Tren Gaya Hijab 2018 yang Bisa Kamu Adopsi Serta 10 Rekomendasi Hijab Kekinian

Tren Gaya Hijab 2018 yang Bisa Kamu Adopsi Serta 10 Rekomendasi Hijab Kekinian

Tren hijab baik motif, warna, material, maupun style dari tahun ke tahun mengalami pergeseran. Jika kamu menyimak para hijaber di sosial media, tren gaya hijab mereka juga berubah. Untuk tahun 2018 ini, ada beberapa style hijab yang bisa kamu tiru. Apa saja? Simak ulasan dari BP-Guide ini mengenai tren hijab 2018 beserta rekomendasi yang bisa kamu beli di online store.

Layaknya Fashion Dunia, Fashion Hijab Juga Memiliki Trend Sendiri

Sumber gambar hijabtuts.com

Dunia mode memang tidak lepas dari perkembangan dan inovasi. Tak cuma gaya busana dunia Barat yang mengalami perubahan tren, fesyen hijab pun diduga akan mengalami tren baru di tahun 2018 ini.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, kesadaran wanita muslimah akan hijab semakin tinggi. Maraknya artis yang mulai mengenakan hijab pun mendukung industri pakaian untuk terus memenuhi keinginan pasar akan busana tertutup termasuk kerudung.

Gaya busana hijab memang sedikit berbeda dengan negara-negara berpenduduk Muslim lainnya. Jika di Negeri Jiran para wanita gemar mengenakan baju kurung atau di Jazirah Arab kerap dijumpai muslimah dengan gamis, maka para wanita muslim di Indonesia suka dengan gaya kasual.

Mix and match unik sepertinya juga akan menjadi warna tersendiri karena pengaruh asimilasi budaya juga kekayaan akan cita rasa etnik pada dunia mode Tanah Air. Jadi, sudah siap dengan tren hijab di 2018?

Trend Fashion Hijab 2018

Mix and Match

Sumber gambar hijab.dream.co.id

Gaya padu padan ini umumnya dikenakan oleh mereka yang gemar bergaya kasual dan ingin style berbeda di keseharian. Tak hanya gamis, mereka yang memilih gaya mix and match gemar memadukan atasan dengan rok bawahan yang dinamis atau juga celana palazzo agar tetap sopan dan santun.

Tentu saja untuk busana berhijab, upayakan agar mix and match kamu sesuai dan tidak berlebihan. Jangan memaksa untuk memadukan atasan ketat dengan bawahan ketat karena kombinasi ini justru menghilangkan poin santun dan sopan dari busana hijab.

Pilihlah atasan dan bawahan longgar yang nyaman dan padukan beberapa jenis pakaian seperti kemeja dan kaus untuk kombinasi yang enerjik serta elegan.

Hijab Syar'i

Bagi mereka yang sudah sungkan dan tidak nyaman mengenakan bawahan celana, memang cenderung beralih pada busana syar’i yakni gaun muslimah alias gamis yang dipadukan bersama kerudung lebar. Hijab ini mulai dari menutup dada bahkan ada yang sampai mencapai lutut dan tak jarang pula dilengkapi dengan cadar.

Jika di tahun-tahun lalu gamis kerap tampil dengan warna gelap dan monoton, perkembangan hijab di tahun 2018 ini akan diwarnai dengan warna-warna lembut seperti warna pastel. Hal ini untuk membuang stigma “menakutkan” dan berbagai pandangan negatif. Terlebih, warna-warna terang juga menjadi pilihan banyak remaja dan remaja-dewasa yang sedang mencoba untuk memakai gamis sebagai busana sehari-hari.

Geliat menyenangkan ini juga mendorong desainer busana muslimah lokal seperti Zaskia Sungkar dan Dian Pelangi untuk menghadirkan gamis yang sekiranya akan diminati banyak wanita muslimah.

Menggunakan Bahan Kain

Tren busana muslimah dengan payet dan kain bercorak sepertinya mulai memudar di tahun ini. Berganti dengan gamis polos dengan bahan yang nyaman untuk dikenakan seharian. Kamu mungkin akan sulit menemukan gamis-gamis dengan bahan seperti satin yang sempat hits di tahun-tahun sebelumnya.

Namun, jangan khawatir karena gamis polos dengan bahan seperti katun, rayon dan jersey juga tak kalah cantik. Justru, dengan gamis polos kamu tidak salah kostum karena cenderung mudah dipadukan bersama berbagai macam kerudung serta outerwear.

