10 Rekomendasi Kado Natal dan Cara Tukar Kado Natal yang Seru!

10 Rekomendasi Kado Natal dan Cara Tukar Kado Natal yang Seru!

Saat Desember datang pastinya hampir semua orang akan ingat dengan Natal, terlebih bagi mereka yang merayakannya! Mereka tidak hanya mengingat kelahiran Yesus namun juga merayakannya dengan berbagi kebahagiaan. Acara tukar kado pun jadi jamak dilakukan, namun kalau kamu bingung ide kado natal apa yang harus kamu beli dan bagaimana agar acara tukar kado Natal makin seru, BP-Guide punya jawabannya.

Sebentar Lagi Natal Tiba, Saatnya Menggali Ide Tukar Kado Natal buat Orang-orang Tercinta

Hari Natal, momen berbagi kasih yang tak terlewatkan itu, tinggal beberapa pekan lagi lamanya. Karena itu, persiapanmu seharusnya tidak hanya sekadar menghias pohon Natal atau mempersiapkan hidangan bersama keluarga, teman-teman, atau rekan kerja bagi kamu-kamu yang ngantor. Kamu juga dapat berpartisipasi dalam acara tukar kado Natal yang heboh dan menyenangkan, apalagi dalam situasi undi nomor di mana penerima tidak mengetahui dari siapa ia mendapat kado Natal tersebut

Supaya tidak miskin ide tukar kado Natal, maka BP-Guide akan menyajikan cara-cara atau tips tukar kado Natal yang menyenangkan, kemudian kamu akan melihat rekomendasi kado-kado Natal yang dapat kamu hadiahkan saat tukar kado Natal.

Menelusuri Asal Mula Kebiasaan Tukar Kado Natal

Meskipun sejarah hari Natal mula-mula dapat ditelusuri pada tahun 1100 di negara-negara Eropa, faktanya acara tukar kado Natal sendiri memiliki sejarah sejak sekitar tahun 1800. Saat itu, acara tukar-menukar kado Natal bebarengan menjadi acara yang paling penting di samping menghias pohon Natal dan mengirimkan kartu kepada sanak saudara dan teman-teman.

Terlepas dari berbagai anggapan populer mengenai alasan adanya tradisi tukar-menukar kado Natal, seperti merepresentasikan pemberian ketiga orang Majus. Sebenarnya saling tukar kado Natal sendiri sudah diperkirakan ada pada perayaan upacara Saturnalia Kerajaan Romawi. Berawal dari sejarahnya yang panjang dan berabad-abad itulah, tukar kado pada hari Natal yang jatuh pada 25 Desember tiap tahunnya. Namun, tradisi tersebut kini berkembang menjadi perayaan wajib untuk rekan bisnis, sebagaimana juga teman-teman dan saudara atau keluarga dekat.

Ini Dia Beberapa Cara Tukar Kado Unik Agar Perayaan Natal Semakin Menyenangkan

Mengingat hari Natal merupakan hari raya yang penuh tawa riang dan kehebohan, maka kamu perlu memikirkan bagaimana caranya supaya kado yang kamu bawakan adalah kado yang kreatif. Selain itu, cara tukar kadonya yang unik juga harus diperhatikan sedemikian rupa. Mumpung belum hari-H di tanggal 25 Desember, yuk kita lihat berbagai tips cara tukar kado Natal nan berkesan yang dapat kita persiapkan sekaligus praktikkan di bawah ini.

Berburu Harta Karun

Cara pertama, yakni berburu harta karun ini, merupakan cara yang terinspirasi dari berburu telur saat Paskah. Sehari sebelumnya, kamu dapat menyembunyikan kado-kado Natal di tempat-tempat tersembunyi yang terpencar, seperti semak-semak pohon. Siapkan juga kado-kado kosong sebagai hadiah "zonk" untuk menambah kemeriahan dan keseruan suasana tukar kado Natal.

Saat tiba hari H-nya, maka kamu dapat menginstruksikan para peserta untuk berkumpul dalam satu ruangan dan memberikan mereka petunjuk lokasi penyembunyian hadiah, sehingga pada akhirnya, para peserta akan mendapatkan kado Natal mereka masing-masing.

Secret Santa

Cara "Secret Santa" ini merupakan ide tukar kado Natal yang umum dijumpai pada acara-acara tukar kado Natal. Di saat yang sama, ide tukar kado Natal yang satu ini tidak pernah gagal dalam membuat acara tukar kado. Acara ini merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu di hari Natal.

Ada pun cara atau ide tukar kado Natal bernama "Secret Santa" ini dapat dilakukan, pertama-tama dengan menuliskan nama masing-masing peserta di secarik kertas dan mempersiapkan wish list untuk para peserta, yang semuanya ini ideal dilakukan maksimal 1 minggu sebelum hari-H. Setelah itu, sesuai nama yang terambil peserta, peserta wajib memberikan kado Natal secara anonim pada orang bernama tersebut dan tidak boleh membocorkan identitas sampai akhir acara.

