Yuk, Buat Sendiri 11 Rekomendasi Hadiah Natal yang Tidak Mainstream Ini

Yuk, Buat Sendiri 11 Rekomendasi Hadiah Natal yang Tidak Mainstream Ini

Membuat kerajinan tangan yang nantinya dijadikan untuk hadiah bisa menjadi ide jitu bagi Anda. Sebab, dengan hadiah yang kreatif, Anda bisa menjadikan kado atau bingkisan yang Anda berikan menjadi jauh lebih berkesan. Nah, simak tips dan referensi dari BP-Guide berikut untuk Anda yang ingin mencoba membuat sendiri hadiah Anda.

Hadiah yang Dijual di Pasaran Sudah Terlalu Mainstream

Hari Natal adalah momen untuk memberikan hadiah kepada orang terkasih. Hadiah-hadiah Natal biasanya boneka, kaus kaki, topi rajut dan banyak lagi jenis hadiah yang lain. Tetapi hadiah Natal yang dijual di toko-toko selalu sama pada setiap tahunnya.

Biasanya hadiah-hadiah Natal yang dijual pada tahun ini adalah hadiah Natal dari tahun sebelumnya atau memiliki model yang sama dengan tahun sebelumnya. Hal ini menjadikan hadiah-hadiah tersebut sangat biasa dan tidak spesial.

Tips Membuat Hadiah Natal Buatan Sendiri

Tidak harus mahal

Hadiah Natal yang berkesan, tidaklah hadiah yang mahal. Hadiah yang mengeluarkan biaya yang besar hanya akan membuatnya berlebihan dan tidak berkesan. Pilihlah hadiah-hadiah yang sederhana, namun memiliki manfaat bagi penerima hadiah. Salah satu hadiah yang berkesan adalah hadiah yang secara tulus Anda berikan, bukan hadiah yang mahal tetapi terkesan dipaksakan.

Kreatifitas itu penting

Hadiah yang spesial adalah hadiah yang berbeda dengan hadiah-hadiah yang lainnya. Karena itulah setiap hadiah membutuhkan kreativitas untuk membuatnya menjadi spesial. Dengan kreativitas, Anda bisa membuat hadiah Natal yang sederhana menjadi hadiah Natal yang istimewa.

Hadiah tersebut akan menjadi lebih istimewa, karena Anda membuatnya dengan tangan Anda sendiri. Namun, sebelum membuat pastikan Anda mendaftar siapa saja yang akan Anda berikan hadiah Natal, ya.

Berikan pesan spesial dalam hadiah

Pesan spesial akan membuat hadiah Anda lebih memiliki kesan. Bahkan pesan tersebut dapat menjadi lebih penting dari pada isinya bagi penerima hadiah. Pesan menjadi penting, karena hadiah tidak selalu dapat mengungkapkan semua yang ingin Anda sampaikan. Pesan inilah yang membuat penerima hadiah mengetahui perasaan Anda ketika ingin memberikan hadiah ini.

11 Ide Hadiah Natal Buatan Sendiri yang Bisa Anda Jadikan Referemnsi

Message in the bottle

Sumber gambar www.hipwee.com

Hadiah yang istimewa tidak perlu mahal, Anda bisa membuatnya sendiri. Salah satu hadiah yang menarik untuk Anda jadikan pilihan adalah Message in the bottle atau pesan dalam botol. Untuk membuat hadiah ini, Anda bisa menyiapkan bahan-bahannya, seperti toples atau botol kaca, kertas, bolpoin, pita, dan hiasan sesuai selera Anda (glitter dan payet).

Langkah pertama untuk membuatnya adalah menuliskan pesa-pesan kecil di kertas, usahakan Anda menulisnya dengan sepenuh hati. Kemudian lipatlah dan masukkan ke dalam botol atau toples. Tambahkan pula hiasan lain sesuai selera Anda untuk ditaburkan di dalam toples. Langkah terakhir adalah menghias toples atau botol dari luas, hiasan dapat menggunaan pita, label atau penghias lainnya sesuai keinginan Anda.

