10 Rekomendasi Mesin Kopi Korea yang Membuat Kesempurnaan Rasa dan Aroma Kopi Tetap Terjaga (2019)

10 Rekomendasi Mesin Kopi Korea yang Membuat Kesempurnaan Rasa dan Aroma Kopi Tetap Terjaga (2019)

Di Korea, kopi adalah minuman sehari-hari yang biasa diminum oleh pria maupun wanita. Baik dalam kondisi cuaca panas atau dingin, kopi mampu memberikan kesegaran agar tetap semangat dalam beraktivitas. Simak yuk, apa saja mesin kopi Korea yang biasa digunakan saat ini.

Arti Secangkir Kopi bagi Orang Korea

Minum kopi tidak hanya menjadi kebiasaan orang Indonesia saja, tapi juga seluruh orang di dunia. Seoul adalah salah satu kota di dunia yang terkenal dengan budaya kopinya yang mampu mengalahkan San Francisco dan Seattle. Korea juga menjadi negara dengan budaya minum kopi yang evolusinya tercepat dan terus berkembang dari masa ke masa.

Munculnya kopi di Korea dimulai sejak pemerintahan kaisar Gojong pada tahun 1986. Pada tahun 1990 penikmat kopi di Korea mulai berkembang seiring dengan masuknya waralaba asing. Hal ini membuat para penikmat kopi di Korea mempelajari dan memperluas pengetahuan mereka tentang budaya, cara mengolah, dan cara penyajian kopi dari berbagai negara.

Arti minum kopi bagi orang Korea adalah untuk memberikan semangat baru, energi baru, mengurangi rasa kantuk, dan mengatasi rasa lelah saat bekerja. Di Korea, kedai kopi tersedia 24 jam sehari sehingga orang-orang di sana bisa minum kopi pada pagi, siang, atau malam. Hal ini karena orang Korea yang tak mengenal lelah dalam belajar dan bekerja sehingga mereka membutuhkan kopi untuk penambah semangat.

Orang Korea Lebih Suka Kopi Americano

Orang-orang di Korea terbiasa menkonsumsi kafein untuk menambah tenaga di saat lelah bekerja dan beraktivitas. Dulunya orang Korea sangat suka mengkonsumsi kopi yang diberi campuran susu dan gula. Hanya saja kandungan kalori dalam kopi ini hampir sama dengan satu mangkuk nasi sehingga dikhawatirkan akan menambah berat badan.

Karena itulah kopi americano dipilih orang Korea walaupun rasanya lebih pahit dari caramel macchiato. Orang Korea memang sangat peduli dan memperhatikan penampilan mereka, terutama di kalangan para selebriti.

Jenis Kopi yang Disukai oleh Orang Korea

Kopi Luwak

Sumber gambar antsjr.artstation.com

Kopi luwak Indonesia yang telah mendunia ternyata juga disukai orang Korea. Permintaan kopi luwak dari negeri ginseng ini terus meningkat setiap tahunnya, lho! Hal ini menjadi bukti bahwa memang masyarakat Korea sangat gemar dengan kopi luwak asli Indonesia dan setiap tahun sudah rutin mengimpor kopi ini.

Kopi Kintamani Bali

Sumber gambar www.thetripcorner.com

Jenis kopi lainnya yang juga digemari masyarakat Korea adalah kopi Kintamani Bali. Setelah sukses menembus pasar Perancis, Eropa, dan Jepang pada tahun 2012 silam, kopi ini juga mampu menembus pasar Korea.

Kopi arabika Kintamani diketahui memiliki aroma dan karakteristik yang khas dan memiliki rasa yang enak sehingga kopi ini sudah mendapat sertifikat indikasi geografis di Indonesia. Hal yang unik dan khas dari kopi Kintamani adalah aroma jeruk yang keluar dari biji kopi ini lantaran ditanam bersebelahan dengan tanaman jeruk. Kopi Kintamani ditanam pada dataran tinggi di ketinggian lebih dari 900 mdpl.

Kopi ini rasanya lebih ringan dan tingkat keasamannya sedang serta diolah dengan cara tradisional. Nikmatnya kopi Kintamani Bali membuat orang asing dan para wisatawan yang datang ke Bali sangat menggemarinya.

Kopi Toraja

Sumber gambar foodizz.id

Kopi asli Indonesia yang memiliki cita rasa unik ini ternyata sangat digemari orang Korea. Tak heran bila ternyata ikon kopi Indonesia asal Tanatoraja, Sulawesi Selatan ini sangat populer di Korea hingga mancanegara.

Kopi Toraja sedikit berbeda dengan kopi lainnya karena rasanya tidak begitu pahit dan sedikit fruity. Kopi Toraja ditanam bersebelahan dengan tanaman rempah sehingga menghasilkan aroma kopi yang harum. Kopi Toraja termasuk salah satu kopi terbaik Indonesia dengan warna biji kopi cokelat tua dan bentuknya tidak beraturan.

