Tips Mendesain Kamar Anak dan 10 Rekomendasi Tempat Tidur Anak Perempuan Agar Betah di Rumah (2022)

Tips Mendesain Kamar Anak dan 10 Rekomendasi Tempat Tidur Anak Perempuan Agar Betah di Rumah (2022)

Membuat kamar impian anak memang memerlukan ide yang keren agar sesuai dengan karakter anak. Ada tipsnya loh agar desain kamar anak menjadi keren dan bagaimana pemilihan tempat tidur anak perempuan yang tepat. Memilih tempat tidur untuk anak perempuan juga gampang-gampang susah. Ada banyak pilihan untuk melengkapi konsep desain kamar. BP-Guide punya rekomendasi tempat tidur anak perempuan yang bisa menjadi referensi Anda.

Desain Kamar Menarik Akan Menambah Kenyamanan

Seberapa sering kita menghabiskan waktu di rumah, khususnya di kamar. Selain menjadi tempat tidur, kamar juga bisa dipakai untuk anak belajar atau bermain.

Kenyamanan menjadi nomor satu untuk anak agar betah di dalam kamar. Apalagi anak mudah sekali bosan dan membutuhkan suasana atau ruangan yang menarik. Maka, sebagai orang tua harus pintar memiliki banyak ide untuk menciptakan suasana kamar anak agar nyaman dan menarik.

Selain menarik untuk segi desain, kenyamanan juga perlu Anda perhatikan, seperti tempat tidur. Memilih tempat tidur yang tepat dan nyaman akan membuat anak akan lebih lelap dan tidur menjadi berkualitas.

Tips Mendesain Kamar Anak Perempuan

Diskusikan dengan Anak Mengenai Konsep

Anda mendesain kamar untuk anak perempuan Anda, jadi pastikan mereka terlibat dalam prosesnya. Apabila anak sudah mengerti, diskusikan bersama mengenai konsep yang diinginkan anak.

Biarkan anak memilih berbagai referensi furniture, warna, tema, dan lain-lain. Anda perlu membantu proses mendesain sesuai keinginan anak. Dengan begitu, kenyamanan anak akan lebih terasa dan puas dengan desain yang dihasilkan.

Beri Hal-hal yang Disukai Anak

Desain kamar tidak hanya furniture, tetapi kelengkapan seperti dekorasi juga sangat penting untuk menambah ruangan lebih cantik. Anak juga sama seperti orang dewasa yang memiliki ketertarikan dengan benda-benda kecil atau aksesoris.

Tambahkan aksesoris atau benda-benda yang disukai anak dan letakkan di kamar anak. Susun dengan cantik dan rapi hingga terbentuk interior yang menarik dan cocok di hati anak.

Pakai Warna Netral untuk Cat Dinding

Sebaiknya, Anda menyarankan anak untuk menggunakan warna netral untuk dinding kamar. Hal ini karena anak biasanya masih labil dan bisa saja berganti menyukai warna.

Apabila anak ingin mengganti warna suatu hari nanti, maka akan lebih mudah. Faktor lainnya ialah anak lebih menyukai banyak warna dan akan membuat kamar menjadi full color.

Dinding dengan warna netral akan lebih mudah dipadupadankan dengan furniture atau barang-barang dengan banyak warna. Dengan begitu, kamar tidak akan terkesan penuh karena menggunakan warna dasar yang netral.

Buat Area Berbeda untuk Aktivitas Berbeda

Anda harus memisahkan area tidur, belajar, dan bermain di dalam kamar anak. Hal ini untuk melatih anak agar tidak terdistraksi dengan hal-hal lain.

Misalnya, ketika anak sedang belajar, maka ia tidak akan melihat kotak mainannya dan beralih untuk bermain. Maka, buatlah area yang sedikit berjauhan untuk menghindari hal-hal tersebut.

Dengan cara ini, anak juga akan terlatih untuk mengetahui jadwalnya. Kapan ia harus tidur, bermain, atau belajar.

Sesuaikan dengan Kepribadian dan Karakter Anak

Bebaskan karakter dan kepribadian anak di dalam kamarnya dan biarkan anak mengeksplor-nya. Apabila anak sangat aktif, Anda bisa memberi furniture dengan tempat tidur yang memiliki perosotan. Dengan begitu, anak akan aktif bermain dan betah berada di kamar.

