Simak Kisah Tokoh yang Sukses Mendaur Ulang Sampah dan Rekomendasi 8 Produk Daur Ulang yang Keren untuk Digunakan

Simak Kisah Tokoh yang Sukses Mendaur Ulang Sampah dan Rekomendasi 8 Produk Daur Ulang yang Keren untuk Digunakan

Banyaknya sampah yang ada di Indonesia memang tidak terhitung, terutama sampah-sampah plastik yang sulit terurai. Daripada menjadi limbah di muka bumi, kita tengok kisah tokoh-tokoh yang sukses besar dari mendaur ulang sampah dan ragam produk yang bisa kamu gunakan dari sampah plastik yang sudah didaur ulang. Yuk, telusuri bersama BP-Guide!

Plastik Harus Dilihat sebagai Bahan Mentah yang Mampu Menghasilkan Barang Daur Ulang

Sampah plastik merupakan salah satu ancaman nyata bagi kelestarian lingkungan. Setiap tahunnya PBB melaporkan bahwa delapan juta ton sampah plastik berakhir di lautan. Hal tersebut menunjukkan bahwa plastik merupakan salah satu limbah dan polusi yang sangat berbahaya bagi kelangsungan makhluk hidup.

Beberapa perusahaan ternama luar negeri mulai melirik sampah plastik sebagai bahan mentah untuk pembuatan produk daur ulang. Daur ulang merupakan salah satu strategi pengelolaan sampah padat seperti plastik menjadi bahan baru dan bernilai guna. Kegiatan daur ulang plastik bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mengurangi polusi, emisi gas rumah kaca, hingga sumber investasi terbaru yang menguntungkan banyak pihak.

Bukti Barang Bekas Punya Nilai Tinggi, Ini 4 Tokoh yang Sukses karena Sampah

Maen Mahfoud (Daur Ulang Makanan)

Sumber gambar nbcbayarea.com

Maen Mahfoud yang berasal dari Suriah, berhasil mendaur ulang makanan yang seharusnya dibuang menjadi layak konsumsi dan aman bagi kesehatan. Merupakan lulusan University of California Berkeley, Mahfoud memulai perusahaannya yang bernama Replate karena niat mulianya untuk mengurangi angka kelaparan di dunia.

Replate didirikan pada Januari 2016. Kini usaha Mahfoud sudah berdiri di 300 kota berbeda dan berhasil menghasilkan lebih dari 1,1 juta porsi makanan bagi orang-orang berpenghasilan rendah di SF, Bay Area, dan New York.

Selain menemukan teknologi yang cangih, Mahfoud berpesan bahwa masyarakat tak boleh terpengaruh kehidupan konsumerisme dan berusaha untuk memesan makanan lebih sedikit supaya sampah makanan tidak terus bertambah.

Nur Handiyah J Taguba (Daur Ulang Kulit Kerang)

Sumber gambar kompas.com

Nur Handiyah J Taguba merupakan pengusaha Multi Dimensi Shel Craft. Keprihatinannya akan tumpukan sampah kulit kerang di pinggiran pantai menjadikannya pengusaha yang menghasilkan ratusan juta rupiah. Sampah kulit kerang dijadikannya berbagai macam barang pajangan antik, mulai dari vas bunga hingga meja dan kursi bernilai jual tinggi.

Usahanya dimulai tahun 2000 bersama sang suami, Jamie Taguba. Wanita kelahiran Banyumas ini kemudian membuat kerajinan interior dari sampah kulit kerang. Dibantu oleh para pemuda di sekitar rumahnya, Nur mulai mendesain produk yang akan dibuat. Usahanya mulai dikenal semenjak piring dan vas bunga buatannya dilirik oleh Pemda Cirebon. Sejak saat itu, produknya mulai dikenal secara global dan dikirim hingga ke mancanegara.

Eni Aryani (Daur Ulang Kaleng Bekas)

Sumber gambar indotrading.com

Eni Aryani merupakan pendiri Wastraloka, usaha yang bergerak di bidang hiasan dan dekorasi rumah yang dihias oleh seni lukisan. Eni menggunakan bahan kaleng bekas untuk membuat kerajinan tangannya.

Setiap produk hiasan yang dihasilkannya memiliki desain dan motif berbeda yang mampu menarik perhatian para pelanggannya. Meskipun berasal dari kaleng dan kayu bekas, hiasan buatan Eni dijual cukup mahal. Kisaran harga yang dipatok olehnya muali dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Kerajinan kaleng dan kayu bekas miliknyapun sudah berhasil menembus pasar Jepang dan Australia.

