Bermain Badminton Belum Lengkap Tanpa 10 Rekomendasi Sepatu Badminton dari BP-Guide! (2020)

Bermain Badminton Belum Lengkap Tanpa 10 Rekomendasi Sepatu Badminton dari BP-Guide! (2020)

Olahraga badminton tak boleh sekadar pakai sandal jepit saja loh! Meski menjadi pemain amatir, kamu wajib memakai sepatu badminton terbaik. Yuk, cek rekomendasinya dari kami!

Badminton Olahraga Populer yang Digemari Banyak Kalangan

Saat sedang masa pandemi seperti ini, kita diwajibkan untuk diam di rumah. Kita tak diperbolehkan keluar kecuali untuk urusan yang sangat mendesak. Berdiam di rumah artinya bukan hanya untuk makan, tidur dan bersantai. Kita juga tetap wajib berolahraga supaya tubuh tetap bugar ya.

Salah satu olahraga yang bisa kita lakukan adalah badminton alias bulu tangkis. Permainan olahraga yang satu ini bisa kamu lakukan di halaman belakang rumah atau halaman depan rumah. Kamu bisa melakukannya dengan saudara atau anggota keluarga.

Badminton dikenal sebagai salah satu olahraga yang populer di banyak kalangan. Jika bicara mengenai sejarahnya, awalnya olahraga ini dikenal di Cina dengan sebutan Jianzi, hanya saja mereka memainkan dengan kaki sehingga mitip sepak bola. Namun beberapa negara mengadopsi permainan ini sehingga menjadi lebih menarik.

Pada abad pertengahan misalnya, Inggris mengadopsi permainan ini dan menamakannya battledores. Mereka memakai raket sejenis tongkat. Lalu permainan ini makin berkembang hingga akhirnya dibuat rancangan aturan tertulis ini dibuat oleh klub badminton bath di tahun 1877. Dan pada tahun 1893, dibentuklah asosisasi bulu tangkis yang berada di Inggris. Ini membuat Inggris mulai mengadakan kejuaraan bernama All England pada tahun 1899.

Di Indonesia, badminton mulai dikembangkan tahun 1940. Permainan ini dibawa oleh penjajah Belanda dan beberapa pelajar Indonesia yang belajar di luar negeri. Permainan ini akhirnya muncul dalam PON yang diadakan pertama kali di Indonesia. Hingga kini, permainan badminton masih sangat digemari baik oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Ini Dia yang Kamu Butuhkan untuk Bermain Badminton

Untuk bermain badminton memang bisa saja memakai pakaian seadanya dan memakai sandal jepit. Namun supaya permainan olahraga yang satu ini bisa mendatangkan manfaat lebih untuk kesehatanmu, maka kamu wajib melengkapi aneka perlengkapannya ya. Ada beberapa barang yang kamu butuhkan supaya permainan ini makin seru dan kamu bisa terhindar dari cedera saat memainkannya.

Yang pertama adalah kamu butuh pakaian olahraga yang tepat. Supaya kamu bisa lebih bebas bergerak, kamu wajib memakai kaos dan celana badminton. Pakaian untuk badminton harus yang khusus untuk badminton sebab bahannya dibuat khusus supaya bisa lebih cepat menyerap keringat.

Celana untuk badminton pun dibuat khusus sehingga bisa kamu gunakan dengan nyaman selama bermain. Pilih ukuran pakaian dan celana yang tak terlalu kebesaran namun juga tak terlalu kekecilan. Ini akan membuat gerakan kamu makin lincah.

Hal lain yang tak kalah penting adalah memilih raket badminton yang tepat. Ini adalah perlengkapan utama untuk pemain badminton. Kamu wajib memilih yang beratnya nyaman dan yang gagangnya nyaman digenggam. Pastikan juga senar raket kamu bagus dan tak mudah putus, ya. Pilih raket terbaik untuk permainan terbaikmu.