Apabila anak cenderung introvert, Anda bisa memberikan tone warna yang kalem. Tambahkan selimut yang nyaman dan beri interior, seperti dream catcher.

Pilih Tempat Tidur yang Nyaman

Terkadang anak menginginkan berbagai tempat tidur yang lucu-lucu, tetapi Anda juga harus memperhatikan kenyamanannya. Jangan sampai Anda menuruti permintaan anak tetapi tempat tidur tersebut kurang nyaman.

Tempat tidur berfungsi untuk istirahat, jadi sebaiknya hindari memilih warna yang menyilaukan mata. Meskipun anak lebih menyukainya tetapi akan mengganggunya ketika tidur. Anda juga bisa memberi tirai setinggi langit dengan warna gelap untuk menangkal sinar yang masuk ketika tidur.

11 Rekomendasi Tempat Tidur Anak yang Nyaman dan Lucu

Tempat Tidur Tumpuk untuk Anak Perempuan

Menggunakan kayu mahoni yang memiliki tekstur halus dan sangat kuat. Finishing dengan car duco putih yang dapat menambah tempat tidur anak lebih minimalis.

Anda bisa menggunakan tempat tidur ini apabila Anda memiliki lebih dari satu anak. Jadi, mereka bisa tidur bersama dalam satu kamar.

Lebih ringkas karena kasur bagian bawah bisa dimasukkan seperti laci ketika sudah tidak digunakan. Anak akan lebih memiliki ruang untuk bermain dan kamar tidak terlalu penuh dengan dipan.

Warna putih akan memberikan kesan netral, sehingga Anda bebas memberikan seprai dengan beragam warna. Padukan seprai karakter ataupun full color, tempat tidur ini masih cocok.

Harga Rp. 3.500.000-4.500.000

Tempat Tidur Anak Tingkat Minimalis

Apabila Anda ingin mendesain untuk satu anak saja dan memiliki ruang kamar yang sempit, bisa menggunakan tempat tidur tingkat minimalis. Cocok pula untuk anak Anda yang aktif dan enerjik.

Tempat tidur minimalis bisa Anda manfaatkan untuk meja belajar di bagian bawah tempat tidur. Tangga yang memiliki laci akan menjadi tempat penyimpanan.

Kamar anak rapi dan tidak perlu banyak furniture di dalamnya. Tempat tidur tingkat ini menggunakan kayu jati yang kuat, sehingga aman untuk anak yang lebih sering bergerak.

Harga Rp. 1.792.000-2.400.000

Tempat Tidur Anak Tingkat 2

Memiliki dua tingkat tempat tidur dan bisa dipakai untuk dua anak dalam satu dipan. Sangat minimalis dan tidak memakan tempat untuk dua orang anak.

Menggunakan kayu jati yang kuat, jadi aman untuk dua anak yang masih aktif bergerak. Memiliki laci untuk bagian bawah dan tangga.

Kamar anak akan lebih praktis karena memiliki tempat penyimpanan yang praktis. Memiliki warna yang netral, sehingga Anda bisa mengkombinasikan dengan seprai bermotif atau full color.

Harga Rp. 875.000-927.000

Ranjang Anak Perempuan

Memberi kenyamanan anak dengan memberikan tirai bisa menggunakan tempat tidur ranjang anak ini. Anda bisa menambahkan tirai warna gelap agar cahaya tidak terlalu menyilaukan mata ketika anak tidur siang.

Menggunakan kayu berkualitas dan dibuat lebih tinggi untuk menambah tirai langit. Pilihan warnanya juga cenderung minimalis, sehingga Anda bisa memilih tirai dengan warna yang disukai anak.

Ukuran untuk kasur dengan lantai juga tidak terlalu tinggi, sehingga aman apabila anak Anda termasuk yang aktif. Gunakan seprai dengan warna polos atau gambar karakter juga tetap cocok.

Harga Rp. 3.600.000-3.900.000

Tempat Tidur Tingkat Perosotan

Apabila Anda memiliki anak yang aktif dan enerjik, bisa merekomendasikan tempat tidur dengan perosotan. Bisa untuk dua anak dengan tempat tidur atas dan bawah.

