Ini 8 Rekomendasi Merek Fashion yang Peduli dengan Lingkungan

Ini 8 Rekomendasi Merek Fashion yang Peduli dengan Lingkungan

Mencari pakaian yang ramah lingkungan, bebas bahan kimia, serta aman digunakan bukan hal yang sulit lagi sekarang. Beberapa merek telah mengeluarkan jenis pakaian sustainable fashion. Ingin tahu lebih banyak tentang sustainable fashion? Simak ulasan dan rekomendasi berikut ini.

Tren Sustainable Fashion di Kalangan Masyarakat Kini Semakin Banyak Diperbincangkan

Kondisi bumi semakin hari semakin memprihatinkan. Bermula dari kerusakan lingkungan, kemudian berakibat menjadi pemanasan global, dan menyebabkan cuaca ekstrem. Semua masalah yang terjadi di bumi itu tidak lain disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Sampah-sampah yang dihasilkan manusia mengotori seluruh bagian bumi dan membuat lingkungan tercemar.

Manusia harus mencari solusi agar satu-satunya planet yang didiami ini dapat bertahan lama. Salah satu gerakan yang peduli dengan lingkungan adalah gerakan memilih pakaian yang mudah terurai dan ramah lingkungan. Mode yang ramah lingkungan itu diberi nama sustainable fashion.

Ciri-ciri Sustainable Fashion

Terbuat dari Bahan Organik

Salah satu ciri sustainble fashion adalah menggunakan bahan-bahan organik sebagai bahan dasarnya. Bahan organik yang dimaksud adalah serat tumbuhan yang dirajut atau ditenun. Contoh bahan organik adalah bamboo, hemp, dan wol.

Bebas Bahan Kimia

Tahukah Anda berbagai produk fashion yang dijual di pasaran dibuat menggunakan bahan kimia berbahaya. Meskipun dampaknya tidak terlalu terasa oleh manusia, tetapi zat kimia tersebut dapat mencemari lingkungan dan yang lebih parahnya lagi zat kimia tersebut menempel dan menembus ke kulit Anda.

Maka dari itu, hindarilah membeli pakaian yang proses pembuatannya menggunakan bahan kimia berbahaya. Berbagai bahan kimia yang perlu Anda hindari adalah dimetilformamida yang ada dalam bahan akrilik, pewarna azo, phyhalates, dan nanosilver.

Animal Free

Produk fashion yang terbuat dari kulit hewan memang memiliki tekstur yang unik dan memiliki tampilan yang lebih elegan. Tetapi tahukah Anda bahwa fashion item yang terbuat dari kulit hewan tidak ramah lingkungan.

Untuk mendukung gerakan peduli lingkungan, pilihlah produk fashion yang terbuat dari bahan-bahan organik dan bukan berasal dari kulit hewan atau bulu hewan.

Banyak Merek Dunia yang Kini Sudah Mulai Sadar akan Pentingnya Sustainable Fashion

Semakin gencarnya kampanye ramah lingkungan dan isu sustainable fashion mulai marak diperbincangkan, membuat berbagai merek fashion terkenal mulai memproduksi produk-produk yang ramah lingkungan. Gerakan sustainbale fashion diawali di Paris dan kemudian menyebar ke seluruh negara, termasuk Indonesia.

Caranya adalah dengan menyelenggarakan acara Paris Good Fashion. Gerakan ini direncanakan dapat membuat Paris tidak hanya menjadi kiblat fashion dunia saja, tetapi juga menjadi pusat fashion yang ramah lingkungan.

8 Merek Fashion yang Ramah Lingkungan

Zara

Sumber gambar www.zara.com

Zara adalah merek fashion yang mulai memproduksi produk-produk yang ramah lingkungan atau eco fashion. Bahkan, Zara menargetkan sebelum 2025 semua koleksinya terbuat dari 100 persen bahan yang ramah lingkungan. Koleksi dari Zara yang khusus terbuat dari bahan yang ramah lingkungan adalah Join Life.

Tidak hanya itu saja, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Zara juga menggunakan kotak daur ulang untuk mengirimkan produk-produknya.

Salah satu produk dari Zara yang terbuat dari bahan organik yang ramah lingkungan adalah JERSI POLOS BAHAN KASMIR. Produk berwarna hitam ini memiliki kerah bulat dan lengan panjang. Anda bisa mendapatkan produk yang terbuat dari bahan 100 persen kasmir ini di Zara seharga Rp 2.199.900.

Birdsong

Sumber gambar birdsong.london

Birdsong adalah merek fashion yang juga bergerak di bidang sosial dan pemberdayaan perempuan. Merek yang didirikan oleh Shopie Slater dan Sarah Beckett ini berdiri untuk memprotes eksploitasi pekerja perempuan.