Berikutnya, kamu juga butuh sepatu badminton nih. Badminton adalah permainan yang membutuhkan kelincahan, manuver tepat dan kecepatan. Maka dari itu gerakan kamu harus yang sigap. Untuk mendapatkan kecepatan dan ketepatan saat bermain, kamu butuh sepatu badminton yang tepat. Dengan memakai sepatu khusus badminton, maka kamu juga bisa mengurangi risiko cedera saat bermain.

Tips Memilih Sepatu Badminton

Pilih Bahan Sepatu yang Nyaman

Gunakanlah sepatu berbahan nyaman untuk mendukung aktivitasmu saat bermain badminton. Ketahui karakter sepatu yang tepat supaya kaki kamu tetap nyaman meski memakainya dalam waktu lama. Ada beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk badminton dan setiap bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Misalnya saja ada bahan kulit sintetis. Bahan yang satu ini memiliki keunggulan berupa tahan lama digunakan. Sepatu bisa lebih stabil karena daya cengkeram sepatunya juga sangat baik. Sepatu bahan sintetis cocok untuk para pemula dan bisa membuat pemakainya melakukan gerakan yang sangat intens.

Berikutnya ada sepatu bahan jala atau yang lebih dikenal dengan mesh. Berkat bahannya yang memiliki banyak lubang, sepatu semacam ini mampu memberikan sirkulasi udara yang baik di kaki. Saat memakainya, kaki jadi terasa ringan sehingga kamu bisa bergerak sebebasmu.

Namun kamu wajib waspada juga, karena bobot yang ringan kadang membuat kita jadi kurang imbang saat bermanuver. Jadi pilih yang bobot sepatunya sesuai dan terasa nyaman untukmu, ya.

Pilih Bobot Sepatu yang Ringan

Berikutnya saat memilih sepatu, kamu butuh sepatu dengan bobot yang ringan. Sepatu dengan bobot ringan akan membuat kamu lebih bebas bergerak aktif ke depan dan belakang. Kamu juga leluasa ke kiri dan kanan serta kemanapun shuttlecock mengarah.

Sepatu badminton yang bobotnya terlalu berat bisa membuat kakimu jadi terbebani. Jika sepatunya berat, maka kecepatan gerakan kamu juga bisa berkurang. Pilihlah sepatu yang kiranya bobotnya tak membebani kaki dan terbilang ringan di kaki sehingga kamu lebih leluasa bergerak, ya.

Pilih Bantalan dan Outsol Sepatu yang Nyaman

Hal lain yang wajib kamu perhatikan saat memilih sepatu badminton adalah memilih bantalan dan outsol sepatu yang nyaman. Ketika memainkan badminton, kamu tak hanya butuh berlari, kamu juga harus bisa melompat dan mendarat dengan tepat. Saat melompat dan mendarat, tentunya beban pada kaki kita jadi bertambah. Maka dari itu bantalan sepatu harus benar-benar bagus supaya bisa bikin kaki nyaman dan juga tak membebani tumit saat melompat dan mendarat.

Outsole sepatu juga wajib dipertimbangkan dengan baik. Hindari memilih outsole sepatu badminton yang licin. Saat outsole licin, maka bikin kamu jadi mudah tergelincir. Pilih outsole yang memiliki banyak lubang-lubang dan agak tebal. Ini ditujukan supaya pemain bisa lebih nyaman dan aktif bergerak.

Pilih Sepatu dengan Desain dan Warna Sesuai Selera

Kamu juga butuh terlihat keren saat bermain badminton. Maka dari itu selain memilih pakaian dengan warna dan desain yang bagus, kamu juga wajib memilih sepatu badminton dengan desain dan warna yang sesuai selera. Pilih desain yang bagus supaya bisa memotivasi kamu untuk bisa bermain lebih baik lagi.

