10+ Produk Unik Indonesia yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh Saat Traveling ke Luar Negeri

10+ Produk Unik Indonesia yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh Saat Traveling ke Luar Negeri

Banyak produk Indonesia yang bisa dijadikan cenderamata untuk keluarga di luar negeri. Nyatanya Indonesia memiliki produk unik dan kreatif yang cukup diminati oleh turis mancanegara. Beberapa diantaranya bahkan menjadi incaran para turis saat berkunjung ke Indonesia. Berikut beberapa produk unik yang bisa dijadikan oleh-oleh saat traveling ke luar negeri.

Keindahan alam Indonesia memikat banyak wisatawan dari seluruh dunia untuk berkunjung. Sebagai salah satu destinasi wisata utama di dunia, Indonesia juga tak ingin melewatkan kesempatan mempromosikan produk-produk asli Indonesia yang unik untuk dibawa pulang para turis sebagai oleh-oleh atau cenderamata. Produk khas Indonesia yang eksklusif ini bisa didapatkan dengan harga yang murah meriah di seluruh penjuru negeri. Meskipun, sudah banyak situs belanja online yang menyediakan, akan tetapi jauh lebih murah jika bisa membeli langsung saat bertandang ke Indonesia. Bagi Anda yang ingin membeli kado untuk teman di luar negeri dengan produk-produk Indonesia yang unik, berikut deretan daftar produk Indonesia yang terkenal dan unik sebagai oleh-oleh:

1. Tembikar Tradisional

Perabotan pecah belah dari Indonesia dikenal dengan kualitasnya yang awet dan berbagai motif etnik yang unik. Tidak salah jika banyak turis dan permintaan impor dari Amerika, Eropa dan Timur Tengah terhadap barang-barang kerajinan tanah liat ini. Di pasar Internasional, tembikar asli Indonesia telah diekspor ke beberapa negara langganan seperti Singapura, Jepang, dan Malaysia. Daerah penghasil tembikar yang paling terkenal ada di kota Yogyakarta dalam bentuk dekorasi untuk hiasan rumah, pajangan bufet, piring cantik, dan sebagainya.

2. Keris

Produk unik asal Indonesia lainnya yang bisa ditemukan adalah senjata tradisional. Keris merupakan salah satu produk unggulan dari Indonesia yang banyak diekspor ke luar negeri karena banyak permintaan dari para kolektor benda-benda seni antik serta pajangan dinding. Senjata tradisional lain yang berasal dari Indonesia dan diekspor sebagai produk unik antara lain clurit dari Madura, Mandau dari Kalimantan, dan sebagainya. Akan tetapi, bagi sejumlah kolektor benda-benda antik, Keris masih dianggap sebagai benda kuno yang mengandung unsur magis atau spiritual. Oleh karena itu, harganya bisa mencapai lebih dari Rp 1 juta, tergantung kualitas bahan dan corak hiasan ukiran pada permukaan keris.

3. Wayang

Sebenarnya di negara lain juga sudah dikenal konsep wayang atau puppet. Namun, di negara seperti Jepang atau Eropa, wayang dikenal dalam bentuk 3 dimensi. Sementara itu, di Indonesia sendiri wayang dibuat dari kulit sapi dalam bentuk 2 dimensi. Pembuatan wayang juga sangat rumit dan detail karena mengandung makna filosofis tersendiri. Pertunjukan wayang kini masih bisa dijumpai di kota Surakarta tepatnya di Taman Sriwedari. Kebanyakan para penonton adalah turis asing yang ingin belajar atau tertarik dengan budaya Indonesia.

4. Batik

Membawakan oleh-oleh berupa produk Indonesia yang unik, Anda tidak akan pernah salah jika memberikan batik. Kain batik merupakan kebanggaan Indonesia bahkan sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia pada 2 Oktober 2009. Batik memiliki banyak corak dan motif serta warna-warna yang memukau. Batik yang paling terkenal dan termahal adalah jenis batik tulis atau dibuat dengan tangan selama berminggu-minggu. Proses pembuatan yang tergolong rumit ini membuat harganya bisa mencapai ratusan ribu. Namun jangan khawatir karena kualitasnya sepadan dengan harganya.

5. Kerajinan Perak

Kerajinan dari material perak merupakan salah satu perhiasan dan aksesoris yang paling terkenal di dunia. Kerajinan Perak asli Indonesia bisa dijumpai di Bali dan Yogyakarta. Para pengrajin perak membuat perhiasan dengan cermat dan detail menggunakan keterampilan yang diwariskan secara turun-temurun. Bahkan, para pelancong atau turis bisa melihat langsung proses pembuatan di bengkel atau toko mereka. Barang perhiasan perak, aksesoris perak, atau kerajinan tangan perak yang berkualitas bagus bisa ditemukan di Kotagede, Yogyakarta.

