13 Rekomendasi Masker Rambut Terbaik untuk Membuat Rambut Sehat (2022)

13 Rekomendasi Masker Rambut Terbaik untuk Membuat Rambut Sehat (2022)

Masker rambut merupakan salah satu produk yang digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Banyak sekali merek masker rambut yang telah dipasarkan, sehingga penting untuk mengetahui cara memilih masker rambut serta beberapa rekomendasi masker rambut yang mengandung bahan kandungan berbeda untuk mengatasi masalah dan merawat rambut.

Dalam menjaga kesehatan rambut, produk yang biasanya digunakan adalah sampo dan conditioner. Namun, jika Anda memiliki masalah rambut yang cukup parah seperti ketombe, rambut rontok, atau rambut rusak karena styling. Maka dua haircare tersebut ternyata tidak cukup.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan masker rambut seminggu sekali. Masker rambut biasanya dilengkapi dengan berbagai nutrisi yang bisa membantu merawat rambut hingga ke akar yang berbeda dari sampo dan conditioner. Selain itu, masker rambut bisa membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

Cara Memilih Masker Rambut

Setiap masker rambut yang dipasarkan oleh berbagai merek untuk permasalahan rambut yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam upaya memberikan manfaat yang maksimal maka Anda perlu menggunakan masker rambut sesuai kondisi kebutuhan rambut. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara memilih masker rambut.

Sesuaikan Dengan Permasalahan Rambut Anda

Hal utama dalam memilih masker rambut adalah disesuaikan dengan permasalahan rambut Anda. Hal ini dikarenakan permasalah rambut setiap orang tidak semua sama dan juga masker rambut dalam setiap merek juga mengandung bahan yang bervariasi. Maka penting bagi Anda untuk memilih produk dengan kandungan bahan-bahan yang efektif dan sesuai untuk mengatasi permasalahan rambut Anda.

Misalnya apabila Anda memiliki rambut yang rusak maka sebaiknya pilih masker rambut dengan kandungan keratin dan panthenol. Hal ini dikarenakan kandungan keratin mampu mengisi kekurangan di bagian kutikula rambut yang rusak dan memperbaikinya, sehingga rambut rusak Anda akan menjadi lembut. Kandungan panthenol juga dapat memberikan efek kilau dan sangat bermanfaat dalam melembapkan, serta menguatkan rambut. Oleh karena itu jika anda ingin memperbaiki kerusakan rambut sekaligus membuat rambut yang lembap, berkilau, sekaligus, maka pilihlah masker rambut dengan kandungan keratin dan panthenol.

Contoh masalah rambut lain yang sering ditemui adalah rambut kering. Apabila Anda mengalami masalah rambut seperti ini, maka sebaiknya pilihlah masker rambut dengan kandungan minyak nabati. Minyak nabati memang umum digunakan sebagai bahan komponen produk kecantikan. Hal ini disebabkan karena memiliki tingkat kelembapan yang tinggi.

Contoh minyak nabati ini diantaranya adalah minyak alpukat, jojoba oil, minyak zaitun, minyak jarak, shea butter, dan lain-lain. Dengan campuran masker rambut dan minyak nabati maka sangat efektif dalam melembapkan rambut. Jika Anda baru saja terpapar terik matahari yang sangat panas, maka direkomendasikan Anda untuk menggunakan masker rambut jenis ini. Dengan pemakaian masker rambut ini, maka rambut kering Anda akan menjadi lebih lembap.

Pertimbangan Kandungan Silikon Dalam Memilih Masker Rambut

Silikon memang menjadi salah satu bahan yang terdapat pada masker rambut. Silikon sering dianggap memiliki efek negatif, sejak produk shampo tanpa silikon menjadi populer. Padahal, silikon bukanlah bahan yang berbahaya sepenuhnya. Manfaat silikon cukup banyak, apalagi bagi rambut yang berulang kali terkena bahan kimia. Dengan silikon dapat melembutkan rambut yang mudah kusut dan melapisi permukaan rambut, sehingga memberikan efek berkilau pada rambut. Jadi, jika Anda ingin membuat rambut terlihat lebih lembap dan untuk mengurangi volume rambut menggunakan masker rambut dengan kandungan silikon.

Perlu diketahui juga penggunaan produk berbahan silikon dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kulit kepala, punggung, leher, atau bagian lain yang ikut terkena produk tersebut menjadi kasar. Oleh karena itu, cobalah menggunakan produk tanpa silikon jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi. Dengan masker rambut tanpa silikon memberikan hasil yang terlihat lebih ringan dan cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan rambut terlihat alami. Nah jadi, sebelum membeli masker rambut, periksalah terlebih dahulu daftar komposisinya. Biasanya produk berbahan silikon sering ditulis dengan sebutan dimethicone atau amodimethicone.

