10 Rekomendasi Perosotan Anak Untuk Mengisi Waktu Bermainnya Agar Lebih Seru (2022)

10 Rekomendasi Perosotan Anak Untuk Mengisi Waktu Bermainnya Agar Lebih Seru (2022)

Bermain perosotan adalah kegiatan menyenangkan untuk anak-anak. Tidak hanya itu permainan tersebut juga baik untuk perkembangan motoriknya. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi perosotan anak yang bisa diletakkan di dalam rumah.

Perosotan Adalah Mainan yang Seru Buat Anak

Perosotan merupakan salah satu mainan yang sudah tidak asing bagi anak. Mainan ini sering ditemukan di taman bermain, TK, maupun PAUD. Tak hanya di tempat bermain, anak-anak juga bisa memiliki perosotan sendiri di rumah, lho. Anda bisa menempatkannya di pekarangan ataupun di dalam rumah, sesuai luas lahan yang Anda miliki.

Cara Bermain Perosotan yang Aman Bagi Si Kecil

Pastikan Anak Duduk Tegak

Anda perlu memastikan bahwa si kecil sudah mampu untuk duduk dalam posisi tegak. Karena dengan posisi tegak, anak dapat meluncur dengan kontrol tubuh yang baik.

Sebaiknya Anda tidak memangku anak, atau membiarkan anak dalam posisi duduk yang membungkuk, atau cenderung merebah saat meluncur. Sebab, hal itu dapat membuat anak terjungkal dan hilang kontrol saat meluncur.

Pegang Tangan Anak Ketika Meluncur

Saat Anda meluncur, cobalah untuk memegangi tangan atau tubuhnya dari samping perosotan. Terutama bagi anak-anak yang masih baru belajar bermain perosotan.

Ini akan mencegahnya kehilangan kontrol saat meluncur, sehingga anak pun bisa tetap happy dan tidak takut jatuh. Anda pun jadi merasa lebih tenang karena bisa menemani anak meluncur dengan aman dan gembira.

Jangan Letakkan Perosotan Pada Permukaan Aspal

Aspal dan semen memiliki permukaan yang keras dan akan lebih berisiko jika anak terjatuh akibat kontrol tubuh yang buruk. Permukaannya yang keras akan membuat anak terasa lebih sakit atau terluka saat terjatuh.

Oleh karena itu, pastikan Anda menempatkan perosotan pada permukaan yang lembut tapi rata. Boleh di rumput maupun tanah atau pasir. Boleh di atas karpet kalau di rumah.

Lepaskan Alas Kaki

Tidak semua perosotan memiliki permukaan yang licin. Ada juga perosotan yang jika bergesekan dengan bahan karet atau bahan kulit akan menjadi tidak licin.

Oleh karena itu, demi kenyamanan anak, sebaiknya ia bermain tanpa alas kaki. Ini juga akan membuat perosotan menjadi lebih bersih. Namun tak masalah kalau memakai kaos kaki karena bahannya dari kain.

Berjagalah di Bawah Perosotan

Pastikan mata Anda tidak lengah saat menemani si kecil bermain perosotan. Jika ia tidak mau dipegang saat meluncur, Anda bisa menjaganya di bawah perosotan atau di ujung perosotan.

Cara ini akan membuat si kecil tetap bisa meluncur sendiri, dan Anda pun bisa langsung menangkapnya saat meluncur. Ini akan mencegahnya terjatuh karena kontrol tubuh yang belum bagus.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Perosotan Untuk Anak

Usia Anak

Pilihlah mainan perosotan yang sesuai dengan usia anak. Untuk anak yang berusia di bawah 5 tahun, sebaiknya Anda memilih perosotan yang lebih rendah saja, karena tubuhnya pun masih belum begitu tinggi. Ini akan melindunginya dari risiko hilang kontrol dan terjatuh.

