10 Rekomendasi Sterilizer Ruangan yang Efektif Membasmi Virus (2021)

10 Rekomendasi Sterilizer Ruangan yang Efektif Membasmi Virus (2021)

Kebersihan menjadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan di musim pandemi. Salah satunya adalah dengan menggunakan sterilizer ruangan. Simak rekomendasi sterilizer untuk ruangan terbaik dari BP-Guide berikut ini!

Bebaskan Ruangan dari Virus dengan Sterilizer

Kebersihan menjadi hal yang harus diutamakan di era pandemi seperti sekarang ini. Bukan hanya kebersihan diri saja yang penting, namun juga kebersihan ruangan yang kita gunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Salah satu cara memastikan ruangan tetap bersih dan steril adalah dengan menggunakan sterilizer ruangan.

Alat yang bekerja mensterilkan ruangan ini biasanya menggunakan sinar UV-C LED yang dikenal ampuh dalam membasmi kuman, virus, dan bakteri yang bertebaran di udara. Sama seperti sterilizer UV pada umumnya, alat ini dipercaya memiliki efektivitas untuk membunuh kuman hingga 99,99%.

Manfaat Sterilizer Ruangan yang Anda Harus Tahu

Efektif Membasmi Kuman dan Bakteri

Virus dan bakteri memang menjadi musuh utama kita semua di musim pandemi yang mengkhawatirkan ini. Sterilizer ruangan menjadi solusi praktis untuk Anda yang ingin memastikan ruangan bebas dari virus dan kuman.

Karena alat ini juga tidak mengandung air dan tidak menggunakan air, maka dipastikan efektif dalam membunuh jamur. Anda tetap bisa beraktivitas dengan nyaman di dalam ruangan tanpa khawatir dengan kebersihannya.

Tidak Beracun dan Tidak Berbahaya

Anda tidak perlu meragukan kinerja sterilizer ruangan karena alat ini sangat aman dan tidak menggunakan komponen beracun. Bahan kimia memang sering digunakan sebagai campuran pembersih ruangan, namun tidak dengan sterilizer yang menggunakan sinar UV.

Sterilizer ruangan yang menggunakan UV justru dinilai ramah lingkungan karena tidak menyebabkan pencemaran dan polusi udara. Alat ini tidak hanya bisa membersihkan udara dan permukaan benda saja, tetapi juga bakteri yang menempel pada makanan.

Aman Digunakan

Untuk Anda yang punya anak kecil di rumah pasti mempertanyakan keamanan sterilizer di dalam ruangan. Tenang saja, sterilizer UV yang digunakan di dalam ruangan dilengkapi fitur keamanan yang canggih.

Fitur motion sensor dapat berfungsi secara otomatis, sehingga alat hanya akan bekerja jika tidak ada gerakan yang terdeteksi di dalam ruangan. Saat Anda meninggalkan ruangan, alat akan menjalankan fungsinya dan begitu Anda kembali ruangan menjadi bersih dan steril.

Sterilisasi Maksimal Dalam Waktu Singkat

Keunggulan sterilizer ruangan lainnya adalah waktu kerja yang relatif singkat. Alat ini bisa membuat ruangan menjadi steril kembali hanya dalam waktu beberapa menit saja. Meskipun demikian, kinerjanya sangat efektif karena bisa membunuh kuman dan bakteri hingga 99,99%.

Mampu Bekerja Otomatis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sterilizer ruangan menggunakan motion sensor atau sensor gerakan yang bekerja secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan paparan sinar UV saat Anda dan keluarga sedang berada di dalam ruangan.

Alat ini hanya akan bekerja jika tidak ada seorang pun di dalam ruangan. Apabila Anda ingin mensterilkan ruangan, tinggal kosongkan saja ruangan tersebut dan biarkan sterilizer bekerja.

Ruangan yang Harus Dijaga Kebersihannya di Masa Pandemi

Kamar Mandi

Kamar mandi adalah ruangan yang paling lembap di dalam rumah sehingga menjadi sarang berkembangnya kuman dan bakteri. Itulah mengapa kamar mandi harus benar-benar dijaga kebersihannya dan sering-sering dibersihkan di masa pandemi. Anda bisa memanfaatkan sterilizer ruangan untuk membuat kamar mandi di rumah agar bebas dari virus dan kuman.

Ruang Tamu

Ruang tamu menjadi akses utama siapa saja yang masuk dan keluar dari rumah Anda. Bayangkan saja berapa banyak bakteri dan virus yang mungkin terbawa masuk dari luar rumah. Oleh karena itu ketika Anda beraktivitas di siang hari pasang sterilizer di ruang tamu untuk membuat ruangan jadi steril kembali. Anda juga bisa melakukan sterilisasi ruang tamu di malam hari ketika seluruh keluarga beristirahat.