Biji kopi yang diambil adalah yang berwarna merah tua alias benar-benar matang. Diproses dengan metode giling basah yang kemudian disangrai hingga menghasilkan kopi kualitas terbaik. Kopi Toraja ini banyak dicari orang Korea lho, bahkan disana harga untuk satu kilogram kopi mencapai Rp 5 juta rupiah.

Kopi Mandailing

Sumber gambar beanbox.com

Kopi Mandailing atau yang juga dikenal dengan Mandheling coffee berasal dari pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Mandailing merupakan salah satu suku yang ada di Sumatera Utara, sementara kopi Mandailing merupakan hasil persilangan antara kopi arabika Lintong dan kopi arabika Gayo. Kopi Mandailing sudah dikenal di dunia sejak tahun 1878 yang bibitnya dibawa oleh Belanda ke Indonesia.

Daerah Mandailing Natal merupakan tempat pertama penanaman jenis kopi arabika yang selanjutnya juga ditanam di dataran tinggi Gayo dan Tapanuli Utara. Tanaman kopi ini tumbuh di ketinggian di atas 1.200 mdpl. Di pasaran, harga kopi Mandailing juga terbilang cukup tinggi, yakni mencapai Rp 220 ribu per kilogram. Selain dieskpor ke AS, China dan Jepang, ternyata kopi Mandailing juga masuk ke Korea Selatan.

10 Rekomendasi Mesin Kopi yang Sering Digunakan di Korea Saat Ini

Venusta Ven 604 Mesin Kopi

Sumber gambar https://www.blibli.com

Venusta Ven 604 mesin kopi dengan tipe otomatis ini diproduksi oleh Donggu Electronics dari Korea. Mesin ini menggunakan teknologi yang telah dipatenkan sehingga menjamin kesegaran aroma dan rasa kopi. Mesin ini memberikan kemudahan karena pada bagian depannya dilengkapi dengan tombol menu pilihan yang mudah untuk dioperasikan.

Mesin didesain elegan dan materialnya terbuat dari bahan tritan, ultem, ABS, dan PC yang tahan panas. Konsumsi daya untuk mesin ini adalah 1.300 watt dan dimensi produknya adalah 430 x 710 x 470 mm. Mesin kopi Korea berkapasitas 2 liter ini bisa didapat di Blibli dengan harga Rp 11.000.000.

Venusta DSK C10 FA Mesin Kopi Otomatis

Sumber gambar https://www.blibli.com

Venusta DSK C10 FA Mesin Kopi Otomatis ini bisa membuat hingga 10 rasa kopi dan cokelat, yaitu caffe latte, espresso, latte macchiato, americano, cafe mocha, cappuccino, hot milk, choco milk, dan hot chocolate.

Mesin berkapasitas 860 ml ini terbuat dari material tristan, ultem, ABS, dan PC. Mesin ini memakan daya sebanyak 1450 watt dan ukuran mesinnya adalah 430 x 470 x 710 mm. Mesin kopi ini dijual di Blibli seharga Rp 27.000.000.

Venusta F04 FA Mesin Kopi

Sumber gambar https://www.blibli.com

Venusta F04 FA Mesin Kopi Korea yang satu ini juga bertipe otomatis. Mesin ini dapat membantu kamu meracik dan mengolah kopi secara instan kapan saja dibutuhkan. Dibuat dengan teknologi Korea membuat mesin ini dapat menjamin kesegaran rasa kopi dan temperatur yang stabil.

Mesin ini terbuat dari material tritan, ultem, ABS, dan PC. Kapasitasnya mencapai 2 liter. Terdapat pula menu button untuk pilihan varian kopi yang diinginkan, yaitu mild americano, americano, cappuccino, atau espresso. Mesin dengan konsumsi daya sebesar 1.500 watt ini dijual di Blibli dengan harga Rp 15.000.000.

Venusta Master S Mesin Kopi

Sumber gambar https://www.ilotte.com

Venusta Master S Mesin Kopi Korea otomatis ini cocok untuk kamu yang ingin berbisnis kedai kopi. Mesin ini dapat dikoneksikan dengan water prifier atau cukup menggunakan water supply yang diambil melalui botol air. Pada mesin ini terdapat pula 10 menu pembuatan kopi seperti americano, mild americano, espresso,
cappuccino, latte macchiato, dan mochaccino.

Mesin kopi ini memakan daya yang cukup besar, yakni 2.950 watt. Mesin kopi berdimensi 405 x 670 x 465 mm ini dijual di Ilotte seharga Rp 40.000.000.

Jura E8 Piano Black INT

Jura E8 Piano Black INT (New) merupakan mesin kopi Korea yang hadir dengan kapasitas 1,9 liter dan kapasitas biji kopi sebanyak 280 gram. Mesin berdimensi 43,9 x 28 x 35,1 cm ini mengonsumsi daya sebesar 1.450 watt.