Musical Chair

Musical chair yang tidak pernah membosankan untuk segala situasi ini merupakan ide tukar kado Natal yang melibatkan kursi atau bangku, peserta, dan musik secara aktif. Ada 2 cara berbeda untuk melakukan musical chair. Cara pertama adalah peserta menari mengelilingi kursi hingga musik berhenti dan mendapatkan kado atau perintah aksi tertentu yang harus dilakukan pada posisi kursi terakhirnya pada saat musik berhenti.

Cara kedua adalah peserta berkeliling membawa kado sesuai irama dan saling memindahtangankan kado, lalu ketika musik berhenti, orang yang terakhir memegang kado harus memberikan kado pada orang di sisi kiri atau kanannya yang ditentukan sebelum acara musical chair dimulai.

White Elephant

Kalau acara tukar kado Natal yang kamu ikuti punya peserta yang banyak, maka cara white elephant ini dapat kamu coba. Cara white elephant ini dapat dilakukan dengan pertama-tama mengumpulkan kado-kado unik nan fungsional di tengah ruangan. Setelah itu, setiap orang secara bergilir mencoba membuka kado yang mereka pilih hingga giliran orang yang terakhir. Orang yang terakhir ini merupakan orang pertama yang berhak memilih dari semua kado yang telah dibuka.

10 Kado Natal di Bawah Ini Bisa untuk Pria dan Wanita Semua Usia

Suasana di hari Natal yang penuh kehangatan dan kebersamaan di tengah-tengah aktivitas sehari-hari yang padat menjadikan momen hari Natal sebagai salah satu momen kebersamaan yang paling ditunggu-tunggu, termasuk acara tukar kado Natal.

Tukar kado Natal tidak harus melibatkan Santa Claus yang akan memberikan kado kepada anak-anak yang baik kelakuannya, namun juga dapat dilakukan oleh pria dan wanita dalam segala kelompok usia. Dalam saling tukar-menukar kado Natal untuk memberi kejutan yang unik pada teman-teman dan keluarga, kamu perlu mempertimbangkan berbagai rekomendasi kado Natal dengan kualitas dan bujet yang pas, sehingga momen tukar kado Natal akan menjadi semakin menarik.

Berikut ini adalah rekomendasi BP-Guide mengenai kado Natal yang cocok juga untuk dijjadikan hadiah tukar kado Natal.

Kaos Kaki Lucu

Sumber gambar www.lazada.co.id

Kini, kaos kaki Natal tidak hanya ada pada malam Natal atau tersedia untuk anak-anak saja, seperti yang ada pada zaman dahulu atau kebanyakan cerita Natal. Dengan berbagai variasi isiannya, seperti mainan, permen, buah-buahan, uang logam, dan berbagai hadiah kecil lain, serta variasi produk rekomendasinya, kaos kaki Natal menjadi hiasan Natal sekaligus hadiah kerajinan tangan yang populer untuk pria dan wanita segala usia.

Bahan dan desainnya pun sudah tidak lagi mainstream, seperti produk Kaus Kaki Natal Kaus Kaki Tas Karung Hadiah Permen Pengisi Rusa Snowflake Dekorasi yang berbahan kain serat dan memiliki dekorasi snowflake yang lucu dan cantik di atas warna merahnya.

Produk ini terbuat sepenuhnya dari bahan katun dengan bentuk karakter Hello Kitty, Little Bear, dan Cute Fox dalam variasi warna ungu, biru, putih, dan merah muda. Kedua produk jagoan kaos kaki Natal ini dapat kamu peroleh di marketplace online Lazada atau Bukalapak seharga Rp 19.000 hingga Rp 38.000.

Keyfinder

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kesal dengan teman, rekan, atau keluarga dekatmu yang terus-terusan melupakan letak kunci rumah, mobil, dan berbagai jenis kunci lainnya? Kamu perlu menghadiahkan mereka keyfinder pintar yang dapat memberikan sinyal lampu berkedip-kedip dan merespons siulan pemiliknya untuk membantu menemukan kunci yang dituju ini.

Ada berbagai produk keyfinder pintar dengan maksimal jarak penemuan 8 m hingga 10 m dari yang dapat kamu pilih sebagai kado Natal. Misalnya Universal Key Finder - Gantungan Kunci Siul yang dapat mengeluarkan bunyi "beep beep" dan memiliki baterai jam tangan sebagai power supply-nya. Ada pula Key Finder Gantungan Kunci Siul yang tersedia dalam warna biru, putih, merah, atau hitam yang tidak membingungkan untuk membedakannya.

