10 Rekomendasi Permen Karet Bebas Gula yang Bisa Beri Manfaat Kesehatan (2021)

10 Rekomendasi Permen Karet Bebas Gula yang Bisa Beri Manfaat Kesehatan (2021)

Permen karet memang sangat menyenangkan untuk dikunyah. Tidak hanya dari segi rasa namun juga dari segi teksturnya. Sayangnya, permen karet umumnya mangandung gula yang sangat tinggi. Ini sedikit membahayakan jika kita mengonsumsinya terlalu banyak. Maka dari itu, yuk mulai konsumsi permen karet tanpa gula. Simak rekomendasinya dari BP-Guide!

Selain Enak, Permen Karet Punya Banyak Manfaat

Ketika sedang berjalan kaki, mengetik, menyetir, atau mengerjakan tugas, paling enak memang ngemil. Namun, jika tangan sedang sibuk melakukan hal lain tentu tidak nyaman jika dibarengi ngemil karena remahan makanannya bisa berceceran. Untuk itu, jika kamu ingin mengunyah sambil melakukan hal lain, solusinya adalah memakan permen karet.

Permen yang satu ini memang bukan camilan, namun cukup untuk membuat mulut sibuk mengunyah. Selain kita bisa menikmati rasa permen karet yang enak, kita juga bisa sekalian mendapat manfaat baiknya.

Manfaat pertama adalah bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak. Saat kita mengunyah, maka fungsi otak seperti ingatan, pemahaman, kewaspadaan, dan kemampuan mengambil keputusan meningkat. Para pakar juga meyakini bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju otak sehingga bisa membantu meningkatkan fungsi kinerja otak.

Permen karet juga bisa membantu mencegah gigi berlubang. Saat kita mengunyah permen karet maka produksi air liur bisa meningkat. Selanjutnya, air liur bisa membersihkan sisa makanan pada celah gigi. Air liur juga mampu membantu menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri mulut. Air liur juga menghasilkan antibodi untuk melawan kuman penyebab gigi berlubang.

Manfaat selanjutnya dari mengunyah permen karet adalah bisa membantu mengurangi rasa stres dan cemas. Ketika hormon kortisol bertumpuk, perasaan kita jadi tidak karuan. Untuk menenangkan diri, kamu bisa mengunyah permen karet. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan efek menenangkan dan bisa mengurangi rasa cemas berlebihan.

Permen karet juga bisa membantu mencegah naiknya asam lambung. Kondisi asam lambung terjadi saat asam naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan iritasi pada saluran tersebut. Mengunyah permen karet membuat produksi liur akan meningkat. Air liur akan diubah menjadi basa dan membuat kamu jadi lebih serang menelan. Dengan begini,maka asam lambung menjadi netral.

Manfaat lain dari permen karet adalah bisa membantu mencegah bau mulut. Masalah bau mulut disebabkan dari gigi berlubang, kotoran, dan bakteri di dalam mulut. Bau mulut juga bisa disebabkan dari sisa makanan dalam mulut atau di sela-sela gigi. Dengan mengunyah permen karet maka produksi air liur meningkat dan bisa menjaga mulut dan gigi bersih dari bakteri.

Tips Memilih Permen Karet yang Bagus untuk Kesehatan

Pastikan Bebas Gula

Kebanyakan permen karet mengandung gula atau zat aditif lainnya. Contohnya adalah BHT, aspartam, dan titanium dioksida. Berbagai bahan tersebut jika dikonsumsi setiap hari bisa memberi efek negatif pada kesehatan tubuh. Asupan aspartam berlebih akan memicu perut kembung, kepala pusing, hingga mual. Bukannya menyehatkan gigi dan mulut, permen karet tinggi gula malah bisa menyebabkan kerusakan gigi.

Permen karet yang bagus untuk kesehatan adalah permen yang kandungan gulanya rendah atau tidak mengandung gula sama sekali. Usahakan memilih permen karet yang mengandung gula kurang dari 0,5 gram.

Pilih yang Mengandung Flouride dan CPP-ACP

Pastikan memilih permen karet yang mengandung flouride. Dengan adanya flouride, permen karet ini bisa membantu memutihkan gigi. Selain itu, flouride juga bisa meningkatkan proses remineralisasi karies dini sehingga gigi bebas dari karies.