Sekarang ini ada banyak perusahaan sepatu yang menghadirkan sepatu badminton dengan desain kekinian. Pastikan sepatunya keren dengan desain dan warna favoritmu. Ini bisa mendukung penampilan kamu selama bermain. Saat kamu suka dengan desain dan warna sepatumu maka kamu jadi lebih bersemangat dan tak mudah lelah saat bermain.

Ini Dia Rekomendasi Sepatu Badminton untuk Kamu!

Li-Ning Cloud Ace III AYTP081

Untuk sepatu badminton rekomendasi kami yang pertama adalah dari brand LiNing. Brand yang satu ini sudah lama berkecimpung dalam pembuatan sepatu badminton. Kualitas produknya sudah tak perlu diragukan lagi. Desainnya bagus dan warnanya pun menarik untuk digunakan.

Ada Li-Ning Cloud Ace III AYTP081 yang bisa jadi pilihan. Sepatu ini terbuat dari bahan TPU untuk solnya. Upper sepatunya memakai bahan polyutherane leather dan TPU sehingga produk ini terkesan tangguh dan kokoh.

Sepatu ini juga dilengkapi karet tebal yang tidak licin dan tidak cepat aus. Untuk midsole-nya, sepatu ini dibekali bahan yang berbantalan lembut sehingga bisa mengurangi guncangan pada area kaki. Produk ini tersedia dalam ukuran 40 hingga 42.

Harga Rp. 450.000-801.000

Asics Gel-Rocket 8

Asics Gel-Rocket 8 juga bisa jadi pilihan selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini memakai teknologi bantalan Gel khas Asics. Sepatu ini bisa memberikan dukungan yang tepat untuk tumit sehingga lebih nyaman saat digunakan melompat dan mendarat.

Sepatu ini juga dibekali dengan sol yang ringan sehingga membuat pemakainya bebas bermanuver. Meski lebih kaku modelnya, namun sepatu berbahan kulit sintetis ini wajib jadi andalan. Produk ini tersedia dalam ukuran 38 hingga 40.

Harga Rp. 330.000-810.000

Yonex Hydro Force 2

Yonex Hydro Force 2 adalah sepatu badminton selanjutnya untuk kamu. Desain sepatunya keren dan hadir dalam 5 pilihan warna yang menarik. sepatu ini dibekali tru cushion yang bisa menjamin kenyamanan tumit dan kaki saat melompat.

Bentuk sepatunya dirancang untuk kenyamanan kaki sehingga bebas bermanuver sesuka hati. Ada ukuran 40 hingga 43 yang tersedia.

Sepatu ini hadir dengan kombinasi midsole dan innersole yang membuat pemain bisa menampilkan performa yang bagus. Ini juga membuat risiko cedera jadi makin kecil.

Harga Rp. 714.000-993.000

Yonex Aerus 3R

Yonex Aerus 3R adalah sepatu berikutnya untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dalam 3 pilihan warna yang menarik. Sepatu tersedia dalam ukuran 40 hingga 44.

Dengan upper bahan double russel mesh kombinasi durable skin light, sepatu ini tak membuat kakimu mudah gerah. Bagian midsole berbahan phylon sehingga bisa memberikan rasa nyaman yang maksimal. Outsole sepatu terbuat dari bahan rubber sehingga bisa nyaman dan anti selip.

Harga Rp. 1.045.000-1.818.000

Lining Dual Cloud 3 AYTP047

Kamu juga tak bisa melewatkan Lining Dual Cloud 3 AYTP047. Produk yang satu ini menghadirkan insole transparan yang bukan hanya nyaman dikenakan namun juga enak dilihat.

Bagian upper sepatunya terbuat dari bahan tekstil dikombinasi TPU dan kulit sintetis. Bagian outsole sepatu terbuat dari bahan RB kombinasi EVA dan TPU. Ada 3 pilihan warna menarik untuk sepatu ini. Untuk ukurannya, ada ukuran 39 hingga 45 yang tersedia.