Pop art card

Sumber gambar hipwee.com

Pop art card dapat Anda jadikan pilihan untuk hadiah Natal. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat Pop art card adalah guting, 2 lembar kertas karton, lem kertas, pensil, penggaris, hiasan, spidol dan kertas kado.

Cara pembuatannya adalah pertama lipatlah karton menjadi dua dengan ukuran kecil. Kemudian buatlah gambar persegi panjang menggunakan pensil secara vertikal pada bagian lipatan karton di tengah. Setelah itu gunting persegi panjang yang Anda sudah buat, tetapi perlu Anda ingat untuk jangan menggunting garis di bagian samping kanan pada persegi panjang.

Hasil dari guntingan lipat menjadi persegi panjang ke dalam. Setelah itu buka kertas karton dan pada bagian dalamnya ada lipatan yang membentuk kursi. Kemudian tempelah kertas tersebut ke karton lainnya, lalu hiaslah sesuka hati Anda. Lihatlah hasilnya, hadiah Anda akan membentuk gambar 3D.

Clayframe

Sumber gambar tokopedia.com

Clayframe adalah hadiah yang terbuat dari bahan kerajinan yang berbentuk adonan kalis. Adonan ini sangat lentur, sehingga dapat dibentuk sesuai keinginan Anda. Langkah-langkah untuk membuat Clayframe adalah pertama bentuklah clay dengan bentuk yang sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian biarkan clay mengering, setelah kering tutup dengan bingkai kaca. Clayframe telah siap untuk Anda berikan sebagai hadiah Natal.

Floating tea cup

Sumber gambar pojokseni.com

Floating tea cup adalah hadiah yang berupa gelas teh yang melayang. Bentuk dari hadiah ini adalah gelas teh yang menumpahkan bunga-bunga ke atas piring. Hadiah ini sangat cocok dijadikan dekorasi kamar ataupun rumah.

Untuk membuat Floating tea cup, pertama Anda harus menyiapkan bahan-bahannya seperti satu set cangkir dan piring, besi yang dibengkokkan, lem khusus besi dan bunga plastik.

Cara membuat hadiah ini adalah membengkokkan besi, biasa terbuat dari sendok atau garpu. Tempel unjung besi menggunakan lem besi di atas piring. Kemudian tempel juga ujung lainnya dari besi ke cangkir. Agar bisa bertahan sebelum lem kering, Anda harus menyanggah cangkir terlebih dahulu. Setelah menempel, Anda bisa menghiasnya dengan bunga-bunga. Floating tea cup yang cantik telah selesai.

Coffee sleaves

Sumber gambar thecottagemama.com

Coffee sleaves juga menarik jika Anda jadikan hadiah Natal. Hadiah ini akan menjadi spesial, karena hasil dari buatan tangan Anda sendiri. Untuk membuat Coffee sleaves, bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 2286 cm kain perca, 4.5 cm karet, kain keras, 1 kancing, benang, gunting, Coffee sleeve untuk pola dan gelas kopi kertas.

Langkah pertama untuk membuat Coffee sleaves adalah buka lipatan gelas kopi kertas, bagian ini akan dijadikan dasar pola. Kemudian lipat kain menjadi dua dan letakkan pola di atasnya. Lalu potong kain sesuai pola, namun lebihkan sekitar 1/2 cm atau 3/4 cm. Potong kain keras sesuai potongan kain sebelumnya, tempelkan dan setrika. Kemudian potong karet dengan panjang 4,5 cm dan tempatkan disela-sela kedua kain. Langkah selanjutnya adalah jahit bagian sisi kain dengan rapi. Langkah terakhir adalah memasang kancing di tepi kain dengan jarak sekitar 3 cm dari tepi kain.