Pertimbangan Harga Sebelum Membeli

Bagi banyak orang harga memang selalu menjadi bahan pertimbangan. Apalagi harga masker rambut lebih mahal daripada shampo. Pertimbangan harga ini juga dilakukan ketika Anda menggunakan masker rambut berdasarkan kebutuhan. Dengan membedakan penggunaan masker rambut berdasarkan situasi dan kebutuhan, Anda tetap dapat menjaga kesehatan rambut sekaligus dompet Anda.

Jika menggunakan masker rambut untuk perawatan sehari-hari maka Anda dapat menggunakan masker rambut dengan harga di bawah seratus ribu rupiah. Hal ini dikarenakan biasanya masker rambut yang banyak mengandung bahan-bahan terbaik cenderung memiliki harga yang relatif mahal. Sehingga menjadi beban tersendiri apabila Anda rutin menggunakan masker rambut yang mahal setiap hari. Namun, meski relatif mahal, selain karena kandungan terbaik di dalamnya masker rambut juga biasanya penggunaanya untuk momen tertentu. Misalnya, menghadiri meeting penting atau hanya digunakan untuk perawatan rambut pada akhir pekan.

Ini Dia Rekomendasi Masker Rambut Terbaik

Setelah Anda mengetahui cara memilih masker rambut, maka berikut ini rekomendasi masker rambut terbaik. Rekomendasi ini disesuaikan dengan kandungan bahan pada masker rambut serta masalah rambut yang dapat diatasinya, sehingga bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli.

Pantene Treatment Hair Fall Control

Pantene Treatment Hair Fall Control memiliki formula khusus untuk rambut rontok. Oleh karena itu, krim treatment dari Pantene ini berguna untuk mengatasi permasalahan pada rambut rontok. Memiliki aroma harum dan tahan lama, serta menutrisi rambut hingga lapisan terdalam.

Dengan menggunakan masker rambut ini maka dapat mencegah kerontokan pada rambut yang diakibatkan panas matahari. Selain itu, juga bisa mempertahankan rambut kepala untuk tetap lebih sehat dan berkilau alami.

Harga Rp. 38.500-52.000

L'Occitane Aromachologie Repairing Mask

Masker rambut dari merek ini memberikan perawatan intensif dalam penyediaan nutrisi dan pelindungan. Dibuat dengan ramuan alami dari 5 essential oils yaitu angelica, lavender, geranium, ylang-ylang dan patchouli yang ditambah sunflower dan minyak protein. Oleh karena itu, secara khusus masker rambut ini direkomendasikan bagi rambut yang diwarnai dan terkena bahan kimia.

Dengan menggunakan masker rambut ini, maka dapat membantu anda dalam menutrisi dan secara mendalam memperbaiki serat kapiler. Memperbaiki, menstimulasi dan meregenerasi, serta melindungi rambut dari efek yang merusak seperti diakibatkan oleh alat pengering rambut, catok, roll yang membuat rambut kering dan tekanan dari lingkungan seperti cahaya matahari, polusi, dan lainnya. Produk ini juga merupakan krim yang kaya dan lembut sehingga dapat menjadikan rambut berkilau, halus dan lembut.

Dalam penggunaanya cukup dengan mengambil sedikit masker ini pada tangan Anda. Aplikasikan pada sepanjang helai rambut, kemudian diamkan selama 3 menit lalu bilas. Anda juga dapat menikmati ketenangan dengan merasakan keharuman aromatiknya.

Harga Rp. 540.000-1.161.160

Dove Creambath Hair Growth Ritual Creambat

Maker rambut dari Dove ini terinspirasi dari ritual perawatan rambut wanita Amerika Utara. Memiliki formulasi istimewa yang memadukan bahan alami cone flower dan white tea dengan nutrisi terbaik dari Dove, Dove Hair Growth Ritual Creambath menutrisi, memperkuat dan membuat rambut indah dan wangi sejak pemakaian pertama. Dengan produk ini maka Anda dapat melakukan creambath praktis yang dapat dilakukan di rumah.