Harga Rp. 825.000-1.125.000

Sepatu Badminton Victor SHA 610II

Sepatu Badminton Victor SHA 610II ini juga bisa jadi pilihan kamu. Sepatu keren ini nyaman untuk badminton dan kegiatan lainnya. Upper sepatu ini terbuat dari bahan PU leather dan juga double mesh.

Tersedia ukuran 39 hingga 44. Midsole-nya dibekali teknologi eva energy sehingga bisa menumpu kaki dengan baik saat melompat. Outsole-nya terbuat dari bahan karet berkualitas sehingga aman dan nyaman untuk bergerak bebas.

Harga Rp. 1.034.000-18.340.000

Sepatu Badminton Flypower Plaosan 6 New

Jangan lewatkan juga Sepatu Badminton Flypower Plaosan 6. Produk yang satu ini hadir dengan dua pilihan warna yakni orange black dan citrus black. Warna kerennya bikin kamu jadi lebih percaya diri saat memakainya.

Sepatu yang satu ini hadir dalam ukuran 34 hingga 46, ya. Untuk bagian atas sepatu terbuat dari bahan tekstil. Bagian outsole sepatunya terbuat dari bahan rubber berkualitas. Selanjutnya bagian midsolenya dibekali teknologi EVA yang bermutu untuk menahan goncangan yang terjadi.

Harga Rp. 283.000-400.000

Sepatu Eagle Commando 2

Sepatu Eagle Commando 2 juga bisa jadi pilihan yang bagus. Sepatu badminton ini hadir dengan bahan dan teknologi terbaru. Produk ini bisa mendukung pergerakan kaki ketika bermain badminton. Sepatu keren ini juga dibekali outsole rubber yang anti selip. Ada banyak pilihan warna untuk sepatu ini. Ukuran sepatu tersedia dari 33 hingga 42. Produk ini bahan upper sepatunya ringan dengan stabilizer sebagai penyeimbang.

Harga Rp. 308.000-525.000

Mizuno Wave Fang SS2

Mizuno Wave Fang SS2 juga bisa jadi pilihan sepatu badminton yang keren. Produk ini hadir dalam banyak pilihan warna yang bagus. Ada ukuran 39 hingga 43 yang bisa kamu pilih.

Sepatu yang satu ini bahan uppernya dari sintetis fiber, mikrofiber dan juga kombinasi kulit. Bagian outsole sepatu terbuat dari bahan karet berkualitas tinggi.

Produk yang satu ini strukturnya sangat kokoh. Sepatu ini juga dibekali ventilasi yang cukup sehingga kaki tetap nyaman meski memakainya dalam waktu lama.

Harga Rp. 1.850.000-2.795.000

Yonex Power Cushion Eclipsion X

Yonex Power Cushion Eclipsion X adalah produk selanjutnya untuk kamu. Sepatu yang satu ini memiliki tampilan keren sehingga bisa membuat kamu tampil penuh percaya diri.

Produk yang satu ini dirancang ergonomis sehingga bisa membuat kamu lebih lincah saat berada di lapangan. Desain toe centris pada produk ini bisa mengurangi tekanan pada jempol kaki. Bagian tumit kaki dan juga midsole membuat kaki jadi makin stabil saat bergerak aktif.

Harga Rp. 1.700.000-2.405.000
From our editorial team

Kenyamanan Sepatu Wajib jadi Faktor Utama

Ketika memilih sepatu badminton tentu kita dibingungkan dengan banyak pilihan. Setiap merek memiliki keunggulannya tersendiri. Namun jangan keburu terjebak dengan harga murah dan juga merek ternama saja ya. Kamu wajib yakin bahwa sepatunya sudah nyaman untuk kamu. Percuma beli sepatu bermerek jika kaki tidak nyaman memakainya. Saat sepatu nyaman dipakai, maka gerakan kamu juga bisa terdukung dengan baik.