Costume Mug

Sumber gambar hipwee.com

Costume Mug adalah cangkir yang memiliki gambar atau tulisan yang Anda buat sendiri. Hadiah ini tidak hanya bermanfaat, tetapi menjadi hadiah yang berkesan karena Anda menggambarnya dengan tangan Anda sendiri.

Alat dan bahan yang perlu Anda sediakan untuk membuat Costume Mug adalah cangkir polos, spidol khusus porselen, kapas atau tisu, penghapus cat kukum, cutton bud, kertas HVS kosong, spidol biasa dan oven atau microwave.

Untuk membuat Costume Mug, pertama Anda harus membuat konsep gambar atau tulisan yang Anda ingin buat di cangkir. Konsep tersebut dibuat di kertas HVS terlebih dahulu. Setelah konsepnya telah sesuai, buatlah gambar atau tulisan sesuai konsep di cangkir Anda. Bila Anda yang salah, Anda bisa menghapusnya menggunakan tisu atau kapas yang ditetesi aseton. Cutton bud dapat digunakan untuk bagian detail dari gambar atau tulisan Anda.

Setelah selesai menggambar di cangkir, diamkan beberapa saat dan panaskan dalam oven. Durasi pemanasan adalah lebih kurang 30 menit dengan suhu kurang lebih 175 derajat celcius. Setelah itu, keluarkan dan dinginkan. Costume Mug telah siap untuk Anda jadikan hadiah Natal.

Dreamcatcher

Sumber gambar www.zonakreatif.com

Dreamcatcher adalah alat penjaring mimpi dari bangsa Ojibwe. Dreamcatcher dipercaya dapat menyaring mimpi-mimpi buruk, sehingga mimpi-mimpi yang baik saja yang Anda mimpikan. Mimpi buruk yang terperangkap dalam Dreamcatcher akan musnah ketika disinari sinar matahari. Anda bisa menjadikan penjaring mimpi ini menjadi hadiah Natal, agar penerima hadiah akan selalu bermimpi indah.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat penjaring mimpi adalah benang wol atau benang jahit, bisa juga menggunakan tali suede. Bahan selanjutnya adalah ring atau kawat, gunting, lem, bulu dan manik-manik.

Cara membuatnya adalah buatlah ring menggunakan kawat dengan cara membuat kawat melingkar dan dililitkan dengan benang. Kemudian buatlah jaring-jaring pada ring menggunakan benang. Kemudian potong benang sebanyak tiga bagian dengan ukuran sesuai selera Anda. Lalu hias penjaring mimpi dengan manik-manik dan bulu dengan tali yang menjuntai. Terakhir potong benang dan ikatkan pada ring, lalu ujung lainnya diikatkan untuk menggantungnya. Penjaring mimpi telah siap Anda jadikan hadiah Natal.

Rubiks Cube photo

Sumber gambar thefrugalgirls.com

Rubiks Cube photo adalah hadiah yang berupa foto yang membentuk kubus. Hadiah ini menarik untuk Anda jadikan pilihan untuk hadiah Natal. Bahan-bahan untuk membuat Rubiks Cube photo adalah 6 foto yang dicetak pada kertas foto, 1 sampai tiga kubus kayu dengan ukuran 1/2 cm, lalu gunting dan pensil.

Untuk membuat Rubiks Cube photo, langkah pertamanya adalah menempelkan gambar pada kubus. Lalukan hal serupa untuk foto yang lain, kemudian lepaskan foto yang telah direkatkan. Rubiks Cube photo telah selesai dan siap untuk Anda jadikan hadiah Natal.

Sabun jeruk

Sumber gambar adevnatural.com

Sabun jeruk dapat Anda jadikan sebagai hadiah Natal Anda. Sabun ini akan menjadi hadiah yang spesial jika Anda membuatnya dengan tangan Anda sendiri. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan, antara lain gelas ukur, timbangan, gelas, pipet tetes, cetakan, sendok, minyak sawit (9 gram). Bahan selanjutnya adalah minyak kelapa (6 gram), minyak zaitun (6 gram), tepung beras (6 gram), asam stearat (1 gram), padatan NaOH (3 gram), dan minyak atsiri.