Salah satu produk dari Birdsong yang terbuat dari bahan organik dan ramah lingkungan adalah Black Mini Wrap Dress. Dress yang berwarna hitam ini terbuat dari bahan katun organik yang ramah lingkungan. Anda bisa mendapatkan dress ini di birdsong.london dengan harga sekitar Rp 2.184.000.

People Tree

Sumber gambar www.peopletree.co.uk

People Tree adalah merek fashion yang terkenal sebagai penghasil produk fashion ramah lingkungan pertama di dunia. Konsistensi People Tree dalam merancang produk dari bahan organik telah dijalani sejak tiga dekade. Bahkan merek ini adalah satu-satunya merek yang diakui oleh Word Fair Trade Organization.

Salah satu produk People Tree yang terbuat dari bahan ramah lingkungan adalah Lucy Cardigan In Purple. Kardigan yang memiliki model open neck ini terbuat dari 100% wol merino. Dilengkapi pula dengan layering yang ringan namun tepat membuat tubuh hangat. Kancingnya terbuat dari bahan corozo yang juga ramah lingkungan. Anda bisa mendapatkan produk ini di website People Tree seharga Rp 2.771.000.

Antiform

Sumber gambar www.antiformonline.co.uk

Antiform adalah merek fashion yang didirikan pada tahun 2007 oleh Lizzie Harrison. Perusahaan fashion ini menggunakan bahan-bahan daur ulang sebagai bahan dasar pembuatan setiap produknya, sehingga lebih ramah lingkungan.

Salah satu produk berbahan dasar organik dari Antiform adalah Box Jumper in Navy x Wine. Produk ini terbuat dari bahan rajutan wol organik dalam warna anggur. Anda bisa mendapatkan di Antiform dengan harga Rp 1.240.000.

allSisters

Sumber gambar shop.allsisters.com

allSisters adalah merek fashion yang memproduksi pakaian renang yang terbuat dari bahan kain daur ulang. Meskipun terbuat dari bahan daur ulang, produk-produk dari allSisters selalu terjaga kualitasnya. Baju renang yang dirancang oleh allSisters juga sangat menghargai tubuh wanita.

Salah satu produk ramah lingkungan dari allSisters adalah ROMBUS SWIMSUIT BLACK. Baju renang yang tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan putih ini didesain seksi namun sangat elegan. Kesan mewah dan berkelasnya didapatkan dari desain potongan belah ketupatnya.

Baju renang ini terbuat dari bahan organik ramah lingkungan yaitu 78% poliamida daur ulang dan 22% elastan. Pembelian pakaian renang dari Allsisters ini bisa Anda dapatkan di web Allsisters dengan harga sekitar Rp 1.896.000.

Almasanta

Sumber gambar www.irmasworld.com

Almasanta didirikan oleh Mercedes Escoda dan Claudia Magrina yangmemproduksi pakaian wanita, pakaian olahraga, pakaian dalam, serta aksesori yang terbuat dari bahan serat organik yang ramah lingkungan. Kemasannya juga berasal dari bahan daur ulang. Anda bisa mendapatkan produk-produk yang dijual oleh Almasanta ini di almasanta.com.

Beaumont Organic

Sumber gambar www.beaumontorganic.com

Beaumont Organic adalah merek fashion yang fokus memproduksi fashion item yang ramah lingkungan. Merek fashion organik yang diluncurkan oleh Hannah Baeumont Laurencia pada tahun 2008 ini menggunakan bahan organik seperti lyocell, rami, dan bambu.

Salah satu produk ramah lingkungan dari Beaumont Organic adalah RONDA Organic Cotton Skirt In Deep Indigo & Stone. Rok ini terbuat dari bahan katun organik 100%, sehingga terasa lembut. Tidak hanya itu, rok ini juga dilengkapi dengan bagian pinggang elastis dan saku samping. Anda bisa mendapatkan produk ini di web Beaumont Organic seharga Rp 1.898.000.

Armed Angels

Sumber gambar www.armedangels.de

Menciptakan produk yang ramah lingkungan bukanlah sebuah tren bagi Armed Angels, tetapi sebuah keyakinan dan tanggung jawab. Karena itulah semua produk dari Armed Angels selalu menggunakan bahan-bahan organik yang ramah lingkungan.

Salah satu produk fashion ramah lingkungannya adalah ALONDRAA. Produk ini memiliki potongan regular fit dan terbuat dari bahan 77% katun organik, 18% wol organik, serta 5% polyamide. Anda bisa mendapatkan produk ini di website Armed Angels seharga Rp 2.330.000.

From our editorial team

Produk-produk Sustainable Fashion untuk Anda yang Ingin Melindungi Lingkungan

Sustainable fashion hadir sebagai penyelamat alam dari kerusakan. Dengan penggunaan bahan daur ulang atau bahan-bahan alami, tentunya juga aman bagi kulit Anda. Anda bisa menjadikan salah satu dari produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas sebagai pilihan jitu.

Tag