10 Rekomendasi Alat Gym yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah (2021)

10 Rekomendasi Alat Gym yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah (2021)

Olahraga merupakan aktivitas penting untuk setiap orang. Agar tidak mudah bertambah berat badan dan selalu bugar, tentu kita harus bergerak aktif. Tidak perlu jauh-jauh ke gym, kamu bisa membeli alat gym sendiri untuk di rumahmu. Kamu jadi bebas memakainya ketika kamu butuhkan sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga.

Fitness Bisa Jadi Pilihan untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Tubuh yang sehat bisa bikin kita jadi makin semangat melakukan beragam hal baik dan positif. Saat kita bugar dan sehat, kita bisa beraktivitas dengan lancar. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, selain harus banyak konsumsi makanan bergizi dan berimbang, kita juga harus istirahat yang cukup dan harus imbangi dengan olahraga.

Di antara sekian banyak kegiatan olahraga, kita bisa memilih fitness atau nge-gym sebagai kegiatan olahraga utama. Kegiatan ini memiliki banyak sekali keunggulan dan juga manfaat. Melakukannya dengan rutin bikin kita makin sehat, bugar, dan pastinya lebih semangat melakukan berbagai aktivitas.

Fitness akan membantu kita meningkatkan metabolisme sehingga kita bisa lebih cepat memproses makanan untuk menghasilkan energi. Massa otot menurun dan tubuh tidak akan menyimpan banyak lemak. Saat metabolisme lancar maka detosifikasi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh juga bisa lebih lancar.

Energi dan stamina tubuh kita akan makin meningkat jika kita rutin berolahraga. Ketika kita beraktivitas maka jantung dan paru-paru juga bekerja keras sehingga bisa menghasilkan energi yang besar juga. Nantinya energi yang besar ini bisa membantu untuk mendukung aneka aktivitas yang dilakukan selama seharian.

Rutin fitness juga bisa mengurangi risiko kita terjangkit penyakit. Aneka penyakit seperti hipertensi, jantung, diabetes, hingga pengeroposan tulang bisa terjadi jika kita jarang bergerak aktif dan berolahraga. Aliran darah jadi kurang lancar sehingga mempengaruhi asupan oksigen dalam tubuh.

Fitness akan membantu kita untuk menurunkan stres. Ketika kita berolahraga, maka produksi hormon endorfin akan meningkat. Hormon ini bertugas sebagai antinyeri alami. Hormon endorfin juga bisa membuat suasana hati kamu jadi lebih baik. Meningkatnya hormon ini akan bikin kamu bebas depresi, stres, hingga gangguan kecemasan.

Dapatkan Banyak Manfaat dengan Memiliki Alat Gym di Rumah

Nge-gym memang mulai jadi kegemaran masyarakan perkotaan hingga pinggiran. Latihan kebugaran di tempat gym bisa jadi lebih mudah. Ada banyak alat yang bebas kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Yang harus kita lakukan hanyalah membayar biaya untuk memakainya secara rutin.

Namun, di masa seperti sekarang ini, sepertinya sedikit riskan untuk memakai banyak alat yang sudah digunakan orang lain. Demi menjaga kesehatan dan memberhentikan penyebaran virus, ada baiknya kita berolahraga sendiri di rumah. Tak ada salahnya kita membeli alat gym sendiri.

Memiliki alat gym di rumah tentu memberi kita kebebasan untuk memakainya kapan saja kita inginkan. Apalagi jika kita memiliki jadwal yang padat setiap harinya, kita bisa memakainya di saat kita senggang, sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma. Kita bisa tetap melakukan kesibukan dan juga bisa tetap melakukan olahraga untuk menunjang kebugaran tubuh.

Adanya alat gym di rumah juga membuat kita lebih nyaman karena kita tak perlu mengantre menggunakan suatu alat dengan orang lain. Kita juga tidak akan terganggu dengan orang yang berlalu lalang. Ini juga terasa lebih nyaman karena kita bebas memakainya selama yang kita inginkan tanpa harus terburu-buru karena orang lain juga ingin memakainya.

Memiliki alat gym akan membuat kita jadi lebih efisien soal waktu. Kita tidak akan membuang waktu untuk berada di jalan guna menuju tempat gym. Kita juga lebih hemat biaya bensin untuk menuju ke sana. Waktu yang seharusnya kita gunakan untuk perjalanan bisa kita gunakan untuk berlatih.

Tips Memilih Alat Gym untuk di Rumah

Pilih dari Fungsi dan Sesuaikan Kebutuhan

Ada banyak alat gym yang tersedia di pasaran. Setiap alat memiliki kelebihannya tersendiri. Pastikan kamu mengenali fungsi setiap alat sehingga bisa lebih mudah untuk membeli alat yang kamu butuhkan. Dengan begini kamu tidak akan salah beli alat dan pastinya bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran kamu.