Cara membuat sabun jeruk sangatlah sederhana, pertama Anda masukkan 3 gram NaOh dalam 6 ml aquades ke dalam gelas, lalu diamkan hingga mencapai suhu ruangan. Bahan pertama diletakkan di gelas 1. Untuk gelas 2, campurkan 9 gram minyak sawit, 6 gram minyak kelapa, dan 6 gram minyak zaitun. Kemudian tambahkan 1 gram asam stearat dan panaskan hingga larut. Diamkan sejenak dan hangatkan pada suhu 500 sampai 600 celcius.

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan isi gelas 1 dan gelas 2. Aduk cairan hingga homogen dan mengental. Masukkan adinan tepung beras dan tambahkan 5 tetes minyak atsiri atau kulit jeruk. Aduk hingga rata kembali dan letakkan campuran ke dalam cetakan sabun. Diamkan selama seminggu dan sabun jeruk Anda telah siap digunakan.

Explosion box

Sumber gambar www.hipwee.com

Explosion box adalah hadiah yang berupa kotak kejutan. Hadiah ini sangat cocok untuk Anda jadikan hadiah Natal untuk orang terkasih. Untuk membuatkannya, Anda perlu mempersiapkan kertas karton warna, kartas kado dengan permukaan yang tidak licin, dan lem kertas. Untuk alat-alatnya, Anda perlu menyiapkan cutter, penggaris, pensil, gunting dan stick es krim.

Langkah pertama untuk membuat Explosion box adalah memotong kertas karton layer pertama dengan ukuran 12 x 12 cm. Kemudian garis kertas tersebut dengan ukuran 4 x 4 cm. Setelah itu, sayat garis menggunakan cutter. Layer pertama telah jadi, Anda bisa membuat layer lainnya dengan mengurangi ukurannya 2 atau 3 mm.

Setelah semua layer telah selesai digunting, hias layer menggunakan kertas kado. Setelah dihias, kaitkan setiap layer menggunakan double-tape. Lalu buat tutupnya menggunakan kertas dengan ukraun 8 x 8 cm. Lalu double tape di bagian lipatannya dan Explosion box telah siap untuk Anda jadikan hadiah Natal.

Telenan kayu lukis

Sumber gambar dhenok.net

Telenan kayu lukis adalah hadiah yang unik dan juga menarik untuk dijadikan hadiah Natal. Talenan ini cocok Anda berikan kepada orang yang Anda sayangi yang suka memasak. Cara membuat Telenan kayu lukis adalah pertama siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Alat dan bahan tersebut adalah talenan kayu, amplas, cat akrilik warna putih untuk dasar dan warna yang sesuai keinginan Anda. Bahan selanjutnya adalah air, kuas nylon, varnish dan pita.

Untuk membautnya, pertama Anda harus membersihkan talenan kayu terlebih dahuu. Amplas permukaan talenan agar menjadi halus. Lalu cat talenan dengan warna dasar putih. Setelah kering, mulailah melukis di atas talenan kayu. Setelah kering, lapisila dengan varnish. Untuk mempercantiknya, Anda bisa menghiasnya menggunakan pita. Telenan kayu lukis ini tidak hanya bisa digunakan sebagai talenan, tetapi bisa juga untuk menjadi hiasan ruangan.

From our editorial team

Do It Yourself, Jadikan Hadiah Jauh Lebih Berkesan

Membuat sendiri hadiah Anda untuk diberikan pada orang terdekat tentunya menjadikan hadiah tersebut jauh lebih berkesan. Apalagi, bila hadiahnya memukau dan fungsional. Jadi, beberapa rekomendasi hadiah yang diberikan BP-Guide tentunya bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi hadiah terbaik dalam natal tahun ini.

Tag