Pilih juga permen karet yang mengandung CPP-ACP atau Casein Phosphopeptide Amorphous Calcium Phosphate. Bahan tersebut bisa memperkuat gigi karena mengandung kalsium dan fosfat tinggi. Kalsium dan fosfat dari CPP-ACP akan berdifusi dalam saliva dan bisa meningkatkan remineralisasi karies.

Pilih Kemasannya

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih permen dari kemasannya. Di pasaran ada banyak kemasan permen karet yang bisa dipilih. Ada yang bentuknya strip, lembaran, dan ada juga yang dikemas dalam botol. Kamu tinggal pilih saja sesuai kebutuhan.

Kalau kamu ingin lebih praktis, kamu bisa memilih kemasan satuan. Permen karet dengan kemasan satuan hadir dalam bentuk lembaran yang dikemas dalam lembaran kertas berlapis. Bentuknya membuat permen lebih praktis dibawa kemana saja. kamu bisa memasukkan dalam kantong atau diselipkan dalam dompet.

Boleh juga memilih kemasan strip. Permen kemasan strip praktis dibawa kemana saja dan bisa dikonsumsi kapan saja.

Nah, jika kamu ingin yang sekaligus isi banyak, kamu bisa memilih kemasan botol. Butirannya bisa jadi lebih kecil namun fungsinya tetap sama. Permen karet yang dikemas dalam botol tidak akan menghasilkan banyak sampah seperti permen karet kemasan lain.

Ini Dia Rekomendasi Permen Karet Bebas Gula Terbaik untukmu

Happydent X-pert Sugar Free

Happydent X-pert Sugar Free adalah rekomendasi pertama kami. Produk yang satu ini akan membantu menyehatkan gigi. Penumpukan sisa gula dan makanan membuat karies gigi menumpuk. Dengan mengonsumsi permen yang satu ini maka risiko terjadinya karies gigi justru berkurang.

Terbuat dari paduan kalsium flouride, dan microgranules, permen karet ini bisa membuat gigi lebih putih dan kuat. Permen ini juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan konsentrasi selagi kamu mengunyahnya. Produk ini dikemas dalam botol dan kemasan strip, ini membuatnya mudah dibawa kemana saja. Kalori per sajinya adalah 10 kalori.

Harga Rp. 15.000-21.500

Trident Sugarfree Gum

Trident Sugarfree Gum merupakan permen karet tanpa gula yang bisa dikonsumsi siapa saja di segala usia. Permen ini sudah mengantongi izin American Dental Association sehingga aman dikonsumsi anak-anak sejak usia 4 tahun ke atas. Produk ini hadir dalam aneka rasa, mulai dari rasa original, spearmint, tropical twist, dan lain sebagainya. Kalori per sajinya kurang dari 5 kalori sehingga sangat aman untuk penderita diabetes.

Harga Rp. 72.000-96.000

Mentos Pure Fresh Gum Spearmint

Mentos Pure Fresh Gum Spearmint bisa memberikan sensasi mulut yang lebih segar dan tahan lama. Cukup kunyah permen karet dari Mentos ini untuk bikin kamu lebih percaya diri dan lebih siap untuk berbicara dengan orang lain. Napas jadi segar, kamu jadi bebas bau mulut.

Produk ini hadir dalam aneka rasa. Penyuka greentea boleh coba rasa greentea yang pastinya kaya akan antibakteri juga di dalamnya. Kandungan gula pada permen ini 35% lebih rendah dibanding permen karet biasa. Ini membuatnya lebih aman dikonsumsi siapa saja.

Harga Rp. 55.000-93.000

Lotte Xylitol Permen Karet Bebas Gula

Lotte Xylitol Permen Karet Bebas Gula merupakan permen dengan harga terjangkau. Permen ini juga hadir dengan aneka bahan alami yang menyehatkan gigi. Tidak ada gula dan pemanis buatan, kalori per sajinya hanya 4 kalori saja. Produk iini bisa mencegah berkembangnya bakteri perusak gigi di mulut. Gigi lebih bersih dan putih. Napas jadi lebih segar. Ada banyak pilihan rasa seperti fresh mint, jeruk nipis mint, bluberi mint, dan stroberi mint.