Sebagai contohnya, kamu bisa memilih membeli sepeda statis. Produk yang satu ini bisa membantu meningkatkan detak jantung dan membakar lebih banyak kalori dalam sekali latihan. Kamu juga tidak perlu keluar rumah untuk memakainya. Kamu bisa berolahraga memakai sepeda statis sambil menonton televisi, menonton film favorit, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Dengan begini, kamu tidak akan merasa sedang berolahraga.

Kamu yang ingin mengencangkan otot bicep dan tricep bisa memilih membeli dumbell. Alat yang satu ini juga bisa melatih kekuatan tangan. Kamu bisa mendapatkan hasil maksimal dengan menyesuaikan ukuran dumbell dengan kekuatan tanganmu.

Cari Referensi dan Pastikan Bergaransi

Agar tidak kebingungan memilih alat gym untuk di rumah, kamu bisa banyak mencari referensi. Kamu boleh mencari referensi dari internet atau majalah yang banyak mengulas mengenai alat gym. Kamu juga bisa mengunjungi gym terdekat, lalu mengecek merek apa yang digunakan. Cara lainnya, kamu bisa bertanya pada toko penjual peralatan olahraga mengenai alat gym terbaik dan spesifikasinya.

Pastikan kamu membeli di toko yang tepercaya, ya. Dan jangan lupa juga untuk memastikan bahwa alat gym yang kamu beli sudah bergaransi. Adanya garansi bisa bikin kamu lebih tenang. Sebab, jika terjadi kerusakan dalam masa garansi, kamu bisa menukar produknya dengan yang baru.

Pilih yang Mudah Disimpan

Pilihlah alat gym yang mudah disimpan. Jika kamu sudah memiliki ruang khusus untuk alat gym kamu di rumah, maka tidak jadi masalah. Kamu tinggal sesuaikan saja alat gym yang kamu beli ukurannya dengan ruangan tempat kamu meletakkannya. Jangan sampai ruangan terkesan terlalu sempit dan sesak sehingga kamu jadi kerepotan memakai alatnya.

Nah, jika kamu tidak punya ruang khusus untuk peralatan gym kamu, maka usahakan untuk memilih peralatan yang mudah disimpan dan tidak banyak makan tempat. Jikalau alatnya besar, seperti contohnya, epeda statis, cross trainer, atau treadmill, pastikan memilih yang bisa dilipat agar bisa menghemat ruang saat tidak digunakan.

Ini Loh Deretan Alat Gym yang Bisa Kamu Beli untuk Dipakai di Rumah

Winstar Dumbbell [4kg]

Winstar Dumbbell 4kg begitu nyaman digunakan. Produk ini bisa membantu kamu melatih kekuatan tangan. Dumbell ini bisa membantu juga untuk membentuk tubuh, meningkatkan kekuatan otot, dan juga meningkatkan keseimbangan. Produk ini terbuat dari bahan PVC dengan berat yang pas untuk para pemula.

Harga Rp. 40.000-89.000

Bola Yoga Pilates Fitness Gym 65CM

Bola Yoga Pilates Fitness Gym 65CM merupakan produk yang cocok untuk menunjang kebugaran tubuhmu di rumah. Bola gym ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti yoga, fitness, pilates, dan lainnya. Bolanya empuk, lentur, antiselip dan pastikan tidak mudah pecah asalkan digunakan sesuai petunjuknya. Kamu bisa mengombinasikan banyak gerakan olahraga dan gym dengan alat yang satu ini. Terbuat dari PVC sehingga bola bisa menerima beban yang berat dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Diameter bolanya 65 mm dan cocok juga digunakan untuk ibu hamil.

Harga Rp. 44.000-110.000

Kettler M 210-000 Ecobike Sepeda Statis

Kettler M 210-000 Ecobike Sepeda Statis ini wajib kamu miliki di rumah. Desainnya modern dan cukup ergonomis. Ini bisa membantu membakar lemak dengan cepat. Olahraga di rumah jadi lebih maksimal. Produk ini bisa digunakan untuk bobot tubuh maksimal 120 kg. Alat ini bisa menunjukkan berapa jumlah kalori terbakar, hitung mundur, jarak yang ditempuh, kecepatan, waktu, detak jantung, dan frekuensi kayuhan kaki. Ada layar LCD untuk menunjukkan informasi yang diinginkan. Untuk kecepatannya, ada 8 kecepatan yang bisa dipilih.