Wastraloka merupakan usaha yang didirikannya sejak tahun 2014. Karena terbuat dari barang bekas, Eni tak pernah merasa kesulitan untuk mencari bahan baku untuk membuat kerajinan tangannya. Kini usahanya terus berkembang dan permintaan barang kerajinan tangan miliknya terus mengalami peningkatan berkat sistem pemasaran secara online.

Maria Rios (Pengelolaan Sampah)

Sumber gambar www.bauer.uh.edu

Maria Rios awalnya merupakan mahasiswi yang bekerja sambilan sebagai petugas pengangkut sampah. Setelah lulus, Maria memilih untuk membeli truk sampah sebagai aset awal bisnisnya. Seiring berjalannya waktu, Maria membangun perusahaan pengelolaan limbah bernama Nation Waste.

Nation Waste milik Maria merupakan perusahaan pengelolaan limbah dengan layanan pelanggan dan inovasi yang cukup unik. Berkat etos kerjanya, Maria diakui oleh Fortune dan Goldman Sachs sebagai pembawa energi dan kehidupan baru ke pekerjaan yang dipandang sebelah mata, yaitu pengelola sampah.

Kini usaha yang didirikan Maria sudah berkembang sangat pesat. Maria terus berupaya untuk memajukan usahanya hingga bernilai lebih dari US$ 15 juta atau sekitar Rp 22 miliar per tahun.

Berikut Ini Hasil Kerajinan dari Daur Ulang Sampah yang Keren untuk Kamu Pakai

Tas Selempang Slempang Sling Bag Daur Ulang Recycle Bungkus Good Day

Sumber gambar www.bukalapak.com

Awalnya plastik merupakan temuan kreatif seorang ahli kimia bernama Leo Hendrik Baekland. Ditemukan pada tahun 1910, kini plastik menjadi salah satu sampah dengan komoditi terbesar di dunia. Kini, sampah plastik bisa menjadi bahan baku daur ulang produk yang unik dan bermanfaat. Salah satu produk berbahan dasar sampah plastik yang terkenal ialah tas.

Ada Tas Selempang Slempang Pundak Wanita Daur Ulang Recycle Bungkus Kopi yang tersedia dalam warna dasar cokelat, merah, dan putih. Tas ini memiliki dimensi 22 x 2 x 10 cm. Dilengkapi dengan furing, retsleting, dan tali sepanjang 110 cm, tas daur ulang ini bisa dibeli di Bukalapak seharga Rp 65.000.

Terrex Climacool Boat Parley Shoe

Sumber gambar bukalapak.com

Dibuat secara kerja sama, Adidas Terrex Climacool Boat Parley Shoe menjadi salah satu sepatu perahu untuk pria yang sangat ramah lingkungan. Outsole kokoh dari Traxion dan keberadaan ventilasi 360⁰ membuat kakimu terasa sangat nyaman.

Untuk meminimalisir dampak pencemaran lingkungan, benang yang digunakan untuk sepatu ini dibuat oleh Parley Ocean Plastic yang menggunakan limbah daur ulang dari sampah di pantai. Adidas Terrex Climacool Boat Parley Shoe tersedia dalam berbagai pilihan ukuran. Kamu bisa membelinya secara online di Bukalapak dengan kisaran harga Rp 1.150.000.

Keen Newport Eco

Sumber gambar www.keenfootwear.com

Keen merupakan salah satu perusahaan yang membuat sepatu, sandal, tas, kaos, hoodie, dan aneka produk lainnya. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini mulai memproduksi barang-barang bermaterial hasil daur ulang, salah satunya Keen Newport Eco.

Keen Newport Eco adalah alas kaki berbahan dasar anyaman polIester hasil daur ulang. Dilengkapi dengan karet di bagian outsole, sandal ini memiliki lapisan yang cepat kering dan kompresi dibentuk evamidsole. Memiliki ukuran platform sekitar 1 inci, alas kaki ini dapat dibeli secara online di website miliki Keenfootwear seharga Rp 1,4 jutaan.

Lampu Pajangan Berbahan Paralon

Sumber gambar tokopedia.com

Jika kamu mengingnkan hiasan rumah yang unik, ada lampu pajangan berbahan dasar paralon bekas. Sebelum dibentuk, paralon yang akan digunakan sebagai bahan baku hiasan lampu dibakar terlebih dahulu. Proses pembakaran ini akan memberikan warna dan guratan seperti pada serat kayu alami.