Kamar Tidur

Sebagai tempat yang Anda gunakan untuk beristirahat, tentu saja kebersihan kamar tidur harus diutamakan. Bila perlu, lakukan sterilisasi kamar tidur sesering mungkin. Waktu yang ideal untuk memasang sterilizer ruangan di dalam kamar tidur adalah pada siang hari ketika Anda melakukan aktivitas di luar kamar. Sehingga ketika Anda beristirahat di malam hari, kondisi kamar sudah steril.

Rekomendasi Sterilizer Ruangan Terbaik untuk Anda

Ecosys Room Sterilizer

Ecosys Room Sterilizer adalah produk sterilizer pertama yang direkomendasikan untuk Anda. Alat ini tidak menggunakan sinar UV untuk sterilisasi ruangan, namun kinerjanya tidak perlu diragukan lagi. Ecosys Room Sterilizer bekerja sebagai disinfektan dan deodorizer yang dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur.

Tidak hanya itu, alat ini juga dapat mengusir bau yang tidak sedap tanpa membuat ruangan menjadi kering. Dilengkapi dengan diffuser yang dapat menyebarkan disinfektan ke seluruh ruangan. Bentuknya terlihat modern dan elegan dengan pencahayaan ambient ketika alat sedang bekerja.

Harga Rp. 300.000-500.000

Bi+ UV Sterilizer Room 38W Motion Sensor

Sinar UV-C terbukti efektif dalam membunuh virus penyebab COVID-19. Bi+ UV Sterilizer Room 38W Motion Sensor memanfaatkan teknologi UV-C LED untuk menjamin ruangan Anda tetap steril. Alat ini dapat bekerja efektif 360 derajat untuk luas area 40 m2.

Bentuknya ringkas dan praktis, tidak memakan banyak tempat di dalam ruangan Anda. Juga dilengkapi dengan sensor gerak sejauh 8 meter sehingga alat akan otomatis berhenti bekerja jika terdeteksi ada orang di dalam ruangan.

Lampu UV-C LED ditahan oleh tiang berbahan aluminium yang tidak menguning dan tahan terhadap paparan sinar UV. Fitur timer memungkinan Anda untuk mengatur berapa lama Anda ingin mensterilkan ruangan. Alat ini juga memiliki remote yang bisa dioperasikan dari jarak jauh, menembus kaca, pintu, dan tembok.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

LEKA 2022 UV Room Sterilizer

LEKA 2022 UV Room Sterilizer menjadi produk selanjutnya yang direkomendasikan kepada Anda. Alat ini bekerja membuat ruangan jadi bersih dan steril tanpa bahan kimia berbahaya. Sterilizer ruangan ini didesain sangat aman dengan kisi-kisi yang melindungi lampu, sehingga lampu tidak mudah pecah ketika terjatuh atau tersenggol.

Jangkauan alat juga sangat luas, mencapai 60 m2. Dengan daya 60 watt, alat ini mampu menghasilkan sinar UV dan ozon yang lebih kuat. Tersedia pilihan timer yang bisa disesuaikan dengan luas ruangan. Selain bisa membasmi kuman, virus, dan bakteri, alat ini juga dapat menghilangkan bau tidak sedap pada ruangan dan barang-barang di sekitarnya.

Harga Rp. 2.000.000-3.000.000

Kurin UVC Room Sterilizer & Air Sterilizer Kit - SOHO 1

Sterilizer ruangan yang bagus menggunakan kombinasi sinar UV-C dan ozon agar dapat bekerja secara maksimal. Kurin UVC Room Sterilizer & Air Sterilizer Kit - SOHO 1 adalah alat yang bisa bekerja degan praktis dan cepat dalam membunuh bakter dan virus.

Alat ini sangat cocok untuk mensterilkan ruangan besar karena jangkauannya mencapai 150 m2. Bentuknya yang ringkas membuat sterilizer ini mudah dipindahkan sesuai kebutuhan. Sangat fleksibel karena bisa digunakan di semua ruangan mulai dari rumah, ruangan rumah sakit, sekolah, kantor, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 3.500.000-4.000.000

Sauberkit UV Room Sterilizer Anti Virus

Lindungi diri Anda dan keluarga dari serangan virus dengan Sauberkit UV Room Sterilizer Anti Virus. Sterilizer ruangan ini terbukti sangat berkualitas karena sudah teruji di sebuah laboratorium Jerman dalam membunuh virus, kuman, dan bakteri.

