Tips Tampil Kasual dan Trendi dengan 6 Tipe Celana Jeans Pendek Pria Pilihan

Tips Tampil Kasual dan Trendi dengan 6 Tipe Celana Jeans Pendek Pria Pilihan

Celana jeans pendek sangat cocok dikenakan saat musim panas, karena tidak gerah di kaki. Padukan dengan tampilan kasual, dijamin akan membuat kamu menjadi semakin menarik. Kalau belum ada inspirasi, simak saja artikel BP-Guide berikut!

Celana jeans pendek bikin pria tetap fashionable

Negara-negara tropis khususnya di Indonesia belakangan ini seringkali dilanda cuaca panas. Saking panasnya, cowok-cowok jadi lebih sering menggunakan celana pendek agar merasa nyaman dan tentunya gak kepanasan. Selain lebih nyaman, cowok-cowok yang bercelana pendek ternyata juga punya daya tarik tersendiri dari segi fashion.

Cowok yang menggunakan celana pendek terlihat lebih santai, kasual, dan awet muda. Hal-hal inilah yang jadi daya tarik tersendiri terutama buat para cewek-cewek jomblo. Tapi kalau cowok tersebut sudah punya pasangan, tentunya sang pasangan juga akan jadi semakin jatuh hati kalau cowoknya tampil trendy dengan celana pendek.

Celana pendek cowok belakangan ini kembali merajai dunia fashion. Gak cuma fashion anak muda loh, anak-anak maupun bapak-bapak yang sudah berumur juga sah-sah saja menggunakan celana pendek. Lihat saja contohnya almarhum tokoh inspirasi dunia bisnis Indonesia, Bob Sadino. Semasa hidupnya, Om Bob selalu cuek memakai celana pendek di kehidupan sehari-harinya dan ia pun tetap terlihat keren.

Celana pendek cowok ada berbagai jenis, ada celana bahan pendek, celana kargo, ataupun celana pendek jeans. Celana jeans adalah salah satu jenis celana yang gak pernah bikin kita jadi mati gaya. Gak cuma celana jeans panjang, celana pendek jeans pun juga demikian. Banyak cowok yang suka menggunakan celana pendek jeans karena celana pendek jeans lebih fleksibel untuk dipakai harian, atau bahkan untuk dipakai jalan-jalan ke mall.

Panduan memakai celana jeans pendek supaya tetap tampil fashionable

Panjang celana jeans pendek harus diperhatikan

Cowok akan terlihat keren jika menggunakan celana pendek jeans yang pas di atas lutut. Celana pendek jeans yang kependekan atau kepanjangan tentunya bikin gak sedap dipandang mata. Cowok-cowok yang masih jomblo pasti jadi makin sulit menemukan jodohnya kalau pakai celana jeans pendek yang terlalu pendek atau malah sebaliknya. Percaya deh, celana pendek jeans yang panjangnya pas di atas lutut akan membuat penampilanmu jadi lebih kece.

Menggunakan celana pendek jeans untuk sekedar hang out bersama teman-teman sebaya ataupun jalan-jalan santai adalah pilihan tepat di cuaca panas seperti sekarang ini. Selama celana pendek jeans tersebut gak kependekan, penampilanmu akan tetap stylish dan fashionable kok.

Untuk para cowok-cowok, memakai celana pendek jeans ternyata juga harus memerhatikan tinggi badan. Kalau kamu tergolong cowok yang berkaki tinggi, celana pendek yang panjangnya pas di bagian lutut masih pantas untuk digunakan. Tetapi kalau kamu tergolong cowok yang berkaki pendek, lebih baik menggunakan celana pendek jeans yang panjangnya pas di atas lutut. Jangan salah, gak cuma cewek loh yang harus memerhatikan penampilan. Cowok-cowok juga harus memerhatikan penampilan agar selalu terlihat keren.

Hati hati saat menggunakan kaos kaki

Cowok rasanya gak bisa lepas dari yang namanya kaos kaki, karena sepatu-sepatu cowok memang akan lebih nyaman digunakan dengan kaos kaki. Tetapi kalau kamu memakai celana pendek jeans, kamu harus lebih hati-hati memilih kaos kaki. Karena kalau kamu salah memakai kaos kaki, penampilan kamu jadi kurang menarik nantinya.