Harga dari kedua produk keyfinder ini mencapai Rp 9.500 hingga Rp 12.200 pada marketplace online Lazada atau Shopee.

Earphone

Sumber gambar www.ikutilangkahkaki.com

Fleksibilitas earphone untuk digunakan bersama CD, DVD Player, home theater, permainan video, komputer, dan berbagai portable device membuat alat penyuara telinga yang dipasang dengan cara disumpalkan ke dalam telinga ini menjadi kado Natal yang wajib untuk kamu lirik.

Saat ini, earphone bukan hanya milik presenter TV atau pekerja media lainnya, namun berbagai produk earphone seperti Garuda Indonesia Earphone / Headset - Hitam dan Headset Wireless Bluetooth Murah ST423 yang unik dan menarik juga cocok untuk menghadirkan hiburan di dalam rumah dengan tenang.

Sebagai guideline untukmu memilih di antara keduanya, Garuda Indonesia Earphone / Headset - Hitam adalah earphone dengan panjang kabel 1,5 m dan fitur noise cancellation yang semakin optimal dengan adanya baterai A3 untuk aktivasi silent mode. Sedangkan Headset Wireless Bluetooth Murah ST423 adalah earphone yang dapat dikenakan secara wireless atau disambungkan dengan kabel.

Kedua produk earphone kabel dan wireless ini dihargai Rp 39.900 hingga Rp 112.500 pada marketplace online Lazada dan Tokopedia.

Sampul Paspor

Sumber gambar qlapa.com

Untukmu yang ingin mencarikan kado Natal yang baik untuk traveller berjiwa petualang yang suka menjelajahi dunia, maka sampul paspor merupakan kado Natal yang pas untuk kamu bawa.

Sampul paspor berdesain dan berbahan unik, seperti produk Cover Paspor Batik in Parang Suket yang bermotif batik dan berbahan kulit sintetis. Ada pula Vienna Linz Cover Passport dan Kartu Kredit Travel Around The World Dompet Organizer s8900- Brown yang berdesain simpel dan elegan dengan bahan kulit PU yang dapat membuat kado Natal cover passport menjadi anti-mainstream.

Tidak berhenti di seputar desain atau bahannya saja, produk Cover Paspor Batik in Parang Suket dilengkapi dengan tempat penyimpanan kartu di sisi kiri. Sementara itu produk Vienna Linz Cover Passport dan Kartu Kredit Travel Around The World Dompet Organizer s8900- Brown memiliki tas sampul dan tali yang dapat mencegah paspor, kartu kredit, kartu debit, atau tanda pengenal lainnya terjatuh.

Kedua produk dengan harga Rp 45.800 hingga Rp 65.000 yang dijual di marketplace online Qlapa dan Lazada ini juga memiliki slot penyimpanan di dalamnya, menjadikannya cocok untuk dibawa bepergian dalam jangka waktu yang panjang.

Kopi Bubuk

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kasihan bila teman-teman atau kerabat dekatmu yang peminat kopi harus selalu pergi ke luar untuk menikmati kopi kesayangan mereka. Dalam hal ini, kado Natal berupa kopi bubuk seperti produk Kopi Arabika Bali Kintamani 250 gr Biji / Bubuk, Arabika Bali Kintamani 250 gr, dan Kopi Arabika GAYO WINE dapat menjadi solusi yang tepat untuk mereka menikmati kopi asli Indonesia dalam bentuk bijian atau bubukan di dalam rumah yang nyaman.

Ketiga produk kopi bubuk yang sudah terkenal hingga ke ranah internasional ini dapat disajikan secara halus atau kasar tergantung selera, serta memiliki roasting profile, acidity, dan after taste yang tidak terlalu mengintimidasi bagi peminat kopi pemula ataupun mereka yang sudah terbiasa meminum kopi. Harga dari ketiga produk kopi bubuk ini mencapai Rp 48.000 hingga Rp 75.000 pada marketplace online Lazada dan Tokopedia.

Tumbler

Sumber gambar www.bukalapak.com

Saat ini, hampir setiap orang membawa botol minum atau tumbler, mulai dari anak SD, orang-orang kantoran, hingga mereka yang termasuk kategori lansia. Tumbler yang sedang trending saat ini adalah tumbler dari stainless steel yang tahan panas dan tidak mudah membuat air bocor maupun tumpah, seperti yang terdapat pada produk Tumbler Botol Minum Stainless Coffee 07.

Bila perlu, tumbler yang ideal juga harus eco-friendly atau ramah lingkungan dan mudah untuk dibersihkan, seperti pada produk Botol / Tumbler Thermos Animal Karakter Lucu. Bila kamu hendak menjadikan kedua tumbler ini sebagai hadiah atau kado Natal, maka kamu perlu membayar Rp 43.000 hingga Rp 79.000 pada marketplace online Tokopedia dan Bukalapak yang menjualnya.