Alat ini menggunakan sinar UV-C terknologi tinggi agar dapat melakukan sterilisasi secara maksimal. Anda tidak akan kesulitan dalam mengoperasikan alat ini karena dilengkapi dengan remote yang bisa dioperasikan dari jarak jauh. Tinggal tunggu 30 menit, maka ruangan Anda akan lebih steril dan bersih.

Harga Rp. 850.000-1.200.000

UVCare Portable Room Sterilizer

Berikutnya ada UVCare Portable Room Sterilizer dengan bentuk yang sangat portabel. Sterilizer ini tidak hanya bisa membunuh kuman, bakteri, dan virus yang ada di dalam ruangan saja, tetapi juga di dalam mobil. Cocok banget nih buat Anda yang sering berkendara sendiri.

Alat ini sudah teruji di laboratorium dan tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan anggota keluarga. Namun karena ukurannya yang tergolong mini, jangkauan sterilizer ini juga terbatas, hanya 15 m2 saja.

Durasi kerja alat ini adalah 30 menit untuk membuat ruangan kembali steril. Untuk pembersihan yang lebih maksimal, tutup semua ventilasi, jendela, dan pintu di ruangan serta matikan lampunya.

Harga Rp. 3.900.000-5.800.000

LEKA 2023 UV Room Sterilizer

Anda yang ingin ruangan tetap bersih dan steril, tidak perlu bingung lagi karena kini ada LEKA 2023 UV Room Sterilizer, produk lain dari merek Tissor. Ini adalah alat yang dapat bekerja 360 derajat untuk membersihkan semua sudut ruangan. Remote-nya dapat menembus tembok dan pintu sehingga sterilizer dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Menggunakan kombinasi UV-C dan ozon yang dapat menjangkau celah sempit seperti kolong di bawah sofa atau celah yang ada di bawah wastafel sehinggi proses sterilisasi dapat berjalan maksimal. Alat ini juga dapat menghilangkan bau tidak sedap di dalam ruangan, membuat Anda semakin nyaman di dalam rumah.

Harga Rp. 1.000.000-1.350.000

XIAOMI Petoneer UV Pen Sterilizer

Jika Anda mencari sterilizer yang praktis dan bentuknya ringkas, maka pilihan terbaik adalah XIAOMI Petoneer UV Pen Sterilizer. Seperti namanya, alat ini berbentuk seperti pena dengan efektivitas yang sangat tinggi dalam membunuh bakteri menggunakan sinar UV.

Karena bentuknya yang mini, alat ini sangat serbaguna karena bisa digunakan untuk mensterilisasi benda-benda yang kecil juga. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya untuk mensterilkan air yang ada di dalam bak mandi rumah Anda!

Harga Rp. 250.000-500.000

BerryC Air And Room Sterilizer

Jaga ruangan tetap bersih dengan BerryC Air And Room Sterilizer. Alat serbaguna ini dapat digunakan di rumah, kantor, hingga mobil dengan pembersihan yang sangat efektif. Ini merupakan sterilizer sekaligus disinfektan non-toxic yang aman untuk seluruh anggota keluarga.

Mengandung bahan aktif QAC yang efektif membunuh virus dan bakteri hingga 99,9%. Alat ini juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri pada permukaan benda selama 7 hari lamanya.

Bentuk alat yang ringkas membuatnya mudah dibawa ke mana-mana dan dipindahkan sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 850.000-2.700.000

Taiko Cleverin Room and Air Sterilizer

Taiko Cleverin Room and Air Sterilizer menjadi produk terakhir yang direkomendasikan kepada Anda. Sterilizer yang satu ini cukup unik karena berbentuk gel tanpa bau yang sangat efektif dalam membunuh virus di dalam ruangan.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, cukup letakkan saja di dalam ruangan yang ingin disterilkan. Satu kemasannya dapat digunakan selama sebulan penuh untuk ruangan berukuran sedang.

Harga Rp. 350.000-500.000
From our editorial team

Perhatikan Ketentuan Penggunaannya, Jangan Sampai Salah!

Rekomendasi sterilizer ruangan dari BP-Guide di atas tentu sangat Anda butuhkan dalam menghadapi masa pandemi. Namun yang tidak kalah penting adalah memperhatikan petunjuk penggunaan khusus dari masing-masing sterilizer. Misalnya untuk sterilizer yang menggunakan sinar UV, nyalakan hanya ketika tidak ada orang di dalam ruangan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.