Harga Rp. 34.999-153.600

Loreal Mythic Oil Masker

Perawatan rambut dari merek ini diklain cocok untuk semua jenis rambut. Selain itu, masker rambut ini bekerja dalam menyeimbangkan kadar minyak alami rambut dengan menargetkan ujung sangat kering untuk memberikan nutrisi intens. Mengandung formula dengan diperkaya argan, alpukat, biji kapas dan campuran minyak biji anggur. Dalam penggunaanya Anda cukup mengaplikasikan pada sepanjang helai rambut. Kemudian terapkan selama 3 menit, dan bilas. Maka Anda akan mendapatkan rambut yang halus serta lembut untuk dipelihara.

Harga Rp. 186.000-586.000

Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense Hair Mask

Jika Anda memiliki masalah kerontokan rambut yang bisa terjadi karena banyak faktor seperti stress, genetika, hormonal serta gaya hidup tidak sehat. Hal ini tidak hanya membuat rambut semakin kusam, kering dan mudah patah saja. Namun juga menuju pada kerontokan yang berujung membuat diri Anda tidak percaya diri.

Oleh karena itu, masker rambut dari Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense Hair Mask Ginseng dapat menjadi pilihan dalam upaya perawatan rambut rontok. Hal ini dikarenakan masker rambut ini telah diformulasikan dengan kombinasi ekstrak Ginseng dan Active HL Defense Complex untuk membantu mengurangi kerontokan dengan menutrisi batang rambut sehingga rambut tumbuh kuat dan tetap sehat berkilau.

Cara pengaplikasian masker rambut ini sangat mudah. Setelah keramas, aplikasikan hair mask pada batang rambut secara merata. Diamkan selama lebih kurang 5 menit kemudian bilaslah dengan air hingga bersih. Idealnya, perawatan ini Anda lakukan secara teratur dengan durasi 2-3 kali dalam 1 minggu.

Harga Rp. 21.500-250.000

Ellips Hair Mask

Ellips Hair Mask adalah perawatan intensif dalam masker rambut yang diperkaya vitamin, memberikan nutrisi hingga ke dalam batang rambut. Masker rambut yg mengandung perpaduan vit A, C, E, pro vit B5 dan jojoba oil membantu merawat rambut yang rusak akibat sering mengalami pengeringan, pelurusan dan pengeritingan.

Dengan triple care formula yang membantu mengembalikan nutrisi rambut yang diwarnai agar tetap sehat dan membantu mempertahankan kilau warna rambut. Keuntungan menggunakan masker rambut ini adalah tersedia dalam kemasan sachet sehingga bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Harga Rp. 5.250-24.100

NATUR Hair Mask

Natur Hair Mask terdiri dari tiga variasi yaitu Natur hair mask extract ginseng, aloe vera serta olive oil & vitamin E. Ketiga variasi ini memiliki manfaat masing-masing, dengan ekstrak ginseng maka dapat membantu Anda merawat kekuatan rambut, menutrisi dan menjaga kelembababan rambut sehingga rambut tampak lebih kuat, halus, lembut, lembab serta mudah diatur.

Varian ekstrak aloe vera pada masker ini dapat menutrisi dan menjaga kesuburan rambut. Jika Anda menggunakan masker rambut ini dengan kandungan ekstrak olive oil dan vitamin E, maka dapat menutrisi dan merawat kilau rambut sehingga mempertahankan rambut yang diwarnai agar sehat dan lembut.

Cara pengaplikasian masker rambut ini adalah setelah keramas, usapkan Natur Hair Mask hingga merata pada helaian rambut. Kemudian pijat batang rambut mulai dari pangkal hingga ujungnya. Diamkan selama 1-2 menit, lalu bilas hingga bersih.

Gunakan satu kali dalam seminggu atau sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Perlu diketahui, masker rambut ini tersedia dalam kemasan sachet sehingga bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Harga Rp. 7.000-56.900

MAKARIZO Salon Daily Hair Mask

Masker rambut dari MAKARIZO Salon Daily Hair Mask ini telah diformulasikan untuk salon profesional. Dilengkapi dengan pro-vitamin B5, phytantriol, dan kolagen untuk menutrisi dan melindungi kutikula yang kering.

Mempertahankan kekuatan, elastisitas, dan kelembutan rambut. Mengandung mentol sehingga kulit kepala terasa segar dan rileks setelah pakai. Rambut menjadi berkilau, halus, ternutrisi, dan tetap kuat hingga ke dalam serat rambut.

Cara menggunakan masker rambut ini adalah setelah keramas, aplikasikan krim pada rambut. Diamkan selama 10-15 menit. Agar hasil maksimal, maka Anda dapat menggunakan steamer atau handuk hangat. Setelah itu, Anda bilas hingga bersih. Penting untuk menghindari melakukan pemijatan langsung pada kulit kepala.

