Rambut Makin Indah dan Sehat Dengan Deretan Rekomendasi Sampo Non SLS (2021)

Rambut Makin Indah dan Sehat Dengan Deretan Rekomendasi Sampo Non SLS (2021)

Keindahan rambut sangat penting bagi kaum hawa. Oleh karena itu, merawat rambut tidak boleh sembarangan. Simak deretan rekomendasi sampo non SLS dengan kandungan yang aman, hanya di artikel BP-Guide berikut ini ya!

Sampo SLS Jadi Cara Tepat Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Kepala

Berbicara soal perawatan rambut dan kulit kepala, khususnya sampo, tentu tak lepas dari pembicaraan tentang kandungan yang dimiliki oleh suatu produk sampo. Salah satu kandungan yang perlu dipertimbangkan saat memilih suatu produk sampo adalah Sodium Lauryl Sulfate (SLS).

Bahan SLS ini banyak ditemukan di berbagai produk seperti sampo, sabun, pasta gigi, dan lain sebagainya. Sebenarnya bahan SLS ini terbilang aman, namun penggunaan produk berbahan SLS ini berpotensi menimbulkan beberapa risiko seperti iritasi. Selain itu, kandungan SLS juga berpotensi mengikis minyak alami rambut dan membuat helaian rambut menjadi kering.

Cara Memilih Sampo Berdasarkan Jenis Rambut

Sampo Non Sulfat Untuk Rambut Keriting

Rambut keriting akan cenderung lebih kering dibandingkan dengan rambut lurus. Hal ini disebabkan karena sebum yang merupakan minyak alami yang dihasilkan kulit akan lebih sulit menempel pada batang rambut yang keriting.

Pada umumnya, sampo mengandung SLS yang berfungsi menghasilkan busa. Busa yang terkandung dalam bahan sulfat ini dapat membuat rambut menjadi kering. Jika ingin rambut tidak mudah kering, pilihlah sampo bebas SLS yang minim busa sehingga dapat menjaga kulit kepala untuk tidak kehilangan kelembaban alaminya setelah keramas.

Sampo Dengan Vitamin E Untuk Rambut Lurus dan Lepek

Permukaan rambut lurus cenderung lebih mudah terekspos sinar matahari dan polusi, terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari dapat membuat rambut menjadi mudah menempel satu dengan yang lain, membuatnya jadi lepek dan sulit diatur.

Selain sinar matahari, berada di luar ruangan juga rentan membuat rambut terkena polusi. Untuk mengatasi rusaknya sel-sel rambut, Anda dapat mengaplikasikan vitamin E yang dipercaya sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Sampo Untuk Menebalkan Rambut yang Halus dan Tipis

Masalah utama rambut tipis adalah lebih mudah lepek karena sebum yang diproduksi kulit kepala jadi lebih mudah menempel di rambut tipis. Rambut yang lepek akan tampak semakin tipis karena tidak terurai dengan sempurna, melainkan terikat menempel satu sama lain oleh sebum atau minyak.

Bagi Anda yang memiliki rambut yang tipis, pilihlah sampo yang dapat memberikan volume pada rambut, yaitu dengan membuat rambut lebih bersih dari lepek dan memberikan nutrisi agar rambut tampak lebih bervolume.

Sampo Dengan Pelembab Tinggi Untuk Rambut Tebal dan Kasar

Rambut yang tebal akan cenderung lebih kering karena sebum yang dihasilkan oleh kulit kepala tidak mudah menempel di rambut. Rambut yang kering akan cenderung kasar dan mudah kusut.

Bagi Anda yang memiliki rambut tebal dan kasar, Anda disarankan untuk menghindari sampo dengan kandungan SLS. Pilihlah sampo yang dapat melembabkan.

Sampo Clarifying Untuk Rambut Rusak dan Diwarnai

Sadar atau tidak, setelah mengaplikasikan cat rambut, terkadang ada sisi rambut yang lebih gelap dibanding sisi lainnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai clarifying shampoo yang membuat warna rambut menjadi lebih rata dengan gradasi warna rambut yang tepat.