Variasi Mainan

Papan perosotan yang dilengkapi dengan mainan seperti ayunan dan ring basket bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Sebab, jika anak sudah bosan bermain perosotan, ia bisa mencoba permainan lain yang tidak kalah seru. Semua bisa didapatkan dalam satu mainan!

Keamanan Produk

Pastikan produk yang dipilih memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Pilihlah perosotan yang dibuat dari material plastik yang kuat dan kokoh. Perosotan yang terbuat dari bahan kayu juga bisa menjadi alternatif pilihan. Selain itu, pilihlah papan perosotan yang tidak licin dan tidak terjal, ya.

Rekomendasi Perosotan Anak Untuk Si Kecil Bermain

Tobebe Playhouse with Slide

Siapa yang tak suka bermain rumah-rumahan? Bermain rumah-rumahan merupakan salah satu permainan yang seru. Supaya tambah seru dan tidak membosankan, playhouse dengan perosotan dari Tobebe bisa menjadi pilihan.

Rumah-rumahan ini dilengkapi dengan perosotan yang memiliki flat plate pada bagian ujungnya, sehingga si kecil bisa meluncur dengan aman. Ukuran perosotan ini juga tidak tinggi, jadi Anda tak perlu khawatir jika si kecil akan terjatuh.

Produk ini juga dilengkapi dengan kursi dan meja yang membuat produk ini semakin apik dan lengkap. Menggunakan sistem knock down untuk pemasangannya, Anda bisa merakit sendiri dan menempatkannya di dalam atau luar ruangan.

Mainan rumah-rumahan dengan perosotan ini dibuat dari bahan plastik untuk seluruh bagiannya, sehingga mudah dibersihkan. Kombinasi tampilan warna yang cerah membuat mainan ini terlihat playful dan menarik untuk si kecil.

Harga Rp. 2.500.000-3.500.000

L'abeille ID - Whale Slide

Bila Anda membutuhkan perosotan yang didesain khusus untuk balita, Anda bisa mempertimbangkan perosotan dari Whale Slide dari L'abielle ID ini. Perosotan anak ini didesain untuk anak umur 1 hingga 5 tahun.

Ukuran perosotan ini cukup minimalis, dan bisa Anda tempatkan di dalam ruangan. Meskipun ukurannya minimalis, namun perosotan ini juga dilengkapi dengan beberapa elemen mainan lainnya yang tak kalah menarik.

Di samping perosotan, pada bagian pegangan tangga, terdapat ring basket untuk melatih si kecil memasukkan bola ke dalam ring. Perosotan ini terdiri dari 3 anak tangga, jadi tidak terlalu tinggi untuk anak balita.

Kombinasi warna mainan ini juga menarik perhatian. Selain itu, baut untuk menghubungkan berbagai komponennya menggunakan bentuk bunga dan hati yang lucu sehingga si kecil akan cepat jatuh hati dengan perosotan ini.

Harga Rp. 850.000-1.250.000

Happy Play WM 19012

Produk Happy Play Indonesia ini akan membahagiakan balita hingga anak-anak usia awal SD. Kenapa tidak? Selain perosotan, mainan ini juga memiliki banyak elemen lainnya yang seru untuk dimainkan.

Di samping perosotan, ada ayunan yang tak kalah menarik. Terdapat boneka yang bisa memainkan musik pada ayunannya sehingga balita akan betah duduk di atasnya sambil santai dan bermain dengan riang.

Bagi anak-anak yang gemar bermain basket atau sepak bola, ada ring dan gawang yang bisa digunakan di sebelah ayunan. Dapat dikatakan bahwa perosotan ini adalah produk 4 in 1. Wah, paket lengkap untuk si kecil yang aktif.

Namun, dengan dimensi 200 cm x 180 cm x 120 cm, sebaiknya Anda tentukan lebih dahulu letaknya, ya. Anda tetap perlu memberikan ruang lega di sekitarnya supaya si kecil dapat bermain dengan nyaman.