Warna-warna Netral

Sumber gambar elzattastore.com

Tak hanya perubahan desain, tahun 2018 akan dipercantik dengan busana berwarna netral seperti warna-warna hangat dan lembut. Misalnya, warna cokelat, biru bahkan warna netral pun masih akan mudah ditemui.

Untuk kerudung sendiri, motif floral dan stripe masih jadi favorit. Hijab bermotif bisa menjadi paduan yang sesuai dan tidak berlebihan untuk disandingkan bersama gamis polos berwarna netral.

Simpel

Sumber gambar bajumuslimodern.com

Semakin banyak muslimah yang memilih menutup aurat, tak peduli apa pun aktivitas mereka. Bahkan bagi mereka yang bekerja di luar ruang, hijab tak boleh ketinggalan. Untuk mendukungnya, banyak desainer yang mengubah konsep hijab menjadi lebih simpel.

Model hijab dan busana yang simpel ini diharapkan bisa memudahkan para hijaber untuk beraktivitas dengan nyaman tanpa harus ribet dan tetap terlihat gaya. Model hijab kasual diperkirakan masih jadi favorit banyak muslimah yang ingin tampil elegan dan tetap tertutup.

10 Hijab Model Terbaru di Tahun 2018

Dian Pelangi - Jilbab Thaisilk Batik Abstrak Pelangi 3

Sumber gambar www.hijup.com

Hijab bermotif memang masih jadi pilihan banyak muslimah. Untuk memilih hijab seperti ini, kamu harus cermat mengamati warna dasar serta motif. Sesuaikan dengan warna kulit dan pastikan motifnya tidak terlalu ramai hingga berkesan norak. Hijab bermotif bisa kamu padukan bersama busana polos berwarna netral dan cocok untuk office outfit yang dinamis.

Sebagai pilihan, kamu bisa memilih Dian Pelangi-Jilbab Thaisilk Batik Abstrak Pelangi 3 ini. Warna dasar hangat dengan motif abstrak membuat hijab motif ini tidak mencolok dan bisa kamu kombinasikan dengan tunik berwarna netral. Pesan melalui situs Hijup dengan harga Rp 387.500.

DIARIO - Kerudung Liza Brownie

Sumber gambar hijabenka.com

Sebelum menggunakan hijab, pastikan kamu memakai dalaman atau biasa disebut dengan ciput. Ciput bisa membantu kamu untuk menjaga agar rambut tetap rapi dan tidak mudah mencuat keluar. Selain itu, ciput yang kini hadir dengan berbagai model dan warna juga bisa menunjang keserasian kerudung yang dipakai.

Kamu juga bisa memanfaatkan ciput untuk menjaga kerudung tetap di tempatnya, terlebih saat mengenakan kerudung segiempat yang mudah berantakan.

Maka, kamu harus memilih bahan kerudung yang nyaman dipakai seperti DIARIO-Kerudung Liza Brownie ini. Warna cokelatnya yang lembut menjadikan kerudung ini pas sebagai hijab untuk ke kampus. Bisa dipesan melalui Hijabenka dengan harga Rp 95.300.

Jeda - Flying Crane Soft Pink

Sumber gambar hijabenka.com

Mengenakan gamis warna hitam? Tak masalah. Seimbangkan dengan kerudung berwarna cerah seperti Jeda-Flying Crane Soft Pink yang bermotif flamingo ini. Bordirnya tidak ramai dan cocok bagi kamu yang ingin tampil anggun dan elegan dalam busana berwarna netral. Pesan melalui Hijabenka dengan harga Rp 350.000.

Diindri Hijab - Premium Hijab Instan - Little Black Flo

Sumber gambar www.zalora.co.id

Busana hitam tak melulu berkesan suram dan menakutkan. Kamu bisa pilih gamis hitam dengan detail kerut manis dan coba padukan dengan kerudung bermotif ceria seperti floral. Contohnya, Diindri Hijab-Premium Hijab Instan - Little Black Flo ini.

Terbuat dari bahan premium maxmara yang lembut dengan tampilan mengilap, hijab ini terasa ringan dan cocok digunakan sehari-hari. Kamu bisa pesan melalui Zalora dengan harga Rp 197.000.

Kami Idea - Malaga Scarf Stone

Sumber gambar hijabenka.com

Ingin terlihat trendi dengan hijab simpel? Cobalah kerudung dengan motif unik seperti Kami Idea-Malaga Scarf Stone. Tak perlu mengkreasikan dengan detil rumit, pattern hijab ini sudah memberikan gaya yang dinamis dan elegan. Kamu cukup memadukannya bersama gamis atau atasan berwarna netral seperti putih. Hijab ini dibanderol dengan harga Rp 300.000 di Hijabenka.