6. Permainan Papan Congklak

Sumber gambar www.cgtrader.com

Permainan congklak ini merupakan permainan anak-anak tradisional dari Indonesia. Saat ini sudah menjadi jenis permainan yang sangat langka dan hanya bisa dijumpai di toko-toko barang antik atau saat ada pameran dan acara kesenian. Seperti yang diketahui, di zaman kekinian, anak-anak milenial sudah sangat lekat dengan teknologi. Mereka lebih senang bermain gadget di dalam rumah. Nah, dengan memberikan permainan papan congklak setidaknya orang tua bisa mengurangi waktu anak terlibat gadget dan bermain di luar ruangan tanpa biaya sama sekali. Saat tidak digunakan untuk bermain, papan congklak dengan unsur tradisional dan etnik juga bisa dijadikan pajangan di sudut ruangan agar menambah kesan yang indah dan unik.

7. Ukiran Batu

Sumber gambar www.novica.com

Terinspirasi dari banyaknya bangunan batu alias candi di Indonesia yang megah seperti Borobudur dan Prambanan, Anda juga bisa mendapatkan produk Indonesia yang unik seperti ukiran batu. Biasanya berbentuk miniatur candi atau topeng. Selain itu, masih ada beberapa pajangan rumah seperti patung, dekorasi kolam ikan, dan sebagainya. Produk asli dari Indonesia yang unik ini bahkan sudah diekspor ke Jepang dan Amerika untuk hiasan di hotel atau restoran.

8. Gamelan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kerajinan tangan berupa alat musik asal Indonesia ini sering dipakai untuk pertunjukkan wayang atau seni karawitan lain di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dalam satu perangkat gamelan terdiri dari berbagai instrumen alat musik, misalnya gong, seruling bambu, gendang, dan gamelan. Selain itu, ada musisi yang memainkan dan sinden sebagai penyanyi atau vokalis utama. Gamelan bisa dipesan di beberapa toko souvenir di kabupaten Yogyakarta.

9. Ukiran Kayu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Berbagai barang kerajinan ukiran kayu bisa dijadikan oleh-oleh produk asal Indonesia yang mengesankan teman atau kerabat Anda di luar negeri. Ukiran kayu ini bisa berupa pajangan dinding seperti miniatur sepeda ontel, replika becak, cobek dan ulekan sambel, hingga pajangan dinding dan dekorasi untuk hiasan lemari buffet. Ada juga beberapa ukiran kayu yang bisa dikenakan dan sedang hits di kalangan anak-anak muda seperti jam tangan dari kayu serta kaca mata dengan frame kayu. Selain berkualitas dan bernilai seni tinggi, oleh-oleh ini pastinya tidak ada duanya di tempat lain dan asli dari Indonesia.

10. Dupa Aromaterapi

Sumber gambar sekarjepunbali.com

Orang-orang luar negeri biasanya sangat suka relaksasi berendam di dalam bath-tube sembari menyalakan lilin aroma terapi. Nah, lalu kenapa Anda tidak memberikan oleh-oleh dupa aromaterapi dari Indonesia? Dupa aromaterapi dari Indonesia akan meningkatkan suasana hati siapa saja yang mencium wewangian ini. Dibuat dari bahan berkualitas dan aroma bunga yang menyegarkan. Cukup satu batang dupa akan menjadi penyemangat sepanjang hari. Berbagai jenis produk aromaterapi dari Indonesia juga bisa dijumpai di Bali. Selain berupa dupa, ada yang sudah dikemas dalam botol cantik untuk essence yang ditambahkan ke dalam bak mandi Anda. Dijual di Pasar Seni Sukowati dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000. Murah meriah, kan?

11. Kopi Luwak

Sumber gambar www.scoffea.com

Produk unik lain yang tak kalah terkenal dan populer dari Indonesia tentu saja adalah kopi luwak. Satu-satunya kopi yang berasal dari Indonesia dengan cita rasa yang tak perlu ditanyakan lagi. Kopi Luwak memiliki keunikan berupa rasanya yang asam karena mendapat fermentasi secara alami di dalam perut musang. Produk kopi luwak liar biasanya ada di daerah-daerah yang masih dekat dengan kawasan hutan atau lereng gunung. Seperti di Lembah Baliem dan Lereng Gunung Tanggamus. Soal harganya, ada kualitas ada harga. Per kilo masih mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

From our editorial team

Produk Indonesia memiliki ciri khas

Produk Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi turis mancanegara. Beberapa produk memang ada di beberapa negara, namun produk Indonesia pastinya memiliki ciri khas tersendiri. Bila Anda ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di luar negeri sebaiknya pilih produk yang mudah di bawa, tidak mudah pecah dan tidak menyulitkan Anda saat traveling.

Tag