Harga Rp. 97.000-1.289.000

Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask

Masker rambut ini terbuat dari bahan-bahan yang kaya akan nutrisi, seperti minyak argan, ekstrak lidah buaya, alpukat dan tamarind. Minyak argan kaya akan fitonutrien dan vitamin yang dapat mencegah kerusakan dan kerontokan. Tamarind sering digunakan sebagai alternatif alami untuk merawat kulit kepala berminyak dan merangsang pertumbuhan rambut.

Masker rambut ini diklaim cocok untuk semua jenis rambut. Cara menggunakannya adalah dengan pijatkan pada rambut yang basah setelah keramas. Kemudian balut dengan handuk hangat selama 15 menit dan keringkan untuk menikmati kelembapan dan rambut bebas kusut. Anda dapat menggunakan masker rambut ini adalah 1-2 kali dalam seminggu.

Harga Rp. 176.400-396.000

Mustika Ratu Hair Mask Cem-Ceman Akar Wangi

Mustika Ratu Hair Mask Cem-Ceman Akar Wangi memiliki khasiat dalam membantu menghilangkan ketombe dan merawat kekuatan akar rambut serta menjadikan rambut tetap sehat dan mudah diatur. Selain itu, menggunakan masker ini juga dalam upaya merawat rambut hingga tetap sehat, subur, dan mudah diatur.

Cara pemakaian masker ini yaitu setelah keramas gunakan pada bagian kulit yang mengalami kerontokan, botak, dan berketombe. Pijat lembut selama kurang lebih sepuluh menit lalu tutup dengan handuk panas selama kurang lebih sepuluh menit lalu bilas hingga bersih.

Harga Rp. 24.750-62.000

MIMOSA MASQUE HAIR MASK

Masker rambut ini diklaim kaya akan nutrisi yang berasal dari kombinasi vegetable protein, squalane, olive oil, jojoba oil, dan vitamin E. Formulasi tersebut berfungsi untuk menguatkan rambut, memperbaiki serta mencegah kerusakan rambut akibat hair styling process.

Jika Anda akan menggunakan masker ini, maka ambil Mimosa Masque secukupnya, oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut yang kering sambil dipijat, diamkan 20-30 menit kemudian lanjutkan dengan keramas menggunakan shampoo.

Harga Rp. 175.200-403.200

The Body Shop Banana Truly Nourishing Hair Mask Treatment

Masker rambut ini memiliki kandungan community trade organic banana puree dari Ekuador dan brazil nut oil dari Peru yang dapat membantu dalam melembapkan dan menutrisi setiap helai rambut. Dapat digunakan mingguan sebagai perawatan mingguan. Produk ini 100% vegetarian.

Cara memakai masker rambut ini dengan pijatan pada rambut yang telah dibersihkan. Kemudian biarkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Gunakan seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Harga Rp. 159.000-478.000

Biolage Hydrasource Mask

Biolage Hydrasource Mask merupakan masker perawatan rambut profesional untuk melembabkan rambut normal cenderung kering. Memiliki kandungan aloe vera yang membantu mengoptimalkan kelembapan rambut dan menjadikannya tampak lebih sehat. Selain itu, juga dapat menghidupkan kembali helai rambut yang kering sehingga berkilau dan lebih mudah diatur.

Cara pemakaian masker rambut ini adalah bersihkan rambut dengan Hydrasource Shampoo. Aplikasikan Hydrasource Mask pada rambut yang bersih dan lembab secara merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Jika terkena mata, segera bilas dengan air. Gunakan 1-2 kali seminggu untuk menggantikan Biolage Hydrasource Conditioner. Masker rambut ini juga direkomendasikan untuk rambut tipis ke sedang.

Harga Rp. 73.000-299.000

Nah itulah beberapa rekomendasi masker rambut terbaik. Masker rambut yang direkomendasikan ini mengandung bahan terbaik yang dapat membantu mengatasi masalah rambut Anda. Selain dapat membuat rambut Anda sehat, dengan masker rambut juga membuat rambut tampak indah.

From our editorial team

Ketahui Kandungan Masker Rambut Sebelum Membeli

Sebelum membeli jangan lupa cek juga kandungan yang terdapat pada masker rambut. Selain itu, apakah cocok dengan kebutuhan untuk rambut Anda. Produk yang tidak sesuai tentunyanya akan merusak kesehatan rambut. Jadi, pastikan Anda memilih yang sesuai, ya.