan nutty.

Rasa unik ini didapat dari proses penyangraian kopi dengan suhu tepat sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Untuk mencicipi cita rasa khas kopi Lampung ini, Anda tak perlu jauh-jauh ke Sumatera.

Harga Rp. 39.000-55.000

Kopi Mandailing Natal

Wilayah Mandailing yang berada di kawasan pegunungan Bukit Barisan memang cocok menjadi perkebunan kopi. Kopi asal wilayah Mandailing ini punya ciri khas keasaman sedang, body kuat, dan cita rasa yang kompleks. After taste dari kopi ini pun cukup panjang.

Harga Rp. 55.000-95.500

Kopi Lahat

Kabupaten Lahat memiliki lahan sekitar 100 ribu hektar yang digunakan untuk perkebunan kopi. Produksi per tahun mencapai 60 ribu ton. Menjadikan Lahat sebagai salah satu sentra produksi kopi di Sumatera.

Salah satu kopi Lahat yang sudah diproduksi secara massal adalah Kopi Bubuk Murni Cap Bola Dunia Asli Lahat. Kopi ini diolah secara tradisional untuk menghasilkan cita rasa kopi terbaik. Menciptakan kopi hitam yang kental dengan aroma yang khas.

Harga Rp. 19.000

Kopi Tangenon

Kopi Takengon biasa disebut dengan kopi Aceh Gayo ini merupakan produk hasil olahan yang dilakukan secara tradisional. Mulai dari memanen biji kopi, penjemuran yang dilakukan di halaman rumah, hingga proses pembakaran untuk menghasilkan kopi bubuk dengan aroma yang khas.

Ini merupakan kopi arabika premium yang sudah mendapat sertifikasi Indikasi Geografi untuk menunjukkan keotentikan dari kopi ini. Semua produk yang dijual merupakan kopi segar yang diproses sesuai pesanan. Bukan hasil penyimpanan kopi yang telah disangrai.

Harga Rp. 29.520-35.925

Kopi Liwa (Luwak)

Kabupaten Lampung Barat punya satu produk kopi yang dikenal hingga penjuru dunia. Itu adalah kopi Liwa atau lebih dikenal dengan kopi Luwak.

Kopi ini difermentasi di dalam perut Luwak yang kemudian dikeluarkan bersama feses. Luwak-luwak yang digunakan dirawat di dalam kandang khusus dan diberi biji kopi yang sudah dipilih lebih dulu.

Kopi yang keluar bersama feses kemudian dibersihkan dan dikeringkan. Barulah setelah itu diproses seperti pada umumnya kopi. Harga kopi Luwak ini dikenal sangat mahal. Karena memberikan aroma dan cita rasa yang tidak dimiliki kopi lainnya.

Harga Rp. 100.000

Kopi Besemah

Wilayah Sumatera Selatan juga punya kopi unggulan yaitu kopi Besemah. Kopi ini ditanam di wilayah lereng gunung Dempo. Jenis kopi yang tumbuh dengan baik di sini adalah jenis robusta.

Kopi Besemah punya ciri khas harum dan nikmat. Diolah secara tradisional dan biji kopi pilihan dengan pengeringan yang maksimal. Kopi yang sudah kering ini kemudian disangrai dan ditumbuk menjadi kopi halus yang siap disajikan sebagai minuman kopi.

Coba saja Kopi Besemah Robusta ini. Kopi dengan Cap Pagar Gunung ini mengandung 100% kopi asli tanpa campuran.

Harga Rp. 25.000

Kopi Pagaralam

Wilayah Pagaralam yang sejuk juga menjadi tempat yang cocok sebagai tumbuh kembang kopi berkualitas. Di wilayah ini, hampir setiap rumah pasti punya tempat menjemur kopi.

Pengolahan yang masih tradisional inilah yang membuat kopi Pagaralam memberikan cita rasa tersendiri bagi para penikmat kopi.

Proses pengeringan dan penyangraian di wilayah Pagaralam memang masih tradisional. Seperti masih menggunakan tungku kayu bakar yang mampu memberikan panas sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 15.000-21.000

Kopi Empat Lawang

Provinsi Sumatera Selatan masih punya wilayah lain yang mampu memproduksi kopi robusta berkualitas. Tepatnya berada di Kabupaten Empat Lawang. Setiap tahun, produksi kopi dari wilayah ini mencapai 26 ton yang berasal dari kebun kopi seluas 15.190 hektar.

Harga Rp. 13.500-22.500
From our editorial team

Simpan di Tempat Sejuk dan Tertutup Rapat

Para penikmat kopi tentu selalu menyimpan persediaan di dalam rumah. Nah, pastikan persediaan kopi ini disimpan di tempat yang tertutup rapat. Jika jarang digunakan, sesekali wadah kopi ini harus dibuka agar hawa yang dihasilkan kopi bisa keluar. Lalu simpan di tempat yang sejuk. Cara ini bisa bikin kopi Anda tetap awet rasanya.