Produk perawatan clarifying shampoo ini ini juga dapat membersihkan rambut dari kotoran, akibat sisa produk hair styling atau polusi udara.

Keunggulan Sampo Non SLS

Cocok Untuk Kulit Kepala Sensitif

Kulit kepala juga bisa sensitif dengan tanda-tanda mudah merasa panas ataupun gatal pada saat atau sesaat setelah menggunakan produk perawatan rambut tertentu.

SLS termasuk bahan kimia yang berisiko mengiritasi dan membuat kulit kepala menjadi kering. Dalam kasus yang lebih parah, kulit kepala bisa terkelupas serta mengalami kemerahan dan sensasi terbakar.

Sampo Non SLS dapat mencegah Anda yang memiliki kulit sensitif dari risiko iritasi yang disebabkan oleh SLS.

Menjaga Keseimbangan Minyak Alami Rambut

Salah satu fungsi SLS adalah untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit kepala dan rambut. Namun, karena bersifat terlalu kuat, SLS justru berpotensi mengangkat terlalu banyak minyak dan menyebabkan kekeringan pada kulit kepala dan rambut.

Padahal, kulit kepala dan rambut membutuhkan kelembaban yang diberikan oleh minyak alami kulit kepala, agar tidak kering dan mudah patah. Agar rambut bersih dan tetap lembab, Anda bisa menggunakan sampo non SLS.

Mempertahankan Warna Rambut

Kandungan SLS dapat membuat warna rambut memudar dan terlihat kusam. Agar warna alami rambut tetap terjaga, sebaiknya Anda menggunakan sampo non SLS. Rambut Anda pun akan tetap berkilau sehat dan alami.

Rekomendasi Sampo Non SLS yang Bisa Jadi Pilihan

Klorane Strengthening & Revitalizing Shampoo with Quinine & B Vitamins

Sampo dari Klorane ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok. Sesuai dengan namanya, produk ini mengandung Quinine dan Vitamin B yang dapat menutrisi rambut serta mengembalikan kekuatan dan energi rambut yang lemah.

Produk ini juga diklaim dapat meningkatkan sirkulasi darah untuk pertumbuhan rambut yang lebih kuat, juga kaya akan keratin untuk pertumbuhan rambut baru. Sampo ini dapat memelihara keseimbangan rambut dan kulit kepala.

Harga Rp. 250.000-400.000

Avalon Organics Nourishing Lavender Shampoo

Jika Anda aktif berkegiatan di luar ruangan sehingga sering kali terpapar sinar matahari, sampo ini patut Anda coba.

Produk Avalon Organics mengandung natural oil yang kaya vitamin E. Oleh karena itu, sampo ini bekerja secara efektif membersihkan dan menutrisi setiap helai rambut.

Kandungan lain pada sampo ini adalah quinoa protein yang dapat mengatasi masalah rambut bercabang.

Dengan aroma lavender yang dimiliki oleh sampo ini, Anda bisa keramas sambil menenangkan pikiran. Dapatkan hasil rambut nan lembut dan bebas kusam meski terpapar sinar matahari.

Harga Rp. 250.000-400.000

Organix Hydrating Macadamia Oil Shampoo

Brand ini sudah mengeluarkan beberapa varian sampo. Salah satu produk sampo yang diproduksi tanpa SLS adalah Hydrating Macadamia Oil Shampoo, dengan kandungan utamanya adalah macadamia oil yang bermanfaat untuk rambut kering dan rusak.

Selain macadamia oil, sampo ini juga mengandung ekstrak tebu dan ekstrak bambu. Formula yang dimiliki oleh sampo ini bertujuan untuk memperbaiki rambut yang rusak agar lebih halus, mencegah rambut bercabang, dan membuat rambut sehat berkilau.

Harga Rp. 250.000-300.000

L'Occitane Aromachologie - Purifying Shampoo

Bagi Anda yang menginginkan kulit kepala yang bebas dari kotoran, sampo inilah jawabannya. Sampo ini mengandung 5 essential oils yang diformulasikan untuk membuat kulit kepala menjadi bersih, bebas residu dan kotoran.