Jika kamu mengenakan celana pendek jeans dan hendak memakai sepatu untuk bepergian, gunakanlah kaos kaki pendek yang panjang maksimumnya di mata kaki. Hindari penggunaan kaos kaki dan sendal secara bersamaan kalau kamu lagi pakai celana pendek.

Sebenarnya memakai kaos kaki di atas mata kaki saat sedang mengenakan celana pendek sah-sah saja. Gak ada salahnya kok! Kalau karakter kamu memang seperti anak skate, kaos kaki panjang malah membuat penampilan jadi lebih keren.

Biasanya anak skate memadukan kaos kaki yang panjangnya di bawah betis dengan sepatu skate. Tapi kalau kamu bukan anak skate, lebih baik urungkan deh niat kamu untuk memakai kaos kaki panjang saat kamu mengenakan celana pendek. Kalau kamu masih kurang pede dengan kaos kaki kamu, kamu bisa baca panduan Mister tentang gimana caranya memilah kaos kaki yang tepat saat bepergian agar tetap terlihat kece.

Sesuaikan juga dengan alas kaki

Sepatu yang akan kamu gunakan juga harus kamu perhatikan loh saat sedang mengenakan celana pendek jeans. Kalau kamu tergolong cowok yang suka bergaya ala Eropa, sepatu jenis loafer sangat cocok dengan karakter kamu. Tapi kalau kamu gak termasuk cowok yang suka dengan gaya Eropa, sepatu jenis lainnya seperti slip-on ataupun sneakers bisa kamu jadikan pilihan mix n match celana pendek jeans-mu.

Espadrilles adalah salah satu jenis sepatu loafer yang sangat cocok digunakan saat mengenakan celana pendek jeans. Mengapa? Karena sepatu Espadrilles terbuat dari bahan kanvas yang simpel dan pas untuk karakter cowok yang bergaya Eropa. Oxford shoes menyediakan beragam model sepatu yang cocok banget sama kamu yang suka mengenakan celana pendek.

Atasan yang sesuai akan membuatmu tampak casual atau smart

Selain kaos kaki dan sepatu, atasan juga perlu diperhatikan kalau kamu sedang mengenakan celana pendek jeans. Jika kamu menggunakan sepatu loafer, atasan kemeja lengan panjang akan membuat penampilanmu lebih kece walau kamu memakai celana pendek jeans. Apalagi kalau kamu menambahkan blazer, seluruh mata pasti akan tertuju padamu deh!

Celana pendek dengan atasan kemeja lengan panjang membuat kamu terlihat lebih smart tanpa meninggalkan kesan kasual. Pastikan kemeja yang kamu kenakan memiliki warna yang cerah agar kamu terlihat lebih fresh dari biasanya.

Kalau kamu tipikal cowok yang simpel, atasan kaos atau polo shirt juga gak ada salahnya dipadu padankan dengan celana pendek. Pastikan kaos yang kamu kenakan punya desain simpel yang bikin kamu terlihat cool. Usahakan kaos yang digunakan gak kepanjangan supaya kamu tetap kece dan rapi.

Pilih yang bentuknya ideal

Selain memerhatikan tinggi badan, sebagai cowok, kamu juga harus memerhatikan gaya celana pendek jeans ideal yang akan kamu kenakan. Ada beberapa model atau gaya celana jeans untuk cowok, yaitu straight, bootcut, skinny, atau tapered (longgar di bagian paha). Gak ada model yang paling ideal, karena ideal atau enggaknya model celana jeans tergantung selera kita masing-masing.

Hal terpenting hanyalah panjang dari celana pendek jeans tersebut. Panjang celana pendek jeans untuk cowok paling ideal adalah pas di atas lutut. Jangan kependekan, jangan pula kepanjangan. Karena nantinya bukan makin keren tapi malah gak enak dipandang. Cowok juga harus memerhatikan penampilan supaya tetap kece.