Menggunakan aroma G3 grinder, mesin kopi ini juga dilengkapi dengan 3 level fungsi pemanas air. Mesin kopi ini dapat menghasilkan banyak varian kopi seperti cappuccino, latte machiato, flat white, coffee, espresso, milk, milk foam, hingga ristretto. Harga untuk mesin kopi ini Rp 36.850.000 dan bisa didapat di Otten Coffee.

Jura ena 8 Fully Automatic Coffee Machine

Jura Ena 8 Fully Automatic Coffee Machine adalah mesin kopi otomatis yang menggunakan proses ekstraksi pulsa (PEP) sehingga mengoptimalkan waktu ekstrasi. Mesin kopi ini juga merupakan spesialisasi untuk kualitas coffee bar tertinggi yang dilengkapi dengan kompartemen untuk kopi bubuk kedua. Kapasitas tangki airnya 1,1 liter yang dapat disesuaikan ketinggiannya.

Waktu mematikan hingga tampilan air pada mesin ini dapat disesuaikan. Dilengkapi pula dengan fitur smart connect canggih (operasi melalui smartphone atau tablet), program pembersihan, dan program pencucian. Mesin yang juga memiliki mode hemat energi ini dijual di Tokopedia seharga Rp 24.999.000.

Jura WE8 Platinum

Sumber gambar https://suprajaya.com

Dengan Jura WE8 Platinum, siapa pun bisa menikmati kopi. Mesin kopi profesional ini berkapasitas 3 liter dan wadah untuk menampung biji kopi berkapasitas 500 gram. Biji kopi sebanyak ini bisa menghasilkan hingga 60 cangkir kopi secara terus menerus. Tersedia pula wadah ampas untuk kapasitas hingga 25 cangkir kopi.

Dilengkapi dengan fitur grinder aroma G3 dan proses ekstraksi pulse (P.E.P.) yang menjadikan mesin kopi ini menjadi yang terbaik. Terdapat pula fitur intelligent water system (I.W.S.) yang menjamin air untuk setiap cangkir kopi tetap bersih. Dapatkan mesin kopi ini di Suprajaya dengan harga Rp 43.100.000.

Jura Z6 Aluminium Coffee Maker

Sumber gambar https://www.blibli.com

Jura Z6 Aluminium Coffee Maker juga merupakan mesin kopi Korea otomatis yang pada bagian depannya dilengkapi dengan layar TFT 3.5 inci. Terdapat juga panel untuk mengoperasikan mesin yang terbuat dari material aluminium. Kapasitas airnya 2,4 L dan kapasitas wadah biji kopi sebesar 280 gram dengan pump pressure sebesar 15 bar.

Mesin kopi ini dapat menghasilkan berbagai jenis minuman seperti ristretto, espresso, black coffee, flat white, cappuccino, latte macchiato, hot milk/milk foam, hot water, dan special coffee. Mesin kopi ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 69.740.000.

Cafflano Kompact Coffee Brewer

Sumber gambar https://shopee.co.id

Cafflano Kompact Coffee Brewer merupakan mesin kopi Korea dengan desain telescopik yang mana chamber-nya bisa dilipat. Mesin ini sangat pas digunakan dengan grinder cafflano klassic. Bagian dalam brewer terbuat dari bahan food grade silicone dengan titik lebur 220°C. Sementara bagian filter terbuat dari bahan stainless dan bodi lainnya dari bahan polypropylene.

Mesin ini telah disempurnakan dan telah dilakukan percobaan hingga bertahun-tahun lamanya. Dilengkapi juga dengan fitur etched stainless micro-filter, brewer kompact dan airlock cap serta dilengkapi dengan pouch yang simpel dan ringkas. Mesin kopi berkapasitas 220 ml ini bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 900.000.

Cafflano Klassic All in One Coffee Maker

Sumber gambar https://shopee.co.id

Cafflano Klassic All in One Coffee Maker merupakan mesin kopi Korea yang hadir dengan harga lebih terjangkau. Hadir dengan desain yang lebih simpel, praktis, serta elegan. Mesin ini terdiri dari drip kette (penutup atas untuk menuang air panas) dan foldaway hand-mill grinder (penggiling mini dari bahan keramik yang tahan lama dan konsisten dalam meracik kopi).

Dilengkapi pula dengan petal filter dripper (penyaring dari bahan logam yang ramah lingkungan dan kuat) serta tumbler cup (penampung air dengan kapasitas 255 ml dari bahan stainless steel). Mesin kopi ini juga mudah dibawa kemana saja pergi karena hanya berukuran 9 x 9 x 19.5 cm. Dapatkan mesin ini di Shopee seharga Rp 1.300.000.

From our editorial team

Mesin Kopi Korea yang Praktis

Mesin kopi Korea umumnya didesain otomatis sehingga membuat kopi untuk para pelanggan jadi lebih praktis. Bahkan untuk membuat berbagai jenis kopi pun cukup dengan sekali pencet tombol saja dan mesin pun akan menghasilkan varian kopi nikmat beraroma sedap.

Tag