Kandungan nutrisi pada sampo ini juga membantu menyeimbangkan kadar sebum di kulit sehingga dapat membuat kulit kepala terasa lebih segar, ringan, dan nyaman, sekaligus mengembalikan kilau alaminya.

Harga Rp. 300.000-500.000

L’Oréal Nutrifier Shampoo

Apabila Anda mencari produk sampo yang menutrisi rambut kering, tak ada salahnya untuk mencoba produk ini.

Kandungan gliserinnya membantu melembapkan dan memberikan nutrisi pada rambut. Dipadukan dengan kandungan minyak kelapa di dalamnya, dapat membuat rambut Anda bersih berkilau.

Anda dapat mengatasi rambut kering dan mudah rusak dengan menggunakan produk sampo yang satu ini.

Harga Rp. 100.000-200.000

Sensatia Botanicals Balancing Shampoo

Masalah ketombe memang bikin risih. Selain membuat kulit kepala terasa gatal, ketombe juga dapat menurunkan rasa percaya diri. Oleh karenanya, Anda perlu perawatan rambut khusus, seperti Sensatia Botanicals Balancing Shampoo.

Sensatia Botanicals Balancing Shampoo diformulasikan dengan senyawa murni dari minyak tea tree, minyak peppermint, dan ekstak ginseng. Ketiga bahan alami tersebut diklaim dapat membantu mengatasi ketombe dengan melembabkan kulit kepala tanpa membuat rambut menjadi terlalu berminyak. Produk ini membantu membersihkan minyak berlebih pada rambut menjadikannya terlihat sehat dan berkilau.

Harga Rp. 150.000-250.000

Dancoly Helichrysum Revitalizing Shampoo

Masalah rambut keriting adalah kondisi rambut yang cenderung kering sehingga mudah rusak dan sulit untuk dibuat menjadi lembut. Namun, rutin menutrisinya dengan kandungan alami pada sampo ini, masalah rambut seperti kering, patah, serta sulit diatur, akan dapat teratasi. Jangan lupa gunakan sampo secara rutin untuk hasil terbaik ya!

Harga Rp. 150.000-200.000

Moist Diane Perfect Beauty Extra Volume & Scalp Shampoo

Sampo ini superwangi, aromanya seperti habis keramas di salon. Bahan alami yang terkandung dalam sampo ini juga sangat menutrisi kulit kepala dan rambut.

Kandungan organic argan oil-nya akan menjaga kelembapan dan merawat rambut tanpa membuatnya lepek. Volumizing keratin di dalamnya juga memiliki peran dalam menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

Harga Rp. 100.000-150.000

Sensatia Botanicals Calming Shampoo

Calming Shampoo memiliki kandungan chamomile yang menenangkan kulit bahkan dapat mengurangi peradangan. Tak hanya merelaksasi kulit kepala, pikiran Anda juga akan dibuat rileks dengan keharuman minyak lavendernya.

Sampo ini juga mengandung campuran bahan alami yang mampu membersihkan rambut dengan lembut sekaligus mengontrol produksi minyak.

Harga Rp. 125.000-250.000

Yves Rocher Low Shampoo Delicate Cleansing Cream

Sebagaimana tertera pada namanya, produk memiliki tekstur krim dan saat diaplikasikan ke rambut yang basah, dan produk ini sama sekali tidak mengeluarkan busa yang dapat mengeringkan rambut.

Sampo ini terbuat dari berbagai bahan alami yang dapat menjaga kekuatan serat rambut dan membuat rambut menjadi halus. Kandungan di dalamnya sangat cocok untuk semua jenis rambut.

Harga Rp. 170.000-300.000
From our editorial team

Jaga Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala Dengan Keramas Secara Rutin

Salah satu penyebab masalah rambut adalah kebiasaan keramas yang tidak teratur atau rutin. Apalagi jika Anda banyak menghabiskan kegiatan di luar ruangan atau mengenakan hijab dalam keseharian. Anda harus keramas secara teratur untuk memastikan kebersihan dan kesehatan rambut dan kulit kepala. Anda juga bisa memilih produk sampo non SLS seperti rekomendasi BP-Guide di atas!

Tag