Harga Rp. 2.000.000-3.500.000

Grow'n Up Qwikfold Fun Slide

Kalau si kecil sangat aktif dan suka bermain di luar ruangan, Anda bisa menempatkan mainan perosotan dari Grow’n Up Qwikfold Fun Slide ini di belakang rumah. Bahkan jika ada space di dalam rumah, perosotan kecil ini juga bisa ditempatkan.

Mainan ini dirancang khusus untuk anak balita, sehingga ukurannya tidak terlalu tinggi. Ukuran seluruhnya hanya 100 cm saja. Perosotan ini juga hanya memiliki 2 anak tangga, sehingga anak lebih mampu mengontrol diri saat naik.

Perosotan ini juga foldable. Anda bisa melipatnya dengan mudah, saat perosotan sedang tidak digunakan, dan pasti membuat penyimpanannya lebih ringkas. Untuk tampilannya, perosotan ini hadir dalam dua warna, yaitu biru dan juga pink yang tampak ceria.

Selain itu, instalasi produk ini pun juga menggunakan sistem knock down, yang mana Anda perlu memasangnya secara mandiri. Namun, tak perlu khawatir, karena perosotan ini bisa dipasang dengan mudah tanpa memerlukan baut khusus.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Tobebe Kids Slide 4 in 1

Perosotan ini lengkap dengan ayunan, ring basket, serta tangganya yang bisa digunakan sebagai jungkat-jungkit. Banyaknya fitur dalam 1 produk menjadikan mainan ini membawa kebahagiaan untuk si kecil.

Bahkan, karena terdapat banyak mainan dalam 1 produk ini, si kecil bisa bermain bersama kakak atau adiknya. Anda bisa menempatkan adik kecil di atas ayunan sementara si kakak bermain di perosotan atau bola basket mini.

Ayunan itu juga dilengkapi penahan di bagian depan yang mencegahnya tersungkur dan terjatuh ke depan. Bagian belakangnya juga terdapat sandaran yang membuatnya nyaman. Anak pun jadi lebih aman bermain ayunan ini.

Selain itu, perosotan dan ayunannya mampu menahan bobot hingga 25 kg yang bisa digunakan untuk anak berusia 1-3 tahun. Dengan 4 anak tangga, perosotannya juga dikatakan tidak tinggi dan cocok untuk anak batita.

Harga Rp. 2.000.000-2.500.000

Lerado Activity Climber and Slide

Pilihan set perosotan lainnya yang bisa menjadi opsi adalah Lerado L502 Climber and Slide. Tidak hanya menawarkan perosotan, produk ini juga bisa menjadi climber jika papan seluncurnya dibalik. Unik kan?

Tidak hanya itu, di bagian bawah perosotan juga terdapat terowongan kecil yang bisa dimanfaatkan untuk bermain anak. Mainan yang tidak terlalu besar dari segi ukuran, namun bisa memberikan beberapa permainan.

Karena memiliki banyak permainan yang seru untuk si kecil, set perosotan ini cocok banget untuk ditempatkan di TK ataupun tempat bermain indoor, bahkan di rumah Anda karena ukurannya juga terbilang mini.

Untuk pembuatannya, produk ini menggunakan bahan plastik yang kokoh dan aman dengan sisi-sisi yang tidak tajam sehingga lebih aman. Memiliki dimensi produk 150 x 90 x 110 cm, mainan perosotan anak ini cocok untuk si kecil yang berusia 1,5-5 tahun.

Harga Rp. 3.000.000-5.000.000

Grow'n Up 2-in-1 Slide to Rocker

Grow'n Up 2-in-1 Slide to Rocker adalah perosotan yang bisa dialihfungsikan menjadi kuda-kudaan. Jadi, si kecil pun tidak gampang bosan karena bisa beralih permainan yang seru.

Karena keunikan desainnya itu, perosotan anak ini sampai memenangkan berbagai penghargaan, lho. Produk ini mendapat penghargaan di Red Dot Award pada 2014. Tahun berikutnya, produk ini memenangkan Top Toy of the Year Award pada ajang Creative Child Awards.