Sesuaikan dengan bentuk paha

Memilih model celana pendek jeans untuk cowok juga gak bisa sembarangan loh. Kita harus menyesuaikan karakter kita dengan celana pendek jeans yang kita gunakan. Biasanya cowok sering mengenakan celana jeans yang mengikuti bentuk paha atau lebih populer disebut celana slim-fit. Celana pendek jeans slim-fit sangat pas untuk digunakan karena membuat kaki terlihat lebih jenjang.

Pastikan celana pendek jeans yang kamu kenakan saat sedang bepergian gak kependekan, karena orang-orang yang melihatnya akan terganggu dan kamu pun malah jadi gak nyaman. Hindari celana pendek jeans dengan potongan baggy karena potongan baggy mudah melorot. Selain itu celana potongan baggy juga kurang menarik untuk dipandang.

Pilihan celana jeans pendek pria yang bisa kamu pertimbangkan

Ripped

Sumber gambar aliekspress.com

Kalau kamu tipikal cowok yang suka bergaya ekstrim, celana pendek ripped jeans sepertinya cocok dengan karakter kamu. Biasanya cowok-cowok yang bergaya ekstrim ingin punya gaya yang beda dari cowok lainnya. Celana pendek ripped jeans adalah celana yang bagian pahanya memiliki robekan.

Beberapa situs ecommerce kekinian, seperti Zalora, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan Blibli menyediakan beberapa model celana pendek ripped jeans untuk pria dengan kisaran harga Rp. 100.000 – Rp. 200.000. Contoh model celana pendek ripped jeans favorit para cowok, yaitu celana jeans ripped pendek pria GBB/Sontog yang harganya sekitar Rp. 130.000.

Stretch

Sumber gambar levis.com

Bahan denim stretch biasanya identik dengan celana jeans untuk cewek. Tetapi jangan salah, bahan denim stretch juga banyak digunakan untuk celana pendek jeans cowok loh! Bahan denim stretch mudah regang namun tetap terlihat mengikuti bentuk paha seperti slim-fit. Hal ini dikarenakan bahan denim stretch memiliki campuran bahan elastis dan cotton.

Celana pendek jeans denim stretch sangat cocok untuk karakter cowok yang banyak bergerak. Karena bahan ini mampu mengikuti kelenturan tubuh. Beberapa situs ecommerce, seperti Bukalapak dan Tokopedia menjual celana pendek denim stretch ini dengan kisaran harga Rp. 55.000 – Rp. 135.000.

Bermuda

Sumber gambar aliekspress.com

Salah satu celana pendek jeans yang populer bagi cowok maupun cewek di kala musim panas adalah celana bermuda. Celana bermuda berasal dari nama Pantai Bermuda yang ada di kepulauan Bahama, kawasan Karibia.

Celana pendek jeans bermuda sangat cocok digunakan saat sedang jalan-jalan ke pantai karena celana ini panjangnya mencapai 10 cm di atas lutut. Celana pendek jeans Bermuda ini bisa kamu dapatkan di beberapa situs e-commerce, seperti Zalora, Bukalapak, Tokopedia, dan Blibli dengan kisaran harga Rp. 120.000 – Rp. 269.000.

Beberapa celana pendek jeans Bermuda yang jadi favorit pembeli, yaitu Skinny Bermuda Navy Short Denim seharga Rp. 120.000, celana pendek jeans Bermuda merk Cardinal tipe Regular CBBX001 02A seharga Rp. 269.925, serta celana pendek jeans Bermuda merk Cardinal tipe Slim Fit EBIX001 02 seharga Rp. 277.425.

Baggy

Sumber gambar urbanshapes.com

Sekarang ini, celana pendek tipe baggy jeans ternyata juga mulai marak di pasaran loh. Buktinya para seniman di New York, Amerika Serikat, banyak yang menggunakan celana pendek baggy jeans dan menyebut gaya mereka dengan sebutan “Street Art Style”.