Diario - Voal Scarf

Sumber gambar www.zalora.co.id

Memilih material sangat penting untuk diperhatikan ketika kamu membeli hijab. Bahan yang tidak nyaman akan membuat gerah dan keringat berlebih bisa membuat kepala terasa gatal saat mengenakan hijab. Apalagi ketika kamu sedang bepergian, pastikan mengenakan hijab yang tak cuma cantik tapi juga nyaman dikenakan.

Kamu bisa memilih hijab dengan bahan voal seperti Diario-Voal Scarf. Detail unik nan ramai yang ceria pada hijab akan memudahkan kamu untuk memadukannya bersama gamis atau busana polos lainnya. Tak perlu ribet menambah aksesori karena hijab statement ini memiliki motif print berbagai corak. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp 235.000 di Zalora.

HIJABLOOKS - Kyandra

Sumber gambar hijabenka.com

Suka dengan hijab segiempat? Kamu bisa pilih HIJABLOOKS-Kyandra. Look-nya terlihat menawan dengan motif bunga warna putih di atas warna navy polos yang memberi kesan anggun dan feminin pada keseluruhan penampilan.

Hijab ini berbahan cotton silk jadi sebaiknya kamu mencuci dengan deterjen lembut yang ramah pada kain halus. Cuci secara manual dan keringkan dengan cara membaliknya agar bagian motif berada di dalam supaya warna tidak cepat pudar. Pesan hijab memikat ini melalui Hijabenka dengan harga Rp 133.800.

Cotton Bee Namira Instant Pashmina - Salmon

Sumber gambar www.zalora.co.id

Pashmina masih jadi favorit banyak muslimah karena cocok dikenakan dalam berbagai acara dan gaya. Mudah dipadukan dan kini banyak produsen hijab yang mengeluarkan pashmina instan agar lebih praktis saat digunakan. Kamu bisa memilih pashmina langsung pakai seperti Cotton Bee Namira Instant Pashmina-Salmon ini.

Berbahan diamond channel georgette, warna salmon ini cocok bagi kamu yang punya kulit agak gelap. Warnanya bisa membuat wajah kamu terlihat lebih cerah dan pas untuk muslimah yang menghindari warna-warna terang mencolok. Pesan melalui Zalora dengan harga hanya Rp 99.900.

HIJABSTORE Okky Asokawati Scarf OA 189 - Navy Purple Floral

Sumber gambar www.zalora.co.id

Ingin tampil stand-out? Kerudung dengan motif besar bisa jadi pilihan. Cocok bagi kamu yang punya kulit cerah, hijab dengan motif bunga berukuran besar memang membuat penampilan dan gaya jadi semakin menonjol.

Agar penampilan keseluruhan lebih seimbang, hindari mengenakan busana yang memiliki corak. Pilih gamis atau tunik polos tanpa detil rumit sehingga kamu bisa tetap tampil anggun dan simpel.

Untuk kerudung, kamu bisa coba HIJABSTORE Okky Asokawati Scarf OA 189-Navy Purple Floral yang dibanderol dengan harga Rp 200.000 di Zalora. Berbahan termo-poliester twill satin, hijab ini memiliki permukaan mengilap dan terlihat mewah saat dikenakan. Cocok untuk acara semi-formal hingga formal.

FENNY SAPTALIA - Toraja Sulawesi Chocolate

Sumber gambar hijabenka.com

Kekayaan budaya Indonesia banyak memengaruhi tren busana di Indonesia. Keunikan suku membuat banyak busana memiliki sentuhan etnik tak terkecuali dengan hijab seperti FENNY SAPTALIA-Toraja Sulawesi Chocolate ini.

Warna hangat yakni cokelat gelap berpadu dengan motif anggun berbentuk daun khas Toraja Sulawesi ini memberi nuansa berbeda yang elegan bagi muslimah aktif dan dinamis. Kamu bisa mengombinasikannya bersama busana polos berwarna netral. Dapatkan di Hijabenka dengan harga Rp 250.000.

From our editorial team

Padu Padankan Hijab dengan Koleksi Baju yang Sudah Ada

Model hijab yang tren di tahun 2018 ini hampir ada kesamaan, yaitu simple dan terbuat dari bahan yang nyaman dipakai. Tips untuk padu padan dengan busana yaitu, ketika membelinya, sebaiknya kamu melihat terlebih dahulu busana muslim kamu. Jika kebanyakan koleksi baju kamu polos, kamu bisa mencari koleksi hijab yang bermotif, sebaiknya jika koleksi bajumu kebanyakan bermotif, lebih baik mencari hijab yang polos.