Harga Rp. 5.900-22.900

Happydent White

Happydent White adalah rekomendasi kami selanjutnya. Permen karet bebas gula ini mudah ditemukan di berbagai toko online dan warung terdekat di sekitarmu. Permen ini bisa bikin napas jadi lebih segar. Kamu jadi lebih percaya diri bertemu dengan banyak orang. Produk yang satu ini bisa bikin gigi lebih putih juga. Meski demikian, permen ini tidak bisa jadi pengganti pasta gigi, ya.

Harga Rp. 8.000-16.350

Ice Breakers Ice Cubes Peppermint Gum Sugar Free

Ice Breakers Ice Cubes Peppermint Gum Sugar Free merupakan permen karet dengan bentuk yang tidak biasa. Permen mirip kubus ini bikin kita gemas saat melihatnya. Kemasannya juga unik mirip kemasan minuman es. Produk ini hadir dalam aneka rasa, mulai dari spearmint, tropical breeze, peppermint,cinnamon, arctic grape, dan lemon gum. Kalori per sajinya adalah 5 kalori.

Harga Rp. 144.500-218.000

Xlear - Spry Chewing Gum - Sugar-Free

Xlear - Spry Chewing Gum hadir dengan rasa spearmint yang menyegarkan. Produk ini juga bebas gula sehingga aman untuk kamu yang ingin diet atau ingin mengunyah permen karet dengan lebih sehat. Tidak ada kandungan gula atau pemanis buatan dalam komposisinya.

Permen dengan xylitol ini bisa memproteksi gigi agar lebih kuat dan bisa mencegah gigi berlubang. Gigi jadi lebih sehat, napas lebih segar dan bebas bau, dan kamu jadi lebih percaya diri berhadapan dengan orang lain. Produk ini juga tersedia dalam rasa fresh fruit dan green tea.

Harga Rp. 70.000-136.000

Wringleys Orbit Sugar Free Gum

Wringleys Orbit Sugar Free Gum merupakan permen karet bebas gula yang wajib jadi pilihanmu berikutnya. Permen karet ini telah mendapat lisensi dari American Dental Association. Ini membuktikan permennya aman untuk kesehatan dan kebersihkan gigi. Jika ingin napas lebih segar, cukup kunyah permen ini saat dibutuhkan. Ada banyak pilihan rasa mulai dari strawberry, spearmint, wintermint, dan cinnamint. Dikemas dalam botol, permennya mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 49.000-159.000

Wrigley's Extra

Wrigley's Extra adalah permen karet bebas gula yang cocok untuk jadi andalan kamu setiap hari. Tidak hanya bisa menjadikan gigi lebih bersih, namun juga bisa bikin gigi kamu bebas dari plak. Mengunyah permen karet yang satu ini bisa menetralkan asam sehingga bakteri plak gigi tidak akan berkembang biak.

Hadir dengan rasa spearmint, rasanya begitu menyegarkan mulut dan tenggorokan. Kalori per sajinya adalah 18 kalori. Kamu bisa membawanya kemana saja dan mengambil selembar saat dibutuhkan. Pastinya kamu akan lebih percaya diri saat bertemu dan berbincang dengan banyak orang karena napasmu lebih segar.

Harga Rp. 40.000-54.000

Wrigleys Doublemint Chewing Gum

Wrigleys Doublemint Chewing Gum merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini hadir dalam kemasan lembaran panjang. Permen karet Doublemint sejak lama dikenal di Indonesia. Tidak hanya bisa mencegah bau mulut namun juga bisa menyegarkan tenggorokan. Permen bebas gula ini bagus untuk diet. Ini karena permennya memiliki kadar gula rendah. Permen ini hadir dengan sorbitol, gum base, glycerol, dan mannitol. Kamu bisa membelinya di berbagai toko online atau toko kelontong.

Harga Rp. 3.111-3.250
From our editorial team

Waspadai Efek Sampingnya

Mengonsumsi permen karet bebas gula memang banyak manfaatnya. Namun, jangan dikira tidak ada sisi buruknya juga. Permen karet bebas gula hadir dengan bahan sorbitol. Ini merupakan bahan yang bisa menyebabkan penurunan berat badan yang ekstrem. Bahkan efek sampingnya juga banyak, seperti mual, kram otot perut, iritasi dubur, hingga perut mudah bergas. Selain itu ada juga permen karet bebas gula yang mengandung aspartam. Ini tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita alergi aspartam dan kondisi medis yang menyebabkan penumpukan asam amino fenilalanin yang berlebih. Jadi, konsumsilah permen karet secukupnya dan jangan berlebihan.