Hiasan Unik Lampu Pajangan Paralon Bakar dari Sumatera Barat dibuat oleh Ajo Art Seni Paralon Bakar. Hiasan unik ini menggunakan bahan baku paralon yang dibakar dalam suhu tertentu. Untuk lampu pajangan, rumah seni ini mematok harga Rp 300.000. Kamu bisa memesannya secara online di Bukalapak.

Lampu Hias Bermotif dari Paralon terbuat dari paralon setinggi 25 cm dan diameter 4 inci. Bisa ditempel di dinding maupun diposisikan duduk di meja, lampu ini memiliki pahatan bernilai seni tinggi. Diukir secara manual, kamu juga bisa mendesain ukiran sendiri sesuai keinginanmu. Di dalam paket pembeliannya, kamu bisa memilih warna bohlam lampunya juga. Lampu hias ukuran motif ini dapat kamu beli secara online melalui Tokopedia seharga Rp 125.000.

Kursi Drum Bekas / Kursi Kafe

Sumber gambar tokopedia.com

Sangat pas digunakan untuk kafe maupun rumahan, kursi dari drum bekas menjadi salah satu barang daur ulang yang unik dan bermanfaat. Memiliki desain yang klasik, kursi dari drum bekas ini juga bernilai seni yang tinggi.

Kursi Drum Bekas ini bisa kamu temukan secara online di Tokopedia. Dijual dalam satu set meja dan kursi, kamu bisa membelinya seharga Rp 3.500.000.

De Erniest Meja Sofa Una Cube

Sumber gambar blibli.com

Untuk melengkapi dekorasi ruang tamu rumahmu, tentu saja kamu memerlukan meja sofa. Salah satu pilihan meja sofa dari barang daur ulang ialah De Erniest Meja Sofa Una Cube. Terbuat dari kayu dan cangkang kerang, meja sofa tersebut memiliki kualitas yang tahan lama. Dengan bentuk yang unik dan menarik, meja ini dibuat secara handmade.

Terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, De Erniest Meja Sofa Una Cube sudah diekspor hingga ke mancanegara. Cocok digunakan untuk mempercantik rumah, kamu bisa membelinya secara online. Tersedia dalam warna Capiz White, meja berbentuk persegi ini mampu menampung beban hingga 50 kg. Kamu bisa membelinya di Lazada seharga Rp 750.000 atau di Blibli seharga Rp 492.000.

Susi Craft Kerang Tempat Tissue

Sumber gambar blibli.com

Tempat tisu dari kulit kerang merupakan kerajinan tangan ramah lingkungan dan sarat etnik. Ideal diletakkan di kantor maupun ruang tamu, tempat tisu ini sangat dekoratif. Dengan dimensi 30 x 4 x 5 cm, tempat tisu tersebut diproduksi oleh Susi Craft.

Memiliki berat 0.5 kg, tempat tisu ini dapat kamu beli secara online. Blibli menjual tempat tisu dari kerang tersebut seharga Rp 72.000 sedangkan Lazada menawarkan harga Rp 65.000.

Smesco Trade Daur Ulang Hitam Merah Silver Tas Tangan

Sumber gambar blibli.com

Smesco merupakan lembaga milik Kementerian Koperasi dan UKM yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Sudah bermitra dengan berbagai negara, sekarang ini produk Smesco mulai diminati oleh penduduk lokal.

Salah satu produk buatan Smesco yang unik, kreatif, dan ramah lingkungan adalah Smesco Trade Daur Ulang Hitam Merah Silver Tas Tangan. Hand bag yang satu ini memiliki kompartemen utama yang luas sehingga ideal digunakan saat bepergian. Terbuat dari bahan kombinasi plastik dan kulit sintetis, tas tersebut menggunakan handle strap yang cukup kuat.

Memiliki desain yang chic, tas ini dijual secara online oleh Blibli seharga Rp 155.000 atau di website Tok Baju Aisyah seharga Rp 212.000. Warna dasar hand bag daur ulang ini adalah kombinasi hitam, merah, dan silver. Smesco Trade Daur Ulang Hitam Merah Silver Tas Tangan memiliki dimensi 49 x 2 x 37 cm.

From our editorial team

Barang Daur Ulang Unik dan Keren

Siapa sangka jika tadinya barang-barang unik dan berkualitas ini adalah sampah! Jangan dulu underestimate dengan barang-barang daur ulang yang bahan bakunya dari sampah, ya. Rupanya, produk-produk yang direkomendasikan BP-Guide punya daya tarik dan daya jual yang besar. Kamu mau memilikinya?

Tag