Bingkisan Cokelat

Sumber gambar www.tokopedia.com

Supaya cokelat berornamen tidak menjadi kado Natal yang mainstream atau biasa-biasa saja, alangkah baiknya bila kamu memberikan kado Natal semacam produk Chocodot Update Cokelat Anti Galau atau Cokelat Rasa Sayang.

Selain dapat menjadi obat sakit gigi, kedua produk cokelat yang anti-mainstream ini juga dapat menjadi doa yang manjur agar penerima cepat move on dari galau atau sakit hati mereka dan mendapat pertolongan pertama saat mereka jatuh cinta.

Dengan rentang harga Rp 23.500 hingga Rp 26.200 pada marketplace online Tokopedia maupun Bukalapak, produk cokelat Chocodot Update Cokelat Anti Galau dan Cokelat Rasa Sayang / Chocodot / Cokelat Garut ini juga turut menjadi ide tukar kado Natal yang murah meriah sekaligus berkesan di hati penerimanya.

Leather Journal

Sumber gambar qlapa.com

Bila dalam acara tukar kado yang kamu datangi, kamu menemui orang-orang yang butuh untuk mencatat sesuatu, leather journal dengan desain custom dan cetakan nama dapat menjadi pilihan sempurna untuk kado Natal yang akan kamu berikan.

Produk leather journal handmade yang dapat BP-Guide rekomendasikan adalah Custom Jurnal Kulit Asli / Leather Journal yang berwarna dark havana dan memiliki sistem rubber ban serta bullet journal di atas kertas kraft-nya.

Selain itu, ada juga Jurnal Diary Daun Hijau Tua yang berhalaman lepas dan memiliki kerawang liontin daun yang antik dan indah serta produk Buku Journal yang merupakan leather journal handmade berwarna cokelat tua yang jenis bukunya dapat diganti-ganti. Ketiga produk jurnal berbahan dasar kulit atau leather asli ini dibanderol seharga Rp 71.000 hingga Rp 269.000 pada marketplace online Qlapa, Lazada, atau Bukalapak.

Sarung Tangan Rajut

Sumber gambar tokomichaeljackets.com

Hingga saat ini, telah banyak sarung tangan handmade uniseks dengan rajutan atau jahitan yang rapi dan berkualitas tinggi, serta cocok dijadikan kado Natal yang berkesan. Beberapa contoh produk sarung tangan rajut yang demikian adalah Custom Sarung Tangan Rajutan yang berdesain melingkari telapak tangan tanpa termasuk ibu jari.

Ada pula Sarung Tangan Rajutan untuk Wanita yang berdesain lucu serta cocok dikenakan untuk kegiatan luar ruangan dalam segala cuaca dan Sarung Tangan Rajut Wool Musim Dingin yang cocok untuk remaja maupun orang dewasa.

Ketiga produk sarung tangan rajutan yang dihargai Rp 57.000 hingga Rp 100.000 pada marketplace online Qlapa, Lazada, dan Shopee ini tersedia dalam berbagai macam pilihan warna, mulai dari hitam dan putih hingga warna-warna ngejreng semacam merah, kuning, oranye jeruk, ungu, hijau, atau biru.

Alkitab

Sumber gambar www.bukalapak.com

Ada 2 versi atau edisi Alkitab yang dapat kamu jadikan kado Natal yang indah sekaligus menjadi penuntun hidup bagi penerima kado Natalmu.

Yang pertama adalah Alkitab Edisi Studi yang mengandungi pengantar atau sejarah kitab tertentu, ayat rujukan, artikel, dan aneka catatan geografis di dalam Alkitab untuk menuntun penerima mendalami Alkitab. Sedangkan yang kedua adalah Alkitab LAI BIMK054TI Maroon Alkitab 1060 gr yang dilengkapi bookmark untuk mengingatkan pasal dan ayat terakhir yang dibaca serta tersaji dalam bahasa Indonesia sehari-hari. Kedua Alkitab ini dihargai Rp 140.000 hingga Rp 475.000 pada marketplace online Tokopedia dan Blibli.

From our editorial team

Hari Natal Sudah Menjadi Salah Satu Perayaan Terbesar di Dunia

Dewasa ini hari Natal banyak ikut dirayakan di berbagai negara. Meskipun tidak menganut keyakinan itu, banyak yang tetap merayakannya dengan pohon Natal di pusat perbelanjaan, memakai kostum Sinterklas, pun turut serta dalam acara tukar kado Natal dengan orang-orang terdekatnya. Hari Natal memang sepatutnya dirayakan penuh kegembiraan dengan harapan kegembiraan itu menular ke orang sekitar bukan?

Tag