Produk Grow'n Up ini diakui sebagai permainan multifungsi yang menjamin keamanan si kecil. Sebagai perosotan, 2-in-1 Slide to Rocker memiliki pegangan yang akan memastikan keseimbangan anak-anak. Sebagai kuda-kudaan, permukaannya lebar sehingga si kecil memiliki pijakan yang aman saat produk digoyangkan.

Ukurannya juga minimalis, dan bisa Anda tempatkan di dalam ruangan. Ukuran perosotannya pun tidak terlalu tinggi, sehingga anak akan lebih aman dari terjatuh.

Harga Rp. 1.200.000-1.500.000

Parklon Elephant Fun Slide

Untuk anak yang cepat bosan dengan satu permainan, perosotan plastik dari Parklon ini bisa menjadi pilihan yang ideal. Selain perosotan untuk meluncur, mainan ini juga dilengkapi dengan ring basket dan bola kecil yang dirancang khusus untuk anak.

Desainnya pun dibuat menarik dengan bentuk gajah yang menggemaskan, dengan belalai gajah yang panjang sebagai perosotan. Perosotan ini juga dilengkapi dengan fitur soft landing, yang mana desain perosotan tidak dibuat menukik, sehingga si kecil pun tetap aman dan tidak langsung jatuh ke lantai.

Tangga yang ada pada perosotan ini juga dirancang stabil, bertekstur, dan tidak licin, membuat anak jadi lebih aman dan tidak mudah jatuh saat menaikinya.

Selain itu, perosotan ini juga dibuat dari material plastik yang terbilang aman, karena diklaim bebas racun. Bahan plastik yang digunakan memiliki tekstur yang tidak keras, dan cenderung ringan, sehingga memperkecil risiko si kecil terluka.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

L'abeille ID - Luxury Dream House

Anak-anak tidak akan selalu menikmati permainan yang membutuhkan banyak tenaga. Sesekali, mereka akan menikmati permainan yang membutuhkan imajinasi saja seperti bermain peran.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan anak-anak dalam bermain peran tersebut, Luxury Dream House dari L'abeille ID menghadirkan mainan perosotan yang dilengkapi dengan rumah-rumahan. Tidak hanya rumahnya saja, tetapi lengkap dengan meja dan kursi.

Jadi, anak-anak bisa memainkan peran seperti di rumah atau di restoran. Tentu saja, beberapa anak bisa memainkan produk ini bersama-sama sekaligus. Ada yang bisa meluncur di perosotannya, ada juga yang bisa bermain peran di rumah-rumahannya.

Harga Rp. 3.000.000-6.000.000

Coby Haus Lolly Gummy Slide

Jika si kecil menyukai warna-warna pastel yang lembut dan memberikan kesan manis, perosotan dari Coby Haus ini adalah produk yang tepat untuk Anda miliki.

Bukan cuma tampilannya yang manis, perosotan ini juga dirancang tidak terlalu tinggi, sehingga Anda bisa merasa lebih aman, dan tidak terlalu khawatir jika si kecil akan terjatuh saat bermain.

Perosotan ini juga dibekali dengan handle pada bagian tangganya, sehingga si kecil bisa lebih aman saat menaiki tangga. Bagian ujung perosotannya pun memiliki fitur flat plate, yang membuat si kecil bisa meluncur lebih aman dan tidak langsung ke lantai.

Untuk bahan pembuatannya, perosotan ini menggunakan bahan polypropylene yang diklaim sudah tersertifikasi BPA free dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Harga Rp. 1.300.000-2.000.000
From our editorial team

Selalu Awasi dan Dampingi Anak Saat Bermain Perosotan

Meskipun Anda membelikan perosotan anak untuk bermain di rumah seperti rekomendasi BP-Guide di atas, bukan berarti Anda boleh lalai dalam mengawasi si kecil ya! Tetap dampingi anak saat bermain perosotan. Agar terhindar dari kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan ya, ibu-ibu.

Tag