Beberapa model pria di kancah dunia juga banyak yang mengenakan celana pendek baggy jeans di runway fashion show untuk memamerkan trend musim panas yang ideal tahun ini. Tetapi para cowok harus hati-hati jika ingin mengenakan celana pendek baggy jeans, karena gak semua cowok cocok menggunakan baggy jeans.

Celana pendek baggy jeans cocok untuk cowok-cowok fashionable yang berani bergaya ekstrim dan tampil beda. Kamu bisa mendapatkan celana pendek baggy jeans di situs Lazada dan Ali Express dengan harga yang cukup merogoh kantong hingga Rp. 600.000. Salah satu celana pendek baggy jeans yang paling rekomen, yaitu Retro Low Loose Fork Hipster Baggy Pants dari Nine Points Straight Jeans yang harganya Rp. 484.200.

Cut-off

Tipikal cowok yang cuek pasti senang tampil beda dengan celana pendek jeans cut-off. Celana cut-off ini adalah celana jeans panjang biasa yang sengaja dipotong menjadi celana pendek. Memotong celana jeans sendiri sudah banyak dilakukan sejak tahun 1930-an. Tetapi trend celana pendek jeans cut-off ini mulai marak terjadi di tahun 1960-an dan 1970-an.

Sekarang ini celana pendek jeans cut-off gak harus kita potong sendiri, karena beberapa brand celana jeans ternama sudah menyediakan celana pendek jeans cut-off yang tentunya jauh lebih stylish dibanding hasil potongan kita sendiri.

Celana pendek jeans cut-off sangat cocok digunakan saat cuaca panas. Cowok-cowok yang mengenakan celana pendek ini tentu tetap akan terlihat keren selama mereka bisa memadu padankan gayanya dengan baik.

Kalau ingin irit, celana pendek jeans cut-off bisa kamu bikin sendiri dari celana jeans panjang-mu yang sudah mulai belel atau lusuh. Tetapi jangan khawatir, kamu juga bisa membeli celana pendek jeans cut-off di situs online Alibaba ataupun Frozen Shop dengan kisaran harga Rp. 80.000 – Rp. 140.000. Beberapa rekomendasi produk celana pendek jeans cut-off yang stylish, yaitu celana pendek cut-off tipe JX11016 yang harganya Rp. 79.500 dan celana pendek jeans Ripped Cut-off Blue yang harganya Rp. 135.000.

Short Denim

Sumber gambar aliekspress.com

Celana jeans terbuat dari bahan denim yang merupakan bahan katun kasar. Bahan denim ini pertama kali dibuat di wilayah Genoa, Italia. Bahan denim masih satu rumpun dengan kanvas, hanya saja denim lebih dulu terkenal dibanding kanvas. Orang-orang Italia zaman terdahulu menggunakan denim sebagai seragam para pekerja tambang.

Orang Prancis awalnya menyebut denim dengan sebutan Genoa yang pengucapannya terdengar seperti “Genes” dalam Bahasa Inggris. Kemudian orang Inggris menyebut bahan denim dengan sebutan jeans yang kini sudah melekat di kuping semua orang di seluruh dunia. Celana pendek jeans juga sering disebut dengan celana denim short. Cowok-cowok yang tertarik untuk membeli celana denim short ini bisa langsung mengunjungi situs online populer di Indonesia, seperti Zalora, Bukalapak, Tokopedia, dan Lazada dengan harga yang berkisar antara Rp. 110.000 hingga Rp. 270.000.

Beberapa produk celana pendek jeans atau celana denim short rekomen di Indonesia, yaitu Dippy SW 02 Washing Short seharga Rp. 199.500, Mens Casual Denim Short Pants seharga Rp. 278.000, dan Mens Short Denim Pants Jeans Navy CLN 1056 seharga Rp. 115.000.

From our editorial team

Tampil Kasual di Musim Panas dengan Celana Jeans Pendek yang Trendi

Celana jeans pendek bisa menjadikan style kamu lebih santai dan kasual. Pilih celana jeans yang cocok dengan gaya kamu. Lalu, kamu bisa beraktivitas atau berjalan-jalan dengan tampilan kasual yang trendi, simpel dan santai.