Apabila hanya untuk satu anak, Anda juga bisa membuat salah satu area menjadi area bermain, di atas atau di bawah. Anak bisa naik melalui tangga dan turun melalui perosotan. Pasti akan membuatnya lebih betah di rumah.

Selain perosotan, tempat tidur ini juga dilengkapi dengan laci tangga yang bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Barang-barang anak akan lebih rapi dan kamar lebih luas.

Banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih. Warna pink atau warna cerah bisa Anda rekomendasikan untuk anak perempuan Anda.

Harga Rp. 8.500.000-11.000.000

Springbed Anak Perempuan

Apabila anak Anda lebih menyukai tempat tidur karakter, bisa menggunakan springbed untuk anak yang lucu-lucu. Memiliki desain yang simple dan minimalis, sehingga tidak makan tempat.

Ada juga yang memiliki dua kasur dan bisa Anda masukkan ketika sudah tidak digunakan. Ajak anak untuk memilih karakter mana yang ia sukai.

Sebelum memilih springbed, pastikan bahwa kualitasnya bagus ya. Ada pilihan warna juga yang bisa anak Anda pilih.

Harga Rp. 2.500.000-3.600.000

Tempat Tidur Anak Istana

Anak perempuan pasti akan menyukai suasana kamar layaknya di film Disney. Apabila anak menginginkan karakter princes, cobalah merekomendasikan tempat tidur tema istana.

Memiliki warna yang soft dengan desain yang detail di setiap sisinya. Ada tambahan laci untuk penyimpanan.

Anda bisa membuat area bermain untuk bagian atas layaknya castle. Anak perempuan Anda pasti betah berada di rumah.

Harga Rp. 7.000.000-13.000.000

Tempat Tidur Anak Rumah Pohon

Apabila anak Anda menyukai suasana alam, bisa rekomendasikan tempat tidur dengan rumah pohon. Anda bisa mendekornya dengan dua tempat tidur ataupun satu.

Area atas bisa Anda pakai sebagai tempat tidur ataupun area bermain. Menggunakan kayu yang kuat sehingga aman untuk anak yang masih aktif.

Memiliki warna yang lebih netral karena mengikuti tema alam. Kamar anak akan lebih terlihat simple tetapi tetap estetik.

Harga Rp. 4.500.000-6.000.000

Boho BD100 Tempat Tidur Anak

Sama seperti tempat tidur anak tema rumah pohon yang mengenalkan anak dengan suasana alam. Ada pula tempat tidur Boho dengan bentuk tenda dan anak akan merasakan seperti camping.

Anak Anda akan aman dari nyamuk ataupun cahaya yang menyilaukan. Ketika tidur, tirai bisa ditutup dan lengkap dengan resleting.

Memiliki jendela bulat mini layaknya tenda. Anak bisa mengintip suasana di luar ketika bangun tidur. Terbuat dari material yang berkualitas dan kokoh.

Harga Rp. 890.000-2.400.000

Bed House Anak dan Rak Buku

Apabila anak Anda menyukai buku dan ingin menata bukunya di kamar, Anda bisa memilih tempat tidur dengan banyak rak. Rak-rak tersebut bisa Anda letakkan koleksi buku si kecil.

Ruangan akan tampak sederhana tetapi tetap estetik dengan penataan yang tepat. Tempat tidur dengan rak ini juga sangat kuat karena memang akan menampung beban yang cukup berat.

Anda tidak perlu khawatir karena perancang tempat tidur akan memikirkan sampai segi keamanan. Pilihan yang tepat untuk anak Anda yang menyukai buku.

Harga Rp. 4.000.000-7.000.000
From our editorial team

Ciptakan Kamar Anak Perempuan Anda Cantik dan Nyaman

Menciptakan kamar anak dari beragam model tempat tidur anak perempuan akan menjadi suasana makin nyaman dan cantik. Pilihan tempat tidur bisa Anda sesuaikan dengan konsep yang diinginkan anak. Anda juga bisa mengaturnya dengan tambahan furniture yang tepat.

Tag