Harga Rp. 6.745.000-13.623.000

HAPPYFIT RESISTANCE LATEX TONING TUBE SET (5IN1) + POUCH

HAPPYFIT RESISTANCE LATEX TONING TUBE SET ini sayang untuk kamu lewatkan sebagai pilihan. Ada handle yang lembut dan nyaman untuk pegangan. Produk ini juga hadir dengan pilihan training dan exercise yang bisa membuat fleksibilitas kamu makin bagus. Alat ini mudah dibawa kemana saja dan juga mudah untuk disimpan. Ada beragam warna dengan level berbeda.

Harga Rp. 299.000-493.000

HAPPYFIT FIGURE TRIMMER

HAPPYFIT FIGURE TRIMMER merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dalam pilihan warna merah muda dan abu-abu. Dengan alat ini kamu bisa memperkuat pinggang dan pinggul. Kamu juga bisa berolahraga dengan berbagai gaya memakai alat ini. Gunakan alat ini untuk mengurangi berat badan secara menyenangkan. Terbuat dari bahan berkualitas bagus, produk ini tahan lama digunakan.

Harga Rp. 95.000-247.000

Amazfit AirRun Foldable Treadmill

Amazfit AirRun Foldable Treadmill merupakan alat yang bisa menunjang latihan gym kamu di rumah. Uniknya, alat ini bisa dilipat sehingga tidak akan menghabiskan banyak tempat dan bisa disimpan dengan mudah. Produk ini memiliki 8 rubber shock absorber yang bisa melindungi kaki dari risiko cedera. Alat ini juga dibekali dengan JBL speaker yang membuat kamu bisa mendengarkan musik dengan lebih baik dan menyenangkan selama berolahraga. Desainnya minimalis dengan bahan alloy yang kokoh dan tahan lama digunakan.

Produk ini dilengkapi dengan tempat meletakkan handphone. Ada LED display sehingga kita bisa memantau berbagai informasi, seperti detak jantung, jarak, kalori yang terbakar, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 8.999.000

Speeds Door Chinning Bar

Speeds Door Chinning Bar ini cocok untuk membantu kamu yang ingin berlatih pull up. Kamu cukup memasangnya pada tembok, pintu, atau aneka ruangan yang kamu inginkan. Panjangnya tidak melebihi 96 cm. Kamu bisa menggunakannya untuk chin up, push up, sit up, dan lain sebagainya. Kamu bahkan juga bisa memakainya sebagai penopang samsak tinju. Alat ini bisa menahan beban hingga 100 kg.

Harga Rp. 85.000-185.000

Revoflex Extreme Alat Fitness Portable

Revoflex Extreme Alat Fitness Portable merupakan produk yang bisa kamu gunakan untuk melakukan 40 latihan yang berbeda untuk melatih ototmu. Dengan 6 tingkat training berbeda, kamu bisa lebih mudah membentuk tubuh. Lakukan latihan 5 menit setiap hari untuk membentuk perut, dada, punggung, lengan, pundak, paha, hingga bokong. Produk ini terbuat dari bahan yang antiselip dan bisa menahan goncangan serta getaran dengan kuat. Desainnya portabel sehingga mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 88.000-236.600

Alat Bantu Sit up AB857

Alat Bantu Sit up AB857 ini akan membantu kamu yang kesulitan untuk melakukan sit up. Produk ini bikin tangan kamu lebih bebas melakukan latihan lainnya selama kamu sit up. Alat ini ringkas dan ringan sehingga nyaman untuk digunakan di rumah atau di mana pun kamu menginginkannya. Bahannya dari rangka baja yang terkesan kokoh. Ini membuatnya bisa memberikan daya tahan yang kuat. Kamu jadi bisa membentuk perut, kaki, pinggang, dan bokong dengan lebih mudah.

Harga Rp. 40.000-150.000

Home Gym 3 Sisi TL 077

Home Gym 3 Sisi TL 077 adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini dilengkapi dengan garansi selama 1 tahun. Dengan alat ini kamu bisa tetap bugar selama di rumah. Gunakan produk ini untuk memperkuat otot-otot di berbagai bagian tubuh. Kamu bisa memakainya sebagai chest press, katrol, butterfly, bicep exercise, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 7.480.000-798.000
From our editorial team

Sesuaikan Bujet untuk Membeli Alat Gym

Harga alat gym di pasaran sangat beragam. Tidak semuanya mahal dan tidak semuanya murah. Ada baiknya kamu menyesuaikan dengan kebutuhan kamu dan juga bujet kamu. Jangan langsung membeli banyak. Belilah satu per satu sesuai dengan bujet yang kamu kumpulkan. Dengan begini, bujet kamu untuk kebutuhan sehari-hari tidak akan terganggu karena kamu sudah menabung dan menyiapkan bujet sendiri untuk alat gym.